Market Indices

Budidaya Laut Peluang Usaha Berprospek Cerah

Rubrik Perikanan

01 Juni 2013 17:02:00 WIB

WE.CO.ID - Luas indikatif potensi lahan pengembangan budidaya laut secara nasional mencapai 4,58 juta hektare. Hingga 2011 baru dimanfaatkan untuk usaha budidaya sekitar 169.292 ha atau 3,69 persen.

Banyak jenis ikan konsumsi yang mempunyai nilai jual tinggi, diantaranya ikan Kerapu, Bawal bintang dan Kakap putih merupakan komoditi ekspor yang banyak diminati pasar luar negeri. Komoditas perikanan ini bisa dikembangkan dengan budidaya laut.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif C Sutardjo menilai budidaya laut atau "marine culture" saat ini menjadi usaha yang mempunyai prospek cerah. Apalagi pengembangan budidaya laut dinilai masih mempunyai peluang yang sangat besar.

Karena itu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus berupaya menggenjot produksi perikanan budidaya melalui optimalisasi pemanfaatan potensi budidaya. Salah satunya adalah dengan mendorong percepatan pengembangan kawasan budidaya laut.

Prospek pengembangan budidaya laut khususnya pada area "off shore" atau lepas pantai mempunyai peluang besar sebagai alternatif usaha yang prospektif bagi masyarakat pesisir.

"Karena itu KKP melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Perikanan Budidaya telah melakukan upaya strategis dalam mempercepat pengembangan kawasan budidaya ikan kerapu melalui pengembangan model percontohan atau 'demfarm' budidaya ikan kerapu di 10 kabupaten," katanya.

Usaha budidaya ikan kerapu, menurut dia, menunjukkan perkembangan yang cukup menggembirakan. Ini terlihat pada sentra-sentra produksi benih kerapu yang secara rutin mendapatkan pesanan dalam jumlah yang cukup besar.

"Disamping itu munculnya beberapa perusahaan yang bergerak dalam budidaya ikan kerapu di beberapa daerah menjadi bukti bahwa peluang bisnis kerapu masih sangat prospektif ke depan," katanya seusai menebar 30.000 ekor benih Kerapu bebek, kerapu macan dan kerapu hybrid di lahan budidaya PT. Bofa Marine Lombok Tengah, Kamis (30/5).

Sebagai gambaran tahun 2012 capaian angka produksi, sementara untuk ikan kerapu sebesar 10.200 ton, sedangkan capaian produksi ikan kakap sebesar 6.100 ton.

Menurut Sharif, sentra produksi kerapu masih didominasi oleh 10 Provinsi penghasil utama, yaitu Provinsi Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Nangroe Aceh Darussalam, Lampung, Sulawesi Tenggara, Jawa Timur, Papua Barat, Nusa Tenggara Barat, Maluku Utara dan Provinsi Maluku.

"Hal ini sejalan dengan kebijakan KKP dalam mewujudkan capaian industrialisasi perikanan budidaya," kata Menteri Kelautan dan Perikanan.

Dijadikan model Budidaya kerapu di perairan laut Gerupuk, Kabupaten Lombok Tengah dengan keramba jaring apung menggunakan "High density Polyethilen" (HDPE) dijadikan model untuk seluruh Indonesia.

"Keramba jaring apung (KJA) yang digunakan untuk budidaya kerapu di Lombok Tengah merupakan keramba yang berciri lebih modern. Dengan menggunakan material HDPE ini tujuannya untuk kelestarian lingkungan," katanya seusai acara penebaran 30.000 ekor benih kerapu di perairan Gerupuk, Lombok Tengah, Kamis.

Penggunaan KJA dengan material HDPE ini ramah lingkungan dan tidak ada pencemaran, kalau keramba ini rusak tidak akan mencemari laut dan mampu bertahan hingga 15 tahun.

"Dengan menggunakan bahan ini ikan yang dibudidayakan tidak akan terkena penyakit. Ini merupakan proyek percontohan dan pertama digunakan untuk budidaya laut, jensi material keramba dari bahan HDPE ini akan digunakan di tempat laih di Indonesia," ujarnya.

Budidaya kerapu milik PT Bofa Marine di perairan Gerupuk, Lombok Tegah ini untuk tahap pertama sebanyak 60 lubang dan akan ditambah menjadi 150 lubang.

"Untuk pengembangan budidaya kerapu ini kami mendorong pengusaha dan masyarakat untuk bersama-sama mengembangkan usaha ini. Karena itu saya mendorong pengusaha untuk mengelola budidaya kerapu tersebut bekerja sama dengan nelayan," katanya.

Menurut dia, dalam kerja sama itu pengusaha memiliki sistem untuk membayar setiap penambahan ukuran kerapu dengan harga tertentu. Ini dimaksudkan agar para nelayan ikut merasa memiliki, sehingga baik pengusaha maupun nelayan sama-sama mendapat keuntungan.

"Saya mendorong pengembangan budidaya kerapu, karena di sejumlah negara, seperti China dan Jepang kerapu dinilai sebagai salah satu komoditas terbaik. Harga 1 kilogram kerapu bisa mencapai Rp450.000. Harga kerapu ini mirip dengan ikan salmon," kata Sharif.

Menurut dia, alasan memilih NTB sebagai lokasi percontohan budidaya kerapu, antara lain karena kualitas air lautnya baik dan tidak tercemar industri. Selain kerapu cocok untuk abalon, rumput laut dan teripang.

"Kualitas air laut di Lombok ini paling baik, sehingga perkembangbiakan kerapu relatif cepat, sehingga budidaya ini akan terus dikembangkan di daerah ini," katanya.

Produksi ikan kerapu hasail budidaya tersebut sebagian untuk memenuhi eskpor yang cukup besar dari berbagai negara, antara lain China dan Hong Kong.

Kementerian Kelautan dan Perikanan menargetkan ekspor kerapu ke berbagai negara sebanyak 15.000 ton pada 2013 sehubungan dengan permintaan komoditas tersebut masih relatif cukup tinggi, antara lain, dari China dan Hong Kong.

Menurut Sharif, di Hong Kong masyarakatnya lebih "minded" kerapu dibandingkan dengan Salmon. Tahun 2012 volume ekspor kerapu mencapai 10.200 ton dan ikan kakap 6.100 ton.

"Hingga kini, kita baru bisa memenuhi sekitar 30 persen permintaan ikan kerapu dari berbagai negara, khususnya China dan Hong Kong. Jadi, pemasaran hasil budi daya kerapu kita bisa dijamin tidak ada masalah," katanya.

Sampai saat ini, menurut dia, relatif cukup banyak pengusaha yang mengelola budi daya kerapu, baik di perairan NTB maupun provinsi lainnya di Indonesia.

Sentra produksi kerapu masih didominasi oleh 10 Provinsi penghasil utama, yaitu Provinsi Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Nangrooe Aceh Darusalam, Lampung, Sulawesi Tenggara, Jawa Timur, Papua Barat, NTB, Maluku Utara, dan Provinsi Maluku.

Penghasil utama ikan kakap putih lain, yakni Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Maluku Utara, Aceh, Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Sulawesi Selatan.

Prospek cerah Sementara itu Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Budidaya Slamet menilai prospek pengembangan usaha budidaya di perairan laut NTB masih cukup cerah baik budidaya kerapu, kakap putih dan bawal bintang.

Di Provinsi NTB, Ditjen Perikanan Budidaya telah mengalokasikan sebanyak enam klaster atau 96 lubang budidaya dengan padat tebar 325 ekor per lubang, masing-masing tersebar di Kabupaten Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Barat dan Bima.

Ia mengatakan sejauh ini hasil monitoring terhadap proyek percontohan ikan kerapu pada beberapa kawasan menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Ini terbukti selama masa pemeliharan 3,5 bulan tingkat kelangsungan hidup atau survival rate (SR) mencapai lebih 90 persen dengan ukuran ikan mencapai 80-100 gr per ekor.

"Tujuan pengembangan proyek percontohan adalah dalam rangka memperkenalkan model penerapan usaha budidaya ikan kerapu yang sesuai teknologi anjuran berbasis klaster. Diharapkan melalui pengelolaan demfarm berbasis kelompok ini masyarakat akan mampu mengelola usahanya secara berkelanjutan," ujarnya.

Slamet mengatakan, potensi area pengembangan budidaya laut (fin fish) di Provinsi NTB mencapai 2.642,37 ha, pemanfaatan sampai pada 2011 baru mencapai 115,03 ha dengan total produksi ikan kerapu pada 2011 sebanyak 256 ton. Nilai ini mengantarkan NTB dalam jajaran 10 besar Provinsi penghasil ikan kerapu di Indonesia.

Percepatan kawasan budidaya kerapu di NTB, menurut Slamet, juga diarahkan dengan mendorong investasi bagi usaha ini pada kawasan-kawasan potensial.

Dia mengatakan salah satu perusahaan yang telah berinvestasi dalam usaha budidaya ikan kerapu adalah PT Bofa Marine yang berlokasi di Dusun Grupuk Desa Sengkol Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah.

Pihak perusahaan berkomitmen untuk berinvestasi di budidaya kerapu, karena menilai peluang usaha budidaya laut cukup menjanjikan.

PT Bofa Marine menerapkan teknologi keramba jaring apung (KJA) menggunakan High density Polyethilen (HDPE) "Dengan teknologi ini diharapkan akan memperoleh beberapa kelebihan di antaranya lebih ramah lingkungan," kata Slamet.

Teknologi ini, menurut dia, juga dinilai lebih efektif dalam pengelolaan, mempunyai daya tahan lama terhadap gelombang sehingga dapat lebih produktif dibanding KJA konvensional, dan dari segi penataan tata letak lebih rapi dan fleksibel.

"Tahap awal perusahaan sudah mengembangkan sebanyak 60 lubang dengan ukuran perlubang 4x4x3,5 meter, dengan padat tebar sebanyak 500 ekor per lubang," katanya.

Komoditas ikan kerapu, menurut Slamet, mempunyai harga tinggi. Bayangkan untuk jenis ikan kerapu bebek di tingkat pembudidaya harganya mencapai Rp350.000 per kilogram, sedangkan di tingkat eksportir mencapai Rp500.000 per kg.

Jenis ikan kerapu bebek, katanya, berbeda dengan ikan kerapu macan rata-rata di tingkat pembudidaya harganya Rp120.000 per kg. Untuk itu, dengan masuknya PT Bofa Marine ke NTB, maka akan diikuti para investor lain, sehingga akan semakin mampu mendorong peningkatan produksi ikan kerapu nasional secara signifikan.

Usaha budidaya kerapu membutuhkan investasi besar dan jangka waktu pemeliharaan yang cukup lama, yakni selama delapan hingga 12 bulan). Dengan masuknya investor, diharapkan akan mampu membangun kemitraan dengan masyarakat sekitar melalui pola segmentasi usaha," katanya.

Menurut Slamet, selain kerapu, ada beberapa jenis ikan yang juga nilai ekonominya tinggi, di antaranya kakap putih dan bawal bintang (Pompano). Saat ini teknologi pembenihan dan pembesarannya telah mampu dikuasai dan mulai berkembang di masyarakat.

Sentra produksi ikan kakap tersebar di 10 Provinsi penghasil utama antara lain Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Maluku Utara, Aceh, Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa Barat dan Sulawesi Selatan.

Sedangkan budidaya ikan bawal bintang telah mulai berkembang di Batam, Bintan, Lombok, Bali dan beberapa daerah lainnya. Saat ini permintaan ikan bawal bintang untuk memasok kebutuhan restoran sudah meluas.

"Untuk di Lombok saja permintaan rutin selalu datang dari Bali sebagai pasar utama. Walaupun harga bawal bintang tidak semahal kerapu, yaitu berkisar Rp50.000 per kg, namun karena masa pemeliharaan yang tidak terlalu lama, menjadikan komoditas ini cukup diminati oleh masyarakat pembudidaya," kata Slamet.

Perkembangan usaha budidaya di Kabupaten Lombok Tengah termasuk rumput laut nampaknya tidak terlepas dari peran penyuuh perikanan. Jumlah penyuluh perikanan di Lombok Tengah 27 orang pengawai negeri sipil (PNS) dan lima orang Penyuluh Perikanan Tenaga Kontrak (PPTK).

Kepala Pusat Penyuluhan (Kapusluh) Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan Herman Suherman menilai penyuluh perikanan memiliki peran strategis dalam meningkatan peningkatan produksi dan produktivitas rumput laut.

"Peran strategis para penyuluh itu dalam bentuk alih teknologi budidaya dan pengolahan hasil, fasilitasi akses permodalan dan meningkatkan jaringan kemitraan usaha," katanya.

Alih teknologi penanganan hasil panen rumput laut dari penjemuran sederhana atau langsung di atas pasir diubah menggunakan alat penjemur dari para-para bambu, sehingga mampu meningkatkan nilai higenitas sekalus meningkatkan harga rumput laut.

Dia mengatakan, penyuluh perikanan harus dapat membantu pelaku utama dalam upaya meningkatkan produksi yang diikuti dengan sinergi produksi hulu hilir guna menodorong optimisme pelaku usaha perikanan dalam rangka meningkatkan produksi dan menjaga keberlangsungannya, karena pasar tersedia dengan harga yang stabil.

Penyuluh perikanan, kata Herman, telah memfasilitasi konsumen dengan pihak pabrik pengolahan dan pemasaran serta mendorong kerja sama riset dan pengembangan dengan lembaga-lembaga penghasil teknologi.

"Penyuluh juga harus berperan aktif dalam mendorong program-program prioritas Kementerian Kelautan dan Perikanan, seperti industrialisasi rumput laut, peningikatan kehidupan nelayan (PKN), Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) dan Minapolitan," kata Herman.

Menurut dia, potensi perikanan di Kabupaten Lombok Tengah yang cukup potensial diantaranya komoditas rumput laut dan lokasi budidaya antara lain berada di Desa Gerupuk dan Awang dengan total areal potensial seluas 475 hektare.

Tingkat pemanfaatan pada 2011 baru mencapai 214,63 ha dengan produksi tahun 2012 untuk Desa Gerupuk sebanyak 14.706,25 ton dan Awang 6.787,50 ton. (Ant)

(redaksi@wartaekonomi.com)

Foto: Ist.

Penulis/Editor: Sucipto

Berita Terkini

Minggu, 14/02/2016 12:40 WIB

PSG Pemanasan Hadapi Chelsea dengan Hanya Bermain Imbang Lawan Lille

Minggu, 14/02/2016 12:36 WIB

Investasi Ilegal di Cirebon Makin Marak

Minggu, 14/02/2016 12:19 WIB

Jokowi akan Bahas Keamanan dengan Pemimpin AS-Asean

Minggu, 14/02/2016 11:59 WIB

Buah Langsat Digemari Warga Papua

Minggu, 14/02/2016 11:47 WIB

Klub Barito Putera cari Sponsor Baru

Minggu, 14/02/2016 11:17 WIB

KPK Harap Jangan Ada OTT di Lingkungan Pengadilan Lagi

Minggu, 14/02/2016 11:03 WIB

Walhi Sebut Proyek CPI Makassar Tak Berizin

Minggu, 14/02/2016 10:47 WIB

Toyota Desain Sendiri Taman Lalu Lintas Bandung

Executive Brief

Otomotif - Gaikindo mencatat penjualan mobil tahun 2015 hanya 1.013.291 unit, penurunan sebesar 16% dari tahun 2014.

Pangsa Pasar Penjualan Mobil 2015

Toyota        322.466 unit (31,82%).

Daihatsu      167.808 unit (16,56%). 

Honda         159.253 unit (15,71%).

Suzuki         121.805 unit (12,02%), 

Mitsubishi     112.527 unit (11,1%).

Total Penjualan: 1.013.291 unit.

Paramount Land  rencananya akan meluncurkan situs online SuperPro.id untuk memperluas pasarnya.

E-Commerce - Hasil riset yang diprakarsai oleh Asosiasi E-commerce Indonesia (Idea), Google Indonesia, dan TNS (Taylor Nelson Sofres) :

- Tahun 2013 nilai pasar e-commerce Indonesia mencapai US$ 8 miliar atau sebesar Rp 94,5 triliun

-Tahun 2016 diprediksi naik tiga kali lipat menjadi US$ 25 miliar atau Rp 295 triliun.

DYAN - PT Dyandra Media Internasional menargetkan bisa mengantongi pendapatan hingga Rp 1,7 triliun.

Washington - Meninggalnya Jaksa Agung AS Antonin Scalia memicu ketegangan antara Obama dan Senat yang dikontrol Partai Republik.

Mumbai - Indian Prime Minister Narendra Modi renewed his call on Saturday (Feb 13) for firms to invest in India and turn it into a global manufacturing hub.

Mexico City - Paus Fransiskus menghimbau Pemerintah Meksiko agar memerangi korupsi dan penyelundupan narkoba.

Kupang - Gubernur Bank Indonesia (BI) memberi sinyal akan menurunkan lagi suku bunga acuan atau BI rate.

10 Orang Terkaya di Industri IT

1. Bill Gates               US$77,3 miliar

2. Jeff Bezos              US$45,5 miliar

3. Mark Zuckerberg    US$44,5 miliar

4. Lary Ellison            US$37,7 miliar

5. Larry Page            US$36,5 miliar

6. Serger Brin           US$35,9 miliar

7. Jack Ma                US$25,9 miliar

8. Steve Ballmer       US$21,9 miliar

9. Paul Allen             US$17,4 miliar

10.Pony Ma              US$16,8 miliar

Berdasarkan net worth.

Data: Bloomberg (12 Feb 2016)

BCA menggusur DBS Group Holdings Ltd. dari posisi puncak untuk nilai kapitalisasi pasar saham terbesar di wilayah Asia Tenggara (Data Bloomberg).

BNI siap salurkan KUR sebesar Rp11,5 Triliun di tahun 2016.

Maybank Indonesia targetkan sektor KPR tumbuh 20% pada 2016.

Tennis - Venus Williams mengalahkan Yulia Putintseva dari Kazakhstan 7-5, 6-3 Sabtu (14/2) untuk lolos ke final Taiwan Open.

Hasil Pertandingan Premier League Inggris (14/2)

Sunderland 2 - 1 Manchester United

AFC Bournemouth 1 - 3 Stoke City

Crystal Palace 1 - 2 Watford

Everton 0 - 1 West Bromwich Albion

Norwich City 2 - 2 West Ham United

Swansea City 0 - 1 Southampton

Chelsea 5 - 1 Newcastle United

Tennis - Rising star Dominic Thiem dari Austria mengalahkan juara bertahan Rafael Nadal 6-4, 4-6, 7-6 (4) di Argentina Open.

Moto GP - Rossi Hanya Mau Kontrak Dua Tahun, kontrak Rossi dengan Yamaha habis akhir 2016.

Tennis - Gael Monfils bertemu Martin Klizan di World Tennis Tournament final.

F1 - Rolex menjadi kandidat kuat sponsor utama di GP Australia.

Hasil Pertandingan Liga Serie A Italia (14/2)

Empoli 1 - 2 Frosinone

ChievoVerona 1 - 1 Sassuolo

Juventus 1 - 0 SSC Napoli

Frankfurt - Daimler akan investasi US$2,9 miliar untuk mesin disel generasi baru.

Tesla Motors Inc Chief Executive Elon Musk on Wednesday promised investors that the electric luxury car maker will start making money this year.

Frankfurt - BMW, Volkswagen dan Daimler akan menarik kendaraan di AS yang memakai airbag merek Takata yang sedang bermasalah.

Beijing - Libur Imlek di China membuat pertumbuhan sales ritelnya naik 11,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Hasil Pertandingan Liga BBVA Spanyol (14/2)

Real Madrid 4 - 2 Athletic Bilbao

Villarreal 1 - 0 Malaga

Valencia 2 - 1 Espanyol

Deportivo La Coruna 2 - 2 Real Betis

Jakarta - KPK kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap 6 orang, termasuk pejabat MA.

Bandarlampung - Wapres Jusuf Kalla menyatakan produksi kopi nasional hanya naik 1% pada 2015.

Washington - Morgan Stanley harus membayar US$3,2 miliar untuk menyelesaikan denda menyesatkan investor di masa krisis sub prime mortgage.

Munich - Perancis mempelopori kritikan terhadap Rusia, mengenai pemboman warga sipil Suriah.

Singapura - Rakuten, raksasa internet Jepang, pada Sabtu (13/2) menyatakan menutup kantornya di Singapura, Malaysia, dan Indonesia.

New York - Saham-saham AS pada Jumat (12/1)

- Dow Jones naik 313.66 poin (2.00%) ke 15,973.84.

- S&P 500 naik 35.70 poin (1.95%) ke 1,864.78. 

- Nasdaq Composite Index naik 70.67 poin (1.66%) ke 4,337.51.

Bogota - Pemerintah: Lebih dari 5.000 wanita hamil Kolombia terinfeksi Zika.

Apple Inc akan memperkenalkan iPhone dan IPad model terbaru pada 15 Maret dan dilanjutkan dengan penjualannya pada minggu yang sama (blog9to5Mac).

Havana -  After 1.000 years split, Pope Francis and Russian Orthodox Patriarch Kirill called in a historic meeting Friday (Feb 12) for restored Christian unity.

Pentagon - Pemerintah AS sudah setuju Lockheed untuk menjual 8 jet F-16 ke Pakistan.

Tren Kurs USD/IDR 9-12 Feb 16

Selasa : 13.602

Rabu   : 13.401

Kamis  : 13.450

Jumat  : 13.485

Sumber : Data Reuters

Bank of America Corp raised Chairman and Chief Executive Officer Brian Moynihan's compensation by 23 percent in 2015, a year the bank more than doubled its profits.

New York - US$ rebound 0,8% terhadap Yen pada Jumat (12/2).

Helsinki - Ribuan pengungsi Irak yang tiba di Finlandia tahun lalu, memutuskan untuk kembali ke Irak secara sukarela.

Tren West Texas Intermediate (WTI) Crude Oil

9-12 Feb 16 (USD/bbl)

Selasa : 30,44

Rabu   : 28,63

Kamis : 26,85

Jumat : 27,49

Sumber : Bloomberg

Kairo - General Motors (GM) akan memulai kembali operasionalnya di Mesir mulai Minggu (14/2), setelah berhenti akibat krisis moneter Mesir.

IKBI - Pendapatan Sumi Indo Kabel turun 10,82% di 2015.

Tren Brent Crude Oil

9-12 Feb 16 (USD/bbl)

Selasa : 33,33

Rabu   : 31,32

Kamis : 30,67

Jumat : 31,59

Sumber : Bloomberg

Islamabad - Presiden Pakistan Mamnoon Hussain mengatakan kepada anak muda Pakistan bahwa Valentine tidak mempunyai tempat di Pakistan.

Jakarta - Ahok memastikan tidak akan memberikan uang ganti rugi dari penertiban dan penutupan kawasan Kalijodo.

Medsos - Pemilik akun Twitter @ypaongganan, Yulianus Paonganan alias Ongen diperpanjang masa penahanannya.

Bursa - Tren IHSG 9 - 12 Feb 2016

Selasa : 4.768

Rabu   : 4.732

Kamis  : 4.775

Jumat  : 4.714

Cuba - Top U.S. officials will travel to Havana on Feb. 16 to sign an aviation pact that restores scheduled airline service between the United States and Cuba.

Valentine - Pemkot Bandung keluarkan larangan perayaan Valentine di Bandung.

Damaskus - Presiden  Bashar al-Assad bersumpah akan kembali merebut seluruh Suriah dan terus "memerangi terorisme."

Munich - PM Irak Haider Al-Abadi, di acara Munich Security Conference, bersumpah akan mengusir ISIS pada tahun ini.

Jadwal Pertandingan Premier League Inggris (14/2)

00:30 Chelsea vs Newcastle United

19:00 Arsenal vs Leicester City

21:05 Aston Villa vs Liverpool

23:15 Manchester City vs Tottenham Hotspur

Monterrey - Pemerintah Meksiko menemukan fakta bahwa kartel obat bius masih mengendalikan bisnisnya dari penjara Topo Chico yang baru-baru ini terbakar.

Amsterdam - Legenda sepak bola Johan Cruyff merasa "menang 2-0" terhadap kanker yang diketahui mengidapnya sejak OKtober 2015.

Pertamina memproyeksikan  pertumbuhan penggunaan elpiji 3 kg mencapai  6,6 juta metrik ton tahun ini.

Jayapura - Sejak 18 Januari, Pertamina sudah menambah 2 SPBU yang menjual pertalite.

Jadwal Pertandingan Liga Serie A Italia (14/2)

00:00 ChievoVerona vs Sassuolo

02:45 Juventus vs SSC Napoli

18:30 AC Milan vs Genoa

21:00 Palermo vs Torino

21:00 Sampdoria vs Atalanta

21:00 Udinese vs Bologna

Munich - PM Prancis Manuel Valls mengatakan bahwa serangan besar teroris kepada Eropa masih akan berlangsung.

Wellington - Gempa berkekuatan 5,7 SR menghantam Christchurch pada Minggu (14/2).

Seoul - Pemerintah Korea Selatan mengatakan Korut menyita 70% dari gaji bagi karyawan di Kaesong.

Bangui - Hari Minggu (14/2) Republik Afrika Tengah akan mengadakan Pemilu yang diharapkan meredakan berbagai kerusuhan.

Jadwal Pertandingan Liga BBVA Spanyol (14/2)

00:15 Villarreal vs Malaga

02:30 Valencia vs Espanyol

04:05 Deportivo La Coruna vs Real Betis

18:00 Real Sociedad vs Granada

22:00 Sevilla vs Las Palmas

PBB - Bulgaria secara resmi mencalonkan Irina Bokova, Director General UNESCO untuk kandidat sekjen PBB.

Bratislava - PM Slovakia Robert Fico mengatakan bahwa negaranya harus mengambil keuntungan dari hasil negatif sovereign debt-nya untuk investasi di proyek infrastruktur.

Brussels - EU berjanji untuk mempelajari laporan yang menuduh Ikea kurang bayar pajak sebesar 1 miliar Euro antara 2009-2014.

MAPI - Penjualan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) pada tahun 2015 diproyeksi tumbuh 7,3% dibandingkan tahun sebelumnya.

The World's Most Optimistic Countries
(% of people who think the world is getting better)

1. China              41%
2. Indonesia        23%
3. Saudi Arabia    16%
4. Thailand          11%
5. UAE                10%
6. Swedia            10%
7. Denmark          8%
8. Norwegia          8%
9. Finlandia           8%
10.Hong Kong       8%

Sumber: YouGov

Recommended Reading

Minggu, 14/02/2016 04:12 WIB

Mendag Optimis Prancis Batal Berlakukan Pajak Sawit

Sabtu, 13/02/2016 23:30 WIB

BPKM Sebut DNI Baru Lindungi UMKM

Sabtu, 13/02/2016 20:40 WIB

Kembangkan Energi Terbarukan, BUMN Ini Gandeng Perusahaan Taiwan

Sabtu, 13/02/2016 18:08 WIB

Wapres: Produktivitas Jadi Masalah Komoditas Kopi

Sabtu, 13/02/2016 15:05 WIB

PT Pos Batal Jajal Bisnis Properti

Sabtu, 13/02/2016 14:41 WIB

Wapres: Kesenjangan Sosial Sudah Masuk "Lampu Kuning"

Sabtu, 13/02/2016 14:24 WIB

Mentan Larang Impor Bawang Merah

Sabtu, 13/02/2016 11:34 WIB

Bunga Kredit Pinjaman Bakal Diturunkan Jadi Tujuh Persen

Entertainment

13 Februari 2016 - Olahraga

MU Dekati Mourinho, Van Gaal Geram

13 Februari 2016 - Olahraga

Menpora Ajak Swasta Bantu Rio ke F1

13 Februari 2016 - Entertainment & Life Style

Begini Cara Cari Pasangan di Dunia Maya