Market Indices

Suriah Dalam Bahaya Adu Senjata Kekuatan Dunia

Rubrik Internasional

30 Mei 2013 06:00:00 WIB

WE.CO.ID – Suriah yang terus dirundung konflik internal terancam makin runyam. Uni Eropa (EU), Israel, dan Rusia tengah menyeret negara di Timur Tengah itu menjadi medan konflik bersenjata internasional.

Kekhawatiran atas kondisi seperti itu bukannya tanpa alasan setelah melihat gerakan-gerakan yang dilakukan EU dan Rusia dalam beberapa hari belakangan ini. Akhir pekan lalu, para menteri luar negeri EU berkumpul membahas pencabutan embargo senjata terhadap Suriah. Meski tidak mufakat bulat, EU toh akhirnya sepakat memutuskan mencabut embargo senjata yang telah diterapkan sejak Mei 2011 itu.

EU memang tampak sangat berhati-hati dalam mengelurakan keputusan tersebut. Dalam pernyataan seusai pertemuan para menlu EU itu, disebutkan bahwa mereka sepakat untuk tidak melanjutkannya hingga tahap pengiriman senjata. Mereka pun akan meninjau ulang keputusan tersebut sebelum 1 Agustus mendatang. 

Awal pekan ini (Senin, 27/5/2013), EU menyatakan anggotanya dapat mengambil kebijakan sendiri terkait dengan pengiriman senjata ke Suriah. Langkah EU tersebut membuka pintu akses persenjataan bagi para pemberontak Suriah yang sejak dua tahun lalu terus melancarkan perlawanan untuk menumbangkan Presiden Bashar al-Assad. Barat dan Amerika Serikat bersama sekutu mereka, yakni Israel, selama ini dikenal sebagai pihak yang pro-kelompok pemberontak yang ingin menumbangkan Presiden Assad.

Rusia yang dikenal sebagai pendukung Presiden Assad seperti tidak mau ketinggalan langkah. Negara bekas Uni Soviet yang pada era Perang Dingin memimpin blok Timur dalam perlombaan senjata melawan blok Barat pimpinan AS itu menyiapkan peluru kendali (rudal) antiserangan udara S-300. Rusia menyatakan akan mengirimkan sistem persenjataan mobil yang keandalannya disejajarkan dengan Rudal Patriot AS yang dikerahkan pasukan sekutu di Irak dan kini dipergunakan NATO untuk mengamankan Turki dari ancaman serangan Suriah itu.

Deputi Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Ryabkov sebagaimana dikutip BBC, Rabu (29/5/2013) mengatakan peluru kendali S-300 itu sebagai faktor pengimbang yang dapat menjadi penghalang pihak-pihak asing yang ingin memasuki konflik Suriah.

Rusia menganggap keputusan EU tersebut merusak rencana konferensi perdamaian internasional bagi Suriah yang digagas Moskow bersama AS. Konferensi perdamaian itu rencananya akan digelar bulan depan.

Ryabkov memang mengatakan kontrak pembelian rudal S-300 dengan Suriah telah ditandatangani beberapa tahun silam. Namun, pernyataan Ryabkov yang dikeluarkan beberapa hari setelah pencabutan embargo terhadap Suriah itu bisa diterjemahkan sebagai reaksi kemarahan Rusia atas keputusan EU itu. Momentum pengumuman rencana pengiriman senjata canggih itu memunculkan pertanyaan: kenapa baru sekarang dilakukan kalau memang kontraknya telah lama diteken?

Rusia sebelumnya juga enggan secara spesifik menyebutkan nama sistem persenjataan canggih yang akan mereka pasok ke Suriah. Penyebutan nama senjata canggih itu (S-300) dalam pernyataan  terbaru Rusia itu dipandang sebagai sinyal terjadinya eskalasi ketegangan dalam konflik Suriah.

Beberapa pengamat militer melihat pernyataan terbaru Rusia mengenai penjualan senjata itu sebagai “pengubah permainan” dalam mengatasi krisis Suriah.

"Hal itu secara samar memastikan perundingan (perdamaian) AS-Rusia tidak akan berarti sekaligus mengirimkan sinyal peringatan yang sama dengan pengiriman senjata ke Iran. Langkah itu juga dapat menyeret Israel ke dalam perang Suriah,” kata Anthony Cordesman dari Centre for Strategic and International Studies sebagaimana dikutip BBC.

Dilaporkan, Rusia selama ini menahan pengiriman senjata ke Suriah sebagai kompensasi atas komitmen Israel untuk tidak melancarkan serangan udara lagi terhadap Suriah.

Menteri Pertahanan Israel Moshe Yaalon mengatakan Rusal S-300 itu masih belum meninggalkan Rusia. “Saya berharap senjata-senjata itu tidak akan meninggalkan Rusia dan jika, semoga Tuhan mencegahnya, senata itu sampai (juga) ke Suriah, kami tahu apa yang harus dilakukan,” katanya dengan nada mengancam.

Inggris dan Prancis sebagai kekuatan utama EU menyatakan mereka berupaya menekan pemerintah Suriah di Damaskus untuk menempuh penyelesaian politik atas perang saudara yang berkecamuk sejak dua tahun lalu itu. Kedua negara tersebut memiliki kapabilitas memasok senjata kepada pihak yang mereka sebut kelompok pemberontakk moderat Suriah.

Para aktivis dari kelompok oposisi mengklaim mereka mencatat lebih dari 200 orang tewas dalam pembantaian massal yang diduga dilakukan oleh pasukan pendukung Presiden Assad pada awal bulan ini.

Sementara itu, di dalam negeri, kelompok oposisi Suriah menyambut baik pencabutan embargo oleh EU itu. “Pencabutan embargo senjata itu sebagai langkah menuju ke arah yang benar,” George Jabboure Netto, juru bicara Dewan Nasional Suriah yang beroposisi.

Kelompok pembangkang lainnya, Koalisi Nasional Suriah, juga memuji langkah EU meski mereka menyesalkannya karena ”agak terlambat”. 

Hingga tenggat tidak resmi pada perundingan di Istambul, Turki, Selasa (28/5/2013), kelompok oposisi Suriah belum menyatakan apakah mereka akan menghadiri konferensi perdamaian yang diprakarsai AS dan Rusia itu bulan depan.

nurcholish@wartaekonomi.com

Foto: BBC News

Penulis/Editor: Nurcholish MA Basyari

Executive Brief

Dallas - Pebasket New Orleans Peliacans, Bryce Dejean-Jones, tewas mengenaskan setelah tertembak saat membobol masuk salah satu apartemen di Dallas, Amerika Serikat Minggu(29/5).

JISDOR BI - Hari ini (30/5) kurs referensi Bank Indonesia melemah di Rp13.641 dibanding akhir minggu kemarin di Rp13.575.

Surabaya Fever - Tim basket putri Surabaya Fever kembali menjadi raja pada Liga Basket Indonesia Putri (WIBL) 2016 setelah menundukkan Tomang Sakti Merpati Bali.

Los Angeles - Los Angeles Clippers berencana menukar pemainnya Blake Griffin dengan Carmelo Anthony di bursa transfer mendatang.

CPO - Pagi ini (30/5) CPO Kontrak Agustus 2016, naik 32 poin pada harga 2.591,00 Ringgit per ton (Bursa Malaysia).

AADC 2 - Tembus 3.600.819 penonton, Film AADC 2 mengalahkan Ayat - Ayat Cinta. Rekor Film dengan jumlah penonton terbanyak masih dipegang Laskar Pelangi dengan 4.631.841 penonton.

Infinity War - Duo sutradara Avengers Infinity War, Joe dan Anthony Russo mengungkapkan Infinity War akan menampilkan 67 karakter superhero sekaligus.

Bursa - Sore ini (30/5) IHSG ditutup menguat 21,30 poin (0,44%) ke level 4.836,03

Eropa - Indeks saham-saham Eropa, pembukaan (30/5):

FTSE 100   Libur    
CAC 40 4.509,00 -5,74 -0,13%
DAX 10.301,50 +15,19 +0,15%

Minyak - Sore ini (30/5) WTI Crude Oil naik dari 49,00 USD menjadi 49,15 USD/bbl. Serta Brent Crude juga naik dari 48,92 USD menjadi 48,98 USD/bbl. Data perbandingan sore akhir minggu kemarin (Bloomberg).

CPO - Sore ini (30/5) CPO Kontrak Agustus 2016, naik 42 poin pada harga 2.601,00 Ringgit per ton (Bursa Malaysia).

IDR/EUR - Sore ini (30/5) Rupiah melemah di Rp15.185 per Euro dibanding sore akhir minggu kemarin di Rp15.183 (Data Reuters).

IDR/USD - Sore ini (30/5) Rupiah  ditutup melemah Rp13.640 per Dollar AS dibanding akhir minggu kemarin di Rp13.581 (Data Reuters).

Asia - Indeks saham-saham Asia, penutupan (30/5):

Nikkei 225 17.068,02 +233,18 +1,39%
Hang Sheng 20.629,39 +52,62 +0,26%
ST. Times 2.796,75 -5,76 -0,21%
Shanghai Comp. 2.822,45 +1,40 +0,05%

Brussels - Uni Eropa sepakat kucurkan dana talangan Yunani tahap pertama.

Singapura - Singapore Transboundary Haze Pollution Act No 24/2014 membuat Singapura bisa memberikan surat peringatan kepada 6 perusahaan Indonesia.

Jerusalem - Kepolisian Israel merekomendasikan penuntutan pidana terhadap Sara, istri Perdana Manteri Benyamin Netanyahu atas tuduhan penyalahgunaan dana negara.

Paris - Pilot-pilot Perancis mogok sampai waktu yang belum ditentukan prostes terhadap kondisi gaji.

Frankfurt - CEO Bayer mengatakan siap berdiskusi dengan pengamat lingkungan untuk membicarakan rencana merger dengan Monsanto.

Warsawa - Menteri Luar Negeri Iran membuka acara EU Trade di Polandia sebagai upaya mendekatkan diri berbisnis dengan Barat.

Verizon Communications Inc setuju untuk menambah 1.300 lapangan kerja dan kenaikan 10,9% selama 4 tahun dalam deal dengan Serikat Pekerja.

Ankara - Deputi PM Turki mengatakan hubungan dengan Rusia akan segera diperbaiki.

Lashkar Gah (Afghanistan) - Lebih dari 50 polisi Afghanistan tewas dalam 2 hari terakhir pertempuran di Selatan Provinsi Helmand.

BMRI - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. memprediksi penyaluran kredit perseroan pada kuartal II/2016 tumbuh hingga 8%—9% secara year on year (y-o-y).

Jakarta - OJK melihat ada potensi potensi investasi di sektor properti komersial hingga Rp500 triliun di Ibu Kota, jika Pemprov DKI Jakarta menurunkan tarif BPHTB.

Bisnis Kelautan - OJK dorong sektor kelautan dan perikanan gunakan pembiayaan pasar modal.

Antisipasi Krisis - BI siapkan peraturan untuk merespon kebijakan yang mendukung stabilitas sistem keuangan.

Jadwal Indonesia Soccer Championship Senin, 30 Mei 2016

19:00 WIB PERSIBA VS BALI UNITED

Banjarmasin - Barito Putra mengalahkan Persija 1-0 dengan gol dari Rizki Pora di injury time Babak I pada Minggu (29/5).

Palembang - Sriwijaya FC dan Mitra Kukar harus puas bermain imbang 0-0 dalam lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) hari Minggu (29/5).

Cibinong (Bogor) - PS TNI hanya bisa kembali bermain imbang dalam lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) setelah ditahan PSM Makassar 0-0 hari Minggu (29/5).

GP Monaco - Lewis Hamilton juara, Rio Haryanto di posisi 15.

Ambon - Gempat tektonik berkekuatan 5,0 SR, mengguncang Saumlaki, ibu kota kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) pada Senin subuh, sekitar pukul 03.20 WIT.

Virginia Water (Inggris) - Pegolf Inggris Chris Wood memenangi BMW PGA Championship di Wenworth dengan memimpin satu pukulan.

Teheran - Organisasi Haji dan Umroh Iran menyataka bahwa jemaah haji negeri itu tidak akan mengikuti ibadah haji tahun ini.

Hasil Pertandingan Kualifikasi Liga Serie A Italia (29/5)

Novara 0 - 2 Pescara

Hasil Pertandingan Persahabatan (29/5)

USA 4 - 0 Bolivia

Peru 3 - 1 El Salvador

Guatemala 1 - 7 Armenia

Lithuania 2 - 0 Estonia

Azerbaijan 1 - 3 FYR Makedonia

Albania 3 - 1 Qatar

Jerman 1 - 3 Slovakia

Spanyol 3 - 1 Bosnia-Herzegovina

Hasil Pertandingan Persahabatan (30/5)

Romania 3 - 4 Ukraina

Turki 1 - 0 Montenegro

Italia 1 - 0 Skotlandia

Portugal 3 - 0 Norwegia

Jadwal Pertandingan Persahabatan, Selasa (31/5)

00:30 Swedia vs Slovenia

02:00 Prancis vs Kamerun

17:00 Zimbabwe vs Uganda

DVLA - PT Darya Varia Laboratoria Tbk. (DVLA) siap membagikan dividen tunai Rp35 per saham. Berikut jadwalnya.

MIDI - Emiten ritel PT Midi Utama Indonesia Tbk. membagikan dividen sebesar Rp43,2 miliar atau sekitar 30,74% dari laba tahun berjalan tahun buku 2015 yang mencapai Rp140,51 miliar.

SONA - PT Sona Topas Tourism Industry Tbk. (SONA) siap membagikan dividen tunai Rp320 per saham. Berikut jadwalnya.

KIJA - PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. mengestimasi transaksi penjualan lahan akan marka di paruh kedua tahun ini.

SAME - PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk. menggencarkan ekspansi dengan kembali menambah rumah sakit di jaringannya.

IMPC - PT Impack Pratama Industri Tbk (IMPC), optimistis mampu meningkatkan kinerja perseroan di tahun ini dengan membidik peluang baru di pasar retail dan pasar proyek pemerintah.

IMPC - RUPS Tahunan PT Impack Pratama Industri Tbk (IMPC) memutuskan mengangkat Christian Minaloka sebagai komisaris perseroan untuk masa jabatan sama dengan masa jabatan dewan komisaris lainnya.

KIJA - RUPS PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. (KIJA) memutuskan untuk tidak membagikan dividen atas perolehan laba bersih sepanjang 2015.

SUPR - Emiten sewa menara PT Solusi Tunas Pratama Tbk. (SUPR) mengalokasikan belanja modal pada 2016 sebesar Rp700 miliar hingga Rp800 milair.

Bursa - PT Borneo Agro Utama Sejahtera mengeluarkan surat utang jangka menengah senilai Rp10 miliar.

BUKK - PT Bukaka Teknik Utama Tbk. tahun ini menganggarkan belanja modal hingga Rp335 miliar yang sebagian diantaranya digunakan untuk ekspansi usaha perseroan.

IMPC - PT Impack Pratama Industri Tbk. menargetkan pertumbuhan penjualan bersih mencapai 21%, dengan penaikan laba bersih hingga 121% pada 2016 jika dibandingkan dengan tahun lalu.

SSMS - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) menargetkan kapasitas tertanam kebun perseroan bakal meningkat 44% menjadi 100.000 Hektare dari saat ini 69.000 Ha.

TOBA - PT Toba Bara Sejahtra Tbk. tengah memproses ekspansi pembangkit listrik berkapasitas maksimum 200 Megawatt dengan investasi mencapai US$200 juta hingga US$260 juta.

MIKA - Emiten rumah sakit PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. (MIKA) membagikan dividen tahun buku 2015 senilai total Rp363,8 miliar kepada pemegang saham.

MIKA - Emiten rumah sakit PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. (MIKA) menargetkan akan membangun enam unit rumah sakit hingga 2019 mendatang.

SUPR - PT Solusi Tunas Pratama Tbk. membidik pendapatan pada 2016 sebesar Rp1,93 triliun, naik 8% dari tahun lalu.\n

Bursa - Pagi ini (30/5) IHSG di buka menguat 4,32 poin (0,09%) ke level 4.819,09

Emas - Hari ini (30/5) harga Emas Antam turun Rp4.000 menjadi Rp575.000/gram dibanding akhir minggu kemarin di Rp579.000/gram. Dengan harga buyback turun di Rp517.000/gram.

IDR/USD - Pagi ini (30/5) Rupiah  dibuka menguat Rp13.576 per Dollar AS dibanding akhir minggu kemarin di Rp13.581 (Data Reuters).

IDR/EUR - Pagi ini (30/5) Rupiah dibuka menguat di Rp15.083 per Euro dibanding sore akhir minggu kemarin di Rp15.183 (Data Reuters).

Asia - Indeks saham-saham Asia, pembukaan (30/5):

Nikkei 225 16.973,72 +138,88 +0,82%
Hang Sheng 20.523,67 -53,10 -0,26%
ST. Times 2.796,15 -6,36 -0,23%
Shanghai Comp. 2.814,65 -6,40 -0,23%

Minyak - Pagi ini (30/5) WTI Crude Oil naik dari 49,00 USD menjadi 49,34 USD/bbl. Serta Brent Crude juga naik dari 48,92 USD menjadi 49,23 USD/bbl. Data perbandingan sore akhir minggu kemarin (Bloomberg).

Yamaha - Diduetkan Yamaha dengan Vinales tahun depan, Rossi berharap bisa menjadi mentor terbaik dalam karier membalap Vinales di MotoGP.

Suzuki - Tak ingin kembali kecolongan saat kehilangan Vinales, Suzuki siap perpanjang kontrak Aleix Espargaro.

Jackie Stewart - Legenda Formula Satu, Jackie Stewart mengungkapkan langkah keluarga Bianchi untuk mengajukan tuntutan terhadap penyelenggara Formula Satu bukan langkah tepat.

Mercedes - Gagal raih Podium di Monaco, Nico Rosberg meminta timnya melakukan investigasi faktor kegagalannya di GP Monaco.

Monaco - Juara di Monaco, Lewis Hamilton bukukan 44 kemenangan selama karirnya di Formula 1.

Manor Racing - Bos Tim Manor Racing, Dave Ryan memuji penampilan Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein di Monaco. Ditengah lintasan yang sulit dan licin, kedua pembalap tersebut dapat menyelesaikan lomba.

CLS Knights  - CLS Knights Surabaya berhasil menjadi juara kompetisi Indonesian Basketball League 2016. Di babak final, mereka mengalahkan Pelita Jaya EMP Jakarta.

Hukuman Mati - Kejaksaan Agung akan mengumumkan eksekusi mati 3 hari sebelum pelaksanaannya terutama untuk terpidana mati yang bukan Warga Negara Indonesia (WNI).

Repo - BI membidik nilai transaksi penjualan surat berharga dengan ketetapan akan dibeli kembali (Repurchase Agreement/Repo) antar bank bisa mencapai minimal Rp800 miliar per hari pada Agustus 2016.

Manado - OJK segera merealisasikan pembentukan satuan tugas (Satgas) waspada investasi untuk mengatasi investasi bodong.

Video Sex Kanye West - Penyanyi rap Kanye West tengah panik akibat video seksnya dikabarkan bocor dan terancam beredar luas di dunia maya.

Antisipasi The Fed - BI: Gejolak di pasar keuangan yang akan timbul karena rencana penaikan bunga The Fed pada Juni 2016 sudah diperkirakan sejak jauh-jauh hari dan dapat diantisipasi.

Sarolangun (Jambi) -  Petani swadaya bakal dapat bantuan pengadaan sertifikasi minyak sawit berkelanjutan berupa hibah dari lembaga nirlaba Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) tahun ini  US$453.000.

Jambi - Gapki mendesak pemerintah menyediakan infrastruktur di sentra-sentra perkebunan sawit Indonesia.

Francis Bacon - Polisi Spanyol pada Sabtu (28/5) menangkap tujuh orang yang diduga terlibat dalam pencurian lima lukisan bernilai 25 juta euro karya Francis Bacon.

Sarajevo - Sekelompok seniman membuka selubung lukisan dinding (mural) bergambar David Bowie di Sarajevo, Sabtu (28/5).

New York -  Ko Yong-suk, bibi Kim Jong Un, pemimpin Korea Utara, ternyata telah tinggal di New York, Amerika Serikat selama 18 tahun.

Medan - Pemerintah menunjuk Perum Bulog dan PT Berdikari untuk mengimpor daging sapi dan bawang merah guna mengendalikan harga menjelang Ramadhan.

Caracas - Deutsche Lufthansa AG, perusahaan penerbangan Jerman, memberhentikan sementara penerbangan ke Venezuela pada bulan depan akibat kesulitan ekonomi di negera tersebut.

Tokyo - Para pemimpin G-7 di Jepang mengingatkan kembali dampak buruk bagi ekonomi global bila Inggris keluar dari Uni Eropa atau populer dengan sebutan British Exit (Brexit).

LINE -  Aplikasi pesan instan LINE dilaporkan telah mencapai 500 juta unduhan di Google Play Store.

Purwekerto - DPP Granat meminta Kejagung  untuk tidak menunda-nunda pelaksanaan eksekusi hukuman mati bagi para bandar narkoba.

Hibah Hutan Tropis - Bank Dunia telah menyetujui bantuan hibah senilai US$22 juta kepada Indonesia untuk memperkuat pengelolaan hutan tropis, pengentasan kemiskinan di antara masyarakat yang kebergantungan pada hutan.

Afganistan - Mawlawi Haibatullah Akhundzada, pemimpin Taliban yang baru, menolak berdamai dengan Pemerintah Afganistan.

Modal Asuransi - Industri asosiasi umum di Indonesia meminta OJK tidak menerapkan aturan kenaikan modal minimal Rp150 miliar dalam waktu dekat.

Sport For All - Indonesia akan menjadi tuan rumah pelaksanaan The Association For International Sport For All (Tafisa) 2016 pada 6-12 Oktober 2016 yang diikuti 110 negara.

Wina - Iran masih mematuhi perjanjian nuklir Juli 2015 dengan negara-negara adidaya, menurut laporan International Atomic Energy Agency (IAEA).

San Francisco - Facebook dan Microsoft akan membangun kabel raksasa sepanjang 6.600 kilometer (km) di bawah laut Samudra Atlantik, membentang sepanjang Virginia ke Spanyol.

Cirebon - Pertamina akan meningkatkan pasokan Elpiji sebanyak 500% di Wilayah III Cirebon, Jawa Barat, menjelang Ramadhan.

Amerika - Indeks Dow 30 minggu ini:

Senin (23/5) 17.492,93
Selasa (24/5) 17.706,05
Rabu (25/5) 17.851,51
Kamis (26/5) 17.828,29
Jumat (27/5) 17.873,22

Rupiah Melemah - Menkeu mengatakan penyebab Rupiah hampir menembus Rp13.700/US$ adalah isu kenaikan suku bunga The Fed dan jatuh tempo pembayaran utang.

Amerika - Indeks S&P 500 minggu ini:

Senin (23/5) 2.048,04
Selasa (24/5) 2.076,06
Rabu (25/5) 2.090,54
Kamis (26/5) 2.090,10
Jumat (27/5) 2.099,06

Amerika - Indeks Nasdaq minggu ini:

Senin (23/5) 4.765,78
Selasa (24/5) 4.861,06
Rabu (25/5) 4.894,89
Kamis (26/5) 4.901,77
Jumat (27/5) 4.933,50

Buleleng - Warga Desa Selat, Kabupaten Buleleng, Bali, menemukan dua guci dan tujuh gamelan tua yang diduga sebagai benda-benda purbakala.

Ambon - Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli mengatakan Maluku harus memainkan peran dan memanfaatkan peluang terkait pengembangan Blok Masela.

Railway Train - VP Jusuf Kalla:  The Jakarta-Bandung high speed and the Jakarta-Surabaya normal speed railway trains projects can run simultaneously.

Economic Challenges - Analyst: The domestic economic challenges would mount in June-August on high expectation that the Federal Reserve would raise its interest rate and the government gambling in trying to convince the market about success in securing state revenues. 

Train Carriages Export - President Jokowi has met with Sri Lankas president Maithripala Sirisena to discuss the sale of train carriages to that country.

EU Scholarships - The European Union (EU) is offering scholarships to 1,600 Indonesian students wishing to pursue higher education for master and doctorate degrees in Europe.

Recommended Reading

Senin, 30/05/2016 18:01 WIB

Wow, Tidak Merokok Sehari Hemat Rp605 Miliar

Senin, 30/05/2016 17:19 WIB

Wapres: Penawaran Komoditas Tambang Belarusia Terlambat Datang

Senin, 30/05/2016 15:14 WIB

Bank Mandiri: Pengguna ATM Masih Minim

Senin, 30/05/2016 14:59 WIB

Susi: Turunkan Suku Bunga Untuk Kelonggaran Nelayan

Senin, 30/05/2016 12:59 WIB

Jelang Puasa Harga Ayam dan Telur Naik 20 Persen

Senin, 30/05/2016 10:32 WIB

Rupiah Senin Pagi Melemah Menjadi Rp13.622

Senin, 30/05/2016 10:25 WIB

Ini Dua Penyebab Dolar AS Tembus Rp13.700

Senin, 30/05/2016 08:48 WIB

"Ngambek" ke Saudi, Iran Ogah Kirim Jamaah Haji