Market Indices

Pasukan Suriah Mulai Ofensif dan Unjuk Gigi (4)

Rubrik Internasional

10 Juni 2013 09:30:00 WIB

WE.CO.ID – Konflik Suriah memasuki fase yang jauh lebih berbahaya. Pasukan pemerintah makin ofensif dan unjuk gigi.

Setelah menempuh jalur defensif selama beberapa bulan dalam menghadapi kelompok pemberontak, pemerintah Suriah mulai menempuh langkah ofensif.

Presiden Assad mengerahkan pasukannya untuk menggempur gerilyawan pemberontak dan menguasai kembali kontrol di sejumlah wilayah strategis yang diduduki kelompok pemberontak. Pemerintah tidak hanya mengandalkan pasukan tentara regulernya tetapi juga banyak menyandarkan pada dukungan kelompok gerilyawan pro-pemerintah, terutama kelompok Hezbollah. 

Sokongan pasukan Hezbollah dukungan Iran dan pengiriman pasokan senjata sistem pertahanan antiserangan udara peluru kendali (rudal) S-300 dari Rusia membuat pemerintah makin percaya diri menghadapi rongrongan kelompok pemberontak.

Fokus penumpasan kelompok pemberontak terutama diarahkan ke kawasan strategis di seputar Ibu Kota Damaskus, seperti Daraya di selatan dan Gouta di utara. Hal itu sekaligus untuk mengamankan Bandar Udara Damaskus sebagai jembatan udara penghubung Suriah-Iran.

Pekan lalu, pasukan pemerintah menguasai kembali kota Qusayr di Provinsi Homs yang berbatasan dengan Libanon. Kota berpenduduk 50.000 orang itu sebelumnya dalam pengepungan selama dua pekan lebih. Kelompok oposisi menuding rezim Presiden Assad bertanggung jawab atas pembunuhan massal sekitar 200 warga di wilayah tersebut.

Kelompok pemberontak mengakui penaklukan kembali kota strategis Qusayr itu oleh pasukan pemerintah dengan dukungan gerilyawan Hezbollah. Namun, mereka menegaskan bahwa perang belum usai. Mereka menyatakan penaklukan itu bukan berarti terhentinya perlawanan mereka terhadap rezim al-Assad.

Hal lain yang membuat Suriah menjadi kawasan konflik yang sangat berbahaya ialah adanya dugaan penggunaan senjata kimia, terutama gas sarin yang merusak atau bahkan melumpuhkan syaraf. Eropa, PBB, dan AS menengarai penggunaan senjata kimia secara terbatas terjadi di kawasan Daraya dan di dekat Aleppo.

Pekan lalu, Prancis dan PBB menyatakan mereka memiliki bukti pasukan Suriah menggunakan gas sarin. Menurut Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius, bukti itu mereka dapatkan dari tes laboratorium terhadap sampel darah dan urin yang mereka dapatkan dari kawasan di wilayah Suriah. Adapun tes laboratorium itu dilakukan di Prancis. Meski demikian, AS tampak berhati-hati dalam menyikapi temuan dugaan penggunaan gas sarin tersebut.

Faktor yang juga tidak kalah membuat konflik Suriah berbahaya ialah kekisruhan dan kekerasan bersenjata untuk memperebutkan kekuasaan itu melibatkan para pemain dan boneka-boneka mereka. Siapakah mereka?

Suriah dikelilingi oleh negara-negara tetangga yang mempengaruhi hasil akhir penyelesaian perang saudara di sana yang lebih dari sekadar konflik domestik itu. Para tetangganya, termasuk negara yang letaknya lebih jauh seperti Qatar dan Arab Saudi, masing-masing punya faksi yang mereka dukung, termasuk dukungan terhadap “pemerintahan dalam penantian” kelompok-kelompok pemberontak. 

Kelompok minoritas Suni Irak yang berkonfrontasi dengan pemerintah yang didominasi kelompok Syiah tentu mendambakan pemerintahan Suriah yang dikuasai kelompok Suni yang kini banyak melawan pemerintahan. Suku-suku kaum Suni di Provinsi Anbar dan Ramadi memiliki hubungan sejarah panjang dengan kelompok Suni Suraih di perbatasan. Pemerintahan Suriah yang didominasi Suni diharapkan dapat mengimbangi pemerintah Irak yang dikuasai kaum Syiah.

Dalam lebih dari setahun terakhir, dilaporkan adanya pasokan senjata di lintas perbatasan Irak untuk kelompok gerilyawan Suriah anti-pemerintah. Pasokan itu berasal dari kelompok jihad Irak yang disebut-sebut terjalin kerja sama dengan gerilyawan Suriah yang mayoritas dari kelompok Suni.

Sementara itu, kekerasan yang makin intens di Irak berisiko menyeret Negeri 1001 Malam yang telah porak poranda pasca-gempuran pasukan sekutu pimpinan AS itu ke perang saudara baru. Hal itu bukan hanya akan berdampak buruk bagi investasi di seantero negeri itu melainkan juga memperuncing konflik geopolitik antara Iran dan negara-negara mornarki di Teluk.

Turki juga terseret dalam konflik Suriah sebagai dampak dari membanjirnya pengungsi ke wilayahnya. Komisi Tinggi Perserikatan bangsa Bangsa Urusan Pengungsi (UNHCR) mencatat sekitar 322.000 warga Suriah mengungsi ke wilayah Turki dan 100.000 lainnya siap menyeberang ke sana.

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan pun mulai menaikkan tensi pernyataannya terhadap pemerintah Suriah belakangan ini. Dia tidak hanya melancarkan kritik terhadap Israel atas serangan militernya terhadap Suriah tetapi juga terhadap pemerintahan Presiden Assad.

"Anda, Bashar Assad, akan membayar untuk ini. Anda akan bayar mahal, sangat mahal karena Anda mempertontonkan keberanian terhadap yang lainnya, terhadap bayi-bayi yang mengedot,” kata Erdogan sebagaimana dikutip CNN.

Yordania tentu lebih gemas lagi ketimbang Turki. Mereka harus mengatasi 450.000 pengungsi asal Suriah yang mulai frustasi dan gelisah di kamp-kamp pengungsian. Jumlah tersebut setara dengan 7% penduduk Yordania.  Di Libanon, jumlah pengungsi Suriah mencapai 455.000. Secara keseluruhan, menurut catatan UNHCR, konflik Suriah telah melahirkan tambahan sekitar 500.000 pengungsi hanya dalam tempo dua bulan.

Libanon yang juga terlilit masalah sektarian seperti halnya Suriah tentu terlalu sibuk untuk melibatkan diri dalam konflik Suriah. Namun, mau tidak mau, Libanon berpotensi terseret dalam konflik di negara tetangganya itu. Beberapa  tokoh kaum Salaf Libanon telah menyatakan jihad melawan rezim Assad sebagai respons terhadap meningkatnya keterlibatan Hezbollah di Suriah. Sheikh Ahmed Assir, misalnya, menyerukan warga Suni di kota Sidon untuk membentuk brigade jihad guna membantu kelompok anti-pemerintah Suriah di kota Qusayr. (HABIS)

nurcholish@wartaekonomi.com

Penulis/Editor: Nurcholish MA Basyari

Executive Brief

Rapor Biru BPJS - BPJS Ketenagakerjaan mencatatkan surplus Rp624,6 miliar dalam kinerja 2015.

Naypydaw - US Secretary of State John Kerry Sunday on Sunday (22/5) hailed Myanmar's transition from army rule to a civilian government in the press conference with Aung San Suu Kyi.

Jadwal Pertandingan Kualifikasi Liga Serie A Italia, Rabu (25/5)

01:30 Cesena vs Spezia

Jadwal Pertandingan Kualifikasi Bundesliga Jerman, Rabu (25/5)

00:10 Duisburg vs Wuerzburger Kickers

Hasil Pertandingan Kualifikasi Bundesliga Jerman (24/5)

Nuernberg 0 - 1 Eintracht Frankfurt

Tran Dai Quang - Presiden AS Barack Obama pada hari Senin (23/5) menyatakan bahwa embargo penjualan senjata ke Vietnam sepenuhnya dicabut.

Athena - Yunani menyetujui upaya penghematan baru dan kenaikan pajak yang dituntut para kreditur Eropa demi memperoleh dana talangan baru.

MSKY - PT MNC Sky Vision Tbk. milik taipan Hary Tanoesoedibjo tengah memproses pinjaman dari perbankan asing untuk kebutuhan refinancing senilai maksimum US$275 juta.

Los Angeles - Lelang "Collecting Disney" yang diselenggarakan Van Eaton Galleris pada 18 Juni di Los Angeles akan menawarkan lebih dari 700 arsip Disney.

Pasar Eropa - Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan Azerbaijan dapat menjadi pintu masuk pasar Eropa untuk memasarkan produk-produk Tanah Air.

Brussel - Para menteri luar negeri Uni Eropa (EU) berkumpul di Brussel, Senin (23/5), untuk membahas strategi EU menyangkut Suriah dan Irak, soal ancaman ISIS serta krisis migran.

Hanoi - Presiden AS Barrack Obama mengumumkan pada Senin bahwa Washington akan mencabut seluruh embargo penjualan senjata mematikan terhadap Vietnam.

Stockholm - Badan Transportasi Swedia: Sudah 650 orang masuk rumah sakit akibat menggunakan ponsel di jalanan.

DPUM - Perusahaan di sektor perikanan yang berbasis di Jawa Tengah, PT Dua Putra Utama Makmur Tbk.  memastikan akan merambah pasar Amerika dan Eropa pada tahun ini.

MTLA - RUPS Saham PT Metropolitan Land Tbk. memutuskan untuk menyisihkan laba bersih sebanyak Rp32,08 miliar untuk dividen kepad pemegang saham.

Turn Back Crime - Kapolri Jendral Badrodin Haiti mengeluarkan surat larangan terhadap masyarakat atau sipil menggunakan atribut berkenaan dengan Turn Back Crime.

Bursa - Pagi ini (24/5) IHSG dibuka melemah 0,74 poin (0,02%) ke level 4.742,92

MSKY - Hary Tanoesidibjo dan pemegang saham PT MNC Sky Vision sebagai pemegang merek Indovision merestui penerbitan saham baru melalui mekanisme private placement Rp769,96 miliar.

Ahok - Partai Golkar: Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama  (Ahok) menduduki urutan pertama untuk calon Gubernur DKI hasil survei partai Golongan Karya.

Bursa - PT Siba Surya (Siba Group) melakukan pembenahan sistem TI sebagai upaya menyakinkan investor dalam rangka Initial Public Offering (IPO) yang direncanakan pada 2017.

SRIL - Emiten tekstil PT Sri Rejeki Isman Tbk. menerbitkan obligasi global dengan nilai US$420 juta setara dengan Rp5,7 triliun (kurs Rp13.575 per dolar AS) untuk refinancing.

Emas - Hari ini (24/5) harga Emas Antam stagnan di Rp586.000/gram dibanding kemarin. Dengan harga buyback naik di Rp532.000/gram

MSKY - Hary Tanoesoedibjo pemegang merek Indovision, PT MNC Sky Vision Tbk. (MSKY) merombak jajaran direksi dan komisaris perseroan.

DPUM - Perusahaan di sektor perikanan yang berbasis di Jawa Tengah, PT Dua Putra Utama Makmur Tbk. (DPUM) telah menyerap belanja modal sekitar Rp200 miliar hingga saat ini untuk ekspansi.

HITS - Emiten transportasi laut, PT Humpuss Intermoda Sarana Tbk. berniat melakukan kuasi reorganisasi dengan menghapus akumulasi rugi sebanyak US$95,47 juta

IDR/USD - Pagi ini (24/5) Rupiah menguat di Rp13.571 per Dollar AS dibanding kemarin di Rp13.580 (Data Reuters).

Rolland Garros - Unggulan ketiga Stan Wawrinka sempat mengalami kesulitan menghadapi petenis Ceko Lukas Rosol dan berhasil comeback dalam pertarungan 5 set 4-6, 6-1, 3-6, 6-3, 6-4.

IDR/EUR - Pagi ini (24/5) Rupiah stagnan di Rp15.225 per Euro dibanding sore kemarin (Data Reuters).

Minyak - Pagi ini (24/5) WTI Crude Oil turun dari 47,98 USD menjadi 47,92 USD/bbl. Serta Brent Crude juga turun dari 48,34 USD menjadi 48,12 USD/bbl. Data perbandingan sore kemarin (Bloomberg).

Amerika - Indeks saham-saham Amerika, penutupan (23/5):

Dow 30 17.492,93 -8,01 -0,05%
S&P 500 2.048,04 -4,28 -0,21%
Nasdaq 4.765,78 -3,78 -0,08%

Eropa - Indeks saham-saham Eropa, penutupan (23/5):

FTSE 100   6.136,43 -19,89 -0,32%
CAC 40 4.325,10 -28,80 -0,66%
DAX 9.842,29 -73,73 -0,74%

Toronto - Raptors menyamakan kedudukan 2-2 di Final Wilayah Timur usai mengalahkan Cavaliers 105 - 99.

JISDOR BI - Hari ini (24/5) kurs referensi Bank Indonesia menguat di Rp13.606 dibanding kemarin di Rp13.607.

CPO - Pagi ini (24/5) CPO Kontrak Agustus 2016, naik 16 poin pada harga 2.508,00 Ringgit per ton (Bursa Malaysia).

Asia - Indeks saham-saham Asia, pembukaan (24/5):

Nikkei 225 16.605,04 -49,56 -0,30%
Hang Sheng 19.828,02 +18,99 +0,10%
ST. Times 2.760,74 -6,19 -0,22%
Shanghai Comp. 2.839,68 -3,96 -0,14%

Suzuki - Pembalap Suzuki Loriz Baz diragukan tampil di GP Catalunya akibat mengalami cedera.

Renault - Renault berencana menurunkan mesin baru "B-Spec" Power di GP Monaco.

Mclaren - Bos Mclaren Ron Dennis percaya timnya yang akan menggantikan hegemoni Mercedes di Formula 1, bukan Redbull maupun Ferrari.

Jerman - Pembalap Ferrari Sebastian Vettel akan tampil di Pertandingan Amal untuk Legenda Formula 1 Michael Schumacher.

Manor - Tenggat waktu pelunasan Rio Haryanto kepada Manor Racing ditentukan 10 hari lagi.

ADMF - PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. (ADMF) akan membagikan dividen tunai tahun buku 2015 sebesar Rp332,5 per saham

e-Commerce - RPP yang memayungi e-commerce sudah masuk dalam proses harmonisasi di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemkumHAM).

GPRA - RUPS PT Perdana Gapuraprima Tbk. memutuskan untuk menyetujui pembagian dividen sebesar Rp5 per saham, dari laba bersih perseroan sepanjang tahun lalu.

DUTI - Emiten properti PT Duta Pertiwi Tbk. (DUTI), mencetak kenaikan pendapatan usaha 9,3% sepanjang tahun lalu.

ISAT - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat idAAA untuk obligasi berkelanjutan I Tahap II Tahun 2015 seri A PT Indosat Tbk. (ISAT) senilai Rp554 miliar.

GPRA - Emiten properti PT Perdana Gapuraprima Tbk. meraup pendapatan prapenjualan sebanyak Rp150 miliar per kuartal I/2016.

ISAT - Ooredoo, perusahaan telekomunikasi asal Qatar yang merupakan induk usaha PT Indosat Tbk., telah memberi mandat untuk penerbitan obligasi dolar AS dengan target dana hingga US$1 miliar.

DSSA - Emiten tambang batu bara milik Grup Sinarmas PT Dian Swastatika Sentosa Tbk. (DSSA) mengantongi kredit dari PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. senilai Rp3,6 triliun.

ACES - PT Ace Hardware Indonesia Tbk. tahun ini menargetkan pertumbuhan penjualan yang konservatif yaitu minimal 5%, tak jauh dari raihan tahun lalu sekitar 4,4%

SSIA -  PT Surya Semesta Internusa Tbk. berencana menunda pengembangan lahan di Subang, menyusul proses pembebasan lahan yang diperkirakan akan alot.

Hotel - Operator hotel mewah asal Amerika Serikat, Four Seasons Hotels & Resorts menyatakan akan membuka kembali Four Seasons Hotel Jakarta pada Juni 2016.

Properti - Pertumbuhan pasokan apartemen di kota-kota lapis kedua atau di luar Jakarta mulai bergerak cepat.

Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meminta agar pengembang menanggung biaya konstruksi infrastruktur atas kompensasi pelampauan koefisien lantai bangunan.

Hotel - Penghematan serta pemotongan anggaran belanja kementerian dan lembaga senilai total Rp50,01 triliun yang dilakukan pemerintah diyakini bakal kembali memukul bisnis hotel dan industri terkait.

Pemegang Thomas Cup Terbanyak:

1. Indonesia (13 kali)

2. China (9 kali)

3. Malaysia (5)

4. Jepang (1 kali)

5. Denmark (1 kali)

Bandung - Presiden Jokowi menyatakan Indonesia masih membutuhkan jutaan wirausaha, karena baru memiliki 2-5% wirausaha dari seluruh populasi penduduk.

Labuanbajo - Daniel Whitehouse of the Terengganu Cycling Team clinched overall victory in the 2016 Tour de Flores.

Bangkok - Thai police shot dead a Rohingya Muslim from Myanmar on Monday (23/5) during a dramatic mass escape of detainees from an immigration camp in southern Thailand.

Bogor - Pangeran Arab Saudi, Alwaleed Bin Talal Bin Abdulaziz Alsaud, menyatakan keinginannya untuk meningkatkan investasi di Indonesia.