Market Indices

Masyarakat Jawa Tengah Pilih Gubernur Hari Ini

Rubrik Politik

26 Mei 2013 07:30:00 WIB



WE.CO.ID - Masyarakat di 35 kabupaten/kota Provinsi Jawa Tengah secara serentak memilih gubernur dan wakil gubernur periode 2013--2018, Minggu (26/5) ini.

Tiga kandidat yang berlaga pada Pilgub Jateng adalah pasangan Hadi Prabowo dan Don Murdono, pasangan Bibit Waluyo dan Sudijono Sastroatmodjo, dan pasangan Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko.

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah sebagai penyelenggara Pilgub Jateng telah mendistribusikan 28,5 juta surat suara.

Jumlah surat suara tersebut sesuai dengan daftar pemilih tetap, yakni sebanyak 27.385.985 pemilih yang ditambah 2,5 persen surat suara cadangan.

Berdasarkan data yang diperoleh dari KPU Jateng, jumlah pemilih tetap laki-laki sebanyak 13.611.320 orang, sedangkan jumlah pemilih tetap perempuan sebanyak 13.774.665 orang.

Jumlah pemilih tetap terbanyak Pilgub Jateng 2013 terdapat di Kabupaten Brebes dengan 1.488.243 pemilih.

Ketua KPU Jateng Fajar Subhi mengatakan bahwa pemungutan suara akan dilaksanakan di 61.951 tempat pemungutan suara (TPS) pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB.

"Mekanisme pencoblosan adalah warga datang ke TPS sesuai dengan undangan dari KPU dengan membawa formulir C6 dan mendaftar ke ketua kelompok penyelenggara pemungutan suara hingga dipanggil satu per satu menuju bilik suara setelah diberi surat suara," katanya.

Sebelum melakukan pencoblosan di bilik suara, kata dia, pemilih diharapkan memeriksa surat suara yang diberikan untuk memastikan dalam kondisi rusak atau tidak.

"Pencoblosan surat suara bisa dilakukan pada nomor, nama, atau gambar pasangan cagub dalam satu kotak, jika di luar kotak dan berkali-kali maka dianggap tidak sah," ujarnya.

Fajar mengharapkan seluruh warga Jateng yang telah mempunyai hak pilih bersedia mendatangi masing-masing TPS sesuai dengan undangan dari KPU pada hari ini untuk memilih calon gubernur dan calon wakil gubernur yang sesuai dengan pilihannya.

Pasangan Hadi Prabowo dan Don Murdono yang diusung koalisi enam partai politik, yakni PKS, PKB, Partai Gerindra, PPP, Partai Hanura, dan PKNU mendapat nomor urut 1.

Pasangan Bibit Waluyo dan Sudijono Sastroatmodjo yang diusung Partai Demokrat, Partai Golkar, dan PAN mendapat nomor urut 2, sedangkan pasangan Ganjar Pranowo dan Heru Sudjatmoko yang diusung PDI Perjuangan mendapat nomor urut 3. (Antara)

Foto:  Ist

Editor: Ihsan

Recomended Reading

Executive Brief

Sambut Ramadhan, Mercedes-Benz Beri Penawaran Khusus

Mentan menyatakan Perbaikan Jaringan Irigasi Baru 32%

Garuda Siapkan 1,61 Juta Kursi untuk Mudik Lebaran

Menko Sofyan Bentuk Grup untuk Percepatan Pembangunan infrastruktur

Menkopolhukam mengatakan Jokowi Janji Terus Pantau Pembangunan Papua

Mentan Mengungkapkan Serapan Anggaran Kementan Baru 16,93%

Askopindo dukung upaya pemerintah untuk data dan tertibkan koperasi.

Telkomsel Branch Jayapura berencana tambah 13 unit BTS di Jayapura.

Angkasa Pura II tingkatkan kapasitas apron di Bandara Soekarno-Hatta.

Tsuneishi Ship Building siap tanamkan modal 40 juta dolar AS di Indonesia.

Wamenkeu: Calon Dirjen Bea dan Cukai harus lugas dan tegas.

ADB bidik pengembangan bisnis inklusif di Indonesia.

Jokowi meminta agar proses pembangunan infrastruktur disederhanakan dan dipercepat.

Samudera Indonesia dorong anak usaha lakukan IPO di BEI.

Bappenas: Perlu payung hukum agar proyek infrastruktur dapat cepat dikerjakan.