Portal Berita Ekonomi Kamis, 25 Agustus 2016

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Market Indices
  • Composite Index Today: 5403.992 Change: -13.148 Stock: 534
  • Agriculture Today: 1885.749 Change: 0.088 Stock: 21
  • Mining Today: 1176.748 Change: -1.983 Stock: 43
  • Basic Industry and Chemicals Today: 503.748 Change: -0.463 Stock: 63
  • Miscellanous Industry Today: 1367.688 Change: 15.148 Stock: 42
  • Consumer Goods Today: 2468.309 Change: -29.002 Stock: 39
  • Cons., Property & Real Estate Today: 580.360 Change: -4.066 Stock: 62
  • Infrastruc., Utility & Trans. Today: 1150.196 Change: -4.672 Stock: 56
  • Finance Today: 802.489 Change: 4.072 Stock: 88
  • Trade & Service Today: 867.756 Change: -3.534 Stock: 120

Otobiografi Pangeran Diponegoro, Memori Dunia Yang Belum Terjangkau

Foto Berita Otobiografi Pangeran Diponegoro, Memori Dunia Yang Belum Terjangkau

WE.CO.ID, Jakarta – Catatan kisah hidup pahlawan nasional Pangeran Diponegoro menambah daftar naskah kuno Indonesia yang diakui sebagai ingatan kolektif dunia atau Memory of the World (MOW).

Selama ini, yang terkuak tentang biografi Pangeran Diponegoro ialah perjuangannya menentang penjajahan Belanda di bumi Nusantara, khususnya Tanah Jawa. Dia mengobarkan Perang Jawa atau De Java Oorlog selama 1825-1830. Belanda kalang kabut dan dibuat kalut. Lima tahun lamanya tidak mampu memadamkan perlawanan Pangeran Diponegoro dan menaklukkan pasukannya. Tipu muslihatlah yang kemudian mengakhiri perang tersebut. Belanda yang licik akhirnya memperdaya Pangeran Diponegoro, menangkapnya dan membuang ke tempat pengasingan di Tanah Celebes atau Sulawesi.

Dalam buku-buku sejarah yang beredar, cerita tentang Diponegoro kecil dan sikap politiknya terkait dengan tahta kerajaan hanya sekelumit dipaparkan. Namun, di Babad Dipanegara, Anda akan temukan secara rinci sosok Diponegoro.

Babad Dipanegara adalah naskah kuno berupa otobiografi dan perjalanan hidup Diponegoro yang ditulis selama dia diasingkan di Manado pada 1831 hingga 1832.

Naskah kuno ini pada akhir Maret 2012 diajukan dalam sebagai memori kolektif dunia secara internasional atau MOW. Setahun kemudian, pada Juni 2013 naskah otobiografi itu akhirnya diakui sebagai Internasional MOW Register.

MOW merupakan satu program yang digerakkan oleh Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Budaya (UNESCO), yang bertujuan untuk menghargai dan merawat serta mengupayakan publikasi atas peninggalan-peninggalan berupa catatan berkenaan dengan peristiwa-peristiwa kesejarahan atau pun budaya yang dianggap penting bagi dunia.

"Ini adalah bagian dari sejarah dunia yang membanggakan Indonesia. Karena untuk masuk dan diterima di dunia internasional itu susah sekali," ujar Kepala Bidang Litbang Kominfo Aizirman Djusan di Jakarta.

Tidak hanya Babad Dipanegara, pada saat yang bersamaan Unesco juga mengakui dokumen kuno Nagarakertagama sebagai Internasional MOW Register. Sebelumnya pada 2007, Indonesia mengajukan Nagarakertagama dalam Regional MOW Register yang kemudian disetujui UNESCO dalam sidang tahun 2008 di Canberra, Australia.

"Pada akhir Maret 2012 dokumen ini kembali diajukan bersama naskah otobiografi 'Babad Dipanegara' dan akhirnya diakui pada Juni ini," jelas Aizirman.

Pada kesempatan yang sama, Guru Besar dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia Edi Sedyawati menjelaskan bahwa "Nagarakertagama" adalah dokumen gubahan Empu Prapanca yang merupakan deskripsi kejayaan dan kebesaran Majapahit pada masa pemerintahan Hayam Wuruk.

"Dokumen kuno ini ditulis di atas daun lontar dengan huruf dan bahasa Jawa Kuna, serta berisi tentang hukum, undang-undang serta tata pemerintahan yang menjadi warisan Majapahit," jelas Edi.

Selain Babad Dipanegara dan Nagarakertagama, naskah kuno bernama "I La Galigo' sudah terdaftar sebagai International MOW Register pada 27 Juli 2011. I La Galigo merupakan karya sastra terbesar di dunia yang berasal dari Sulawesi dan diperkirakan ditulis sekitar abad ke-10.

Sosok Diponegoro pada masanya tentu cukup dibenci sekaligus disegani oleh bangsa penjajah. Hal itu diceritakan secara rinci dalam buku The Power of Prophesy yang diterbitkan oleh penerbit Belanda pada 2008.

Tertulis dalam buku itu bahwa Diponegoro adalah seorang jenius Jawa yang ditakdirkan untuk menjadi benteng terakhir dari ketahanan Penguasa Jawa terhadap arus kolonialisme.

"Tapi setelah saya membaca buku tersebut dari depan sampai akhir, justru timbul perasaan geram dan marah," ujar pengamat pendidikan dan kebudayaan Wardiman Djojonegoro di gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta.

Wardiman menjelaskan bahwa dalam buku tersebut Diponegoro ditulis sebagai seorang bangsawan Jawa yang murka karena tidak mendapatkan tahta kerajaan. Tidak hanya buku The Power of Prophesy, namun buku-buku sejarah di luar negeri ternyata juga menuliskan kisah mengenai perebutan tahta ini.

Sementara itu, berdasarkan data-data sejarah yang ditunjukkan oleh budayawan dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Peter Carey, Diponegoro telah dua kali menolak menjadi pewaris tahta. Bahkan perjuangan Diponegoro yang dijuluki 'Ratu Adil', didukung oleh para bangsawan, rakyat, dan ulama.

"Maka timbulah tekad untuk meluruskan tulisan sejarah sesuai fakta yang ada," kata Wardiman.

Dalam Babad Dipanegara, Wardiman memaparkan memang ada tertulis bahwa Diponegoro adalah seorang pembangkang yang tidak mau menyembah Sultan Muda serta beristri banyak. Namun reaksi itu menurut Wardiman dapat dijelaskan dalam naskah otobiografi kuno Babad Dipanegara.

"Kami patut bersyukur karena dunia internasional sudah menerima Babad Dipanegara, dan hendaknya ini menjadi inspirasi dan tekad untuk langkah selanjutnya," kata Wardiman.

Yang dimaksud oleh Wardiman adalah supaya Babad Dipanegara bisa menjadi acuan untuk buku-buku sejarah baik di dalam maupun di luar negeri, untuk melengkapi kisah mengenai Diponegoro sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

"Agar para akademisi Indonesia juga bisa menggali lebih banyak lagi sejarah dari abad 17, 18, dan 19, sehingga saat menuliskannya tidak terlalu bergantung kepada penulis barat," tegas Wardiman.

Di balik rasa bangga dan bahagia atas diakuinya Babad Dipanegara di panggung internasional, budayawan dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia Peter Carey mengatakan bahwa bangsa Indonesia tetap harus sadar bahwa saat ini Indonesia masih menghadapi situasi yang sulit terkait dengan naskah-naskah serta dokumen-dokumen kuno tersebut.

"Ini adalah satu tantangan besar. Bagaimana kami bisa menjamin bahwa masyarakat akan bisa menjangkau naskah yang sudah diakui sebagai Ingatan Kolektif Dunia tersebut," kata Carey pada paparannya di gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hingga saat ini baik naskah terjemahan dalam Bahasa Indonesia maupun edisi asli dari dokumen dan naskah kuno tersebut masih sulit untuk dijangkau oleh masyarakat umum atau bahkan sama sekali tidak ada akses.

Carey mengatakan bahwa sampai sekarang belum ada terbitan atau terjemahan lengkap dari naskah asli Babad Dipanegara yang ditulis dalam aksara 'pegon' (Bahasa Jawa yang ditulis dengan aksara Arab gundul) dari naskah asli yang dulu disimpan oleh keluarga Diponegoro di Makassar, Sulawesi Selatan dan sekarang konon hilang.

Naskah yang dimaksud oleh Carey adalah naskah Babad Dipanegara versi yang telah diedit dari kopi aksara Jawa yang dibuat oleh Bataviaasch Genootschap di Algemene Secretarie (Sekretariat Negara) di Bogor pada 1860. Naskah ini juga pernah diterbitkan oleh penerbit Hindia Belanda, Albert Rusche & Co di Surakarta pada 1908 - 1909.

"Tapi pada edisi ini hampir sepertiga dari isi babad tersebut dihilangkan, yaitu bagian yang terkait dengan sejarah nabi-nabi dan sejarah Jawa," ungkap Carey.

Memang ada publikasi empat jilid babad ini yang telah beredar di Perpustakan Nasional RI pada 2010, namun sayang sekali sifatnya masih sangat terbatas. Publikasi ini juga terbatas karena menghilangkan hampir satu bagian penuh dari naskah asli, sehingga tidak didasarkan atas naskah dari aksara pegon yang asli.

"Yang disayangkan lagi, edisi ini juga tidak dijual untuk umum, sehingga masih sulit dijangkau masyarakat apalagi bagi mereka yang tidak mengerti Bahasa Jawa," keluh Carey. (Ant/Zita Meirina)

redaksi@wartaekonomi.com

Penulis: ***

Editor: Nurcholish MA Basyari

Executive Brief

  • Jadwal Pertandingan Kualifikasi Europa League (25/8)

    23:30 Qarabag FK vs IFK Gothenburg

  • Jadwal Pertandingan Persahabatan (25/8)

    04:30 Honduras vs Nikaragua

  • Jadwal Pertandingan Persahabatan (25/8)

    23:00 Qatar vs Thailand

  • Sydney - Australian carrier Qantas on Wed (24/8) reported a net annual profit od Aus$1.42 billion (US$1.08 billion) in the year to Jun 30, increasing 80% from the previous corresponding period.

  • APLN - PT Agung Podomoro Land Tbk. menyatakan telah memperoleh pinjaman baru untuk melunasi obligasi sebesar Rp875 miliar yang akan jatuh tempo pada 25 Agustus 2016.

  • New York - Lamborghini expects to at least double production to 7.000 vehicles a year by 2019 (CEO Stefano Domenicali).

  • APLN - PT Agung Podomoro Land Tbk. berencana melepas dua aset hotel lewat skema dana investasi real estat dengan nilai ditaksir Rp3,2 triliun.

  • TMAS - PT Pelayaran Tempuran Mas Tbk. (TMAS) mencatat pertumbuhan penjualan sebesar 5,34% pada semester I/2016.

  • AISA - PT Tiga Pilar Sejahtera Tbk mencatatkan keuntungan hingga Rp50,14 miliar akibat selisih kurs mata uang asing per Juni 2016.

  • DMAS - PT Puradelta Lestari Tbk. memproyeksi tambahan pendapatan sebanyak Rp35 miliar per tahun dari operasional apartemen sewa Le Premier.

  • PTPP - PT PP (Persero) Tbk., mengantongi kontrak baru Rp19,42 triliun sampai pekan ketiga Agustus 2016 atau sebesar 62,56% dari target Rp31 triliun sepanjang tahun.

  • Washington - World Bank chief Jim Yong Kim will seek a second term of office, the global development lender said on Tuesday (23/8) as it announced the start of a selection process for the presidency.

  • BEKS - Menjelang rights issue tahap V, saham PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk. (BEKS), yang sebelumnya bernama PT Bank Pundi Indonesia Tbk., jeblok.

  • LINK - PT Link Net Tbk. (LINK), unit usaha Grup Lippo, menunjuk Timotius Max Sulaiman sebagai chief financial officer perseroan.

  • AISA - Seusai melunasi utang valuta asing dan menjual saham di perusahaan palm oil, PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk berpotensi tumbuh di atas 30% hingga akhir tahun.

  • Plastik - Marjin pendapatan industri plastik meningkat meskipun penjualan diperkirakan hanya tumbuh 3% tertekan perlambatan pertumbuhan ekonomi.

  • Tangerang - PT Graha Indah Semesta memulai proyek perdana apartemen bernama Cambio Lofts senilai Rp1,5 triliun di Alam Sutera, Tangerang.

  • PTSP - Pemerintah bentuk satuan tugas untuk mengawal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di tingkat pusat dan daerah dengan fokus di 10 provinsi penyumbang investasi terbesar.

  • Kemasan - Federasi Pengemasan Indonesia nilai pasar kemasan di Indonesia mencapai Rp70 triliun dengan potensi pertumbuhan 7% dalam 1–2 tahun ke depan.

  • Perikanan - PNBP dari sektor perikanan tercatat Rp279 miliar hingga Agustus, naik lebih dari 100% dari realisasi periode sama tahun lalu, di tengah moratorium kapal asing.

  • CSR - Le Minerale bersama IDI menggagas kampanye "Gerakan Indonesia Sehat" untuk mengajak masyarakat Indonesia memulai gaya hidup sehat sejak dini.

  • Pangan - Kementan perkirakan ketersediaan beras secara nasional hingga akhir tahun ini akan mengalami surplus atau kelebihan hingga 11,38 juta ton.

  • Migas - PT Pertamina (Persero) mencatatkan produksi minyak dan gas bumi hingga akhir Juli 2016 rata-rata sebesar 640 ribu barel setara minyak per hari (BOEPD).

  • BMRI - Bank pelat merah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. diketahui menawarkan kupon di kisaran 7,85%—9% untuk tiga seri obligasi yang akan diterbitkan Rp5 triliun.

  • Bank - Pertumbuhan penyaluran kredit perbankan sepanjang lima tahun terakhir terus menyusut seiring dengan tren pengumpulan dana pihak ketiga yang juga terkikis.

  • MTN - Jumlah medium term notes (MTN) oleh BUMN atau anak usahanya sepanjang Januari-Juli 2016 meningkat 16,25% dibandingkan dengan periode yang sama 2015.

  • Yamaha - Pebalap Yamaha, Jorge Lorenzo menjadi yang tercepat dalam ujicoba pasca balapan di GP Ceko.

  • Seoul - Tech giant Samsung Electronics Co Ltd said on Wed (24/8) stronger-than-expected demand for the new Galaxy Note 7 is causing supply constraints globally.

  • Pirelli - Pirelli telah mengkonfirmasi ban untuk Grand Prix Italia, dengan sebagian besar mendukung ban supersoft untuk Monza.

  • Force India - Force India tidak akan melakukan banyak perubahan di sisa musim 2016 dan lebih memilih fokus dalam pengembangan mobil di 2017.

  • Connecticut Open - Agnieszka Radwanska harus terhenti dibabak ketiga Connecticut Open setelah kalah dari Jelena Ostapenko  7-5, 6-1.

  • Jadwal Lengkap Formula 1 GP Belgia :

    Jumat, 26 Agustus 2016

    Practice 1 15:00 – 16:30 WIB

    Practice 2 19:00 – 20:30 WIB

    Sabtu, 27 Agustus 2016

    Practice 3 16:00 – 17:00 WIB

    Kualifikasi 19:00 – 20:00 WIB

    Minggu, 28 Agustus 2016

    RACE 19:00 WIB Live Global TV

  • Honda - Pabrikan Honda yakin tahun depan mereka dapat menyamai level Mercedes di Formula 1.

  • Renault - Bos Red Bull, Christian Horner memuji mobil Renault yang semakin mendekati level pimpinan sementara Mercedes.

  • Aprilia Racing - Eugene Laverty menyatakan tahun ini adalah tahun terakhirnya di Moto GP. Laverty akan pindah ke Superbike tahun depan bersama tim Aprilia Racing.

  • KTM - KTM resmi meluncurkan motor untuk Moto GP musim 2017 dengan nama KTM RC16.

  • London- British drugs giant AstraZeneca on Wednesday (24/8) agreed to sell part of its antibiotics business to US giant Pfizer for up to US$1.6 billion.

  • Singapore - Upsized, stylish and going niche: Co-working spaces bloom in Singapore.

  • Seoul - Audi recalls A8 models in South Korea due to stalling problem, the transport ministry said on Wed (24/8).

Click to Scroll Down

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 3,514.87 3,478.27
British Pound GBP 17,169.60 16,991.11
China Yuan CNY 1,989.13 1,969.21
Dolar Amerika Serikat USD 13,179.00 13,047.00
Dolar Australia AUD 10,171.55 10,063.15
Dolar Hong Kong HKD 1,699.24 1,682.01
Dolar Singapura SGD 9,827.01 9,722.78
EURO Spot Rate EUR 14,736.76 14,583.94
Ringgit Malaysia MYR 3,292.28 3,255.24
Yen Jepang JPY 13,026.59 12,889.75

Ringkasan BEI

No Code Prev Close Change %
1 BAJA 170 222 52 30.59
2 LMPI 115 146 31 26.96
3 GDST 80 100 20 25.00
4 KBLM 204 254 50 24.51
5 BTON 138 165 27 19.57
6 SMBR 1,190 1,395 205 17.23
7 INPC 94 110 16 17.02
8 MGNA 71 83 12 16.90
9 LMSH 535 615 80 14.95
10 ADMG 174 200 26 14.94
No Code Prev Close Change %
1 PRAS 212 191 -21 -9.91
2 MITI 91 82 -9 -9.89
3 POOL 1,070 965 -105 -9.81
4 LAMI 450 406 -44 -9.78
5 MSKY 870 785 -85 -9.77
6 PICO 248 224 -24 -9.68
7 MFMI 270 244 -26 -9.63
8 BEKS 73 66 -7 -9.59
9 TMPO 167 151 -16 -9.58
10 TPMA 154 140 -14 -9.09
No Code Prev Close Change %
1 EXCL 3,370 3,150 -220 -6.53
2 BEKS 73 66 -7 -9.59
3 KRAS 850 905 55 6.47
4 TLKM 4,220 4,220 0 0.00
5 KLBF 1,815 1,755 -60 -3.31
6 HMSP 4,050 3,980 -70 -1.73
7 MNCN 1,810 1,980 170 9.39
8 KREN 500 500 0 0.00
9 SMGR 10,775 10,400 -375 -3.48
10 BBRI 11,550 11,650 100 0.87
No Code Freq Value
1 DH 6,339 1,329,234,623,700
2 CS 16,244 1,135,929,600,400
3 CC 43,456 1,028,727,903,740
4 CG 18,116 950,033,912,010
5 YU 21,738 896,106,881,500
6 AK 47,911 754,099,771,700
7 MS 7,782 661,382,174,400
8 YP 58,524 605,047,328,800
9 RX 7,396 567,132,775,496
10 DB 21,285 545,876,042,900