Market Indices

Konflik Suriah Masuki Fase Lebih Berbahaya Bagi Perdamaian (1)

Rubrik Internasional

10 Juni 2013 06:30:00 WIB

WE.CO.ID – Konflik Suriah memasuki fase baru yang lebih berbahaya karena bisa merembet ke tetangganya di kawasan Timur Tengah dan menyeret negara-negara lain di luar kawasan.

Konflik Suriah tidak bisa dikatakan sebagai perang saudara antarsesama anak bangsa yang berbeda faksi politik dan aliran sektarian semacam kelompok Suni dan Syiah. Pertikaian perebutan pengaruh dan kekuasaan di Suriah telah menyeret keterlibatan negara-negara lain. Amerika Serikat (AS). Israel, dan sekutu mereka di Eropa tergoda melibatkan diri karena mereka punya berbagai kepentingan di sana. Yang paling menonjol ialah kepentingan geopolitik untuk membendung pengaruh Iran yang dituding pro-Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Iran disebut-sebut mengerahkan dukungan gerilyawan Hezbollah terhadap pasukan pemerintah Suriah dalam menghadapi kelompok pemberontak yang mayoritas kaum Suni. Rivalitas Suni-Syiah kemudian menjadi hembusan api yang memanaskan padang konflik negara di Timur Tengah itu.

Rusia tidak mau ketinggalan tampil sebagai “pengimbang” Barat. Dari aspek kebutuhan militer Suriah, selama ini Rusia menjadi tumpuan pasokan senjata di tengah embargo senjata yang diberlakukan Uni Eropa sejak Mei 2011. Embargo itu memang akhirnya dicabut akhir pekan lalu. Tapi, keputusan itu dipandang sebagai upaya membuka akses bagi para pemberontak Suriah untuk mendapatkan pasokan senjata dari Eropa. Inggris dan Prancis disebut-sebut sebagai negara Eropa yang paling berpotensi memasok senjata untuk kelompok pemberontak anti-Presiden Assad.

Rusia yang terikat kontrak penjualan senjata ke pemerintah Suriah yang diteken pada 2010 pun seperti mendapatkan angin dengan langkah pencabutan embargo senjata oleh EU itu. Tidak lupa, Rusia mengkritik langkah pencabutan embargo senjata yang memberikan jalan bagi kelompok pemberontak Suriah itu. Seraya memprotes, Rusia memulai pengiriman peluru kendali (rudal) canggih S-300 yang merupakan sistem persenjatan antiserangan udara.

Prospek perdamaian pun terancam gagal terwujud. Konferensi perdamaian internasional guna mencari solusi perdamaian Suriah yang digagas Rusia bersama Amerika Serikat sudah beberapa kali ditunda. Konferensi yang melibatkan semua pihak yang bertikai di Suriah itu semula direncanakan Mei silam di Jenewa, Swiss, namun kemudian diundur menjadi Juni ini. Jadwal kemudian berubah diundur lagi menjadi bulan depan. Itu pun belum ada jaminan bakal benar-benar terselenggara karena pihak-pihak yang bertikai belum memberikan komitmen hadir.  Mereka mengajukan syarat yang yang saling menegasikan dan belum dicapai titik temu.

Para pengamat mengkhawatirkan Suriah yang telah lebih dua tahun dilanda konflik bakal bernasib seperti Somalia atau bahkan lebih buruk lagi. Suriah dibelit persoalan sangat sensitif tempat berpadunya sentimen berlatar agama dan etnis yang membentang di sepanjang perbatasan dari seluruh penjuru mata angin. Adapun Somalia “terbendung” dari pengaruh atau intervensi dari seberang perbatasan.

Somalia juga tidak pernah memiliki senjata kimia, rudal, dan senjata modern lainnya sebagaimana Suriah yang dikenal sebagai negara paling banyak meriamnya di dunia.

Dengan kondisi yang seperti itu saja, konflik Somalia yang berkepanjangan akhirnya membawa negara itu kolaps 20 tahun lalu. Somalia tersayat-sayat oleh aksi anarkistis kelompok, terorisme, dan kelaparan. Hingga kini, perairan Somalia pun dikenal sebagai sebagai wilayah pelayaran yang sangat berbahaya karena keganasan para perompaknya. 

Bagaimana dengan Suriah? Dengan latar belakang dan kondisi seperti itu, para pengamat melihat situasi Suriah lebih berbahaya. (BERSAMBUNG....)

nurcholish@wartaekonomi.com

Foto: BBC News

Penulis/Editor: Nurcholish MA Basyari

Executive Brief

Turn Back Crime - Kapolri Jendral Badrodin Haiti meralat larangan terhadap masyarakat atau sipil menggunakan atribut berkenaan dengan Turn Back Crime (revised).

Tax Amnesty -  Pemerintah menyiapkan instrumen investasi untuk menampung dana-dana repatriasi aset dari kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty. 

Lion Group - Presdir Lion Group Edward Sirait merasa Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menghambat pengembangan bisnis Batik Air dan Wings Air.

Medan - Dinas Pertanian Pemerintah Provinsi Sumut optimis luas panen padi tahun ini bisa mencapai target 805.708 hektare, walaupun sekarang baru mencapai 37%.

Pencegahan Korupsi - ESDM minta KPK untuk mengawasi sejumlah mega proyek yang dikerjakan PT PLN dan Pertamina.

Beijing - Wang Jianlin, miliarder real estate dan dunia hiburan China, mengatakan Disney Park tidak cocok di China.

Lagos -  Pemerintah Nigeria telah menargetkan 2019 untuk mengakhiri impor bahan bakar minyak (BBM), karena berencana membangun kilang minyak sendiri.

Berlin - VW memastikan sebanyak 120.000 pegawainya di Jerman akan mendapat kenaikan gaji 5% pada tahun depan.

Jakarta - Ahok siap dipanggil KPK untuk menjelaskan alasannya hak diskresi dalam menentukan besaran kontribusi tambahan bagi para pengembang reklamasi.

MEDC - PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) menargetkan bisa meraup dana hingga Rp4,65 triliun dari penerbitan saham baru melalui rights issue sebanyak 3,04 miliar saham.

SMSM - PT Selamat Sempurna Tbk. (SMSM) menerima dividen final tunai sebesar Rp18,14 miliar dari dua anak usahanya.

TOWR - Pemegang saham menyetujui rencana PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR) untuk melakukan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu.

TOBA - Emiten tambang batu bara PT Toba Bara Sejahtera Tbk. (TOBA) menganggarkan belanja modal (capital expenditure/Capex) sebesar US$10 juta pada tahun ini.

TOBA - Emiten tambang batu bara milik Luhut Binsar Pandjaitan, PT Toba Bara Sejahtra Tbk. (TOBA) membagikan dividen tahun buku 2015 senilai US$1,13 juta.

SMDR - PT Samudera Indonesia Tbk. (SMDR) berencana membentuk perusahaan sub holding yang akan membawahkan bisnis terminal dan jasa pelabuhan.

MEDC - PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) memperpanjang aksi buyback saham dan akan menggelar rights issue dengan target dana Rp4,65 triliun untuk membayar utang jatuh tempo.

EKAD - Emiten pita perekat PT Ekadharma International Tbk. tahun ini menambah kapasitas produksi mencapai 192 juta m2 per tahun.

Kartel - BPK mensinyalir ada praktik persaingan yang tidak sehat dalam proses tender pengadaan barang dan jasa secara elektronik yang cenderung menjurus pada praktik persekongkolan.

Modal ventura - Aturan permodalan perusahaan modal ventura yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan diprediksi bakal memicu maraknya aksi merger di industri.

Bank - Bank syariah di sejumlah daerah memangkas margin untuk mengantisipasi rendahnya penyaluran pembiayaan pada awal tahun ini.

Wison - Investor asal China, Wison, bekerja sama dengan Shell akan membangun dua pabrik olahan batu bara menjadi olefin di Sumatra Selatan dengan total nilai investasi US$7,3 miliar.

LTV - Sejumlah pelaku industri properti menyambut baik rencana BI dalam revisi kebijakan loan to value  hunian atau properti komersial.

Pelabuhan - Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia memprediksi arus barang di Pelabuhan Tanjung Priok menjelang Ramadan bakal melonjak 30%-40% dibandingkan dengan bulan biasa.

Jagung - Setelah rutin menjadi importir jagung setiap tahun, pemerintah bakal mengambil sikap tegas untuk menyetop kegiatan yang menyedot devisa tersebut pada 2017.

Impor - Pemerintah akan mengadopsi standar dari United Nations Economic Commission for Europe atau UNECE untuk mempermudah arus importasi barang di sektor kendaraan bermotor dan bagiannya.

BPD - Penyaluran kredit produktif kelompok BPD masih minim. OJK mencatat, penyaluran kredit produktif bank-bank milik pemerintah daerah ini baru mencapai 30%.

Uang Tax Amnesty - BI perkirakan pajak tax amnesty cuma Rp 53 triliun.

Taxi Online -  Grup Volkswagen membentuk kemitraan strategis dengan Gett, start up transportasi online yang bermarkas di London.

Tarif Tax Amnesty - Ditjen Pajak: Skema tarif diubah menjadi dua, yakni tiga bulan pertama yang repatriasi 2%, deklarasi 4% dan tiga bulan berikutnya 3% untuk repatriasi dan 6% untuk deklarasi.

Helsinki - Microsoft Corp akan memangkas bisnis smartphone dengan cara melepas 1.850 karyawan, kebanyakan di Finlandia.

Colombo - Sri Lanka meminta bantuan internasional akibat banjir yang diperkirakan menelan kerugian US$2 miliar dan menewaskan lebih dari 100 orang.

Kabul - Taliban Afghanistan memilih wakil dari pemimpin mereka Haibatullah Akhunzada, setelah Mullah Akhtar Mansour tewas dalam serangan udara Amerika Serikat.

Harare - Puluhan ribu pendukung Robert Mugabe menuju ibukota Zimbabwe untuk menunjukan dukungan kepada Presiden Robert Mugabe (92 tahun).

Jakarta - Grup band Noah resmi meluncurkan album mereka yang berisi aransemen ulang lagu-lagu lama "Sings Legends".

London - Aktor Inggris Burt Kwouk yang dikenal lewat peran Inspektur Clouseau, pelayan Cato Fong, dalam film komedi "Pink Panther" tutup usia pada umur 85 tahun.

Cilacap - Terpidana mati kasus narkoba Freddy Budiman mengajukan surat permohonan tobat nasuha saat sidang peninjauan kembali (PK).

London – Penyanyi sekaligus penulis lagu Inggris Adele menandatangani kontrak baru dengan Sony senilai US$131 juta.

Bob Dylan - Pada Selasa (24/5) Bob Dylan tepat 75 tahun, dirayakan dengan konser  "Dylan Fert 75" pada Senin-Selasa di Nashville, Tenneses.

Hanoi - Vietnam’s new Prime Minister Nguyen Xuan Phuc has said the country has no intention to join a military race in the South China Sea.

Jadwal Pertandingan Persahabatan, Jumat (27/5)

22:30 Slovakia vs Georgia

23:00 Republik Ceko vs Malta

23:00 Togo vs Zambia

Hasil Pertandingan Kualifikasi Liga Serie A Italia (26/5)

Bari 3 - 4 Novara

Hasil Pertandingan Persahabatan (25/5)

Panama 0 - 0 Venezuela

Serbia 2 - 1 Siprus

Romania 1 - 1 DR Kongo

Hong Kong - Huawei Technologies Co Ltd menggugat Samsung Electronics Co Ltd terhadap pelanggaran paten smartphones.

Kupang - Duta Besar Indonesia untuk negara-negara ASEAN Timor Leste akan masuk menjadi anggota ASEAN pada 2017.

Jadwal Pertandingan Persahabatan, Kamis (26/5)

01:00 Rumania vs DR Kongo

07:00 Amerika Serikat vs Ekuador

23:00 Azerbaijan vs Andorra

Jakarta - The South Jakarta Police personnel seized 2,128 pairs of shoes that carried a forged branding of "Nike" and were suspected to have been imported from Guangzhou, China.

Twitter - User names and media attachments such as photos and videos will no longer count towards the length of a tweet, Twitter Inc said on Tuesday (24/5), but the 140-character limit will stay.

Jakarta -  Indonesia has rejected applications from scores of companies for new palm oil operations (official).

Singapore -  Ex-police officer who sexually abused an autistic and mentally disabled 17-year-old boy was sentenced to five years’ jail on Wednesday (25/5).

Kuala Lumpur - UMW Toyota Motor said it is investing 2 billion ringgit (US$487.8 million) to set up its second manufacturing facility in Malaysia.

Kuala Lumpur - Malaysia's 1MDB says has made full payment of central bank fine.

Manila - Plans by the Philippines' controversial president-elect to give late dictator Ferdinand Marcos a hero's burial triggered outrage.

Jakarta - Netherlands Supreme Courts President: The Netherlands' and Indonesian Supreme Court will cooperate in building more effective and efficient linkages between the two courts, attorney general office and judicial commissions.

Jakarta - President Jokowi would attend the G7 Summit in Japan on May 26-27.

London - Biaya liburan keluarga ke Eropa bisa naik jika warga Inggris memilih meninggalkan Uni Eropa bulan depan, kata Perdana Menteri David Cameron.

Paris - Penyelidik Perancis menyerbu markas Google di Paris pada Selasa (24/5) untuk penyelidikan masalah penghindaran pajak dan pencucian uang.

Palembang - Bank Indonesia mencatat pertumbuhan ekonomi di Sumatera Selatan sebesar 4,94% pada triwulan I/2016 didorong sejumlah pembangunan infrastruktur skala besar.