Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

ILO Publikasikan 'Trade and Employment: Country Report for Indonesia 2013'

Warta Ekonomi -

WE.CO.ID - Reformasi dan keterbukaan perdagangan memiliki dampak yang besar terhadap ketenagakerjaan, khususnya di negara-negaraberkembang. Sejalan dengan semakin tergantungnya perekonomian Indonesia terhadap perdagangan, dampak perdagangan terhadap ketenagakerjaan di Indonesia menjadi isu penting serta kekhawatiran besar di negara ini.

Untuk mengkaji secara lebih lanjut permasalahan terkait dengan perdagangan dan ketenagakerjaan, Organisasi Perburuhan Internasional (International Labour Organization/ILO) meluncurkan publikasi baru bertajuk“Trade and Employment: Country Report for Indonesia”pada Kamis, 4 Juli 2013, di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta. Peluncuran ini diselenggarakan oleh ILO melalui Proyek Mengkaji dan Menanggulangi Dampak Perdagangan terhadap Ketenagakerjaan (ETE)”, yang didanai Uni Eropa.

Laporan ini menyoroti hubungan antara perdagangan dan ketenagakerjaan di Indonesia dalam penyusunan kebijakan nasional. Laporan pun disusun berdasarkan studi-studi yang dilakukan Proyek ILO-ETE di Indonesia serta diskusi yang diselenggarakan dalam pertemuan-pertemuan Policy Working Group ETE di Indonesia.

Selanjutnya, laporan menekankan pada perlunya Indonesia mengambil langkah-langkah yang tepat guna mengurangi biaya penyesuaian dari perdagangan bebas.Laporan pun menekankan pada kebutuhan akan kebijakan-kebijakan tambahan untuk meningkatkan kapasitas penawaran negara, yang akan memerlukan perbaikan besar dalam infrastruktur fisik, produktivitas kerja yang lebih tinggi dan tata kelola ekonomi yang lebih baik.

“Kami berharap temuan-temuandalam laporan ini akan bermanfaat bagi pihak-pihak terkait, terutama para pembuat kebijakan dan mitra sosial di Indonesia. Kami pun berharap laporan ini dapat mendorong diskusi dan berkontribusi pada reformasi kebijakan demi pembangunan yang inklusif dan kaya lapangan kerja di Indonesia,” ujar Michiko Miyamoto, Deputi Direktur ILO di Indonesia, mengomentari peluncuran publikasi terbaru ini.

Peluncuran ini juga menandai berakhirnya Proyek ILO-ETE di Indonesia. Selama empat tahun, proyek ini telah memberikan analisis dan dukungan terhadap penyusunan kebijakan-kebijakan perdagangan dan pasar kerja yang efektif dan terpadu guna menyikapi tantangan-tantangan yang dihadapi para pekerja dan pengusaha serta memperluas kesempatan penciptaan lapangan kerja yang layak.

Para pembicara dan pembahas dalam seminar ini mencakup, antara lain, Rahma Iryanti, Direktur Ketenagakerjaan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Djuharsa, Kepala Badan Riset dan Informasi, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Said Iqbal, Presiden KSPI, Anton Supit, Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Peter McCawley, pakar perdagangan dan ketenagakerjaan dari SEADI, Padang Wicaksono dari Universitas Indonesia.

Fadjar A.

Foto: ILO

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fadjar Adrianto
Editor: Fadjar Adrianto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: