Market Indices

Otobiografi Pangeran Diponegoro, Memori Dunia Yang Belum Terjangkau

Rubrik Buku

07 Juli 2013 07:00:00 WIB

WE.CO.ID, Jakarta – Catatan kisah hidup pahlawan nasional Pangeran Diponegoro menambah daftar naskah kuno Indonesia yang diakui sebagai ingatan kolektif dunia atau Memory of the World (MOW).

Selama ini, yang terkuak tentang biografi Pangeran Diponegoro ialah perjuangannya menentang penjajahan Belanda di bumi Nusantara, khususnya Tanah Jawa. Dia mengobarkan Perang Jawa atau De Java Oorlog selama 1825-1830. Belanda kalang kabut dan dibuat kalut. Lima tahun lamanya tidak mampu memadamkan perlawanan Pangeran Diponegoro dan menaklukkan pasukannya. Tipu muslihatlah yang kemudian mengakhiri perang tersebut. Belanda yang licik akhirnya memperdaya Pangeran Diponegoro, menangkapnya dan membuang ke tempat pengasingan di Tanah Celebes atau Sulawesi.

Dalam buku-buku sejarah yang beredar, cerita tentang Diponegoro kecil dan sikap politiknya terkait dengan tahta kerajaan hanya sekelumit dipaparkan. Namun, di Babad Dipanegara, Anda akan temukan secara rinci sosok Diponegoro.

Babad Dipanegara adalah naskah kuno berupa otobiografi dan perjalanan hidup Diponegoro yang ditulis selama dia diasingkan di Manado pada 1831 hingga 1832.

Naskah kuno ini pada akhir Maret 2012 diajukan dalam sebagai memori kolektif dunia secara internasional atau MOW. Setahun kemudian, pada Juni 2013 naskah otobiografi itu akhirnya diakui sebagai Internasional MOW Register.

MOW merupakan satu program yang digerakkan oleh Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Budaya (UNESCO), yang bertujuan untuk menghargai dan merawat serta mengupayakan publikasi atas peninggalan-peninggalan berupa catatan berkenaan dengan peristiwa-peristiwa kesejarahan atau pun budaya yang dianggap penting bagi dunia.

"Ini adalah bagian dari sejarah dunia yang membanggakan Indonesia. Karena untuk masuk dan diterima di dunia internasional itu susah sekali," ujar Kepala Bidang Litbang Kominfo Aizirman Djusan di Jakarta.

Tidak hanya Babad Dipanegara, pada saat yang bersamaan Unesco juga mengakui dokumen kuno Nagarakertagama sebagai Internasional MOW Register. Sebelumnya pada 2007, Indonesia mengajukan Nagarakertagama dalam Regional MOW Register yang kemudian disetujui UNESCO dalam sidang tahun 2008 di Canberra, Australia.

"Pada akhir Maret 2012 dokumen ini kembali diajukan bersama naskah otobiografi 'Babad Dipanegara' dan akhirnya diakui pada Juni ini," jelas Aizirman.

Pada kesempatan yang sama, Guru Besar dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia Edi Sedyawati menjelaskan bahwa "Nagarakertagama" adalah dokumen gubahan Empu Prapanca yang merupakan deskripsi kejayaan dan kebesaran Majapahit pada masa pemerintahan Hayam Wuruk.

"Dokumen kuno ini ditulis di atas daun lontar dengan huruf dan bahasa Jawa Kuna, serta berisi tentang hukum, undang-undang serta tata pemerintahan yang menjadi warisan Majapahit," jelas Edi.

Selain Babad Dipanegara dan Nagarakertagama, naskah kuno bernama "I La Galigo' sudah terdaftar sebagai International MOW Register pada 27 Juli 2011. I La Galigo merupakan karya sastra terbesar di dunia yang berasal dari Sulawesi dan diperkirakan ditulis sekitar abad ke-10.

Sosok Diponegoro pada masanya tentu cukup dibenci sekaligus disegani oleh bangsa penjajah. Hal itu diceritakan secara rinci dalam buku The Power of Prophesy yang diterbitkan oleh penerbit Belanda pada 2008.

Tertulis dalam buku itu bahwa Diponegoro adalah seorang jenius Jawa yang ditakdirkan untuk menjadi benteng terakhir dari ketahanan Penguasa Jawa terhadap arus kolonialisme.

"Tapi setelah saya membaca buku tersebut dari depan sampai akhir, justru timbul perasaan geram dan marah," ujar pengamat pendidikan dan kebudayaan Wardiman Djojonegoro di gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta.

Wardiman menjelaskan bahwa dalam buku tersebut Diponegoro ditulis sebagai seorang bangsawan Jawa yang murka karena tidak mendapatkan tahta kerajaan. Tidak hanya buku The Power of Prophesy, namun buku-buku sejarah di luar negeri ternyata juga menuliskan kisah mengenai perebutan tahta ini.

Sementara itu, berdasarkan data-data sejarah yang ditunjukkan oleh budayawan dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Peter Carey, Diponegoro telah dua kali menolak menjadi pewaris tahta. Bahkan perjuangan Diponegoro yang dijuluki 'Ratu Adil', didukung oleh para bangsawan, rakyat, dan ulama.

"Maka timbulah tekad untuk meluruskan tulisan sejarah sesuai fakta yang ada," kata Wardiman.

Dalam Babad Dipanegara, Wardiman memaparkan memang ada tertulis bahwa Diponegoro adalah seorang pembangkang yang tidak mau menyembah Sultan Muda serta beristri banyak. Namun reaksi itu menurut Wardiman dapat dijelaskan dalam naskah otobiografi kuno Babad Dipanegara.

"Kami patut bersyukur karena dunia internasional sudah menerima Babad Dipanegara, dan hendaknya ini menjadi inspirasi dan tekad untuk langkah selanjutnya," kata Wardiman.

Yang dimaksud oleh Wardiman adalah supaya Babad Dipanegara bisa menjadi acuan untuk buku-buku sejarah baik di dalam maupun di luar negeri, untuk melengkapi kisah mengenai Diponegoro sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

"Agar para akademisi Indonesia juga bisa menggali lebih banyak lagi sejarah dari abad 17, 18, dan 19, sehingga saat menuliskannya tidak terlalu bergantung kepada penulis barat," tegas Wardiman.

Di balik rasa bangga dan bahagia atas diakuinya Babad Dipanegara di panggung internasional, budayawan dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia Peter Carey mengatakan bahwa bangsa Indonesia tetap harus sadar bahwa saat ini Indonesia masih menghadapi situasi yang sulit terkait dengan naskah-naskah serta dokumen-dokumen kuno tersebut.

"Ini adalah satu tantangan besar. Bagaimana kami bisa menjamin bahwa masyarakat akan bisa menjangkau naskah yang sudah diakui sebagai Ingatan Kolektif Dunia tersebut," kata Carey pada paparannya di gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hingga saat ini baik naskah terjemahan dalam Bahasa Indonesia maupun edisi asli dari dokumen dan naskah kuno tersebut masih sulit untuk dijangkau oleh masyarakat umum atau bahkan sama sekali tidak ada akses.

Carey mengatakan bahwa sampai sekarang belum ada terbitan atau terjemahan lengkap dari naskah asli Babad Dipanegara yang ditulis dalam aksara 'pegon' (Bahasa Jawa yang ditulis dengan aksara Arab gundul) dari naskah asli yang dulu disimpan oleh keluarga Diponegoro di Makassar, Sulawesi Selatan dan sekarang konon hilang.

Naskah yang dimaksud oleh Carey adalah naskah Babad Dipanegara versi yang telah diedit dari kopi aksara Jawa yang dibuat oleh Bataviaasch Genootschap di Algemene Secretarie (Sekretariat Negara) di Bogor pada 1860. Naskah ini juga pernah diterbitkan oleh penerbit Hindia Belanda, Albert Rusche & Co di Surakarta pada 1908 - 1909.

"Tapi pada edisi ini hampir sepertiga dari isi babad tersebut dihilangkan, yaitu bagian yang terkait dengan sejarah nabi-nabi dan sejarah Jawa," ungkap Carey.

Memang ada publikasi empat jilid babad ini yang telah beredar di Perpustakan Nasional RI pada 2010, namun sayang sekali sifatnya masih sangat terbatas. Publikasi ini juga terbatas karena menghilangkan hampir satu bagian penuh dari naskah asli, sehingga tidak didasarkan atas naskah dari aksara pegon yang asli.

"Yang disayangkan lagi, edisi ini juga tidak dijual untuk umum, sehingga masih sulit dijangkau masyarakat apalagi bagi mereka yang tidak mengerti Bahasa Jawa," keluh Carey. (Ant/Zita Meirina)

redaksi@wartaekonomi.com

Penulis: ***

Editor: Nurcholish MA Basyari

Executive Brief

Rio de Janeiro - Polisi Brazil menahan 2 orang dari 30 pelaku pemerkosaan masal terhadap gadis 16 tahun.

Dubai - Produk-produk kosmetik Indonesia terjual Rp6,89 miliar dalam pameran di Dubai World Trade Centre pada 15-17 Mei (Kemendag).

Hukuman Mati -  Jaksa Agung HM Prasetyo mengatakan eksekusi terpidana mati tahap ketiga kemungkinan akan dilakukan setelah perayaan Lebaran (6-7/5).

La Nyalla Ditahan - Ketua Kadin Jawa Timur La Nyalla Mattalitti ditahan di rutan Salemba cabang Kejagung selama 20 hari.

Kuala Lumpur - Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan menghadiri World Economic Forum (WEF) on ASEAN pada 1-2 Juni 2016 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Hari Pancasila - Presiden Joko Widodo akan mengumumkan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila dalam peringatan di Bandung, Rabu (1/6).

ABMM - Anak usaha PT ABM Investama Tbk, yakni PT Sumberdaya Sewatama melakukan pembayaran kupon obligasi ke-14 senilai Rp18,74 miliar.

LPPF - PT Matahari Department Store Tbk. (LPPF) siap membagikan dividen tunai Rp427,30 per saham. Berikut jadwalnya.

MIKA - PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. (MIKA) siap membagikan dividen tunai Rp25 per saham. Berikut jadwalnya.

ANJT - PT Austindo Nusantara Jaya Tbk. (ANJT), melalui anak usahanya, mendapatkan fasilitas kredit dengan total nilai Rp36 miliar dari PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP).

ATIC - PT Anabatic Technologies Tbk. (ATIC) membagikan dividen atas tahun buku 2015 sebesar Rp6 per saham.

NRCA - Korporasi konstruksi swasta, PT Nusa Raya Cipta Tbk., berencana memasuki bidang usaha investasi, khususnya di sektor jalan tol.

Bursa - PT Duta Intidaya Tbk., berencana melantai di bursa (Initial Public Offering/ IPO) pada kuartal II/2016 dengan target pengumpulan dana mencapai Rp90 miliar.

TMPO - PT Tempo Inti Media Tbk. menargetkan pendapatan iklan pada 2016 sebesar Rp140 miliar.

PPRO - PT PP Properti Tbk. berencana menerbitkan obligasi dalam dua seri senilai Rp600 miliar.

KLBF - PT Kalbe Farma Tbk. baru merealisasikan belanja modal sekitar Rp250 miliar dari total capital expenditure tahun ini yang dianggarkan mencapai Rp1 triliun hingga Rp1,5 triliun

KLBF - PT Kalbe Farma Tbk. (KLBF) akan membagikan dividen tunai sebesar Rp19 per saham atau senilai total Rp891 miliar.

PPRO - PT PP Properti Tbk. (PPRO) akan menerbitkan obligasi sebanyak Rp600 miliar.

Bursa - Pagi ini (1/6) IHSG dibuka menguat 4,98 poin (0,10%) ke level 4.801,85

Emas - Hari ini (1/6) harga Emas Antam naik Rp1.000 menjadi Rp578.000/gram dibanding kemarin di Rp577.000/gram. Dengan harga buyback naik di Rp521.000/gram.

IDR/USD - Pagi ini (1/6) Rupiah  dibuka menguat Rp13.651 per Dollar AS dibanding kemarin di Rp13.655 (Data Reuters).

IDR/EUR - Pagi ini (1/6) Rupiah dibuka melemah di Rp15.201 per Euro dibanding sore kemarin di Rp15.178 (Data Reuters).

Mamola - Mantan pembalap MotoGP, Randy Mamola menilai persahabatan antara Valentino Rossi dan Maverick Vinales tidak akan akan berlangsung lama. Mamola menuding Rossi dan Vinales memang telah berkonspirasi.

Yamaha - Mantan Pembalap Luca Cadalora bergabung dengan Yamaha sebagai penasihat sekaligus pelatih Valentino Rossi.

Eropa - Indeks saham-saham Eropa, penutupan (31/5):

FTSE 100   6.230,79 -40,00 -0,64%
CAC 40 4.505,62 -23,78 -0,53%
DAX 10.262,74 -70,49 -0,68%

Amerika - Indeks saham-saham Amerika, penutupan (31/5):

Dow 30 17.787,20 -86,02 -0,48%
S&P 500 2.096,95 -2,11 -0,10%
Nasdaq 4.948,06 +14,55 +0,29%

Minyak - Pagi ini (1/6) WTI Crude Oil turun dari 49,46 USD menjadi 48,98 USD/bbl. Sementara Brent Crude naik dari 49,60 USD menjadi 49,69 USD/bbl. Data perbandingan sore kemarin (Bloomberg).

Asia - Indeks saham-saham Asia, pembukaan (1/6):

Nikkei 225 17.097,22 -137,76 -0,80%
Hang Sheng 20.726,53 -88,56 -0,43%
ST. Times 2.787,99 -3,07 -0,11%
Shanghai Comp. 2.917,15 +0,53 +0,22%

JISDOR BI - Hari ini (1/6) kurs referensi Bank Indonesia melemah di Rp13.671 dibanding kemarin di Rp13.615.

CPO - Pagi ini (1/6) CPO Kontrak Agustus 2016, naik 9 poin pada harga 2.629,00 Ringgit per ton (Bursa Malaysia).

SIPD - Dana hasil penawaran umum melalui hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue PT Sierad Produce Tbk. (SIPD) baru terpakai sekitar Rp12,67%.

SSMS - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) siap membagikan dividen tunai Rp17,67 per saham.

Jadwal Pertandingan Persahabatan (1/6)

21:30 Spanyol vs Korea Selatan

23:00 Estonia vs Andorra

23:00 Rusia vs  Republik Ceko

23:30 Latvia vs Lithuania

Solo - Jam kerja PNS di Solo akan dipotong satu jam selama bulan Ramadhan.

Gugatan Nelayan - Pengadilan Tata Usaha Negara memenangkan tuntutan nelayan dan membatalkan izin  Reklamasi Pulau G.

La Nyalla Matalliti  - La Nyalla Mattalliti ditangkap di Singapura, dibawa ke Jakarta dengan Garuda GA 835t. Tiba di kejaksaan pada 19.45 Selasa (31/5).

Berlin - VW menyatakan pada Selasa (31/5) bahwa operating profitnya jatuh 5,9% menjadi US$3,5 miliar akibat turun penjualan 3,4%.

Paris - Air France-KLM sedang melakukan negosiasi eksklusif dengan HNA Group (China) untuk menjual sahamnya di bisnis kateringnya (Servair).

Oreo - Aplikasi mobile "Twist, Lick, Dunk" milik produsen Oreo Mondelez International Inc dianggap sukses, sehingga perusahaan akan membuat games yang sejenis.

Seoul - Grup K-pop EXO akan merilis album ketiga pada 9 Juni dengan konser berskala besar di Olympic Park, Seoul, malam sebelum peluncuran album.

Jakarta - Anggota komisi I DPR Arif Suditomo: Ada wacana untuk menggabungkan RRI, TVRI dan Antara.

Sorong - The Indonesian Navy has detained 2 foreign fishing vessels suspected of conducting illegal fishing activities in the northern waters of Fami Island of Raja Ampat District, West Papua.

Davao City - : Incoming Philippine leader Rodrigo Duterte on Tuesday (31/5) described China's Xi Jinping "a great president".

Foreign Tourist - Tourism Minister Arief Yahya lauded Indonesian Ambassador to Thailand Ahmad Rusdi, who had intensively promoted his countrys tourism in the "Land of White Elephants." 

Taipei -  Asia’s largest technology trade show COMPUTEX kicked off in Taipei on Tuesday (May 31), attracting more than 1,600 companies from 30 countries.

Davao City - Philippines President-elect Rodrigo Duterte on Tuesday named the members of his cabinet, a day after Congress declared him the winner of the May 9 presidential elections.

Jadwal Pertandingan Kualifikasi Liga Serie A Italia, Kamis (2/6)

01:30 Pescara vs Novara

ASRM - PT Asuransi Ramayana Tbk.(ASRM) siap membagikan dividen tunai Rp95 per saham.

Aplikasi Pasar Modal - OJK meluncurkan aplikasi perizinan dan registrasi industri pasar modal secara elektronik, agar prizinan dan pelaporan lebih mudah.

Jadwal Pertandingan Kualifikasi Piala Asia, Kamis (2/6)

18:00 China Taipei vs Kamboja

18:30 Laos vs India

19:45 Malaysia vs  Timor Leste

22:00 Tajikistan vs Bangladesh

23:00 Maldives vs Yaman

Pontianak - BI melakukan sosialisasi penggunaan aplikasi pengelola keuangan digital bernama PTK UMK kepada para pelaku UMKM.

Trem Surabaya - Trem ditargetkan akan beroperasi pada tahun 2019 di Surabaya.

Jadwal Pertandingan Persahabatan, Kamis (2/6)

00:45 Norwegia vs Islandia

01:45 Belgia vs Finlandia

01:45 Polandia vs Belanda

07:00 vs Venezuela vs Guatemala

09:00 Meksiko vs Chile

09:30 El Salvador vs Armenia

TRIS - PT Trisula International Tbk. (TRIS) menjual tanah dan bangunan kepada PT Chitose Internasional Tbk. (CINT) dengan nilai transaksi Rp7,17 miliar.

Detektive Conan - Film animasi "Detective Conan: The Darkest Nightmare" mencetak rekor box office untuk serial film dengan meraup 5,06 miliar yen.

Hasil Pertandingan Kualifikasi Liga Serie A Italia (1/6)

Trapani 2 - 0 Spezia

Kabul - Jumlah penduduk yang mengungsi akibat perang di Afghanistan tahun ini melonjak dua kali lipat dibandingkan dengan tahun 2012 menjadi 1,2 juta (Amnesty International).

Reksadana - OJK mencatat dana kelolaan reksadana hingga 27 Mei 2016 mencapai Rp303,6 triliun atau naik 11,8 persen dari posisi akhir 2015 sebesar Rp271,9 triliun.

Hasil Pertandingan Persahabatan (31/5)

Vietnam 2 - 0 Suriah

Kenya 1 - 1 Sudan

Zimbabwe 2 - 0 Uganda

Pilgub DKI - Gerindra dan PDIP sepakat untuk tidak mendukung Ahok di Pilgub DKI 2017.

Hong Kong - Tas tangan Hermes bertatah berlian dengan hiasan emas putih mencetak rekor penjualan tertinggi dalam lelang, terjual dengan harga 2,32 juta dolar Hong Kong (Rp4,08 miliar).

Hasil Pertandingan Persahabatan (1/6)

Luxemburg 1 - 3 Nigeria

Serbia 3 - 1 Israel

Austria 2 - 1 Malta

Irlandia 1 - 2 Belarusia

Recommended Reading

Rabu, 01/06/2016 02:46 WIB

Pemerintah Bentuk Satuan Tugas Kawal Paket Kebijakan

Selasa, 31/05/2016 17:28 WIB

IHSG Ditutup Turun 0,81% Selasa Ini

Selasa, 31/05/2016 16:48 WIB

Awal Juni Satelit BRI Siap Meluncur

Selasa, 31/05/2016 15:13 WIB

KPPU Akui Sulit Tekan Harga Daging Sapi di Bawah Rp80 Per Kilogram

Selasa, 31/05/2016 13:41 WIB

OJK Siap Ubah Aturan RDPT Demi Tax Amnesty

Selasa, 31/05/2016 09:07 WIB

BKPM: Investasi di Luar Jawa Naik Dua Kali Lipat

Selasa, 31/05/2016 09:03 WIB

Mansek: IHSG akan Cenderung Terkoreksi Selasa Ini

Selasa, 31/05/2016 07:31 WIB

BI Naikkan Batas Minimum LFR Dorong Kredit