Market Indices

Pasukan Suriah Mulai Ofensif dan Unjuk Gigi (4)

Rubrik Internasional

10 Juni 2013 09:30:00 WIB

WE.CO.ID – Konflik Suriah memasuki fase yang jauh lebih berbahaya. Pasukan pemerintah makin ofensif dan unjuk gigi.

Setelah menempuh jalur defensif selama beberapa bulan dalam menghadapi kelompok pemberontak, pemerintah Suriah mulai menempuh langkah ofensif.

Presiden Assad mengerahkan pasukannya untuk menggempur gerilyawan pemberontak dan menguasai kembali kontrol di sejumlah wilayah strategis yang diduduki kelompok pemberontak. Pemerintah tidak hanya mengandalkan pasukan tentara regulernya tetapi juga banyak menyandarkan pada dukungan kelompok gerilyawan pro-pemerintah, terutama kelompok Hezbollah. 

Sokongan pasukan Hezbollah dukungan Iran dan pengiriman pasokan senjata sistem pertahanan antiserangan udara peluru kendali (rudal) S-300 dari Rusia membuat pemerintah makin percaya diri menghadapi rongrongan kelompok pemberontak.

Fokus penumpasan kelompok pemberontak terutama diarahkan ke kawasan strategis di seputar Ibu Kota Damaskus, seperti Daraya di selatan dan Gouta di utara. Hal itu sekaligus untuk mengamankan Bandar Udara Damaskus sebagai jembatan udara penghubung Suriah-Iran.

Pekan lalu, pasukan pemerintah menguasai kembali kota Qusayr di Provinsi Homs yang berbatasan dengan Libanon. Kota berpenduduk 50.000 orang itu sebelumnya dalam pengepungan selama dua pekan lebih. Kelompok oposisi menuding rezim Presiden Assad bertanggung jawab atas pembunuhan massal sekitar 200 warga di wilayah tersebut.

Kelompok pemberontak mengakui penaklukan kembali kota strategis Qusayr itu oleh pasukan pemerintah dengan dukungan gerilyawan Hezbollah. Namun, mereka menegaskan bahwa perang belum usai. Mereka menyatakan penaklukan itu bukan berarti terhentinya perlawanan mereka terhadap rezim al-Assad.

Hal lain yang membuat Suriah menjadi kawasan konflik yang sangat berbahaya ialah adanya dugaan penggunaan senjata kimia, terutama gas sarin yang merusak atau bahkan melumpuhkan syaraf. Eropa, PBB, dan AS menengarai penggunaan senjata kimia secara terbatas terjadi di kawasan Daraya dan di dekat Aleppo.

Pekan lalu, Prancis dan PBB menyatakan mereka memiliki bukti pasukan Suriah menggunakan gas sarin. Menurut Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius, bukti itu mereka dapatkan dari tes laboratorium terhadap sampel darah dan urin yang mereka dapatkan dari kawasan di wilayah Suriah. Adapun tes laboratorium itu dilakukan di Prancis. Meski demikian, AS tampak berhati-hati dalam menyikapi temuan dugaan penggunaan gas sarin tersebut.

Faktor yang juga tidak kalah membuat konflik Suriah berbahaya ialah kekisruhan dan kekerasan bersenjata untuk memperebutkan kekuasaan itu melibatkan para pemain dan boneka-boneka mereka. Siapakah mereka?

Suriah dikelilingi oleh negara-negara tetangga yang mempengaruhi hasil akhir penyelesaian perang saudara di sana yang lebih dari sekadar konflik domestik itu. Para tetangganya, termasuk negara yang letaknya lebih jauh seperti Qatar dan Arab Saudi, masing-masing punya faksi yang mereka dukung, termasuk dukungan terhadap “pemerintahan dalam penantian” kelompok-kelompok pemberontak. 

Kelompok minoritas Suni Irak yang berkonfrontasi dengan pemerintah yang didominasi kelompok Syiah tentu mendambakan pemerintahan Suriah yang dikuasai kelompok Suni yang kini banyak melawan pemerintahan. Suku-suku kaum Suni di Provinsi Anbar dan Ramadi memiliki hubungan sejarah panjang dengan kelompok Suni Suraih di perbatasan. Pemerintahan Suriah yang didominasi Suni diharapkan dapat mengimbangi pemerintah Irak yang dikuasai kaum Syiah.

Dalam lebih dari setahun terakhir, dilaporkan adanya pasokan senjata di lintas perbatasan Irak untuk kelompok gerilyawan Suriah anti-pemerintah. Pasokan itu berasal dari kelompok jihad Irak yang disebut-sebut terjalin kerja sama dengan gerilyawan Suriah yang mayoritas dari kelompok Suni.

Sementara itu, kekerasan yang makin intens di Irak berisiko menyeret Negeri 1001 Malam yang telah porak poranda pasca-gempuran pasukan sekutu pimpinan AS itu ke perang saudara baru. Hal itu bukan hanya akan berdampak buruk bagi investasi di seantero negeri itu melainkan juga memperuncing konflik geopolitik antara Iran dan negara-negara mornarki di Teluk.

Turki juga terseret dalam konflik Suriah sebagai dampak dari membanjirnya pengungsi ke wilayahnya. Komisi Tinggi Perserikatan bangsa Bangsa Urusan Pengungsi (UNHCR) mencatat sekitar 322.000 warga Suriah mengungsi ke wilayah Turki dan 100.000 lainnya siap menyeberang ke sana.

Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan pun mulai menaikkan tensi pernyataannya terhadap pemerintah Suriah belakangan ini. Dia tidak hanya melancarkan kritik terhadap Israel atas serangan militernya terhadap Suriah tetapi juga terhadap pemerintahan Presiden Assad.

"Anda, Bashar Assad, akan membayar untuk ini. Anda akan bayar mahal, sangat mahal karena Anda mempertontonkan keberanian terhadap yang lainnya, terhadap bayi-bayi yang mengedot,” kata Erdogan sebagaimana dikutip CNN.

Yordania tentu lebih gemas lagi ketimbang Turki. Mereka harus mengatasi 450.000 pengungsi asal Suriah yang mulai frustasi dan gelisah di kamp-kamp pengungsian. Jumlah tersebut setara dengan 7% penduduk Yordania.  Di Libanon, jumlah pengungsi Suriah mencapai 455.000. Secara keseluruhan, menurut catatan UNHCR, konflik Suriah telah melahirkan tambahan sekitar 500.000 pengungsi hanya dalam tempo dua bulan.

Libanon yang juga terlilit masalah sektarian seperti halnya Suriah tentu terlalu sibuk untuk melibatkan diri dalam konflik Suriah. Namun, mau tidak mau, Libanon berpotensi terseret dalam konflik di negara tetangganya itu. Beberapa  tokoh kaum Salaf Libanon telah menyatakan jihad melawan rezim Assad sebagai respons terhadap meningkatnya keterlibatan Hezbollah di Suriah. Sheikh Ahmed Assir, misalnya, menyerukan warga Suni di kota Sidon untuk membentuk brigade jihad guna membantu kelompok anti-pemerintah Suriah di kota Qusayr. (HABIS)

nurcholish@wartaekonomi.com

Penulis/Editor: Nurcholish MA Basyari

Executive Brief

FREN - PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) akan menerbitkan saham baru tanpa memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (non HMETD) atau private placement .

DART - PT Duta Anggada Realty Tbk menyatakam siap melepas salah satu aset properti investasi perseroan yang berlokasi di Jakarta Timur

TLKM - PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. mendulang dana Rp3,3 triliun dari hasil penjualan kembali treasury stock.

SMGR - PT SGG Prima Beton, anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk., menambah penyertaan saham di PT Varia Usaha Beton senilai Rp60,97 miliar.

MEDC - PT Medco Energi International Tbk. terancam batal mengakuisisi PT Newmont Nusa Tenggara lantaran aksi penerbitan saham baru melalui rights issue belum disetujui pemegang saham.

MAMI - PT Mas Murni Indonesia Tbk (MAMI) tahun ini memproyeksikan pendapatan meningkat 10% dibandingkan capaian tahun lalu.

CPIN - PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) menargetkan pertumbuhan pendapatan mencapai 15% hingga akhir tahun ini.

Bappenas - Bappenas tengah menanti peraturan pemerintah untuk memiliki kewenangan penganggaran dan perencanaan.

Pelindo - PT Pelabuhan Indonesia II diminta menata ulang operasional terminal domestik dan internasional di Pelabuhan Tanjung Priok untuk mengefisienkan layanan jasa kepelabuhanan.

Bank - Perbankan mulai menyiapkan instrumen yang dapat dimanfaatkan oleh para nasabah untuk menampung dana repatriasi menyusul sudah pengesahan UU Pengampunan Pajak.

Perikanan - Pengusaha pengolahan ikan akan kembali menghadapi fase menipisnya bahan baku saat mendekati Lebaran dan satu minggu sesudahnya.

PLTU - Sejumlah penuntasan pembiayaan proyek pembangkit listrik tenaga uap atau PLTU akan dipercepat agar tahap konstruksi bisa dikerjakan lebih awal.

Properti - PT Colliers International Indonesia melansir penjualan lahan industri hingga paruh pertama tahun ini mencapai 48,42 hektare atau hanya 14% dari realisasi penjualan tahun lalu.

APKI - Memasuki kuartal II/2016 pelaku industri pulp dan kertas lebih mengandalkan pasar domestik karena pertumbuhannya lebih tinggi yaitu mencapai 30%.

BBM - Kementerian ESDM memperkirakan besaran subsidi bahan bakar minyak dalam APBNP 2016 diperkirakan cukup hingga akhir tahun jika harga minyak mentah stabil seperti posisi saat ini.

APBN-P TA 2016 - Dana Desa sebesar Rp46.982,1 miliar. Terdiri dari: Dana Perimbangan sebesar Rp705.458,9 miliar dan Dana Insentif Daerah sebesar Rp5.000,0 miliar serta Dana Otonomi Khusus dan Dana Keistimewaan D.I Yogyakarta  sebesar Rp18.811,9 miliar.

APBN-P TA 2016 - Dana Perimbangan terdiri dari: 1) Dana Transfer Umum sebesar Rp494.436,7 miliar. 2) Dana Transfer Khusus sebesar Rp211.022,2 miliar.

Hasil Pertandingan Perempat Final Piala Eropa (1/7)

Polandia 1 - 1 Portugal *

*Menang dalam adu penalti

Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Eropa (30/6)

Aktobe 1 - 1 MTK Budapest

Dila Gori 1 - 0 Shirak

Admira Moedling 1 - 1 Spartak Myjava

UE Santa Coloma 1 - 3 NK Lokomotiva

Ventspils 2 - 0 Vikingur

FK Bokelj 1 - 1 Vojvodina

Atlantas Klaipeda 0 - 2 HJK

Balzan FC 0 - 2 FK Neftchi

Hasil Pertandingan Kualifikasi Liga Eropa (30/6)

Dinamo Minsk 2 - 1 FK Spartaks

FC Banants 0 - 1 Omonia Nicosia

Levadia Tallinn 1 - 1 HB Torshavn

Sloboda Tuzla 0 - 0 Beitar Jerusalem

Traku FK 2 - 1 Nomme JK Kalju

Hasil Pertandingan Kualifikasi Liga Eropa (30/6)

Videoton FC 3 - 0 FC Zaria

AIK 2 - 0 Bala Town

Europa FC 2 - 0 Pyunik

IFK Gothenburg 5 - 0 Llandudno FC

Slavia Sofia 1 - 0 Zaglebie Lubin

Hasil Pertandingan Kualifikasi Liga Eropa (1/7)

AEK Larnaca 3 - 0 Folgore

FC Differdange 03 1 - 1 Cliftonville

FC Midtjylland 1 - 0 Suduva

FC Vaduz 3 - 1 FK Sileks

FK Qabala 5 - 1 Samtredia

Kukesi 1 - 1 Rudar Pljevlja

Odds Ballklubb 2 - 0 IFK Mariehamn

Siroki Brijeg 1 - 1 Birkirkara

Zimbru 0 - 1 Chikhura

Maccabi Tel Aviv 3 - 0 Gorica

Hasil Pertandingan Kualifikasi Liga Eropa (1/7)

Beroe 0 - 0 Radnik Bijeljina

Domzale 3 - 1 Lusitanos

NSI Runavik 0 - 2 Shakhtyor Soligorsk

Teuta Durres 0 - 1 Kairat Almaty

Connah's Quay 0 - 0 Stabaek

Spartak Trnava 3 - 0 Hibernians

Cukaricki 3 - 0 Ordabasy Shymkent

La Fiorita Montegiardino 0 - 5 Debrecen

Aberdeen 3 - 1 CS Fola Esch

Linfield 0 - 1 Cork City

Hasil Pertandingan Kualifikasi Liga Eropa (1/7)

Hearts 2 - 1 Infonet Tallinn

KF Shkendija 2 - 0 Cracovia

Shamrock Rovers 0 - 2 RoPS

Breidablik 2 - 3 FK Jelgava

KR Reykjavik 2 - 1 Glenavon

Valur 1 - 4 Broendby IF

Hasil Pertandingan Persahabatan Antar-Klub (30/6)

CSKA Moscow 1 - 0 Strogino

Anzhi Makhachkala 0 - 2 Khimki

Gazovik Orenburg 0 - 0 FK Senica

FC Koebenhavn 3 - 0 Amkar

Zenit St. Petersburg 0 - 2 CS Universitatea Craiova

FC Lenzkirch 1 - 14 St. Gallen

Hasil Pertandingan Persahabatan Antar-Klub (1/7)

KFC Merelbeke 0 - 6 Oostende

NK Celje 2 - 2 Celtic

Jadwal Pertandingan Perempat Final Piala Eropa, Sabtu (2/7)

02:00 Wales vs Belgia

Jadwal Pertandingan Persahabatan Antar-Klub, Sabtu (2/7)

00:00 RWE Eemsmond vs FC Groningen

00:00 SC Dikkelvenne vs Gent

00:00 SKV Haahnlein vs Darmstadt

01:30 Alloa Athletic vs Dundee FC

01:45 Aldershot Town vs Queens Park Rangers

Jadwal Pertandingan Persahabatan Antar-Klub, Sabtu (2/7)

15:00 Krylya Sovetov Samara vs Sokol Saratov

15:30 Rio Ave vs Selecao Concelhia

17:00 Lyngby vs FC Helsingoer

19:00 Falkenbergs FF vs Helsingborg

19:30 AGF vs Haecken

19:30 ARC vs Excelsior

20:00 Floridsdorfer AC vs Austria Wien

20:30 RKAVV Leidshendam vs ADO Den Haag

20:30 VFL Rhede vs Borussia Moenchengladbach

Terminal 3 - Kemenhub verifikasi ulang Terminal Ultimate 3 usai Lebaran.

Terminal 3 - Kemenhub verifikasi ulang Terminal Ultimate 3 usai Lebaran.

Lahan - PT Colliers International Indonesia melansir penjualan lahan industri di Jakarta Raya mencapai 29,03 hektare selama kuartal II/2016.

JRPT - PT Jaya Real Property Tbk. (JRPT) akan membagikan dividen tunai sebesar Rp21 per lembar saham.

Emiten - BEI melakukan penghentian sementara perdagangan efek di pasar reguler dan pasar tunai sekitar 8 perusahaan tercatat dan memperpanjang suspensi perdagangan 10 perusahaan tercatat.

NIRO - PT Nirvana Development Tbk tengah membidik akuisisi sejumlah pusat perbelanjaan untuk menopang pertumbuhan anorganik.

CSAP - PT Catur Sentosa Adiprana Tbk. (CSAP) meningkatkan penyertaan modal pada anak usaha, PT Catur Mitra Sejati Sentosa (CMSS) sebesar Rp200 miliar.

MPPA - PT Matahari Putra Prima Tbk. (MPPA) membuka Foodmart Primo, gerai supermarket berskala atas yang kedua di Lippo Mall Kuta Bali.

BUMI - Pengadilan Niaga Jakarta Pusat menetapkan perpanjangan masa restrukturisasi utang tetap PT Bumi Resources Tbk hanya selama 90 hari.

MEDC - PT Medco Energi Internasional Tbk. resmi menguasai seluruh saham PT Newmont Nusa Tenggara senilai US$2,6 miliar dari Newmont Mining Corporation dan Sumitomo Corporation.

SUGI - PT Sugih Energy Tbk. (SUGI) tidak membagikan dividen tahun buku 2015 lantaran perseroan masih menderita rugi bersih.

SUGI - Emiten pertambangan minyak dan gas PT Sugih Energy Tbk. (SUGI) merombak jajaran komisaris dan direksi perseroan.

Bursa - Pagi ini IHSG dibuka naik 10,97 poin (0,22%) ke level 5.027,62

Amerika - Indeks saham-saham Amerika, penutupan (30/6):

Dow 30 17.929,99 +235,31 (+1,33%)
S&P 500 2.098,86 +28,09 (+1,36%)
Nasdaq 4.842,67 +63,43 (+1,33%)

Eropa - Indeks saham-saham Eropa, penutupan (30/6):

FTSE 100   6.504,33 +144,27 (+2,27%)
CAC 40 4.237,48 +42,16 (+1,00%)
DAX 9.680,09 +67,82 (+0,71%)

Tax Amnesty - Definisi pengampunan pajak adalah penghapusan pajak yang seharusnya terutang, tidak dikenai sanksi administrasi perpajakan dan sanksi pidana di bidang perpajakan, dengan membayar uang tebusan.