Portal Berita Ekonomi Minggu, 24 Juli 2016

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Market Indices
  • Composite Index Today: 5197.251 Change: -19.722 Stock: 534
  • Agriculture Today: 1787.817 Change: -4.135 Stock: 21
  • Mining Today: 1180.242 Change: 3.305 Stock: 43
  • Basic Industry and Chemicals Today: 437.376 Change: -3.612 Stock: 64
  • Miscellanous Industry Today: 1236.906 Change: -3.012 Stock: 42
  • Consumer Goods Today: 2447.509 Change: -6.905 Stock: 38
  • Cons., Property & Real Estate Today: 551.495 Change: -0.461 Stock: 62
  • Infrastruc., Utility & Trans. Today: 1148.630 Change: -2.192 Stock: 56
  • Finance Today: 746.760 Change: -6.901 Stock: 88
  • Trade & Service Today: 873.623 Change: -0.149 Stock: 120

Otobiografi Pangeran Diponegoro, Memori Dunia Yang Belum Terjangkau

Foto Berita Otobiografi Pangeran Diponegoro, Memori Dunia Yang Belum Terjangkau

WE.CO.ID, Jakarta – Catatan kisah hidup pahlawan nasional Pangeran Diponegoro menambah daftar naskah kuno Indonesia yang diakui sebagai ingatan kolektif dunia atau Memory of the World (MOW).

Selama ini, yang terkuak tentang biografi Pangeran Diponegoro ialah perjuangannya menentang penjajahan Belanda di bumi Nusantara, khususnya Tanah Jawa. Dia mengobarkan Perang Jawa atau De Java Oorlog selama 1825-1830. Belanda kalang kabut dan dibuat kalut. Lima tahun lamanya tidak mampu memadamkan perlawanan Pangeran Diponegoro dan menaklukkan pasukannya. Tipu muslihatlah yang kemudian mengakhiri perang tersebut. Belanda yang licik akhirnya memperdaya Pangeran Diponegoro, menangkapnya dan membuang ke tempat pengasingan di Tanah Celebes atau Sulawesi.

Dalam buku-buku sejarah yang beredar, cerita tentang Diponegoro kecil dan sikap politiknya terkait dengan tahta kerajaan hanya sekelumit dipaparkan. Namun, di Babad Dipanegara, Anda akan temukan secara rinci sosok Diponegoro.

Babad Dipanegara adalah naskah kuno berupa otobiografi dan perjalanan hidup Diponegoro yang ditulis selama dia diasingkan di Manado pada 1831 hingga 1832.

Naskah kuno ini pada akhir Maret 2012 diajukan dalam sebagai memori kolektif dunia secara internasional atau MOW. Setahun kemudian, pada Juni 2013 naskah otobiografi itu akhirnya diakui sebagai Internasional MOW Register.

MOW merupakan satu program yang digerakkan oleh Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Budaya (UNESCO), yang bertujuan untuk menghargai dan merawat serta mengupayakan publikasi atas peninggalan-peninggalan berupa catatan berkenaan dengan peristiwa-peristiwa kesejarahan atau pun budaya yang dianggap penting bagi dunia.

"Ini adalah bagian dari sejarah dunia yang membanggakan Indonesia. Karena untuk masuk dan diterima di dunia internasional itu susah sekali," ujar Kepala Bidang Litbang Kominfo Aizirman Djusan di Jakarta.

Tidak hanya Babad Dipanegara, pada saat yang bersamaan Unesco juga mengakui dokumen kuno Nagarakertagama sebagai Internasional MOW Register. Sebelumnya pada 2007, Indonesia mengajukan Nagarakertagama dalam Regional MOW Register yang kemudian disetujui UNESCO dalam sidang tahun 2008 di Canberra, Australia.

"Pada akhir Maret 2012 dokumen ini kembali diajukan bersama naskah otobiografi 'Babad Dipanegara' dan akhirnya diakui pada Juni ini," jelas Aizirman.

Pada kesempatan yang sama, Guru Besar dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia Edi Sedyawati menjelaskan bahwa "Nagarakertagama" adalah dokumen gubahan Empu Prapanca yang merupakan deskripsi kejayaan dan kebesaran Majapahit pada masa pemerintahan Hayam Wuruk.

"Dokumen kuno ini ditulis di atas daun lontar dengan huruf dan bahasa Jawa Kuna, serta berisi tentang hukum, undang-undang serta tata pemerintahan yang menjadi warisan Majapahit," jelas Edi.

Selain Babad Dipanegara dan Nagarakertagama, naskah kuno bernama "I La Galigo' sudah terdaftar sebagai International MOW Register pada 27 Juli 2011. I La Galigo merupakan karya sastra terbesar di dunia yang berasal dari Sulawesi dan diperkirakan ditulis sekitar abad ke-10.

Sosok Diponegoro pada masanya tentu cukup dibenci sekaligus disegani oleh bangsa penjajah. Hal itu diceritakan secara rinci dalam buku The Power of Prophesy yang diterbitkan oleh penerbit Belanda pada 2008.

Tertulis dalam buku itu bahwa Diponegoro adalah seorang jenius Jawa yang ditakdirkan untuk menjadi benteng terakhir dari ketahanan Penguasa Jawa terhadap arus kolonialisme.

"Tapi setelah saya membaca buku tersebut dari depan sampai akhir, justru timbul perasaan geram dan marah," ujar pengamat pendidikan dan kebudayaan Wardiman Djojonegoro di gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta.

Wardiman menjelaskan bahwa dalam buku tersebut Diponegoro ditulis sebagai seorang bangsawan Jawa yang murka karena tidak mendapatkan tahta kerajaan. Tidak hanya buku The Power of Prophesy, namun buku-buku sejarah di luar negeri ternyata juga menuliskan kisah mengenai perebutan tahta ini.

Sementara itu, berdasarkan data-data sejarah yang ditunjukkan oleh budayawan dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Peter Carey, Diponegoro telah dua kali menolak menjadi pewaris tahta. Bahkan perjuangan Diponegoro yang dijuluki 'Ratu Adil', didukung oleh para bangsawan, rakyat, dan ulama.

"Maka timbulah tekad untuk meluruskan tulisan sejarah sesuai fakta yang ada," kata Wardiman.

Dalam Babad Dipanegara, Wardiman memaparkan memang ada tertulis bahwa Diponegoro adalah seorang pembangkang yang tidak mau menyembah Sultan Muda serta beristri banyak. Namun reaksi itu menurut Wardiman dapat dijelaskan dalam naskah otobiografi kuno Babad Dipanegara.

"Kami patut bersyukur karena dunia internasional sudah menerima Babad Dipanegara, dan hendaknya ini menjadi inspirasi dan tekad untuk langkah selanjutnya," kata Wardiman.

Yang dimaksud oleh Wardiman adalah supaya Babad Dipanegara bisa menjadi acuan untuk buku-buku sejarah baik di dalam maupun di luar negeri, untuk melengkapi kisah mengenai Diponegoro sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

"Agar para akademisi Indonesia juga bisa menggali lebih banyak lagi sejarah dari abad 17, 18, dan 19, sehingga saat menuliskannya tidak terlalu bergantung kepada penulis barat," tegas Wardiman.

Di balik rasa bangga dan bahagia atas diakuinya Babad Dipanegara di panggung internasional, budayawan dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia Peter Carey mengatakan bahwa bangsa Indonesia tetap harus sadar bahwa saat ini Indonesia masih menghadapi situasi yang sulit terkait dengan naskah-naskah serta dokumen-dokumen kuno tersebut.

"Ini adalah satu tantangan besar. Bagaimana kami bisa menjamin bahwa masyarakat akan bisa menjangkau naskah yang sudah diakui sebagai Ingatan Kolektif Dunia tersebut," kata Carey pada paparannya di gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hingga saat ini baik naskah terjemahan dalam Bahasa Indonesia maupun edisi asli dari dokumen dan naskah kuno tersebut masih sulit untuk dijangkau oleh masyarakat umum atau bahkan sama sekali tidak ada akses.

Carey mengatakan bahwa sampai sekarang belum ada terbitan atau terjemahan lengkap dari naskah asli Babad Dipanegara yang ditulis dalam aksara 'pegon' (Bahasa Jawa yang ditulis dengan aksara Arab gundul) dari naskah asli yang dulu disimpan oleh keluarga Diponegoro di Makassar, Sulawesi Selatan dan sekarang konon hilang.

Naskah yang dimaksud oleh Carey adalah naskah Babad Dipanegara versi yang telah diedit dari kopi aksara Jawa yang dibuat oleh Bataviaasch Genootschap di Algemene Secretarie (Sekretariat Negara) di Bogor pada 1860. Naskah ini juga pernah diterbitkan oleh penerbit Hindia Belanda, Albert Rusche & Co di Surakarta pada 1908 - 1909.

"Tapi pada edisi ini hampir sepertiga dari isi babad tersebut dihilangkan, yaitu bagian yang terkait dengan sejarah nabi-nabi dan sejarah Jawa," ungkap Carey.

Memang ada publikasi empat jilid babad ini yang telah beredar di Perpustakan Nasional RI pada 2010, namun sayang sekali sifatnya masih sangat terbatas. Publikasi ini juga terbatas karena menghilangkan hampir satu bagian penuh dari naskah asli, sehingga tidak didasarkan atas naskah dari aksara pegon yang asli.

"Yang disayangkan lagi, edisi ini juga tidak dijual untuk umum, sehingga masih sulit dijangkau masyarakat apalagi bagi mereka yang tidak mengerti Bahasa Jawa," keluh Carey. (Ant/Zita Meirina)

redaksi@wartaekonomi.com

Penulis: ***

Editor: Nurcholish MA Basyari

Executive Brief

  • Munich - Munich gunman was obsessed with mass shootings and had no known links to Islamic State group - German police.

  • Ankara - Turkey extends detention period to maximum 30 days for those held in connection with last week's failed coup.

  • Munich - Munich gunman suspected to be 18-year-old of Iranian origin resident in the city, police say.

  • Las Vegas - Tim Basket Amerika Serikat menang 117-74 atas tim Argentina dalam laga persahabatan jelang Olimpiade Rio.

  • Charlotte - Keputusan Komisioner NBA Adam Silver memindahkan laga NBA All Star dari kota Charlotte mengejutkan banyak pihak, bahkan bintang NBA Carmelo Anthony tidak menyangka hal ini akan terjadi.

  • California - Unggulan teratas Venus Williams melaju ke semifinal Bank of the West Classic setelah mengalahkan Catherine Bellis 6-4, 6-1.

  • Pokemon GO - Rumah Produksi Legendary Pictures berhasil memperoleh hak pembuatan Film Pokemon GO, pembuatan film dijadwalkan tahun depan.

  • One Piece Gold - One Piece Film Gold akan tayang di Indonesia, di Jepang film tersebut akan dirilis pada 23 Juli 2016.

  • Hungaria - Nico Rosberg raih Pole Position GP Hungaria dengan catatan waktu 1m 19.965s, sementara Rio Haryanto di posisi buncit.

  • Finding Dory - Film Finding Dory berhasil meraih Film Animasi terlaris sepanjang masa, film ini berhasil meraup USD$ 726 Juta.

  • Ankara - Turkey detains nephew of US-based cleric Fethullah Gulen after coup attempt.

  • Pariwisata - Kemenpar menyatakan pendapatan dari wisata bahari hanya capai US$1 miliar atau 10% dari pendapatan total pariwisata nasional.

  • Pariwisata - Dubes Indonesia untuk Australia Nadjib Riphat Kesoema mengatakan Indonesia saat ini menjadi destinasi pariwisata terfavorit dari wisatawan asal Australia menggeser Selandia Baru.

  • Vaksin - Pabrik vaksin hewan unggas PT Biotis Prima Agrisindo  (BPA) yang didrikan oleh persahaan asal Cina diperkirakan serap 200 pekerja lokal.

  • Tax amnesty - Pengamat ekoomi Yanuar Rizky menilai pemerintah perlu memaksa pengusaha Indonesia ikut tax amnesty.

  • Vaksin - Anggota DPR sebut kasus vaksin palsu bukti lemahnya pelayanan kesehatan di Indonesia.

  • Jagung - Mentan Amran Sulaiman sebut impor jagung saat ini sudah turun 47 persen dari sebelumnya.

  • Migas - Tiga blok eksplorasi di Natuna sedang dalam proses terminasi atau berakhirnya hak pengelolaan karena masa kontraknya habis.

  • Manor Racing - Langkah Rio Haryanto akan terhenti usai GP Hungaria setelah dirinya belum menyelesaikan pembayaran ke Manor Racing.

  • Mclaren - Fernando Alonso mengaku frustasi menjalani kualifikasi di GP Hongaria karena sering melakukan kesalahan sendiri

  • Hungaria - Hungaria Grid Grand Prix Formula 1 tidak akan berubah kendati banyak perdebatan tentang peraturan 107%.

  • Brazil - Tim Basket Amerika Serikat akan mengadakan 5 laga persahabatan sebelum turun di Olimpiade Rio Brazil.

  • Star Trek Beyond - Tiga hari dirilis, Film Star Trek Beyond berhasil meraup pendapatan USD$ 56 Juta.

  • Honda - Honda akan menjual replika Motor Moto GP RC213V-S sebanyak 200 unit di seluruh dunia.

  • Yamaha - Meraih hasil buruk di 3 balapan terakhir, Jorge Lorenzo tetap optimis peluang dirinya meraih gelar Juara Dunia musim 2016 belum tertutup.

  • Suzuki - Jeda musim panas, Suzuki akan melakukan pengembangan motor GSX-RR di sirkuit Red Bull Ring, Austria.

  • LCR Honda - Berstatus tim satelit Honda, Carl Cruthlow menilai perbedaan kualitas antara LCR Honda dan tim utama Repsol Honda tidak terlampau jauh.

  • Manor Racing - Rio Haryanto mengalami kecelakaan saat mengikuti kualifikasi GP Hungaria.

  • Brooklyn - Pemain anyar Brooklyn Nets, Jeremy Lin menolak dianggap pemain fenomenal, dirinya saat ini lebih fokus pada permainan dan tim.

  • Donald Trump: EU was formed 'to beat the US at making money' .

  • Pilgub DKI - Politisi PDIP Maruar Sirait yakin Megawari bakal dukung Ahok.

  • Politik - Ketua DPP Golkar Agun Gunanjar berharap reshuffle Menteri harus jadi yang terakhir.

  • Hukum - Gembong narkoba Freddy Budiman segera mengajukan upaya grasi atau pengampunan dari Presiden Joko Widodo.

  • Politik - Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) rilis hasil survei 67% warga puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo. 

  • Kesehatan - Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi nilai adanya vaksin palsu karena pemerintah belum serius tangani masalah limbah rumah sakit.

  • Hungaria - Lewis Hamilton menjadi yang tercepat di GP Hungaria, Rio Haryanto juru kunci.

  • Mercedes - Lewis Hamilton sukses mengambil alih pimpinan klasemen sementara dari tangan Nico Rosberg usai menjadi juara di GP Hungaria.

  • Harga Impor Migas : Rata-rata harga agregat impor komoditas migas Indonesia pada Juni 2016 meningkat 11,65% terhadap Mei 2016. (BPS)

  • Impor Pesawat Terbang: Selama Januari-Juni 2016, nilai impor Indonesia untuk komoditas pesawat terbang dan bagiannya meningkat 50,61% terhadap periode yang sama tahun lalu. (BPS)

  • Ekspor Perhiasan: Selama Januari-Juni 2016, nilai ekspor Indonesia untuk komoditas perhiasan/permata meningkat 18,25% terhadap periode yang sama tahun lalu. (BPS)

  • Goldman Sachs Group Inc will start marketing a new corporate-buyout fund of US$5 billion to US$8 billion, its first such fund since the 2008 financial crisis.

  • Seoul - Tech giant Samsung Electronics Co Ltd said on Friday (22/7) it sued smartphone rival Huawei Technologies Co Ltd for patent infringements through multiple courts in China.

  • Citroen - French car maker will make autombile in Iran.

  • Bursa - Tren IHSG minggu ini (18-22 Juni):

    1. Senin (18/7) 5.127,50
    2. Selasa (19/7) 5.172,83
    3. Rabu (20/7) 5.242,82
    4. Kamis (21/7) 5.216,97
    5. Jumat (22/7) 5.197,25
  • Bursa - Kapitalisasi pasar di Bursa Efek Indonesia mencapai rekor tertinggi pada perdagangan Rabu (20/7), yakni Rp5.639 triliun.

  • Emas Antam - Harga minggu ini (Rp):

    Senin (18/7) 602.000
    Selasa (19/7) 601.000
    Rabu (20/7) 602.000
    Kamis (21/7) 597.000
    Jumat (22/7) 605.000
  • JISDOR - Kurs Referensi BI minggu ini (Rp):

    Senin (18/7) 13.112
    Selasa (19/7) 13.086
    Rabu (20/7) 13.100
    Kamis (21/7) 13.122
    Jumat (22/7) 13.102
  • USD/IDR - Kurs minggu ini (Rp):

    Senin (18/7) 13.085
    Selasa (19/7) 13.088
    Rabu (20/7) 13.110
    Kamis (21/7) 13.095
    Jumat (22/7) 13.107
  • EUR/IDR - Kurs minggu ini (Rp):

    Senin (18/7) 14.458
    Selasa (19/7) 14.479
    Rabu (20/7) 14.422
    Kamis (21/7) 14.426
    Jumat (22/7) 14.446
  • CPO - Harga minggu ini (Ringgit):

    Senin (18/7) 2.280
    Selasa (19/7) 2.304
    Rabu (20/7) 2.351
    Kamis (21/7) 2.344
    Jumat (22/7) 2.317
  • Minyak - Harga WTI minggu ini (USD/bbl):

    Senin (18/7) 45,93
    Selasa (19/7) 45,15
    Rabu (20/7) 44,74
    Kamis (21/7) 44,94
    Jumat (22/7) 44,69
  • Minyak - Harga Brent minggu ini (USD/bbl):

    Senin (18/7) 47,69
    Selasa (19/7) 46,81
    Rabu (20/7) 46,91
    Kamis (21/7) 47,15
    Jumat (22/7) 46,27
  • Beijing - China punishes 26,900 officials for violating austerity rules in first half of 2016.

  • Avintia Racing - Pembalap Avintia Racing, Stefan Bradl dikabarkan akan hengkang ke Superbike setelah perpanjangan kontrak dengan Avintia Racing menemui jalan buntu.

  • Singapore - IS-linked newspaper Al Fatihin to be prohibited in Singapore.

  • Washington - Donuts in flight in first US-approved drone delivery, made by 7-Eleven and the drone startup Flirtey.

  • London - American Kendra Harrison broke a 28-year-old world record by winning the 100 metres hurdles in 12.20 seconds at the London Diamond League on Friday (22/7).

  • New York - The pound sterling was down 0.9 per cent against the US dollar at US$1.3112 and down 0.9 per cent against the yen at 139.21, while the euro was up 0.4 per cent against the pound at 83.71 pence on Friday (22/7).

  • New York - The Dow Jones Industrial Average rose 53.62 points (0.29 per cent) to 18,570.85 on Friday (22/7).

  • New York - The broad-based S&P 500 gained 9.86 points (0.46 per cent) to 2,175.03, a new record on Friday (22/7).

  • New York - Tech-rich Nasdaq Composite Index advanced 26.26 points (0.52 per cent) to 5,100.16 on Friday (22/7).

  • Citi Open - Jessica Pegula mengalahkan unggulan teratas Stosur 7-6 (4), 6-3 untuk melaju ke semifinal Citi Open.

  • New York - US benchmark West Texas Intermediate for September delivery shed 56 cents to US$44.19 a barrel on the New York Mercantile Exchange on Friday (22/7).

  • London - Brent North Sea oil for September delivery lost 51 cents at US$45.69 a barrel in London on Friday (22/7).

  • Bank of The West Classic - Dominika Cibulkova akan menghadapi petenis Inggris Johanna Konta di semifinal turnamen Bank of The West Classic.

  • Hershey - The board of the charitable trust that controls Hershey Co said on Friday it had reached an in-principle agreement with the Pennsylvania Attorney General's office that would avoid a legal row in exchange for reforms in how it is run.

  • Charlotte - Pemilik Charlotte Hornets, Felix Sabates mengkritik NBA karena memindahkan laga NBA All star dari kota Charlotte.

  • Dallas - Dallas Mavericks memperpanjang kontrak Dirk Nowitzki hingga umur 40 tahun dengan nilai USD$ 50 Juta.

  • Williams - Direktur Teknik Williams, Pat Symonds menyerukan suspensi pada pemilihan ban musim depan agar rival seperti Mercedes dan Ferrari tidak mengambil keuntungan.

  • Renault - Renault menunda "Major Upgrade" mesin Formula 1 hingga musim 2017.

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 3,511.93 3,475.34
British Pound GBP 17,429.16 17,249.24
China Yuan CNY 1,975.13 1,955.33
Dolar Amerika Serikat USD 13,168.00 13,036.00
Dolar Australia AUD 9,849.66 9,744.41
Dolar Hong Kong HKD 1,697.94 1,680.89
Dolar Singapura SGD 9,715.21 9,616.41
EURO Spot Rate EUR 14,520.35 14,370.89
Ringgit Malaysia MYR 3,245.75 3,206.89
Yen Jepang JPY 12,436.72 12,308.56

Ringkasan BEI

No Code Prev Close Change %
1 AKKU 320 400 80 25.00
2 BULL 102 124 22 21.57
3 ADMG 138 158 20 14.49
4 INPC 91 104 13 14.29
5 MCOR 138 157 19 13.77
6 GJTL 1,330 1,490 160 12.03
7 BNGA 815 900 85 10.43
8 SIDO 525 570 45 8.57
9 ROTI 1,645 1,770 125 7.60
10 MARI 875 940 65 7.43
No Code Prev Close Change %
1 CNTX 14,025 12,625 -1,400 -9.98
2 OASA 326 294 -32 -9.82
3 ALKA 145 131 -14 -9.66
4 BEKS 114 103 -11 -9.65
5 TIRA 190 172 -18 -9.47
6 BPFI 650 590 -60 -9.23
7 BIPP 89 82 -7 -7.87
8 ERTX 230 212 -18 -7.83
9 KOIN 280 260 -20 -7.14
10 TFCO 720 670 -50 -6.94
No Code Prev Close Change %
1 MCOR 138 157 19 13.77
2 PGAS 2,890 2,970 80 2.77
3 BHIT 176 174 -2 -1.14
4 CNKO 64 66 2 3.12
5 AGRO 420 422 2 0.48
6 BBNI 5,575 5,300 -275 -4.93
7 PBRX 530 525 -5 -0.94
8 TLKM 4,120 4,110 -10 -0.24
9 BBRI 11,500 11,425 -75 -0.65
10 GJTL 1,330 1,490 160 12.03
No Code Freq Value
1 AK 20,693 805,296,059,564
2 CG 5,212 771,323,914,528
3 CS 12,102 749,787,409,900
4 KZ 4,453 692,937,676,200
5 MS 11,111 649,563,185,200
6 FG 9,301 580,286,076,900
7 YP 45,244 508,425,952,000
8 DB 13,908 486,161,776,200
9 CC 27,180 453,367,925,700
10 RX 7,186 383,324,316,750