Market Indices

Budidaya Laut Peluang Usaha Berprospek Cerah

Rubrik Perikanan

01 Juni 2013 17:02:00 WIB

WE.CO.ID - Luas indikatif potensi lahan pengembangan budidaya laut secara nasional mencapai 4,58 juta hektare. Hingga 2011 baru dimanfaatkan untuk usaha budidaya sekitar 169.292 ha atau 3,69 persen.

Banyak jenis ikan konsumsi yang mempunyai nilai jual tinggi, diantaranya ikan Kerapu, Bawal bintang dan Kakap putih merupakan komoditi ekspor yang banyak diminati pasar luar negeri. Komoditas perikanan ini bisa dikembangkan dengan budidaya laut.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo menilai budidaya laut atau "marine culture" saat ini menjadi usaha yang mempunyai prospek cerah. Apalagi pengembangan budidaya laut dinilai masih mempunyai peluang yang sangat besar.

Karena itu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya menggenjot produksi perikanan budidaya melalui optimalisasi pemanfaatan potensi budidaya. Salah satunya adalah dengan mendorong percepatan pengembangan kawasan budidaya laut.

Prospek pengembangan budidaya laut khususnya pada area "off shore" atau lepas pantai mempunyai peluang besar sebagai alternatif usaha yang prospektif bagi masyarakat pesisir.

"Karena itu KKP melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perikanan Budidaya telah melakukan upaya strategis dalam mempercepat pengembangan kawasan budidaya ikan kerapu melalui pengembangan model percontohan atau 'demfarm' budidaya ikan kerapu di 10 kabupaten," katanya.

Usaha budidaya ikan kerapu, menurut dia, menunjukkan perkembangan yang cukup menggembirakan. Ini terlihat pada sentra-sentra produksi benih kerapu yang secara rutin mendapatkan pesanan dalam jumlah yang cukup besar.

"Disamping itu munculnya beberapa perusahaan yang bergerak dalam budidaya ikan kerapu di beberapa daerah menjadi bukti bahwa peluang bisnis kerapu masih sangat prospektif ke depan," katanya seusai menebar 30.000 ekor benih Kerapu bebek, kerapu macan dan kerapu hybrid di lahan budidaya PT. Bofa Marine Lombok Tengah, Kamis (30/5).

Sebagai gambaran tahun 2012 capaian angka produksi, sementara untuk ikan kerapu sebesar 10.200 ton, sedangkan capaian produksi ikan kakap sebesar 6.100 ton.

Menurut Sharif, sentra produksi kerapu masih didominasi oleh 10 Provinsi penghasil utama, yaitu Provinsi Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Nangroe Aceh Darussalam, Lampung, Sulawesi Tenggara, Jawa Timur, Papua Barat, Nusa Tenggara Barat, Maluku Utara dan Provinsi Maluku.

"Hal ini sejalan dengan kebijakan KKP dalam mewujudkan capaian industrialisasi perikanan budidaya," kata Menteri Kelautan dan Perikanan.

Dijadikan model Budidaya kerapu di perairan laut Gerupuk, Kabupaten Lombok Tengah dengan keramba jaring apung menggunakan "High density Polyethilen" (HDPE) dijadikan model untuk seluruh Indonesia.

"Keramba jaring apung (KJA) yang digunakan untuk budidaya kerapu di Lombok Tengah merupakan keramba yang berciri lebih modern. Dengan menggunakan material HDPE ini tujuannya untuk kelestarian lingkungan," katanya seusai acara penebaran 30.000 ekor benih kerapu di perairan Gerupuk, Lombok Tengah, Kamis.

Penggunaan KJA dengan material HDPE ini ramah lingkungan dan tidak ada pencemaran, kalau keramba ini rusak tidak akan mencemari laut dan mampu bertahan hingga 15 tahun.

"Dengan menggunakan bahan ini ikan yang dibudidayakan tidak akan terkena penyakit. Ini merupakan proyek percontohan dan pertama digunakan untuk budidaya laut, jensi material keramba dari bahan HDPE ini akan digunakan di tempat laih di Indonesia," ujarnya.

Budidaya kerapu milik PT Bofa Marine di perairan Gerupuk, Lombok Tegah ini untuk tahap pertama sebanyak 60 lubang dan akan ditambah menjadi 150 lubang.

"Untuk pengembangan budidaya kerapu ini kami mendorong pengusaha dan masyarakat untuk bersama-sama mengembangkan usaha ini. Karena itu saya mendorong pengusaha untuk mengelola budidaya kerapu tersebut bekerja sama dengan nelayan," katanya.

Menurut dia, dalam kerja sama itu pengusaha memiliki sistem untuk membayar setiap penambahan ukuran kerapu dengan harga tertentu. Ini dimaksudkan agar para nelayan ikut merasa memiliki, sehingga baik pengusaha maupun nelayan sama-sama mendapat keuntungan.

"Saya mendorong pengembangan budidaya kerapu, karena di sejumlah negara, seperti China dan Jepang kerapu dinilai sebagai salah satu komoditas terbaik. Harga 1 kilogram kerapu bisa mencapai Rp450.000. Harga kerapu ini mirip dengan ikan salmon," kata Sharif.

Menurut dia, alasan memilih NTB sebagai lokasi percontohan budidaya kerapu, antara lain karena kualitas air lautnya baik dan tidak tercemar industri. Selain kerapu cocok untuk abalon, rumput laut dan teripang.

"Kualitas air laut di Lombok ini paling baik, sehingga perkembangbiakan kerapu relatif cepat, sehingga budidaya ini akan terus dikembangkan di daerah ini," katanya.

Produksi ikan kerapu hasail budidaya tersebut sebagian untuk memenuhi eskpor yang cukup besar dari berbagai negara, antara lain China dan Hong Kong.

Kementerian Kelautan dan Perikanan menargetkan ekspor kerapu ke berbagai negara sebanyak 15.000 ton pada 2013 sehubungan dengan permintaan komoditas tersebut masih relatif cukup tinggi, antara lain, dari China dan Hong Kong.

Menurut Sharif, di Hong Kong masyarakatnya lebih "minded" kerapu dibandingkan dengan Salmon. Tahun 2012 volume ekspor kerapu mencapai 10.200 ton dan ikan kakap 6.100 ton.

"Hingga kini, kita baru bisa memenuhi sekitar 30 persen permintaan ikan kerapu dari berbagai negara, khususnya China dan Hong Kong. Jadi, pemasaran hasil budi daya kerapu kita bisa dijamin tidak ada masalah," katanya.

Sampai saat ini, menurut dia, relatif cukup banyak pengusaha yang mengelola budi daya kerapu, baik di perairan NTB maupun provinsi lainnya di Indonesia.

Sentra produksi kerapu masih didominasi oleh 10 Provinsi penghasil utama, yaitu Provinsi Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Nangrooe Aceh Darusalam, Lampung, Sulawesi Tenggara, Jawa Timur, Papua Barat, NTB, Maluku Utara, dan Provinsi Maluku.

Penghasil utama ikan kakap putih lain, yakni Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Maluku Utara, Aceh, Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan.

Prospek cerah Sementara itu Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Budidaya Slamet menilai prospek pengembangan usaha budidaya di perairan laut NTB masih cukup cerah baik budidaya kerapu, kakap putih dan bawal bintang.

Di Provinsi NTB, Ditjen Perikanan Budidaya telah mengalokasikan sebanyak enam klaster atau 96 lubang budidaya dengan padat tebar 325 ekor per lubang, masing-masing tersebar di Kabupaten Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Barat dan Bima.

Ia mengatakan sejauh ini hasil monitoring terhadap proyek percontohan ikan kerapu pada beberapa kawasan menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Ini terbukti selama masa pemeliharan 3,5 bulan tingkat kelangsungan hidup atau survival rate (SR) mencapai lebih 90 persen dengan ukuran ikan mencapai 80-100 gr per ekor.

"Tujuan pengembangan proyek percontohan adalah dalam rangka memperkenalkan model penerapan usaha budidaya ikan kerapu yang sesuai teknologi anjuran berbasis klaster. Diharapkan melalui pengelolaan demfarm berbasis kelompok ini masyarakat akan mampu mengelola usahanya secara berkelanjutan," ujarnya.

Slamet mengatakan, potensi area pengembangan budidaya laut (fin fish) di Provinsi NTB mencapai 2.642,37 ha, pemanfaatan sampai pada 2011 baru mencapai 115,03 ha dengan total produksi ikan kerapu pada 2011 sebanyak 256 ton. Nilai ini mengantarkan NTB dalam jajaran 10 besar Provinsi penghasil ikan kerapu di Indonesia.

Percepatan kawasan budidaya kerapu di NTB, menurut Slamet, juga diarahkan dengan mendorong investasi bagi usaha ini pada kawasan-kawasan potensial.

Dia mengatakan salah satu perusahaan yang telah berinvestasi dalam usaha budidaya ikan kerapu adalah PT Bofa Marine yang berlokasi di Dusun Grupuk Desa Sengkol Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah.

Pihak perusahaan berkomitmen untuk berinvestasi di budidaya kerapu, karena menilai peluang usaha budidaya laut cukup menjanjikan.

PT Bofa Marine menerapkan teknologi keramba jaring apung (KJA) menggunakan High density Polyethilen (HDPE) "Dengan teknologi ini diharapkan akan memperoleh beberapa kelebihan di antaranya lebih ramah lingkungan," kata Slamet.

Teknologi ini, menurut dia, juga dinilai lebih efektif dalam pengelolaan, mempunyai daya tahan lama terhadap gelombang sehingga dapat lebih produktif dibanding KJA konvensional, dan dari segi penataan tata letak lebih rapi dan fleksibel.

"Tahap awal perusahaan sudah mengembangkan sebanyak 60 lubang dengan ukuran perlubang 4x4x3,5 meter, dengan padat tebar sebanyak 500 ekor per lubang," katanya.

Komoditas ikan kerapu, menurut Slamet, mempunyai harga tinggi. Bayangkan untuk jenis ikan kerapu bebek di tingkat pembudidaya harganya mencapai Rp350.000 per kilogram, sedangkan di tingkat eksportir mencapai Rp500.000 per kg.

Jenis ikan kerapu bebek, katanya, berbeda dengan ikan kerapu macan rata-rata di tingkat pembudidaya harganya Rp120.000 per kg. Untuk itu, dengan masuknya PT Bofa Marine ke NTB, maka akan diikuti para investor lain, sehingga akan semakin mampu mendorong peningkatan produksi ikan kerapu nasional secara signifikan.

Usaha budidaya kerapu membutuhkan investasi besar dan jangka waktu pemeliharaan yang cukup lama, yakni selama delapan hingga 12 bulan). Dengan masuknya investor, diharapkan akan mampu membangun kemitraan dengan masyarakat sekitar melalui pola segmentasi usaha," katanya.

Menurut Slamet, selain kerapu, ada beberapa jenis ikan yang juga nilai ekonominya tinggi, di antaranya kakap putih dan bawal bintang (Pompano). Saat ini teknologi pembenihan dan pembesarannya telah mampu dikuasai dan mulai berkembang di masyarakat.

Sentra produksi ikan kakap tersebar di 10 Provinsi penghasil utama antara lain Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Maluku Utara, Aceh, Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa Barat dan Sulawesi Selatan.

Sedangkan budidaya ikan bawal bintang telah mulai berkembang di Batam, Bintan, Lombok, Bali dan beberapa daerah lainnya. Saat ini permintaan ikan bawal bintang untuk memasok kebutuhan restoran sudah meluas.

"Untuk di Lombok saja permintaan rutin selalu datang dari Bali sebagai pasar utama. Walaupun harga bawal bintang tidak semahal kerapu, yaitu berkisar Rp50.000 per kg, namun karena masa pemeliharaan yang tidak terlalu lama, menjadikan komoditas ini cukup diminati oleh masyarakat pembudidaya," kata Slamet.

Perkembangan usaha budidaya di Kabupaten Lombok Tengah termasuk rumput laut nampaknya tidak terlepas dari peran penyuuh perikanan. Jumlah penyuluh perikanan di Lombok Tengah 27 orang pengawai negeri sipil (PNS) dan lima orang Penyuluh Perikanan Tenaga Kontrak (PPTK).

Kepala Pusat Penyuluhan (Kapusluh) Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan Herman Suherman menilai penyuluh perikanan memiliki peran strategis dalam meningkatan peningkatan produksi dan produktivitas rumput laut.

"Peran strategis para penyuluh itu dalam bentuk alih teknologi budidaya dan pengolahan hasil, fasilitasi akses permodalan dan meningkatkan jaringan kemitraan usaha," katanya.

Alih teknologi penanganan hasil panen rumput laut dari penjemuran sederhana atau langsung di atas pasir diubah menggunakan alat penjemur dari para-para bambu, sehingga mampu meningkatkan nilai higenitas sekalus meningkatkan harga rumput laut.

Dia mengatakan, penyuluh perikanan harus dapat membantu pelaku utama dalam upaya meningkatkan produksi yang diikuti dengan sinergi produksi hulu hilir guna menodorong optimisme pelaku usaha perikanan dalam rangka meningkatkan produksi dan menjaga keberlangsungannya, karena pasar tersedia dengan harga yang stabil.

Penyuluh perikanan, kata Herman, telah memfasilitasi konsumen dengan pihak pabrik pengolahan dan pemasaran serta mendorong kerja sama riset dan pengembangan dengan lembaga-lembaga penghasil teknologi.

"Penyuluh juga harus berperan aktif dalam mendorong program-program prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan, seperti industrialisasi rumput laut, peningikatan kehidupan nelayan (PKN), Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) dan Minapolitan," kata Herman.

Menurut dia, potensi perikanan di Kabupaten Lombok Tengah yang cukup potensial diantaranya komoditas rumput laut dan lokasi budidaya antara lain berada di Desa Gerupuk dan Awang dengan total areal potensial seluas 475 hektare.

Tingkat pemanfaatan pada 2011 baru mencapai 214,63 ha dengan produksi tahun 2012 untuk Desa Gerupuk sebanyak 14.706,25 ton dan Awang 6.787,50 ton. (Ant)

(redaksi@wartaekonomi.com)

Foto: Ist.

Penulis: ***

Editor: Sucipto

Executive Brief

Kuala Lumpur - The central bank has fined embattled state fund 1Malaysia Development Berhad (1MDB) for "failure to fully comply with directions under the Financial Services Act".

Jakarta  - President Jokowi has appealed to the Serbian government to give more market access to Indonesian products.

Jakarta - The Indonesian government is still on the lookout for 33 fugitives involved in corruption cases, after successfully arresting three fugitives extradited from overseas.

Yangon - Myanmar protesters denounce term 'Rohingya' outside US Embassy.

Jadwal Pertandingan Premier League Inggris (30/4)

21:00 Everton vs AFC Bournemouth

21:00 Newcastle United vs Crystal Palace

21:00 Stoke City vs Sunderland

21:00 Watford vs Aston Villa

21:00 West Bromwich Albion vs West Ham United

23:30 Arsenal vs Norwich City

Manila - Philippine warplanes on Thursday (28/4) attacked militants holding 20 foreign hostages on a remote southern island.

Washington - DreamsWork Animation akan dibeli oleh Comcast senilai US$3.8 miliar.

Pengaduan Konsumen - Layanan Konsumen OJK atau Financial Customer Care (FCC OJK) telah menyelesaikan sebanyak 91% pengaduan dari sebanyak 62.157 pengaduan.

Modal Bank - OJK berencana untuk menaikkan batas minimum modal inti bank khususnya pada kelompok Bank BUKU I diatas Rp100 miliar. 

Single Digit - OJK menargetkan, suku bunga kredit di Indonesia dapat mencapai single digit dengan kebijakan insentif yang akan diberikan.

Facebook - Pada Kamis (28/4) saham Facebook naik 11%, berarti kenaikan market value senilai US$30 miliar.

Zurich - CEO Credit Suisse Tidjane Thiam dalam tekanan untuk meyakinkan para pemegang saham tentang pengembalian US$1 miliar yang terkikis dalam perdagangan.

Jadwal Pertandingan Liga Serie A Italia (30/4)

23:00 Udinese vs Torino

Jadwal Pertandingan Liga BBVA Spanyol (30/4)

01:30 Sporting Gijon vs Eibar

21:00 Real Sociedad vs Real Madrid

23:15 Atletico Madrid vs Rayo Vallecano

Jadwal Pertandingan Bundesliga Jerman (30/4)

01:30 Augsburg vs FC Cologne

20:30 Bayern Munich vs Borussia Moenchengladbach

20:30 Borussia Dortmund vs Wolfsburg

20:30 Darmstadt vs Eintracht Frankfurt

20:30 Hannover 96 vs Schalke 04

20:30 Hoffenheim vs Ingolstadt

20:30 Mainz 05 vs Hamburger SV

23:30 Bayer Leverkusen vs Hertha Berlin

Sao Paulo - Wakil Presiden Michel Temer mengatakan siap menggantikan Dilma Rousseff dan akan fokus pada pertumbuhan.

WTON - Laba emiten konstruksi PT Wijaya Karya Beton Tbk. (WTON) sepanjang kuartal I/2015 tumbuh hingga 195,52%.

MLBI - Emiten minuman berakohol dan berkarbonasi PT Multi Bintang Indonesia Tbk. berhasil mencatat pertumbuhan penjualan sebesar 41,89% sepanjang kuartal I/2016.

SGRO - Emiten perkebunan PT Sampoerna Agro Tbk. mencatat pertumbuhan penjualan 36,56% sepanjang tiga bulan pertama tahun ini.

TINS - Sepanjang kuartal I/2016, PT Timah (Persero) Tbk. mengalami kenaikan rugi bersih hingga 2.062,77% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

TINS - Produksi bijih timah PT Timah (Persero) Tbk. (TINS) merosot 48,81% sepanjang kuartal I/2016.

INDY - PT Indika Energy Tbk.  mencatat rugi bersih senilai US$4,85 juta sepanjang kuartal I/2016.

MIKA - Pendapatan emiten rumah sakit PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk.  tumbuh 15,5% per 31 Maret 2016.

SMSM - PT Selamat Sempurna Tbk.  memutuskan akan membagikan dividen tahun buku 2016 sebesar Rp35 per saham.

Singapore -  Oversea-Chinese Banking Corp (OCBC), Singapore's second-biggest lender, announced on Friday (29/4) a 14 per cent decline in quarterly net profit.

AKRA - RUPS PT AKR Corporindo Tbk. memutuskan untuk membagikan dividen tunai sebanyak Rp473,77 miliar atau 45,84% dari perolehan laba sepanjang 2015 sejumlah Rp1,03 triliun.

Singapore - Visa opened its Singapore innovation centre, that will allow the firm to work with its clients, partners and developers to come up with payment and commerce solutions.

AKRA - PT AKR Corporindo Tbk. memproyeksikan penjualan bahan bakar bensin dengan Research Octane Number (RON) 92 bisa mencapai 100.000 kilo liter tahun ini.

JSMR - Keuntungan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. sepanjang kuartal I/2016 tumbuh 16,67%.

BSDE - PT Bumi Serpong Damai Tbk. meraup pendapatan prapenjualan atau marketing sales sebesar Rp1,2 triliun per kuartal I/2016.

BDMN - PT Bank Danamon Indonesia Tbk. akan membagikan dividen Rp74,90 per lembar saham kepada pemegang saham dalam bentuk dividen tunai.

Havana - Menteri Luar negeri Inggris tiba di Kuba pada Kamis (28/4), kunjungan pertama sejak 1959.

Jayapura - BPKAD Provinsi Papua meminta pemerintah kabupaten/kota menyampaikan laporan penggunaan dana Otonomi Khusus (Otsus) tepat waktu.

Lviv (Ukraina) - Sevilla masih punya kans maju ke final Liga Europa setelah draw 2-2 dengan Shakhtar Donetsk di leg pertama.

TCID - Penjualan PT Mandom Indonesia Tbk. sepanjang kuartal I/2016 turun 6,5% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

WIKA - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk berencana menerbitkan saham baru melalui penawaran saham terbatas atau rights issue senilai Rp2 triliun pada semester II 2016.

KBRI - Realisasi penjualan PT Kertas Basuki Rachmat Indonesia Tbk. sepanjang Januari-Maret 2016 anjlok 58,43% dibandingkan kuartal I/2015.

INDF - PT Indofood Sukses Makmur Tbk. mencetak pertumbuhan laba bersih 24,76% sepanjang tiga bulan pertama tahun ini.

MDIA - PT Intermedia Capital Tbk., unit usaha Grup Bakrie, menargetkan pendapatan pada 2016 lebih tinggi dari proyeksi pertumbuhan belanja iklan yang sebesar 5%-7%.

Medan - Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) Sumut memprediksi produksi kopi Indonesia tahun 2016 kembali turun atau tinggal sekitar 625.000 ton, akibat kekeringan.

PT PLN (Persero) menyatakan, sekitar 18 juta pelanggan rumah tangga golongan 900 VA, yang tidak layak mendapat subsidi mengalami kenaikan tarif secara bertahap mulai Juni 2016.

PGAS - PT PGN (Persero) Tbk memenangkan lelang pengadaan pasokan gas bumi untuk kebutuhan produksi PT Krakatau Nippon Steel Sumikin di Cilegon.

OJK - Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad meminta kalangan perbankan untuk lebih berperan aktif dalam membiayai berbagai sektor prioritas.

BPJS - Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto mengincar pembiayaan proyek MRT dan LRT di Jakarta.

Bursa - Tren bursa minggu ini :

1. Senin  (25/4) : 4.878,86

2. Selasa (26/4) : 4.814,09

3. Rabu   (27/4) : 4.845,66

4. Kamis  (28/4) : 4.848,39

5. Jumat  (29/4) : 4.838,58

Emas Antam - Harga minggu ini (Rp):

Senin   (25/4): 565.000

Selasa (26/4): 566.000

Rabu   (27/4): 569.000

Kamis  (28/4): 571.000

Jumat  (29/4): 578.000

USD/IDR - Kurs minggu ini (Rp):

Senin   (25/4): 13.195

Selasa (26/4): 13.197

Rabu   (27/4): 13.192

Kamis  (28/4): 13.185

Jumat  (29/4): 13.180

EUR/IDR - Kurs minggu ini (Rp):

Senin   (25/4): 14.843

Selasa (26/4): 14.902

Rabu   (27/4): 14.912

Kamis  (28/4): 14.963

Jumat  (29/4): 15.004

JISDOR - Kurs Referensi BI minggu ini (Rp):

Senin   (25/4): 13.235

Selasa (26/4): 13.215

Rabu   (27/4): 13.173

Kamis  (28/4): 13.204

Jumat  (29/4): 13.204

CPO - Harga minggu ini (Ringgit/ton):

Senin   (25/4): 2.661

Selasa (26/4): 2.668

Rabu   (27/4): 2.637

Kamis  (28/4): 2.600

Jumat  (29/4): 2.609

WTI Crude Oil - Harga minggu ini (USD/bbl):

Senin   (25/4): 42,89

Selasa (26/4): 42,83

Rabu   (27/4): 44,84

Kamis  (28/4): 45,43

Jumat  (29/4): 46,35

Brent Crude Oil - Harga minggu ini (USD/bbl):

Senin   (25/4): 44,36

Selasa (26/4): 44,65

Rabu   (27/4): 46,72

Kamis  (28/4): 47,34

Jumat  (29/4): 48,29

Asia - Indeks Nikkei 225 minggu ini:

Senin   (25/4): 17.439,30

Selasa (26/4): 17.353,28

Rabu   (27/4): 17.290,49

Kamis  (28/4): 16.666,05

Jumat  (29/4):    Libur

Asia - Indeks Hang Seng minggu ini:

Senin   (25/4): 21.304,44

Selasa (26/4): 21.407,27

Rabu   (27/4): 21.361,60

Kamis  (28/4): 21.388,03

Jumat  (29/4): 21.067,05

Asia - Indeks ST. Times minggu ini:

Senin   (25/4): 2.900,28

Selasa (26/4): 2.894,66

Rabu   (27/4): 2.874,72

Kamis  (28/4): 2.862,30

Jumat  (29/4): 2.838,52

Asia - Indeks Shanghai Comp. minggu ini:

Senin   (25/4): 2.946,67

Selasa (26/4): 2.964,70

Rabu   (27/4): 2.953,67

Kamis  (28/4): 2.945,59

Jumat  (29/4): 2.938,32

Eropa - Indeks FTSE 100 minggu ini:

Senin   (25/4): 6.260,92

Selasa (26/4): 6.284,52

Rabu   (27/4): 6.319,91

Kamis  (28/4): 6.322,40

Jumat  (29/4): ...........

Eropa - Indeks CAC 40 minggu ini:

Senin   (25/4): 4.546,12

Selasa (26/4): 4.533,18

Rabu   (27/4): 4.559,40

Kamis  (28/4): 4.557,36

Jumat  (29/4): ...........

Eropa - Indeks DAX minggu ini:

Senin   (25/4): 10.294,35

Selasa (26/4): 10.259,59

Rabu   (27/4): 10.299,83

Kamis  (28/4): 10.321,15

Jumat  (29/4): ...........

Amerika - Indeks Dow. 30 minggu ini:

Senin   (25/4): 17.977,24

Selasa (26/4): 17.990,32

Rabu   (27/4): 18.041,55

Kamis  (28/4): 17.830,76

Jumat  (29/4): ..............

Amerika - Indeks S&P 500 minggu ini:

Senin   (25/4): 2.087,79

Selasa (26/4): 2.091,70

Rabu   (27/4): 2.095,15

Kamis  (28/4): 2.075,81

Jumat  (29/4): ..............

Amerika - Indeks Nasdaq minggu ini:

Senin   (25/4): 4.895,79

Selasa (26/4): 4.888,28

Rabu   (27/4): 4.863,14

Kamis  (28/4): 4.805,29

Jumat  (29/4): ..............

Jadwal Pertandingan Premier League Inggris (1/5)

18:00 Swansea City vs Liverpool

20:05 Manchester United vs Leicester City

22:30 Southampton vs Manchester City

Jadwal Pertandingan Liga Serie A Italia (1/5)

01:45 ChievoVerona vs Fiorentina

17:30 Juventus vs Carpi

20:00 AC Milan vs Frosinone

20:00 Empoli vs Bologna

20:00 Palermo vs Sampdoria

20:00 Sassuolo vs Hellas Verona

Jadwal Pertandingan Liga BBVA Spanyol (1/5)

01:30 Real Betis vs Barcelona

03:05 Granada vs Las Palmas

17:00 Athletic Bilbao vs Celta Vigo

21:00 Espanyol vs Sevilla

23:15 Deportivo La Coruna vs Getafe

Johannesburg - Starbucks merencanakan untuk membuka sampai 150 toko di Afrika Selatan, kata Howard Schultz.

Jayapura - Persija  dalam laga pembuka kompetisi Indonesia Super Championship (ISC) 2016 di Stadion Mandala menahan imbang tuan rumah Persipura  1-1.

Madrid - Cristiano Ronaldo meragukan bahkan menyatakan "hilang kepercayaan" kepada tim medis Real Madrid.

SIMP - PT Salim Ivomas Pratama Tbk.  berhasil membukukan pertumbuhan laba bersih sebesar 44,98% sepanjang kuartal I/2016.

LSIP - Laba emiten perkebunan PT London Sumatra Indonesia Tbk. (LSIP) anjlok hingga 67,03% sepanjang kuartal I/2016.

LSIP - Sepanjang kuartal I/2016, produksi tandan buah segar (TBS) inti PT London Sumatra Indonesia Tbk. (LSIP) turun 5,1%.

LEAD - Emiten pelayaran, PT Logindo Samudramakmur Tbk. (LEAD) alami kerugian hingga US$757.398 sepanjang kuartal I/2016.

PTPP - Keuntungan perusahaan konstruksi PT PP (Persero) Tbk. (PTPP) tumbuh tipis 4,95% pada kuartal I/2016.

FAST - Meski pendapatan  PT Fast Food Indonesia Tbk. (FAST) tumbuh, laba yang diraup perseroan sepanjang kuartal I/2016 turun 11,28%

APLN - PT Agung Podomoro Land Tbk. membukukan pendapatan usaha sebanyak Rp1,18 triliun per Maret 2016, tumbuh 19% secara tahunan.

CNKO - Rugi PT Exploitasi Energi Indonesia Tbk. (CNKO) sepanjang kuartal I/2016 bisa ditekan hingga 39,40% didorong oleh penjualan batubara.

ARNA - Penjualan bersih PT Arwana Citramulia Tbk. pada tahun buku 2015 dilaporkan menyusut 20% dibandingkan dengan penjualan pada 2014 menjadi Rp1,29 triliun.

KLBF - Kinerja emiten farmasi PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF) membaik. Perseroan mencatat pertumbuhan laba sekitar 6,5% sepanjang kuartal I/2016.

MPMX - Sepanjang kuartal I/2016, PT Mitra Pinasthika MUstika Tbk. (MPMX) mencatat penurunan laba bersih sebesar 38% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

TAXI - Emiten transportasi PT Express Transindo Utama Tbk. (TAXI) mencatat rugi bersih sebesar Rp9,83 miliar sepanjang kuartal I/2016.

Jayapura - Menpora Imam Nahrowi mendapat teriakan dari penonton saat menyaksikan Persipura vs Persija.

Padang - Semen Padang kalahkan PSM Makassar 2-1 dalam pertandingan Torabika Soccer Championship Jumat (29/4).

Jadwal TSC 2016 Sabtu, 30 April 2016

16:00 WIB PERSELA VS PERSEGRES GRESIK UNITED

18:30 WIB PERSIB VS SRIWIJAYA FC

21:00 WIB BARITO PUTERA VS BHAYANGKARA SURABAYA UNITED

Lima - Lebih dari 30 singa dari sirkus-sirkus di Peruvia dan Kolombia diselamatkan dan diterbangkan ke Afrika Selatan.

Wuhan - Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari lolos ke semifinal Kejuaraan Bulutangkis Asia 2016 setelah mengalahkan ganda putri Korea Selatan, Jung Kyung Eun/Shin Seung Chan  21-13, 11-21, dan 21-18.

Moto GP - Manajer Michelin mengaku aktifitas kedua ban mengalami gangguan karena adanya penggunaan sayap pada kuda besi milik para riders.

Moto GP - KTM kembali menjalani uji coba di Sirkuit Brno, Republik Cheska, sebagai persiapan menyongsong musim 2017. KTM mendapatkan fasilitas Wild Card untuk turun di Valencia.

Moto GP - Juara dunia GP500 1982, Franco Uncini dan juara dunia GP500 1999, Alex Criville secara resmi menjadi Legenda MotoGP ke-23 dan 24.

Formula 1 - Pembalap Indonesia Rio Haryanto sempat menjadi yang tercepat di sesi latihan bebas hari kedua Formula 1 GP Rusia.

Formula 1 - FIA mengkonfirmasi perubahan aturan mesin Formula 1 untuk musim 2017.

Formula 1 - Red Bull akan memperkenalkan konsep AeroScreen di GP Rusia.

Tennis - Serena Williams mengundurkan diri dari Turnamen Madrid Open karena sakit.

Tennis - Andre Agassi akan menghadapi Sergi Bruguera dalam partai exhibiton ulangan final olimpiade 1996.

Tennis - Alexander Zverev dari Jerman mengalahkan unggulan teratas David Goffin 6-3 , 4-6 , 6-3, untuk mencapai semifinal BMW Open.

NBA - Tembakan 3 point Dwayne Wayne di akhir pertandingan memberikan kemenangan Miami Heat atas Hornets untuk menyamakan kedudukan 3-3 atas Charlotte Hornets di Play-off NBA.

NBA - Sejak Melatih Cleveland Cavaliers, Pelatih Tyron Lue belum pernah memperpanjang kontrak.

NBA - Deron Williams bermaksud untuk mengakhiri kontrak dari musim kedua kontraknya dengan Dallas Mavericks.

Hong Kong - Pada Jumat (29/4) Pentagon mengatakan bahwa kapal Perang AS USS John C. Stennis tidak diperbolehkan masuk Pelabuhan Hong Kong.

Riau - Sekitar 3.400 polisi akan mengawal peringatan Hari Buruh.

Ekspansi Kredit - Kredit perbankan Maret 2016 naik 8,4%.

Dugaan Korupsi - KPK mencekal legislator Andi Taufan Tiro.

Bandara - Menhub Jonan hari Sabtu (30/4) dan Minggu (1/5) meresmikan 3 terminal bandara megah di Indonesia Timur:

Bandara Domine Eduard Osok Sorong, Papua Barat,

Bandara Mopah Merauke, Papua, dan

Bandara Djalaluddin, Gorontalo.

Wuhan - Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sukses menembus babak final Kejuaraan Bulutangkis Asia, mengalahkan pasangan Korea Selatan Shin Baek Cheol/Chae Yoo Jung  21-16 dan 21-13 pada Sabtu sore (30/4).

Madrid - Zidane Optimistis Ronaldo dan Benzema bisa tampil lawan Manchester City di leg 2 semifinal Liga Champions.

Korupsi MA - Selain dokumen, KPK juga temukan uang di kloset rumah Nurhadi.

Lamongan -  Persegres Gresik United berhasil memetik poin penuh di pekan pertama Torabika Soccer Championship (TSC) setelah mengalahkan Persela Lamongan 1-0.

Bandung - Persib Bandung mencetak gol di menit-menit  terakhir untuk menyamakan kedudukan 1-1 melawan Sriwijaya FC di pertandingan perdananya di TSC 2016.

Formula 1 - Nico Rosberg kembali melanjutkan dominasinya dengan meraih Pole Position GP Rusia, Rio Haryanto di posisi 19.

Recommended Reading

Sabtu, 30/04/2016 04:20 WIB

PT KAI Mulai Jual Tiket Tambahan

Sabtu, 30/04/2016 02:17 WIB

Polisi Antisipasi Peringatan "May Day"

Sabtu, 30/04/2016 01:53 WIB

Miris, Ratusan Tenaga Kerja Asing Langgar Keimigrasian

Sabtu, 30/04/2016 01:27 WIB

JK: Belajar Dari Krisis 1998, Indonesia Harus Jaga Stabilitas

Jum'at, 29/04/2016 20:19 WIB

Indonesia-Malaysia Sepakat Tingkatkan Kerja Sama FDI

Jum'at, 29/04/2016 17:46 WIB

KAI Perkirakan 5,3 Juta Penumpang Lebaran 2016

Jum'at, 29/04/2016 16:46 WIB

Indonesia Segera Punya Institut Otomotif Mei 2016

Jum'at, 29/04/2016 15:58 WIB

JK: Penangkapan TKA Tiongkok Karena Masalah Prosedur

Sports and Leisure

30 April 2016 - Olahraga

Barcelona Siap Tampung Totti

30 April 2016 - Entertainment & Life Style

Film AADC 2 Masuki Malaysia, Ini Keberhasilannya

30 April 2016 - Entertainment & Life Style

Album Almarhum Prince Banjiri British Chart