Market Indices

IPB Ciptakan Hormon Pemacu Pertumbuhan Ikan

Rubrik Agrikultur

07 Mei 2013 11:31:00 WIB

WE.CO.ID - Peneliti dari Institut Pertanian Bogor Dr Alimuddin menghasilkan inovasi "Fishgrow Stimulant" (FGS) atau hormon pertumbuhan ikan yang bisa meningkatkan lanjut pertumbuhan ikan hingga 2-3 kali lipat.

"Kami mengembangkan suatu bahan yang bisa memacu pertumbuhan ikan dengan hormon pertumbuhan yang diproduksi melalui bakteri," kata Dr Alimuddin, pengajar dari Departemen Budidaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB, dalam siaran persnya, Selasa (7/5/2013).

Alimuddin menjelaskan, latar belakang ia menghasilkan inovasi tersebut karena melihat latar belakang Indonesia yang memiliki berbagai jenis ikan yang harganya mahal tapi pertumbuhannya lambat.

Dicontohkannya ikan sidat, ikan gurame atau ikan kerapu. Untuk ikan gurame saja harus menunggu lebih dari satu tahun untuk mendapatkan ikan yang siap jual.

"Saat FGS diberikan pada ikan gurame, ikan sidat dan ikan nila ternyata hasilnya bagus," ujarnya.

Dijelaskannya tingkat produksi budidaya ikan konsumsi ditentukan oleh laju pertumbuhan dan tingkat kelangsungan hidup ikan.

Namun, laju pertumbuhan akan menentukan lama waktu pemeliharaan mencapai ukuran konsumsi atau dapat dijual.

Metode untuk meningkatkan laju pertumbuhan yang ada saat ini masih belum mudah diaplikasikan dengan cepat oleh pembudidaya ikan.

Untuk mendapatkan FGS, lanjut Alimuddin, ia memilih metode "recombinant growth hormone (rGH)" karena mampu memberikan perbaikan genetik sebesar 200 persen.

Menurutnya, mekanisme kerja FGS secara langsung mampu menginduksi diferensiasi sel-sel prekursor terkait fungsi fisiologi (metabolisme lemak, karbohidrat, suplai nitrogen pada organisme masa pertumbuhan, dll.).

"Dan hasil secara tidak langsung adalah mampu meningkatkan produksi IGF-I pada sel-sel yang berdiferensiasi & IGF-I di hati," ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa menurut literatur, setelah diaplikasikan pada beberapa ikan metode ini memberikan hasil yang sangat memuaskan.

Dijelaskannya pada ikan kakap hitam pertumbuhannya meningkat 60 persen, ikan flounder meningkat 24 persen, ikan mas koki meningkat 43 persen, ikan nila meningkat 171 persen, dan udang vaname meningkat 42,2 persen.

Vektor ekspresi FGS menggunakan gen dari ikan (ikan mas, ikan gurame atau ikan kerapu) dimasukkan ke bakteri Escherichia coli yang umum dipakai oleh orang molekuler.

"Nah bakteri inilah yang memproduksi FGS. FGS dapat disimpan dalam bentuk larutan (penyimpanan di freezer) dan tepung (penyimpanan di kulkas)," ujarnya.

Ia mengatakan aplikasi FGS pada ikan terbagi dalam tiga cara. Pertama larva ikan direndam dalam air mengandung FGS dengan dosis 0,03-30 mg/L selama 1-2 jam, dan kedua FGS bisa ditambahkan pada pakan dengan dosis 0,5-30 mg/kg dengan tiga atau empat kali pemberian. Atau dengan menggabungkan kedua cara di atas dengan merendam larva dan menambahkan FGS pada pakannya.

FGS dapat meningkatkan efisiensi pakan hingga lima kali lipat dan menurunkan biaya produksi ikan. Setelah diberi FGS terjadi pertumbuhan sebesar 75 persrn pada ikan gurame dan ikan sidat 2,5 kali lebih tinggi dari ikan sidat yang tidak diberi FGS.

Menurut Alimuddin, dari sisi keamanan pangan, metode ini sangat aman berdasarkan berbagai parameter yang sudah diuji.

"Ini selalu dipertanyakan apakah sama dengan yang digunakan pada ayam dulu (memacu pertumbuhan ayam dengan mengunakan steroid). FGS merupakan peptida biasa," katanya.

Dijelaskannya FGS merupakan peptisida biasa, jika direndam selama satu jam, setelah itu dibiarkan maka kemampuannya sudah turun setelah 2-3 bulan.

Ada studi yang mengatakan setelah 90 menit sudah tidak terdeteksi di dalam usus ikan. FGS terdegradasi di dalam saluran pencernaan tikus uji dan terabsorbsi di dalam saluran pencernaan dan sistem peredaran darah ikan dan tikus uji.

"Sehingga ikan dengan penambahan FGS aman dikonsumsi manusia," katanya menegaskan. (Ant)

(*/redaksi@wartaekonomi.com)

Foto:Ist.

Penulis: ***

Editor: Sucipto

Berita Terkini

Kamis, 05/05/2016 04:02 WIB

Penumpang Pesawat Naik Empat Persen Selama Libur

Kamis, 05/05/2016 03:38 WIB

Indra Utoyo Pilih Dicoret Ketimbang Bayar Munaslub

Kamis, 05/05/2016 03:21 WIB

Menteri ESDM: RUEN Ubah Paradigma Tentang Energi

Kamis, 05/05/2016 03:01 WIB

KPK Larang Golkar Tarik Iuran Rp1 Miliar

Kamis, 05/05/2016 02:39 WIB

Tol Laut Bantu Atasi Distribusi Saat Puasa

Kamis, 05/05/2016 02:18 WIB

BNN Usulkan Adanya Pengadilan Khusus Narkoba

Kamis, 05/05/2016 02:02 WIB

Novanto Janji Mundur dari Jabatan Ketua Fraksi

Kamis, 05/05/2016 01:41 WIB

DPR Minta Pemerintah Evaluasi Permenaker 2/2015

Executive Brief

INDY - PT Indika Energy Tbk., mengantongi kontrak jasa pertambangan dan jasa sewa perlengkapan dari PT Mitra Abdi Mahakam senilai US$108 juta setara dengan Rp1,4 triliun.

KIJA - PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. menargetkan penjualan lahan industri seluas 25 hektare hingga akhir 2016.

MYOH - Perusahaan tambang batu bara PT Samindo Resources Tbk. membagikan dividen tahun buku 2015 senilai US$8 juta.

PPRO - PT PP Properti Tbk. berencana menerbitkan obligasi sebesar Rp600 miliar untuk memenuhi kebutuhan belanja modal sebanyak Rp1,2 triliun.

HDTX - Emiten tekstil PT Panasia Indo Resources Tbk. (HDTX) mencatat pertumbuhan penjualan hingga 67,27% sepanjang kuartal I/2016.

DMAS - PT Puradelta Lestari Tbk. optimistis target penjualan lahan industri seluas 50 hektare tahun ini bisa dipenuhi.

TRST - Emiten produksi plastik, PT Trias Sentosa Tbk. (TRST) mencatat penurunan penjualan sekitar 9,85% sepanjang kuartal I/2016.

SMSM - PT Selamat Sempurna Tbk mendapatkan dividen tunai senilai Rp1,09 miliar dari PT Hydraxle Perkasa yang merupakan entitas anak.

JKON - PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. (JKON) menjual 20% saham dalam PT Sarana Merpati Utama kepada dua anak dan cucu perseroan dengan nilai transaksi sekitar Rp137,5 juta.

MRAT - Laba bersih emiten kosmetik PT Mustika Ratu Tbk. (MRAT) sepanjang kuartal I/2016 turun tajam 82,77%.

Jakarta - Pesawat Etihad terkena badai sesaat hendak mendarat di bandara Soekarno-Hatta, sebanyak 31 orang cedera pada Rabu (4/5).

Jakarta - KPK melarang Partai Golkar menarik iuran Rp1 miliar kepada masing-masing calon ketua umum yang akan mengikuti Munaslub.

Sandera - Filipina menyampaikan pujian atas upaya pemerintah Indonesia membebaskan 10 WNI yang disandera kelompok militan Abu Sayyaf di Filipina Selatan.

Semarang - Ganjar Pranowo berupaya membantu pendanaan sisa balapan dari pembalap tim Manor Racing, Rio Haryanto, di ajang F1.

Kenaikan Penumpang - kemenhub: Penumpang pesawat naik 3-4% di Bandara Soekarno-Hatta selama masa liburan 5-8 Mei.

Jadwal Pertandingan Europa League (6/5)

02:05 Liverpool vs Villarreal

02:05 Sevilla vs Shakhtar Donetsk

New York - Setelah rencana akuisisi Allergan Plc dibatalkan Pemerintah AS, Chief Executive  Pfizer Ian Read berencana mencari perusahaan lain untuk diakuisisi.

Sao Paulo -  Chief Executive Facebook Inc Mark Zuckerberg mengajak warga Brazil menulis petisi ke kongres agar tidak memblok WhatsApp.

Uber Technologies Inc menandatangani kerjasama dengan payment platform Alipay untuk membayar taksi Uber di lebih 400 kota dunia dengan mata uang Yuan.

Washington - Takata sedang mempersiapkan penarikan 35 juta airbag yang bermasalah lagi di AS.

Los Angeles - Tulisan tangan John Lennon, piano pertama Lady Gaga dan catatan Kurt Cobain untuk membubarkan Nirvana termasuk di antara memorabilia yang akan dilelang di Julien's Auction.

Hong Kong - HSBC's net profit was down 18% at US$4.3 billion in the first quarter.

Detroit - Alphabet Inc's Google unit and Fiat Chrysler Automobiles NV have agreed to work together to build a fleet of 100 self-driving minivans.

Pekanbaru - Norway to develop peatland-friendly agriculture in Indonesia.

Bangkok - Thailand’s Prime Minister Prayut Chan-ocha has dismissed the Thai Journalist Association’s call to lift certain media restrictions.

Jawa Timur - Provinsi Jawa Timur menempati peringkat pertama dari realisasi investasi penanaman modal dalam negeri di periode pertama tahun 2016 ini.

10 Orang Terkaya di Dunia:

1. Bill Gates              US$84,8 miliar.

2. Amancio Ortega    US$71 miliar.

3. Warren Buffett      US$68,9 miliar.

4. Jeff Bezos            US$60,2 miliar.

5. Carlos Slim          US$55,1 miliar.

6. Charles Koch        US$52,9 miliar.

7. David Koch          US$52,9 miliar.

8. Mark Zuckerberg  US$51,3 miliar.

9. Ingvar Kamprad   US$44,4 miliar.

10. Larry Ellison       US$43,2 miliar.

Keterangan: per 2 Mei 2016, berdasarkan networth, data dari Bloomberg.