Market Indices

Dahlan Iskan Sambut Positif Proyek Bandara Buleleng

Rubrik Ekonomi Bisnis

07 Juli 2013 05:00:00 WIB

WE.CO.ID - Denpasar, Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan menyambut positif rencana proyek pembangunan bandar udara di Kabupaten Buleleng, Bali, dengan menyertakan sejumlah BUMN.

"Nanti saya rundingkan bersama BUMN, tetapi biar jalan tol (Benoa-Ngurah Rai-Nusa Dua) jadi dulu," katanya seusai melepas peserta jalan santai dan bersepeda gembira di tol Benoa-Ngurah Rai-Nusa Dua, Sabtu.

Menurut dia, rencana tersebut akan dilakukan setelah dua proyek prestisius, yakni tol di atas perairan laut yang menghubungkan Benoa-Ngurah Rai-Nusa Dua dan perluasan Bandara Ngurah Rai selesai dan diresmikan oleh Presiden Yudhoyono sebelum KTT APEC digelar di Bali, Oktober mendatang.

Terkait keinginan Pemerintah Provinsi Bali bahwa bandara baru di Kabupaten Buleleng itu dikerjakan dan dikelola oleh pemerintah dan BUMN, Dahlan menanggapinya positif. "Iya, boleh," ucapnya.

Gubernur Bali Made Mangku Pastika sebelumnya sempat mengadakan pembicaraan dengan Dahlan Iskan terkait pola pembiayaan pembangunan bandara oleh konsorsium BUMN.

Dia menyatakan bahwa model pembangunan bandara baru itu seperti halnya pembangunan jalan di atas perairan sepanjang 12 kilometer yang dilakukan melalui konsorsium BUMN.

"Modelnya seperti 'public private partnership'. Kalau pemerintah itu 'public', 'private' itu bisa swasta dan termasuk BUMN. Yang saya inginkan konsorsium BUMN seperti jalan di atas perairan," kata Pastika, Selasa (2/7).

Pemerintah Provinsi Bali sebelumnya telah membentuk tim kecil untuk menentukan lokasi pembangunan bandara di Buleleng yang atas unsur pemerintah provinsi dan Pemerintah Kabupaten Buleleng yang diketuai oleh Kepala Dinas Perhubungan Informasi, dan Komunikasi Provinsi Bali Dewa Punia Asa.

Dua lokasi bandara tersebut yakni di kawasan Gerokgak dan Kubutambahan yang hasilnya akan dibahas kembali dalam rapat bersama Kementerian Perhubungan pada 9 Juli mendatang. (Ant)

Foto : SY

Editor: Ihsan

Recomended Reading

Executive Brief

Jasa Raharja beri layanan kesehatan gratis pada penumpang kapal laut di Palu.

Agung Laksono desak pemerintah buat peta wilayah kritis bencana.

Pemerintah putuskan talangi sisa ganti rugi bencana lumpur Lapindo.

Presiden Jokowi: media massa merupakan instrumen penting sebagai alat kontrol sosial.

Madagaskar akan buka kedutaan besar di Jakarta.

Kementerian ESDM akan lelang jabatan untuk lima pejabat eselon satu.

Korsel batalkan rencana bangun menara pohon Natal di perbatasan Korut.

Polda Maluku Utara siagakan 1.800 personel amankan Natal dan tahun baru.

Bom bunuh diri tewaskan 18 orang di Yaman.

Hasil Pertandingan Piala KNVB Beker Belanda

Excelsior 6 - 0 NAC Breda

Ajax 0 - 4 Vitesse

Hasil Pertandingan Piala Copa del Rey Spanyol

Atletico Madrid 2 - 2 CE L'Hospitalet

Elche 1 - 0 Valladolid

Hasil Pertandingan Liga Serie A Italia

Cagliari 1 - 3 Juventus

SSC Napoli 2 - 0 Parma

Entertainment

18 Desember 2014 - Olahraga

Glen Johnson Absen Sebulan

18 Desember 2014 - Olahraga

Nyalla Nilai Kemenpora Salah Langkah