Market Indices

Budidaya Laut Peluang Usaha Berprospek Cerah

Rubrik Perikanan

01 Juni 2013 17:02:00 WIB

WE.CO.ID - Luas indikatif potensi lahan pengembangan budidaya laut secara nasional mencapai 4,58 juta hektare. Hingga 2011 baru dimanfaatkan untuk usaha budidaya sekitar 169.292 ha atau 3,69 persen.

Banyak jenis ikan konsumsi yang mempunyai nilai jual tinggi, diantaranya ikan Kerapu, Bawal bintang dan Kakap putih merupakan komoditi ekspor yang banyak diminati pasar luar negeri. Komoditas perikanan ini bisa dikembangkan dengan budidaya laut.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo menilai budidaya laut atau "marine culture" saat ini menjadi usaha yang mempunyai prospek cerah. Apalagi pengembangan budidaya laut dinilai masih mempunyai peluang yang sangat besar.

Karena itu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya menggenjot produksi perikanan budidaya melalui optimalisasi pemanfaatan potensi budidaya. Salah satunya adalah dengan mendorong percepatan pengembangan kawasan budidaya laut.

Prospek pengembangan budidaya laut khususnya pada area "off shore" atau lepas pantai mempunyai peluang besar sebagai alternatif usaha yang prospektif bagi masyarakat pesisir.

"Karena itu KKP melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perikanan Budidaya telah melakukan upaya strategis dalam mempercepat pengembangan kawasan budidaya ikan kerapu melalui pengembangan model percontohan atau 'demfarm' budidaya ikan kerapu di 10 kabupaten," katanya.

Usaha budidaya ikan kerapu, menurut dia, menunjukkan perkembangan yang cukup menggembirakan. Ini terlihat pada sentra-sentra produksi benih kerapu yang secara rutin mendapatkan pesanan dalam jumlah yang cukup besar.

"Disamping itu munculnya beberapa perusahaan yang bergerak dalam budidaya ikan kerapu di beberapa daerah menjadi bukti bahwa peluang bisnis kerapu masih sangat prospektif ke depan," katanya seusai menebar 30.000 ekor benih Kerapu bebek, kerapu macan dan kerapu hybrid di lahan budidaya PT. Bofa Marine Lombok Tengah, Kamis (30/5).

Sebagai gambaran tahun 2012 capaian angka produksi, sementara untuk ikan kerapu sebesar 10.200 ton, sedangkan capaian produksi ikan kakap sebesar 6.100 ton.

Menurut Sharif, sentra produksi kerapu masih didominasi oleh 10 Provinsi penghasil utama, yaitu Provinsi Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Nangroe Aceh Darussalam, Lampung, Sulawesi Tenggara, Jawa Timur, Papua Barat, Nusa Tenggara Barat, Maluku Utara dan Provinsi Maluku.

"Hal ini sejalan dengan kebijakan KKP dalam mewujudkan capaian industrialisasi perikanan budidaya," kata Menteri Kelautan dan Perikanan.

Dijadikan model Budidaya kerapu di perairan laut Gerupuk, Kabupaten Lombok Tengah dengan keramba jaring apung menggunakan "High density Polyethilen" (HDPE) dijadikan model untuk seluruh Indonesia.

"Keramba jaring apung (KJA) yang digunakan untuk budidaya kerapu di Lombok Tengah merupakan keramba yang berciri lebih modern. Dengan menggunakan material HDPE ini tujuannya untuk kelestarian lingkungan," katanya seusai acara penebaran 30.000 ekor benih kerapu di perairan Gerupuk, Lombok Tengah, Kamis.

Penggunaan KJA dengan material HDPE ini ramah lingkungan dan tidak ada pencemaran, kalau keramba ini rusak tidak akan mencemari laut dan mampu bertahan hingga 15 tahun.

"Dengan menggunakan bahan ini ikan yang dibudidayakan tidak akan terkena penyakit. Ini merupakan proyek percontohan dan pertama digunakan untuk budidaya laut, jensi material keramba dari bahan HDPE ini akan digunakan di tempat laih di Indonesia," ujarnya.

Budidaya kerapu milik PT Bofa Marine di perairan Gerupuk, Lombok Tegah ini untuk tahap pertama sebanyak 60 lubang dan akan ditambah menjadi 150 lubang.

"Untuk pengembangan budidaya kerapu ini kami mendorong pengusaha dan masyarakat untuk bersama-sama mengembangkan usaha ini. Karena itu saya mendorong pengusaha untuk mengelola budidaya kerapu tersebut bekerja sama dengan nelayan," katanya.

Menurut dia, dalam kerja sama itu pengusaha memiliki sistem untuk membayar setiap penambahan ukuran kerapu dengan harga tertentu. Ini dimaksudkan agar para nelayan ikut merasa memiliki, sehingga baik pengusaha maupun nelayan sama-sama mendapat keuntungan.

"Saya mendorong pengembangan budidaya kerapu, karena di sejumlah negara, seperti China dan Jepang kerapu dinilai sebagai salah satu komoditas terbaik. Harga 1 kilogram kerapu bisa mencapai Rp450.000. Harga kerapu ini mirip dengan ikan salmon," kata Sharif.

Menurut dia, alasan memilih NTB sebagai lokasi percontohan budidaya kerapu, antara lain karena kualitas air lautnya baik dan tidak tercemar industri. Selain kerapu cocok untuk abalon, rumput laut dan teripang.

"Kualitas air laut di Lombok ini paling baik, sehingga perkembangbiakan kerapu relatif cepat, sehingga budidaya ini akan terus dikembangkan di daerah ini," katanya.

Produksi ikan kerapu hasail budidaya tersebut sebagian untuk memenuhi eskpor yang cukup besar dari berbagai negara, antara lain China dan Hong Kong.

Kementerian Kelautan dan Perikanan menargetkan ekspor kerapu ke berbagai negara sebanyak 15.000 ton pada 2013 sehubungan dengan permintaan komoditas tersebut masih relatif cukup tinggi, antara lain, dari China dan Hong Kong.

Menurut Sharif, di Hong Kong masyarakatnya lebih "minded" kerapu dibandingkan dengan Salmon. Tahun 2012 volume ekspor kerapu mencapai 10.200 ton dan ikan kakap 6.100 ton.

"Hingga kini, kita baru bisa memenuhi sekitar 30 persen permintaan ikan kerapu dari berbagai negara, khususnya China dan Hong Kong. Jadi, pemasaran hasil budi daya kerapu kita bisa dijamin tidak ada masalah," katanya.

Sampai saat ini, menurut dia, relatif cukup banyak pengusaha yang mengelola budi daya kerapu, baik di perairan NTB maupun provinsi lainnya di Indonesia.

Sentra produksi kerapu masih didominasi oleh 10 Provinsi penghasil utama, yaitu Provinsi Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Nangrooe Aceh Darusalam, Lampung, Sulawesi Tenggara, Jawa Timur, Papua Barat, NTB, Maluku Utara, dan Provinsi Maluku.

Penghasil utama ikan kakap putih lain, yakni Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Maluku Utara, Aceh, Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan.

Prospek cerah Sementara itu Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Budidaya Slamet menilai prospek pengembangan usaha budidaya di perairan laut NTB masih cukup cerah baik budidaya kerapu, kakap putih dan bawal bintang.

Di Provinsi NTB, Ditjen Perikanan Budidaya telah mengalokasikan sebanyak enam klaster atau 96 lubang budidaya dengan padat tebar 325 ekor per lubang, masing-masing tersebar di Kabupaten Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Barat dan Bima.

Ia mengatakan sejauh ini hasil monitoring terhadap proyek percontohan ikan kerapu pada beberapa kawasan menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Ini terbukti selama masa pemeliharan 3,5 bulan tingkat kelangsungan hidup atau survival rate (SR) mencapai lebih 90 persen dengan ukuran ikan mencapai 80-100 gr per ekor.

"Tujuan pengembangan proyek percontohan adalah dalam rangka memperkenalkan model penerapan usaha budidaya ikan kerapu yang sesuai teknologi anjuran berbasis klaster. Diharapkan melalui pengelolaan demfarm berbasis kelompok ini masyarakat akan mampu mengelola usahanya secara berkelanjutan," ujarnya.

Slamet mengatakan, potensi area pengembangan budidaya laut (fin fish) di Provinsi NTB mencapai 2.642,37 ha, pemanfaatan sampai pada 2011 baru mencapai 115,03 ha dengan total produksi ikan kerapu pada 2011 sebanyak 256 ton. Nilai ini mengantarkan NTB dalam jajaran 10 besar Provinsi penghasil ikan kerapu di Indonesia.

Percepatan kawasan budidaya kerapu di NTB, menurut Slamet, juga diarahkan dengan mendorong investasi bagi usaha ini pada kawasan-kawasan potensial.

Dia mengatakan salah satu perusahaan yang telah berinvestasi dalam usaha budidaya ikan kerapu adalah PT Bofa Marine yang berlokasi di Dusun Grupuk Desa Sengkol Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah.

Pihak perusahaan berkomitmen untuk berinvestasi di budidaya kerapu, karena menilai peluang usaha budidaya laut cukup menjanjikan.

PT Bofa Marine menerapkan teknologi keramba jaring apung (KJA) menggunakan High density Polyethilen (HDPE) "Dengan teknologi ini diharapkan akan memperoleh beberapa kelebihan di antaranya lebih ramah lingkungan," kata Slamet.

Teknologi ini, menurut dia, juga dinilai lebih efektif dalam pengelolaan, mempunyai daya tahan lama terhadap gelombang sehingga dapat lebih produktif dibanding KJA konvensional, dan dari segi penataan tata letak lebih rapi dan fleksibel.

"Tahap awal perusahaan sudah mengembangkan sebanyak 60 lubang dengan ukuran perlubang 4x4x3,5 meter, dengan padat tebar sebanyak 500 ekor per lubang," katanya.

Komoditas ikan kerapu, menurut Slamet, mempunyai harga tinggi. Bayangkan untuk jenis ikan kerapu bebek di tingkat pembudidaya harganya mencapai Rp350.000 per kilogram, sedangkan di tingkat eksportir mencapai Rp500.000 per kg.

Jenis ikan kerapu bebek, katanya, berbeda dengan ikan kerapu macan rata-rata di tingkat pembudidaya harganya Rp120.000 per kg. Untuk itu, dengan masuknya PT Bofa Marine ke NTB, maka akan diikuti para investor lain, sehingga akan semakin mampu mendorong peningkatan produksi ikan kerapu nasional secara signifikan.

Usaha budidaya kerapu membutuhkan investasi besar dan jangka waktu pemeliharaan yang cukup lama, yakni selama delapan hingga 12 bulan). Dengan masuknya investor, diharapkan akan mampu membangun kemitraan dengan masyarakat sekitar melalui pola segmentasi usaha," katanya.

Menurut Slamet, selain kerapu, ada beberapa jenis ikan yang juga nilai ekonominya tinggi, di antaranya kakap putih dan bawal bintang (Pompano). Saat ini teknologi pembenihan dan pembesarannya telah mampu dikuasai dan mulai berkembang di masyarakat.

Sentra produksi ikan kakap tersebar di 10 Provinsi penghasil utama antara lain Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Maluku Utara, Aceh, Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa Barat dan Sulawesi Selatan.

Sedangkan budidaya ikan bawal bintang telah mulai berkembang di Batam, Bintan, Lombok, Bali dan beberapa daerah lainnya. Saat ini permintaan ikan bawal bintang untuk memasok kebutuhan restoran sudah meluas.

"Untuk di Lombok saja permintaan rutin selalu datang dari Bali sebagai pasar utama. Walaupun harga bawal bintang tidak semahal kerapu, yaitu berkisar Rp50.000 per kg, namun karena masa pemeliharaan yang tidak terlalu lama, menjadikan komoditas ini cukup diminati oleh masyarakat pembudidaya," kata Slamet.

Perkembangan usaha budidaya di Kabupaten Lombok Tengah termasuk rumput laut nampaknya tidak terlepas dari peran penyuuh perikanan. Jumlah penyuluh perikanan di Lombok Tengah 27 orang pengawai negeri sipil (PNS) dan lima orang Penyuluh Perikanan Tenaga Kontrak (PPTK).

Kepala Pusat Penyuluhan (Kapusluh) Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan Herman Suherman menilai penyuluh perikanan memiliki peran strategis dalam meningkatan peningkatan produksi dan produktivitas rumput laut.

"Peran strategis para penyuluh itu dalam bentuk alih teknologi budidaya dan pengolahan hasil, fasilitasi akses permodalan dan meningkatkan jaringan kemitraan usaha," katanya.

Alih teknologi penanganan hasil panen rumput laut dari penjemuran sederhana atau langsung di atas pasir diubah menggunakan alat penjemur dari para-para bambu, sehingga mampu meningkatkan nilai higenitas sekalus meningkatkan harga rumput laut.

Dia mengatakan, penyuluh perikanan harus dapat membantu pelaku utama dalam upaya meningkatkan produksi yang diikuti dengan sinergi produksi hulu hilir guna menodorong optimisme pelaku usaha perikanan dalam rangka meningkatkan produksi dan menjaga keberlangsungannya, karena pasar tersedia dengan harga yang stabil.

Penyuluh perikanan, kata Herman, telah memfasilitasi konsumen dengan pihak pabrik pengolahan dan pemasaran serta mendorong kerja sama riset dan pengembangan dengan lembaga-lembaga penghasil teknologi.

"Penyuluh juga harus berperan aktif dalam mendorong program-program prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan, seperti industrialisasi rumput laut, peningikatan kehidupan nelayan (PKN), Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) dan Minapolitan," kata Herman.

Menurut dia, potensi perikanan di Kabupaten Lombok Tengah yang cukup potensial diantaranya komoditas rumput laut dan lokasi budidaya antara lain berada di Desa Gerupuk dan Awang dengan total areal potensial seluas 475 hektare.

Tingkat pemanfaatan pada 2011 baru mencapai 214,63 ha dengan produksi tahun 2012 untuk Desa Gerupuk sebanyak 14.706,25 ton dan Awang 6.787,50 ton. (Ant)

(redaksi@wartaekonomi.com)

Foto: Ist.

Penulis: ***

Editor: Sucipto

Executive Brief

Caracas – Rakyat Venezuela pada Selasa (24/5) mendapati harga tepung jagung meroket 900%.

Tax Amnesty -  Pemerintah menyiapkan instrumen investasi untuk menampung dana-dana repatriasi aset dari kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty. 

Lion Group - Presdir Lion Group Edward Sirait merasa Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menghambat pengembangan bisnis Batik Air dan Wings Air.

Medan - Dinas Pertanian Pemerintah Provinsi Sumut optimis luas panen padi tahun ini bisa mencapai target 805.708 hektare, walaupun sekarang baru mencapai 37%.

Pencegahan Korupsi - ESDM minta KPK untuk mengawasi sejumlah mega proyek yang dikerjakan PT PLN dan Pertamina.

Beijing - Wang Jianlin, miliarder real estate dan dunia hiburan China, mengatakan Disney Park tidak cocok di China.

Lagos -  Pemerintah Nigeria telah menargetkan 2019 untuk mengakhiri impor bahan bakar minyak (BBM), karena berencana membangun kilang minyak sendiri.

Berlin - VW memastikan sebanyak 120.000 pegawainya di Jerman akan mendapat kenaikan gaji 5% pada tahun depan.

Jakarta - Ahok siap dipanggil KPK untuk menjelaskan alasannya hak diskresi dalam menentukan besaran kontribusi tambahan bagi para pengembang reklamasi.

Colombo - Banjir di Srilanka sudah memakan korban lewat dari 100 orang ketika air naik kembali pada Selasa (24/5).

MEDC - PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) menargetkan bisa meraup dana hingga Rp4,65 triliun dari penerbitan saham baru melalui rights issue sebanyak 3,04 miliar saham.

SMSM - PT Selamat Sempurna Tbk. (SMSM) menerima dividen final tunai sebesar Rp18,14 miliar dari dua anak usahanya.

TOWR - Pemegang saham menyetujui rencana PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR) untuk melakukan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu.

TOBA - Emiten tambang batu bara PT Toba Bara Sejahtera Tbk. (TOBA) menganggarkan belanja modal (capital expenditure/Capex) sebesar US$10 juta pada tahun ini.

TOBA - Emiten tambang batu bara milik Luhut Binsar Pandjaitan, PT Toba Bara Sejahtra Tbk. (TOBA) membagikan dividen tahun buku 2015 senilai US$1,13 juta.

SMDR - PT Samudera Indonesia Tbk. (SMDR) berencana membentuk perusahaan sub holding yang akan membawahkan bisnis terminal dan jasa pelabuhan.

MEDC - PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) memperpanjang aksi buyback saham dan akan menggelar rights issue dengan target dana Rp4,65 triliun untuk membayar utang jatuh tempo.

EKAD - Emiten pita perekat PT Ekadharma International Tbk. tahun ini menambah kapasitas produksi mencapai 192 juta m2 per tahun.

Kartel - BPK mensinyalir ada praktik persaingan yang tidak sehat dalam proses tender pengadaan barang dan jasa secara elektronik yang cenderung menjurus pada praktik persekongkolan.

Modal ventura - Aturan permodalan perusahaan modal ventura yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan diprediksi bakal memicu maraknya aksi merger di industri.

Bank - Bank syariah di sejumlah daerah memangkas margin untuk mengantisipasi rendahnya penyaluran pembiayaan pada awal tahun ini.

Wison - Investor asal China, Wison, bekerja sama dengan Shell akan membangun dua pabrik olahan batu bara menjadi olefin di Sumatra Selatan dengan total nilai investasi US$7,3 miliar.

LTV - Sejumlah pelaku industri properti menyambut baik rencana BI dalam revisi kebijakan loan to value  hunian atau properti komersial.

Pelabuhan - Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia memprediksi arus barang di Pelabuhan Tanjung Priok menjelang Ramadan bakal melonjak 30%-40% dibandingkan dengan bulan biasa.

Jagung - Setelah rutin menjadi importir jagung setiap tahun, pemerintah bakal mengambil sikap tegas untuk menyetop kegiatan yang menyedot devisa tersebut pada 2017.

Impor - Pemerintah akan mengadopsi standar dari United Nations Economic Commission for Europe atau UNECE untuk mempermudah arus importasi barang di sektor kendaraan bermotor dan bagiannya.

BPD - Penyaluran kredit produktif kelompok BPD masih minim. OJK mencatat, penyaluran kredit produktif bank-bank milik pemerintah daerah ini baru mencapai 30%.

Bursa - Pagi ini (25/5) IHSG dibuka menguat 23,10 poin (0,43%) ke level 4.733,88

IDR/USD - Pagi ini (25/5) Rupiah menguat di Rp13.641 per Dollar AS dibanding kemarin di Rp13.685 (Data Reuters).

IDR/EUR - Pagi ini (25/5) Rupiah menguat di Rp15.242 per Euro dibanding sore kemarin di Rp15.305 (Data Reuters).

Minyak - Pagi ini (25/5) WTI Crude Oil naik dari 47,93 USD menjadi 49,25 USD/bbl. Sementara Brent Crude juga naik dari 48,08 USD menjadi 49,17 USD/bbl. Data perbandingan sore kemarin (Bloomberg).

Emas - Hari ini (25/5) harga Emas Antam turun Rp5.000 menjadi Rp581.000/gram dibanding kemarin di Rp586.000/gram. Dengan harga buyback turun di Rp528.000/gram

Amerika - Indeks saham-saham Amerika, penutupan (24/5):

Dow 30 17.706,05 +213,12 +1,22%
S&P 500 2.076,06 +28,02 +1,37%
Nasdaq 4.861,06 +95,27 +2,00%

Eropa - Indeks saham-saham Eropa, penutupan (24/5):

FTSE 100   6.219,26 +82,83 +1,35%
CAC 40 4.431,52 +106,42 +2,46%
DAX 10.057,31 +215,02 +2,18%

Asia - Indeks saham-saham Asia, pembukaan (25/5):

Nikkei 225 16.764,35 +265,59 +1,61%
Hang Sheng 20.156,76 +326,33 +1,65%
ST. Times 2.786,18 +35,95 +1,31%
Shanghai Comp. 2.835,03 +13,36 +0,47%

CPO - Pagi ini (25/5) CPO Kontrak Agustus 2016, turun 15 poin pada harga 2.487,00 Ringgit per ton (Bursa Malaysia).

JISDOR BI - Hari ini (25/5) kurs referensi Bank Indonesia melemah di Rp13.671 dibanding kemarin di Rp13.606.

Yamaha - Maverick Vinales ungkap alasannya ke Yamaha karena ingin menjadi Juara Dunia Moto GP.

BMW - Tidak tertarik terjun di Moto GP, BMW mengaku fokus untuk pengembangan pembalap-pembalap muda.

Barcelona - Pebalap Estrella Galicia Marc VDS Honda, Tito Rabat telah sukses menjalani operasi bahu kiri di Hospital Universitario Dexeus, Barcelona.

Manor - Jika tidak mampu melunasi pembayaran ke Manor, Rio Haryanto dikabarkan akan berakhir di GP Hongaria.

French Open - Unggulan kelima French Open Victoria Azarenka harus terhenti di babak Pertama akibat mengalami cedera.

Inggris - Petenis Inggris Heather Watson lolos ke babak kedua French Open usai mengalahkan Nicole Gibbs  5-7, 6-2, 6-2. 

Moto2 - Pembalap Muda Indonesia, Ali Adrian resmi memastikan diri berlaga di ajang CEV Moto2 European Championship 2016.

Yamaha - Bos Yamaha Lin Jarvis akan mengumumkan penyebab mesin Rossi bermasalah, Yamaha mengirim mesin Rossi ke Jepang untuk diselidiki lebih lanjut. 

Ducati - Pembalap Ducati Andrea Ianonne mengakui selama balapan musim 2016 kerap kesulitan melakukan start yang bagus.

Eropa - Indeks saham-saham Eropa, pembukaan (25/5):

FTSE 100   6.267,00 +47,74 +0,77%
CAC 40 4.459,30 +27,78 +0,63%
DAX 10.173,00 +115,69 +1,15%

Bursa - Sore ini (25/5) IHSG ditutup menguat 62,19 poin (1,32%) ke level 4.772,98

CPO - Sore ini (25/5) CPO Kontrak Agustus 2016, naik 33 poin pada harga 2.535,00 Ringgit per ton (Bursa Malaysia).

Uang Tax Amnesty - BI perkirakan pajak tax amnesty cuma Rp 53 triliun.

Minyak - Sore ini (25/5) WTI Crude Oil naik dari 47,93 USD menjadi 49,19 USD/bbl. Serta Brent Crude juga naik dari 48,08 USD menjadi 49,25 USD/bbl. Data perbandingan sore kemarin (Bloomberg).

IDR/USD - Sore ini (25/5) Rupiah menguat di Rp13.650 per Dollar AS dibanding kemarin di Rp13.685 (Data Reuters).

IDR/EUR - Sore ini (25/5) Rupiah menguat di Rp15.215 per Euro dibanding sore kemarin di Rp15.305 (Data Reuters).

Asia - Indeks saham-saham Asia, penutupan (25/5):

Nikkei 225 16.757,35 +258,59 +1,57%
Hang Sheng 20.368,05 +537,62 +2,71%
ST. Times 2.766,66 +16,43 +0,60%
Shanghai Comp. 2.815,05 -6,58 -0,23%

Taxi Online -  Grup Volkswagen membentuk kemitraan strategis dengan Gett, start up transportasi online yang bermarkas di London.

Tarif Tax Amnesty - Ditjen Pajak: Skema tarif diubah menjadi dua, yakni tiga bulan pertama yang repatriasi 2%, deklarasi 4% dan tiga bulan berikutnya 3% untuk repatriasi dan 6% untuk deklarasi.

Athena - Yunani menyetujui upaya penghematan baru dan kenaikan pajak yang dituntut para kreditur Eropa demi memperoleh dana talangan baru.

MSKY - PT MNC Sky Vision Tbk. milik taipan Hary Tanoesoedibjo tengah memproses pinjaman dari perbankan asing untuk kebutuhan refinancing senilai maksimum US$275 juta.

Los Angeles - Lelang "Collecting Disney" yang diselenggarakan Van Eaton Galleris pada 18 Juni di Los Angeles akan menawarkan lebih dari 700 arsip Disney.

Pasar Eropa - Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan Azerbaijan dapat menjadi pintu masuk pasar Eropa untuk memasarkan produk-produk Tanah Air.

Hanoi - Presiden AS Barrack Obama mengumumkan pada Senin bahwa Washington akan mencabut seluruh embargo penjualan senjata mematikan terhadap Vietnam.

Stockholm - Badan Transportasi Swedia: Sudah 650 orang masuk rumah sakit akibat menggunakan ponsel di jalanan.

DPUM - Perusahaan di sektor perikanan yang berbasis di Jawa Tengah, PT Dua Putra Utama Makmur Tbk.  memastikan akan merambah pasar Amerika dan Eropa pada tahun ini.

MTLA - RUPS Saham PT Metropolitan Land Tbk. memutuskan untuk menyisihkan laba bersih sebanyak Rp32,08 miliar untuk dividen kepad pemegang saham.

Turn Back Crime - Kapolri Jendral Badrodin Haiti mengeluarkan surat larangan terhadap masyarakat atau sipil menggunakan atribut berkenaan dengan Turn Back Crime.

MSKY - Hary Tanoesidibjo dan pemegang saham PT MNC Sky Vision sebagai pemegang merek Indovision merestui penerbitan saham baru melalui mekanisme private placement Rp769,96 miliar.

Ahok - Partai Golkar: Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama  (Ahok) menduduki urutan pertama untuk calon Gubernur DKI hasil survei partai Golongan Karya.

Bursa - PT Siba Surya (Siba Group) melakukan pembenahan sistem TI sebagai upaya menyakinkan investor dalam rangka Initial Public Offering (IPO) yang direncanakan pada 2017.

SRIL - Emiten tekstil PT Sri Rejeki Isman Tbk. menerbitkan obligasi global dengan nilai US$420 juta setara dengan Rp5,7 triliun (kurs Rp13.575 per dolar AS) untuk refinancing.

MSKY - Hary Tanoesoedibjo pemegang merek Indovision, PT MNC Sky Vision Tbk. (MSKY) merombak jajaran direksi dan komisaris perseroan.

DPUM - Perusahaan di sektor perikanan yang berbasis di Jawa Tengah, PT Dua Putra Utama Makmur Tbk. (DPUM) telah menyerap belanja modal sekitar Rp200 miliar hingga saat ini untuk ekspansi.

Jadwal Pertandingan Kualifikasi Liga Serie A Italia, Kamis (26/5)

01:30 Bari vs Novara

HITS - Emiten transportasi laut, PT Humpuss Intermoda Sarana Tbk. berniat melakukan kuasi reorganisasi dengan menghapus akumulasi rugi sebanyak US$95,47 juta

Hong Kong - Huawei Technologies Co Ltd menggugat Samsung Electronics Co Ltd terhadap pelanggaran paten smartphones.

Kupang - Duta Besar Indonesia untuk negara-negara ASEAN Timor Leste akan masuk menjadi anggota ASEAN pada 2017.

Jadwal Pertandingan Persahabatan, Kamis (26/5)

01:00 Rumania vs DR Kongo

07:00 Amerika Serikat vs Ekuador

23:00 Azerbaijan vs Andorra

Jakarta - The South Jakarta Police personnel seized 2,128 pairs of shoes that carried a forged branding of "Nike" and were suspected to have been imported from Guangzhou, China.

Twitter - User names and media attachments such as photos and videos will no longer count towards the length of a tweet, Twitter Inc said on Tuesday (24/5), but the 140-character limit will stay.

Hanoi - US President Barack Obama called Tuesday (24/5) for territorial disputes in the South China Sea to be "resolved peacefully" as Vietnam baulks at Chinese actions in the bitterly contested waters.

Manila -  A Malaysian naval patrol detained three Philippine fishermen for encroaching in territorial waters in the disputed Spratlys this month, the Philippine military said on Tuesday (24/5).

Manila - Plans by the Philippines' controversial president-elect to give late dictator Ferdinand Marcos a hero's burial triggered outrage.

Jakarta - Netherlands Supreme Courts President: The Netherlands' and Indonesian Supreme Court will cooperate in building more effective and efficient linkages between the two courts, attorney general office and judicial commissions.

Jakarta - President Jokowi would attend the G7 Summit in Japan on May 26-27.

London - Biaya liburan keluarga ke Eropa bisa naik jika warga Inggris memilih meninggalkan Uni Eropa bulan depan, kata Perdana Menteri David Cameron.

Ankara  - Perdana Menteri (PM) terpilih Turki Binali Yildirim mengumumkan daftar kabinet barunya pada Selasa (24/5).

Idomeni - Sedikitnya 200 polisi pada Selasa mulai membongkar kamp kumuh Idomeni Yunani di perbatasan dengan Makedonia, tempat lebih dari 8.400 imigran tinggal.

Paris - Penyelidik Perancis menyerbu markas Google di Paris pada Selasa (24/5) untuk penyelidikan masalah penghindaran pajak dan pencucian uang.

Palembang - Bank Indonesia mencatat pertumbuhan ekonomi di Sumatera Selatan sebesar 4,94% pada triwulan I/2016 didorong sejumlah pembangunan infrastruktur skala besar.