Market Indices

Mesir Membara: Demo Besar-Besaran Menyambut Setahun Presiden Mursi

Rubrik Internasional

30 Juni 2013 11:50:00 WIB

WE.CO.ID – Menyambut setahun pelantikan Presiden Mesir Muhammad Mursi hari ini (Minggu, 30/6/2013), ribuan warga berkumpul di Alun-alun Tahrir di Kairo.

Masa mulai terkonsentrasi berkumpul di Tahrir Square bukan untuk merayakan kemenangan atas tampilnya pengganti Presiden Husni Mubarak yang dilengserkan oleh gerakan massa itu. Kerumunan massa menyemut di alun-alun yang menjadi simbol perlawanan itu untuk kembali menuntut presiden mereka lengser.

Suasana Mesir sudah memanas menjelang akhir pekan ini. Sedikitnya tiga orang tewas, termasuk seorang warga Amerika Serikat, dalam aksi kekerasan menjelang peringatan setahun tampilnya Presiden Mursi itu, Jumat (28/6/2013).

Dua orang, termasuk warga AS bernama Andrew Pochter itu, tewas saat kerusuhan meletus ketika segerombolan massa menyerbu kantor Ikhwanul Muslimin di Iskandariyah (Alexandria). Satu orang lagi korban tewas dan lima lainnya terluka saat terjadi ledakan di Port Said. Korban tewas itu ialah seorang wartawan.  

Sejumlah negara, seperti Amerika Serikat, telah mengeluarkan peringatan bagi warganya agar menghindari atatidak bepergian ke  wilayah Mesir.

BBC melaporkan, Inggris juga mendesak warganya “menghindari tempat-tempat terjadinya demonstrasi dan kerumunan massa dalam jumlah besar.” Prancis juga meminta warga mereka membatasi perjalanan ke Mesir kecuali untuk hal-hal yang benar-benar penting.

Bukan hanya negara-negara Eropa dan AS yang mengeluarkan larangan atau peringatan semacam itu. Pemerintah di negara tetangga di Timur Tengah juga mengambil langkah serupa. Kementerian Luar Negeri Uni Emirat Arab (UEA) mengimbau warga negara kaya minyak itu tidak bepergian ke Mesir kecuali untuk keperluan yang benar-benar sangat mendesak. Peringatan perjalanan (travel warning) itu dikeluarkan karena pertimbangan situasi politik Mesir yang memanas dan tidak menentu serta demonstrasi besar-besaran menuntut Presiden Mursi lengser, hari ini.

Kelompok oposisi Mesir mengatakan lebih dari 22 juta warga telah menandatangani petisi untuk menuntut digelarnya pemilu yang dipercepat. Mereka menyerukan para penandatangan petisi tersebut keluar berduyun-duyun untuk berunjuk rasa menyampaikan aspirasi mereka itu, hari ini.

Lapangan Tahrir seperti menjadi basis berkumpulnya para pengunjuk rasa. Di sana berdiri sejumlah tenda dan bendera-bendera berkibaran. Dari Alun-alun Tahrir itulah para demonstran akan bergerak menuju Kantor Presiden Mursi yang mendapat dukungan dari Ikhwanul Muslimin.

Meski para demonstran anti-Presiden Mursi itu menyatakan akan menggelar aksi mereka dengan damai, tidak ada jaminan unjuk rasa bakal terbebas dari aksi kekerasan.

“Kami akan menggelar aksi secara damai. Namun, mereka (aparat pemerintah atau demonstran pendukung Presiden Mursi) mendatangi kami dengan kekerasan, kami akan melawan untuk mempertahankan diri,” ujar Amr Riad, 26.

Awal pekan ini, Presiden Mursi menawarkan dialog namun ditolak oleh para penentangnya. Mursi tampil sebagai presiden pertama mesir dari kelompok Islam pada 30 Juni 2012 setelah memenangi pemilihan umum yang dinilai berlangsung secara bebas dan adil.Kemenangan Presiden Mursi tersebut disambut sukacita oleh Ikhwanul Muslimin.

Setahun masa pemerintahannya dibayang-bayangi kekerasan politik yang terus berlangsung pascatumbangnya Husni Mubarak dan ekonomi negara itu yang memburuk.

nurcholish@wartaekonomi.com

Foto: BBC

Penulis/Editor: Nurcholish MA Basyari

Executive Brief

Rio de Janeiro - Polisi Brazil menahan 2 orang dari 30 pelaku pemerkosaan masal terhadap gadis 16 tahun.

Dubai - Produk-produk kosmetik Indonesia terjual Rp6,89 miliar dalam pameran di Dubai World Trade Centre pada 15-17 Mei (Kemendag).

Hukuman Mati -  Jaksa Agung HM Prasetyo mengatakan eksekusi terpidana mati tahap ketiga kemungkinan akan dilakukan setelah perayaan Lebaran (6-7/5).

SIPD - Dana hasil penawaran umum melalui hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue PT Sierad Produce Tbk. (SIPD) baru terpakai sekitar Rp12,67%.

SSMS - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) siap membagikan dividen tunai Rp17,67 per saham.

Jadwal Pertandingan Persahabatan (1/6)

21:30 Spanyol vs Korea Selatan

23:00 Estonia vs Andorra

23:00 Rusia vs  Republik Ceko

23:30 Latvia vs Lithuania

Solo - Jam kerja PNS di Solo akan dipotong satu jam selama bulan Ramadhan.

Gugatan Nelayan - Pengadilan Tata Usaha Negara memenangkan tuntutan nelayan dan membatalkan izin  Reklamasi Pulau G.

La Nyalla Mataliti  - La Nyalla Mataliti ditangkap di Singapura, dibawa ke Jakarta dengan Garuda GA 835. Tiba di kejaksaan pada 19.45 Selasa (31/5).

Berlin - VW menyatakan pada Selasa (31/5) bahwa operating profitnya jatuh 5,9% menjadi US$3,5 miliar akibat turun penjualan 3,4%.

Paris - Air France-KLM sedang melakukan negosiasi eksklusif dengan HNA Group (China) untuk menjual sahamnya di bisnis kateringnya (Servair).

Oreo - Aplikasi mobile "Twist, Lick, Dunk" milik produsen Oreo Mondelez International Inc dianggap sukses, sehingga perusahaan akan membuat games yang sejenis.

Seoul - Grup K-pop EXO akan merilis album ketiga pada 9 Juni dengan konser berskala besar di Olympic Park, Seoul, malam sebelum peluncuran album.

Jakarta - Anggota komisi I DPR Arif Suditomo: Ada wacana untuk menggabungkan RRI, TVRI dan Antara.

Sorong - The Indonesian Navy has detained 2 foreign fishing vessels suspected of conducting illegal fishing activities in the northern waters of Fami Island of Raja Ampat District, West Papua.

Davao City - : Incoming Philippine leader Rodrigo Duterte on Tuesday (31/5) described China's Xi Jinping "a great president".

Foreign Tourist - Tourism Minister Arief Yahya lauded Indonesian Ambassador to Thailand Ahmad Rusdi, who had intensively promoted his countrys tourism in the "Land of White Elephants." 

Taipei -  Asia’s largest technology trade show COMPUTEX kicked off in Taipei on Tuesday (May 31), attracting more than 1,600 companies from 30 countries.

Davao City - Philippines President-elect Rodrigo Duterte on Tuesday named the members of his cabinet, a day after Congress declared him the winner of the May 9 presidential elections.

Jadwal Pertandingan Kualifikasi Liga Serie A Italia, Kamis (2/6)

01:30 Pescara vs Novara

ASRM - PT Asuransi Ramayana Tbk.(ASRM) siap membagikan dividen tunai Rp95 per saham.

Aplikasi Pasar Modal - OJK meluncurkan aplikasi perizinan dan registrasi industri pasar modal secara elektronik, agar prizinan dan pelaporan lebih mudah.

Jadwal Pertandingan Kualifikasi Piala Asia, Kamis (2/6)

18:00 China Taipei vs Kamboja

18:30 Laos vs India

19:45 Malaysia vs  Timor Leste

22:00 Tajikistan vs Bangladesh

23:00 Maldives vs Yaman

Pontianak - BI melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi pengelola keuangan digital bernama PTK UMK kepada para pelaku UMKM.

Trem Surabaya - Trem ditargetkan akan beroperasi pada tahun 2019 di Surabaya.

Jadwal Pertandingan Persahabatan, Kamis (2/6)

00:45 Norwegia vs Islandia

01:45 Belgia vs Finlandia

01:45 Polandia vs Belanda

07:00 vs Venezuela vs Guatemala

09:00 Meksiko vs Chile

09:30 El Salvador vs Armenia

TRIS - PT Trisula International Tbk. (TRIS) menjual tanah dan bangunan kepada PT Chitose Internasional Tbk. (CINT) dengan nilai transaksi Rp7,17 miliar.

Detektive Conan - Film animasi "Detective Conan: The Darkest Nightmare" mencetak rekor box office untuk serial film dengan meraup 5,06 miliar yen.

Hasil Pertandingan Kualifikasi Liga Serie A Italia (1/6)

Trapani 2 - 0 Spezia

Kabul - Jumlah penduduk yang mengungsi akibat perang di Afghanistan tahun ini melonjak dua kali lipat dibandingkan dengan tahun 2012 menjadi 1,2 juta (Amnesty International).

Reksadana - OJK mencatat dana kelolaan reksadana hingga 27 Mei 2016 mencapai Rp303,6 triliun atau naik 11,8 persen dari posisi akhir 2015 sebesar Rp271,9 triliun.

Hasil Pertandingan Persahabatan (31/5)

Vietnam 2 - 0 Suriah

Kenya 1 - 1 Sudan

Zimbabwe 2 - 0 Uganda

Pilgub DKI - Gerindra dan PDIP sepakat untuk tidak mendukung Ahok di Pilgub DKI 2017.

Hong Kong - Tas tangan Hermes bertatah berlian dengan hiasan emas putih mencetak rekor penjualan tertinggi dalam lelang, terjual dengan harga 2,32 juta dolar Hong Kong (Rp4,08 miliar).

Hasil Pertandingan Persahabatan (1/6)

Luxemburg 1 - 3 Nigeria

Serbia 3 - 1 Israel

Austria 2 - 1 Malta

Irlandia 1 - 2 Belarusia

Recommended Reading

Rabu, 01/06/2016 02:46 WIB

Pemerintah Bentuk Satuan Tugas Kawal Paket Kebijakan

Selasa, 31/05/2016 17:28 WIB

IHSG Ditutup Turun 0,81% Selasa Ini

Selasa, 31/05/2016 16:48 WIB

Awal Juni Satelit BRI Siap Meluncur

Selasa, 31/05/2016 15:13 WIB

KPPU Akui Sulit Tekan Harga Daging Sapi di Bawah Rp80 Per Kilogram

Selasa, 31/05/2016 13:41 WIB

OJK Siap Ubah Aturan RDPT Demi Tax Amnesty

Selasa, 31/05/2016 09:07 WIB

BKPM: Investasi di Luar Jawa Naik Dua Kali Lipat

Selasa, 31/05/2016 09:03 WIB

Mansek: IHSG akan Cenderung Terkoreksi Selasa Ini

Selasa, 31/05/2016 07:31 WIB

BI Naikkan Batas Minimum LFR Dorong Kredit