Market Indices

Suriah Dalam Bahaya Adu Senjata Kekuatan Dunia

Rubrik Internasional

30 Mei 2013 06:00:00 WIB

WE.CO.ID – Suriah yang terus dirundung konflik internal terancam makin runyam. Uni Eropa (EU), Israel, dan Rusia tengah menyeret negara di Timur Tengah itu menjadi medan konflik bersenjata internasional.

Kekhawatiran atas kondisi seperti itu bukannya tanpa alasan setelah melihat gerakan-gerakan yang dilakukan EU dan Rusia dalam beberapa hari belakangan ini. Akhir pekan lalu, para menteri luar negeri EU berkumpul membahas pencabutan embargo senjata terhadap Suriah. Meski tidak mufakat bulat, EU toh akhirnya sepakat memutuskan mencabut embargo senjata yang telah diterapkan sejak Mei 2011 itu.

EU memang tampak sangat berhati-hati dalam mengelurakan keputusan tersebut. Dalam pernyataan seusai pertemuan para menlu EU itu, disebutkan bahwa mereka sepakat untuk tidak melanjutkannya hingga tahap pengiriman senjata. Mereka pun akan meninjau ulang keputusan tersebut sebelum 1 Agustus mendatang. 

Awal pekan ini (Senin, 27/5/2013), EU menyatakan anggotanya dapat mengambil kebijakan sendiri terkait dengan pengiriman senjata ke Suriah. Langkah EU tersebut membuka pintu akses persenjataan bagi para pemberontak Suriah yang sejak dua tahun lalu terus melancarkan perlawanan untuk menumbangkan Presiden Bashar al-Assad. Barat dan Amerika Serikat bersama sekutu mereka, yakni Israel, selama ini dikenal sebagai pihak yang pro-kelompok pemberontak yang ingin menumbangkan Presiden Assad.

Rusia yang dikenal sebagai pendukung Presiden Assad seperti tidak mau ketinggalan langkah. Negara bekas Uni Soviet yang pada era Perang Dingin memimpin blok Timur dalam perlombaan senjata melawan blok Barat pimpinan AS itu menyiapkan peluru kendali (rudal) antiserangan udara S-300. Rusia menyatakan akan mengirimkan sistem persenjataan mobil yang keandalannya disejajarkan dengan Rudal Patriot AS yang dikerahkan pasukan sekutu di Irak dan kini dipergunakan NATO untuk mengamankan Turki dari ancaman serangan Suriah itu.

Deputi Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov sebagaimana dikutip BBC, Rabu (29/5/2013) mengatakan peluru kendali S-300 itu sebagai faktor pengimbang yang dapat menjadi penghalang pihak-pihak asing yang ingin memasuki konflik Suriah.

Rusia menganggap keputusan EU tersebut merusak rencana konferensi perdamaian internasional bagi Suriah yang digagas Moskow bersama AS. Konferensi perdamaian itu rencananya akan digelar bulan depan.

Ryabkov memang mengatakan kontrak pembelian rudal S-300 dengan Suriah telah ditandatangani beberapa tahun silam. Namun, pernyataan Ryabkov yang dikeluarkan beberapa hari setelah pencabutan embargo terhadap Suriah itu bisa diterjemahkan sebagai reaksi kemarahan Rusia atas keputusan EU itu. Momentum pengumuman rencana pengiriman senjata canggih itu memunculkan pertanyaan: kenapa baru sekarang dilakukan kalau memang kontraknya telah lama diteken?

Rusia sebelumnya juga enggan secara spesifik menyebutkan nama sistem persenjataan canggih yang akan mereka pasok ke Suriah. Penyebutan nama senjata canggih itu (S-300) dalam pernyataan  terbaru Rusia itu dipandang sebagai sinyal terjadinya eskalasi ketegangan dalam konflik Suriah.

Beberapa pengamat militer melihat pernyataan terbaru Rusia mengenai penjualan senjata itu sebagai “pengubah permainan” dalam mengatasi krisis Suriah.

"Hal itu secara samar memastikan perundingan (perdamaian) AS-Rusia tidak akan berarti sekaligus mengirimkan sinyal peringatan yang sama dengan pengiriman senjata ke Iran. Langkah itu juga dapat menyeret Israel ke dalam perang Suriah,” kata Anthony Cordesman dari Centre for Strategic and International Studies sebagaimana dikutip BBC.

Dilaporkan, Rusia selama ini menahan pengiriman senjata ke Suriah sebagai kompensasi atas komitmen Israel untuk tidak melancarkan serangan udara lagi terhadap Suriah.

Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon mengatakan Rusal S-300 itu masih belum meninggalkan Rusia. “Saya berharap senjata-senjata itu tidak akan meninggalkan Rusia dan jika, semoga Tuhan mencegahnya, senata itu sampai (juga) ke Suriah, kami tahu apa yang harus dilakukan,” katanya dengan nada mengancam.

Inggris dan Prancis sebagai kekuatan utama EU menyatakan mereka berupaya menekan pemerintah Suriah di Damaskus untuk menempuh penyelesaian politik atas perang saudara yang berkecamuk sejak dua tahun lalu itu. Kedua negara tersebut memiliki kapabilitas memasok senjata kepada pihak yang mereka sebut kelompok pemberontakk moderat Suriah.

Para aktivis dari kelompok oposisi mengklaim mereka mencatat lebih dari 200 orang tewas dalam pembantaian massal yang diduga dilakukan oleh pasukan pendukung Presiden Assad pada awal bulan ini.

Sementara itu, di dalam negeri, kelompok oposisi Suriah menyambut baik pencabutan embargo oleh EU itu. “Pencabutan embargo senjata itu sebagai langkah menuju ke arah yang benar,” George Jabboure Netto, juru bicara Dewan Nasional Suriah yang beroposisi.

Kelompok pembangkang lainnya, Koalisi Nasional Suriah, juga memuji langkah EU meski mereka menyesalkannya karena ”agak terlambat”. 

Hingga tenggat tidak resmi pada perundingan di Istambul, Turki, Selasa (28/5/2013), kelompok oposisi Suriah belum menyatakan apakah mereka akan menghadiri konferensi perdamaian yang diprakarsai AS dan Rusia itu bulan depan.

nurcholish@wartaekonomi.com

Foto: BBC News

Penulis/Editor: Nurcholish MA Basyari

Kabar EkBis

10 Februari 2016 - Ekonomi Bisnis

Kemendag Perkuat Ekspor "Home Decor"

10 Februari 2016 - Ekonomi Bisnis

BUMN Bisa Ditugaskan Bantu Distribusi Pangan

10 Februari 2016 - Ekonomi Bisnis

Pemerintah Diusulkan Beli Saham Induk Freeport

10 Februari 2016 - Ekonomi Bisnis

BKPM Tegaskan Penyerapan Kerja Terus Terjadi

Kabar Indonesia

10 Februari 2016 - Politik

SBY: Pemerintah Sukses Bila Siap Dikritik

10 Februari 2016 - Politik

Luhut Bantah Istana Tidak Suka Dikritik SBY

Executive Brief

Minyak - Pagi ini (10/2) Pukul 08.47 WIB, West Texas Intermediate (WTI) turun dari 30,44 USD menjadi 28,42 USD per barel. Sementara Brent Crude juga turun 33,33 USD menjadi 30,97 USD per barel dibanding dengan posisi kemarin sore (Bloomberg).

Bursa - Pagi ini (10/2) IHSG dibuka turun 3,497 poin (0,10%) ke level 4.765,28.

Tennis - Marcos Baghdatis lolos ke babak kedua ABN AMRO World Tennis Tournament usai mengalahkan unggulan keempat David Goffin di Rotterdam.

Tennis - Rafael Nadal menegaskan ia akan bermain di Queen's Club sebagai pemanasan menjelang Wimbledon.

Moto GP - Buntut insiden Rossi - Marquez, Federasi Balap Motor Internasional (FIM) akan rombak manajemen Moto GP musim ini.

NBA - Menjelang deadline transfer 18 Februari, Atlanta Hawks mengadakan rapat internal tentang 3 bintang mereka Al Horford, Jeff Teague dan Kyle Korver.

Rupiah - Pagi ini (10/2) Rupiah dibuka menguat pada level Rp13.581 dibanding dengan posisi kemarin sore di Rp13.602 (Data Reuters)

Moto GP - Sirkuit Wales menjadi ancaman Indonesia gelar Moto GP 2018.

F1 - Direktur teknik Williams Pat Symonds mengatakan bahwa Williams fokus untuk mengembangkan mobil dibanding merekrut driver bintang.

F1 - Presiden FIA Jean Todt mengatakan kritik bahwa Formula Satu terlalu didominasi oleh Mercedes benar - benar tidak adil.

Ritel - PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk klaim telah mengoperasikan 15 gerai SPAR hingga saat ini.

Ekonomi digital - PT Express Transindo Utama Tbk  berencana luncurkan aplikasi pemesanan taksi pada Maret 2016 untuk dongkrak pendapatan.

Obligasi - PT Trimegah Securities Tbk kantongi mandat dua emisi obligasi dengan total nilai hingga Rp2 triliun.

Bank - Manajemen PT Bank Tabungan Negara Tbk canangkan 2016 sebagai era transformasi digital.

Asuransi - PT Asuransi Harta Aman Pratama bakal mengoptimalkan produk baru sebagai salah satu strategi peroleh premi Rp460 miliar tahun ini.

Bursa - Saham PT Mitra Pemuda Tbk mengalami kelebihan permintaan sebanyak 2,59 kali saat masa penawaran umum sejak 1-3 Februari 2016.

Alkes - Produk alat kesehatan Indonesia menjadi buruan negara-negara Timur Tengah, Eropa, dan Australia.

Kereta cepat - Ridwan Kamil menegaskan tetap mendukung kelanjutan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung.

PKS - PKS pertanyakan kinerja Kemenpan-RB yang tidak kunjung mengangkat Tenaga Honorer menjadi PNS.

Politik - Presiden RI ke-6 SBY memutuskan untuk lebih kritis terhadap pemerintah dan isu-isu terkini.

Tainan - Pengembang property Taiwan yang membangun komplek apartemen yang hancur pada peristiwa gempa bumi, ditahan pada Selasa (9/2).

General Motors Co said Tuesday (9/2) it is recalling 473,000 pickups and SUVs in North America because brake pedals could fail due to a faulty nut.

New York - US$ melemah pada Selasa (9/2) saat para invesotr menunggu keputusan The Fed yang kemungkinan akan menaikan suku bunga patokan.

London - Angelo Ogbonna mencetak di extra time saat West Ham mengalahkan Liverpool 2-1 pada pertandingan ulangan ronde ke-4 FA Cup.

Washington - Obama minta bujet yang lebih besar untuk menghadapi ancaman via Internet (cyber).

Deutsche Bank AG akan melakukan buy back miliaran Euro bond untuk membalikan kejatuhan harga securities-nya.

Amazon.com secara agresif terus memperluas operasi logistiknya di China, sebagai strategi untuk menekan biaya pengiriman.

Washington - Regulator Kendaraan AS mengatakan artificial intelligence system yang dipakai mobil Google (Google car) bisa dikategorikan sopir berdasarkan UU.

Sydney - Australia's biggest company Commonwealth Bank on Wednesday (Feb 10) posted a modest two per cent rise in first-half net profit to A$4.62 billion (US$3.26 billion) with the lender confident it is well placed to ride out global instability.

Hasil Pertandingan FA Cup Inggris (10/2)

West Ham United 2 - 1 Liverpool

New York - Jaksa AS pada Selasa (9/2) mengatakan akan menunda laporan status HSBC apakah sudah comply dengan persyaratan anti-money laundering AS.

Korea Utara - Intelejen AS memperkirakan Korut sudah menjalankan kembali reaktor plutonium yang bisa membuat bom nuklir.

Paris - Jumlah pengunjung Disneyland Paris turun 8% sejak Paris Attck pada November 2015 lalu.

Beijing - China mengkonfirmasi kasus Zika pertama pada Selasa (9/2).

New York - Saham-saham AS pada penutupan Selasa (9/2):

- Dow Jones turun  12.67 poin (0.08%) menjadi 16,014.38. 

- S&P 500 turun  1.23 poin (0.07%) menjadi 1,852.21, 

- Nasdaq Composite Index turun 14.99 poin (0.35%) menjadi 4,268.76.

World Government Summit - Presiden Obama mengharapkan dunia Arab bisa membuat pemerintahan yang sama dengan dunia lainnya (inklusif).

Bursa -  BEI bakal undang 15 emiten besar yang nilai sahamnya belum menunjukkan up trend pasca anjlok sejak pertengahan tahun lalu.

Bursa - PT SMF dan PT Indomobil Finance tengah tawarkan surat utang korporasi dengan total target Rp1,5 triliun.

Asuransi - Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia bentuk panel untuk selesaikan migrasi agen dalam jumlah besar yang terjadi di industri.

Asuransi - PT Askrindo targetkan perolehan laba bersih senilai Rp1,3 triliun sepanjang 2016 dengan ditopang sejumlah lini bisnis andalan.

Pembiayaan - PT Mega Central Finance targetkan pembiayaan Rp9 triliun pada tahun ini.

Asuransi - Asuransi Jiwa Bumiputera 1912 targetkan menambah agen hingga 300% hingga triwulan II 2016 untuk percepat pertumbuhan bisnis.

Jakarta - SBY sebut ada orang Istana yang tak suka dikritiik sampai mengirim pesan kepadanya.

Bank - BRI berharap dapat raih pendapatan berbasis komisi atau fee based income senilai Rp11 trliun tahun ini.

Bank - Bank Mandiri targetkan KPR perseroan dapat bertumbuh hingga 5% - 6% tahun 2016.

Sapi - Mentan Amran Sulaiman pastikan kapal ternak KM Camara Nusantara I akan rutin membawa 1000 ekor sapi setiap bulan dari NTT ke Jakarta.

BBM - Kementerian ESDM kaji usulan penghapusan BBM Premium di Jakarta seperti yang diwacanakan Ahok.

Kereta cepat - Kementerian BUMN tegaskan seharusnya konsesi kereta cepat Jakarta-Bandung dimulai saat suatu proyek layak operasi.

Kereta cepat - Penurunan konsesi KA Jakarta-Bandung picu penurunan minat investor.

Energi - Pemerintah akan obral insentif bagi para investor dalam pembangunan kilang di Bontang, Kaltim.

PHK - Kemenaker catat telah terjadi PHK terhadap 1.377 orang selama Januari 2016.

DPR - DPR: DPD tidak bisa sekonyong-konyong dihilangkan.

Jadwal Pertandingan FA Cup Inggris (11/2)

02:45 Peterborough United vs West Bromwich Albion

Jakarta - Pemprov DKI Jakarta menolak pengajuan izin 15 Ormas yang mendaftar lewat Kesbangpol DKI pada Januari lalu.

CPNS - Kemenpan-RB catat 30.000 peserta tes CPNS tak memenuhi kriteria atau bodong.

Investasi - BKPM bakal meluncurkan layanan  kemudahan investasi untuk sektor konstruksi bangunan atau pabrik.

Minyak - Pertamina EP nyatakan kebakaran sumur di Jatibarang Indramayu tidak membuat produksi minyak dan gas mengalami penurunan.

Investasi - BKPM ungkapkan gelombang PHK yang terjadi di perusahaan-perusahaan Tanah Air tak buat investasi melorot.

Jadwal Pertandingan Copa del Rey Spanyol (11/2)

03:00 Valencia vs Barcelona

BPS: Pertumbuhan ekonomi 2015 sebesar 4,79% merupakan yang terendah dalam 6 tahun terakhir.

Taiwan - Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) membuka hotline untuk korban gempa Taiwan +886978938872

Entertainment

08 Februari 2016 - Olahraga

Chelsea Berbagi Angka dengan United

08 Februari 2016 - Olahraga

Arsenal Kembali Raih Poin Penuh

08 Februari 2016 - Olahraga

Hasil Pertandingan Liga Spanyol