• Adira Insurance
Market Indices

Ekonomi Konsumen Masyarakat Bali Membaik

Rubrik Daerah

27 Mei 2013 11:50:00 WIB

WE.CO.ID - Ekonomi konsumen masyarakat Bali menunjukkan adanya perbaikan dalam memasuki tahun 2013, terlihat dari nilai indeks tendensi konsumen (ITK) mencapai 107,50 di atas ambang batas 100.

"Meski ekonomi Bali membaik, jika dilihat dari besarnya nilai indeks yang hanya sedikit di atas 100, bisa dikatakan, bahwa perbaikan itu tidaklah terlalu signifikan," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, I Gede Suarsa di Denpasar, Senin (27/5/2013).

Ia mengatakan, hal itu dapat dipahami mengingat adanya perbedaan situasi antara triwulan IV/2012 dengan triwulan I/2013 menyangkut tingkat hunian hotel sebagai dampak dari kunjungan wisatawan ke daerah ini.

ITK Bali pada triwulan II/2013 diperkirakan mencapai 114,34, artinya kondisi ekonomi konsumen akan kembali membaik, dengan tingkat optimisme yang semakin tinggi pula.

Gede Suarsa menambahkan, kondisi ekonomi konsumen pada triwulan I-2013 terlihat adanya perbaikan berkat peningkatan pendapatan konsumen dibanding triwulan sebelumnya.

Kemampuan ekonomi konsumen juga mampu dipertahankan, kendati terjadi kenaikan harga yang ditunjukkan oleh nilai indeks pengaruh inflasi.

Gede Suarsa menambahkan, barang-barang tahan lama antara lain konsumsi, barang modal atau investasi yang mampu memberikan gambaran bahwa, akan terjadi perbaikan ekonomi rumah tangga dalam tiga bulan ke depan.

Kondisi Bali, jika dibandingkan dengan sejumlah provinsi tetangga pada triwulan I/2013 tergolong tinggi. Besaran nilai ITK Bali hanya tercatat lebih rendah dibanding Provinsi DKI Jakarta dan Banten.

Sementara dibanding rata-rata nasional ITK Bali tercatat lebih tinggi. Kondisi tersebut bisa dijadikan gambaran, bahwa peningkatan ekonomi konsumen di Bali tidak saja lebih cepat dibandingkan beberapa provinsi tetangga, ujar Gede Suarsa. (Ant)

(redaksi@wartaekonomi.com)

Foto: bismanara.blogspot.com

Editor: Cipto

Recomended Reading

Kabar Indonesia

29 Januari 2015 - Politik

Siapa di Balik Kisruh KPK-Polri?

28 Januari 2015 - Nasional

Puan Maharani: Kita Setiap Hari Kerja

Executive Brief

Bank Mandiri proyeksikan pengguna mobile banking tahun ini meningkat tajam.

Menteri ESDM Sudirman Said: Pengelolaan Blok Mahakam setelah 2017 adalah PT Pertamina.

Gubernur Ahok dukung rencana pembuatan pantai pasir putih di kawasan Pantai Ancol.

Wali Kota Ridwan Kamil: Bandung siap jadi tuan rumah KAA ke-60.

DPR dan pemerintah sepakati PMN pada 35 BUMN sebesar Rp 48,01 triliun.

Iran tunjuk Gholamali Khoshroo sebagai duta besar untuk PBB.

Dua jenazah yang diduga korban AirAsia ditemukan di perairan Majene, Sulawesi.

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengatakan dirinya tidak menggunakan istilah target 100 atau 1000 hari kerja karena pihaknya tiap hari bekerja untuk rakyat.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Zulkarnain dilaporkan ke Bareskrim atas dugaan menerima gratifikasi ketika masih sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur.

Mantan pemain sayap Portugal dan Real Madrid Luis Figo mengumumkan pada Rabu bahwa dirinya berniat menantang pejabat petahana Sepp Blatter pada pemilihan presiden FIFA tahun ini.

Penyerang Agung Suprayogi mengakhiri seleksi di klub Persiba Balikpapan setelah selama beberapa hari tidak mendapat kepastian dari pelatih maupun manajemen tim tersebut untuk direkrut.

Aktivis 98 yang juga merupakan mantan tim pemenangan Jokowi-JK, Ahmad Hardi mempertanyakan peran Kepala Staf Kepresidenan Luhut Binsar Pandjaitan dalam memberikan masukan kepada Presiden Joko Widodo terkait konflik KPK-Polri.

Untuk meningkatkan transaksi uang elektronik, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menjalin kerja sama dengan Secure Parking mengenai pembayaran parkir dengan menggunakan Mandiri e-money.

Bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo mendapat skors dua pertandingan menyusul diusirnya dia keluar lapangan karena menendang pemain lawan pada pertandingan Liga Spanyol melawan Cordoba Sabtu silam

Entertainment

28 Januari 2015 - Entertainment & Life Style

Mengagumkan, Pendapatan "American Sniper" Tembus US$ 200 Juta

28 Januari 2015 - Olahraga

Senjakala Tim Merah Hitam AC Milan

28 Januari 2015 - Olahraga

Chelsea Lampiaskan Kekesalan ke Liverpool