Market Indices

PT Pegadaian Salurkan Kredit Rp29 Triliun Lebih

Oleh Cipto - Rubrik Jasa Keuangan Lainnya

31 Mei 2013 14:29:00 WIB

WE.CO.ID - PT Pegadaian periode Januari sampai April 2013 menyaluran kredit kepada nasabahnya, yang sebagian besar kelas ekonomi menengah sebesar Rp29,3 miliar.

Berdasarkan survai Bank Indonesia terdapat 52 persen penduduk Indonesia belum memiliki akses keuangan baik pada perbankan, lembaga keuangan non bank maupun non lembaga keuangan, kata Direktur Utama PT Pegadaian Drs Suwhono di Solo, Jumat (31/5/2013).

Usai seminar nasional dan Coll For Papars Riset Ekonomi dan Bisnis Inklusif yang digelar Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Suwhono mengatakan, untuk membantu masyarakat maka PT Pegadaian saat ini fokus melayani masyarakat menengah ke bawah yang memiliki harta yang dapat digadaikan.

Hal ini dapat dilihat dengan sebanyak 75 persen nasabah yang dilayani merupakan nasabah golongan C (plafon pinjan Rp1 juta sampai Rp20 juta).

Pertumbuhan nasabah Pegadaian selama 10 tahun terakhir mengalami peningkatan fluktuatif dari 14,3 juta nasabah pada 2003 menjadi 27,5 juta nasabah pada 2012.

"Penrunan jumlah nasabah hanya terjadi pada 2006 sebesar 8,9 persen," kata Suwhono.

Pertumbuhan tersebut didukung oleh berbagai kelebihan serta layanan maksimal melalui jaringan yang sudah menjangkau hingga ke pelosok daerah menyebabkan Pegadaian lebih diminati masyarakat kalangan menengah ke bawah.

Ia mengatakan, Pegadaian juga memiliki keunggulan dalam kemudahan persyaratan pencairan serta layanan yang diberikan. Selain itu kantor cabang Pegadaian tersebar di hampir seluruh tanah air dengan karyawan sebanyak 11.153 orang. (Ant)

(redaksi@wartaekonomi.com)

Foto: Sufri Y.

Recomended Reading

Executive Brief

Menkeu: Kebijakan makro ekonomi Indonesia 2015 akan lebih konservatif dan berhati-hati.

Menkeu: Penyerapan anggaran negara pada tahun 2015 harus lebih efektif.

ADB: Acuan garis kemiskinan Indonesia perlu disesuaikan.

BI: Asumsi nilai tukar rupiah 2015 sudah perhitungkan kenaikan suku bunga The Fed

BI habiskan sekitar Rp 3 triliun per tahun untuk cetak uang kartal.

Entertainment & Life Style

22 Agustus 2014 - Olahraga

Ancelotti: Di Maria Ingin Keluar Dari Real

21 Agustus 2014 - Entertainment & Life Style

Cara-cara Unik Ini Bisa Hasilkan Orgasme

21 Agustus 2014 - Olahraga

Swansea Rekrut Bek Argentina Fernandez