Market Indices

Masyarakat Jawa Tengah Pilih Gubernur Hari Ini

Oleh Ihsan - Rubrik Politik

26 Mei 2013 07:30:00 WIB



WE.CO.ID - Masyarakat di 35 kabupaten/kota Provinsi Jawa Tengah secara serentak memilih gubernur dan wakil gubernur periode 2013--2018, Minggu (26/5) ini.

Tiga kandidat yang berlaga pada Pilgub Jateng adalah pasangan Hadi Prabowo dan Don Murdono, pasangan Bibit Waluyo dan Sudijono Sastroatmodjo, dan pasangan Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko.

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah sebagai penyelenggara Pilgub Jateng telah mendistribusikan 28,5 juta surat suara.

Jumlah surat suara tersebut sesuai dengan daftar pemilih tetap, yakni sebanyak 27.385.985 pemilih yang ditambah 2,5 persen surat suara cadangan.

Berdasarkan data yang diperoleh dari KPU Jateng, jumlah pemilih tetap laki-laki sebanyak 13.611.320 orang, sedangkan jumlah pemilih tetap perempuan sebanyak 13.774.665 orang.

Jumlah pemilih tetap terbanyak Pilgub Jateng 2013 terdapat di Kabupaten Brebes dengan 1.488.243 pemilih.

Ketua KPU Jateng Fajar Subhi mengatakan bahwa pemungutan suara akan dilaksanakan di 61.951 tempat pemungutan suara (TPS) pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

"Mekanisme pencoblosan adalah warga datang ke TPS sesuai dengan undangan dari KPU dengan membawa formulir C6 dan mendaftar ke ketua kelompok penyelenggara pemungutan suara hingga dipanggil satu per satu menuju bilik suara setelah diberi surat suara," katanya.

Sebelum melakukan pencoblosan di bilik suara, kata dia, pemilih diharapkan memeriksa surat suara yang diberikan untuk memastikan dalam kondisi rusak atau tidak.

"Pencoblosan surat suara bisa dilakukan pada nomor, nama, atau gambar pasangan cagub dalam satu kotak, jika di luar kotak dan berkali-kali maka dianggap tidak sah," ujarnya.

Fajar mengharapkan seluruh warga Jateng yang telah mempunyai hak pilih bersedia mendatangi masing-masing TPS sesuai dengan undangan dari KPU pada hari ini untuk memilih calon gubernur dan calon wakil gubernur yang sesuai dengan pilihannya.

Pasangan Hadi Prabowo dan Don Murdono yang diusung koalisi enam partai politik, yakni PKS, PKB, Partai Gerindra, PPP, Partai Hanura, dan PKNU mendapat nomor urut 1.

Pasangan Bibit Waluyo dan Sudijono Sastroatmodjo yang diusung Partai Demokrat, Partai Golkar, dan PAN mendapat nomor urut 2, sedangkan pasangan Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko yang diusung PDI Perjuangan mendapat nomor urut 3. (Antara)

Foto:  Ist

Executive Brief

BI: Keberadaan lembaga zakat yang efisien tingkatkan jangkauan layanan kepada masyarakat.

BRI waspadai kondisi likuiditas di pasar keuangan yang diperkirakan akan lebih ketat pada 2015.

Semen Indonesia akan implementasikan sistem cash pooling.

CIMB Niaga Syariah perkenalkan produk iB Pahala Haji dan iB Rencana Haji.

Semen Indonesia akan jajaki bisnis sektor properti dan infrastruktur jalan tol.

PGN tanda tangani perjanjian fasilitas pinjaman sindikasi senilai 650 juta dolar AS.

Adaro Energy catatkan kenaikan pendapatan pada semester I-2014 sebesar tujuh persen.

OJK ingatkan perbankan lakukan langkah antisipatif hadapi tekanan likuiditas.

DPR akui adanya keinginan pemerintah lakukan penyesuaian harga BBM bersubsidi 2014.

BI: Pengelolaan BBM bersubsidi jadi kendala pertumbuhan ekonomi nasional.

BI harapkan perbankan syariah di dalam negeri aktif terbitkan instrumen pendanaan.

Menkeu tegaskan kuota BBM bersubsidi 2014 sebesar 46 juta kiloliter tidak bisa ditambah.

Entertainment & Life Style

27 Agustus 2014 - Olahraga

Persipura Jayapura Bantai Kuwait SC 6-1

26 Agustus 2014 - Olahraga

Mario Gomez Incar Kembali Ke Timnas