Market Indices

Otobiografi Pangeran Diponegoro, Memori Dunia Yang Belum Terjangkau

Rubrik Buku

07 Juli 2013 07:00:00 WIB

WE.CO.ID, Jakarta – Catatan kisah hidup pahlawan nasional Pangeran Diponegoro menambah daftar naskah kuno Indonesia yang diakui sebagai ingatan kolektif dunia atau Memory of the World (MOW).

Selama ini, yang terkuak tentang biografi Pangeran Diponegoro ialah perjuangannya menentang penjajahan Belanda di bumi Nusantara, khususnya Tanah Jawa. Dia mengobarkan Perang Jawa atau De Java Oorlog selama 1825-1830. Belanda kalang kabut dan dibuat kalut. Lima tahun lamanya tidak mampu memadamkan perlawanan Pangeran Diponegoro dan menaklukkan pasukannya. Tipu muslihatlah yang kemudian mengakhiri perang tersebut. Belanda yang licik akhirnya memperdaya Pangeran Diponegoro, menangkapnya dan membuang ke tempat pengasingan di Tanah Celebes atau Sulawesi.

Dalam buku-buku sejarah yang beredar, cerita tentang Diponegoro kecil dan sikap politiknya terkait dengan tahta kerajaan hanya sekelumit dipaparkan. Namun, di Babad Dipanegara, Anda akan temukan secara rinci sosok Diponegoro.

Babad Dipanegara adalah naskah kuno berupa otobiografi dan perjalanan hidup Diponegoro yang ditulis selama dia diasingkan di Manado pada 1831 hingga 1832.

Naskah kuno ini pada akhir Maret 2012 diajukan dalam sebagai memori kolektif dunia secara internasional atau MOW. Setahun kemudian, pada Juni 2013 naskah otobiografi itu akhirnya diakui sebagai Internasional MOW Register.

MOW merupakan satu program yang digerakkan oleh Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Budaya (UNESCO), yang bertujuan untuk menghargai dan merawat serta mengupayakan publikasi atas peninggalan-peninggalan berupa catatan berkenaan dengan peristiwa-peristiwa kesejarahan atau pun budaya yang dianggap penting bagi dunia.

"Ini adalah bagian dari sejarah dunia yang membanggakan Indonesia. Karena untuk masuk dan diterima di dunia internasional itu susah sekali," ujar Kepala Bidang Litbang Kominfo Aizirman Djusan di Jakarta.

Tidak hanya Babad Dipanegara, pada saat yang bersamaan Unesco juga mengakui dokumen kuno Nagarakertagama sebagai Internasional MOW Register. Sebelumnya pada 2007, Indonesia mengajukan Nagarakertagama dalam Regional MOW Register yang kemudian disetujui UNESCO dalam sidang tahun 2008 di Canberra, Australia.

"Pada akhir Maret 2012 dokumen ini kembali diajukan bersama naskah otobiografi 'Babad Dipanegara' dan akhirnya diakui pada Juni ini," jelas Aizirman.

Pada kesempatan yang sama, Guru Besar dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia Edi Sedyawati menjelaskan bahwa "Nagarakertagama" adalah dokumen gubahan Empu Prapanca yang merupakan deskripsi kejayaan dan kebesaran Majapahit pada masa pemerintahan Hayam Wuruk.

"Dokumen kuno ini ditulis di atas daun lontar dengan huruf dan bahasa Jawa Kuna, serta berisi tentang hukum, undang-undang serta tata pemerintahan yang menjadi warisan Majapahit," jelas Edi.

Selain Babad Dipanegara dan Nagarakertagama, naskah kuno bernama "I La Galigo' sudah terdaftar sebagai International MOW Register pada 27 Juli 2011. I La Galigo merupakan karya sastra terbesar di dunia yang berasal dari Sulawesi dan diperkirakan ditulis sekitar abad ke-10.

Sosok Diponegoro pada masanya tentu cukup dibenci sekaligus disegani oleh bangsa penjajah. Hal itu diceritakan secara rinci dalam buku The Power of Prophesy yang diterbitkan oleh penerbit Belanda pada 2008.

Tertulis dalam buku itu bahwa Diponegoro adalah seorang jenius Jawa yang ditakdirkan untuk menjadi benteng terakhir dari ketahanan Penguasa Jawa terhadap arus kolonialisme.

"Tapi setelah saya membaca buku tersebut dari depan sampai akhir, justru timbul perasaan geram dan marah," ujar pengamat pendidikan dan kebudayaan Wardiman Djojonegoro di gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Jakarta.

Wardiman menjelaskan bahwa dalam buku tersebut Diponegoro ditulis sebagai seorang bangsawan Jawa yang murka karena tidak mendapatkan tahta kerajaan. Tidak hanya buku The Power of Prophesy, namun buku-buku sejarah di luar negeri ternyata juga menuliskan kisah mengenai perebutan tahta ini.

Sementara itu, berdasarkan data-data sejarah yang ditunjukkan oleh budayawan dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia, Peter Carey, Diponegoro telah dua kali menolak menjadi pewaris tahta. Bahkan perjuangan Diponegoro yang dijuluki 'Ratu Adil', didukung oleh para bangsawan, rakyat, dan ulama.

"Maka timbulah tekad untuk meluruskan tulisan sejarah sesuai fakta yang ada," kata Wardiman.

Dalam Babad Dipanegara, Wardiman memaparkan memang ada tertulis bahwa Diponegoro adalah seorang pembangkang yang tidak mau menyembah Sultan Muda serta beristri banyak. Namun reaksi itu menurut Wardiman dapat dijelaskan dalam naskah otobiografi kuno Babad Dipanegara.

"Kami patut bersyukur karena dunia internasional sudah menerima Babad Dipanegara, dan hendaknya ini menjadi inspirasi dan tekad untuk langkah selanjutnya," kata Wardiman.

Yang dimaksud oleh Wardiman adalah supaya Babad Dipanegara bisa menjadi acuan untuk buku-buku sejarah baik di dalam maupun di luar negeri, untuk melengkapi kisah mengenai Diponegoro sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

"Agar para akademisi Indonesia juga bisa menggali lebih banyak lagi sejarah dari abad 17, 18, dan 19, sehingga saat menuliskannya tidak terlalu bergantung kepada penulis barat," tegas Wardiman.

Di balik rasa bangga dan bahagia atas diakuinya Babad Dipanegara di panggung internasional, budayawan dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia Peter Carey mengatakan bahwa bangsa Indonesia tetap harus sadar bahwa saat ini Indonesia masih menghadapi situasi yang sulit terkait dengan naskah-naskah serta dokumen-dokumen kuno tersebut.

"Ini adalah satu tantangan besar. Bagaimana kami bisa menjamin bahwa masyarakat akan bisa menjangkau naskah yang sudah diakui sebagai Ingatan Kolektif Dunia tersebut," kata Carey pada paparannya di gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hingga saat ini baik naskah terjemahan dalam Bahasa Indonesia maupun edisi asli dari dokumen dan naskah kuno tersebut masih sulit untuk dijangkau oleh masyarakat umum atau bahkan sama sekali tidak ada akses.

Carey mengatakan bahwa sampai sekarang belum ada terbitan atau terjemahan lengkap dari naskah asli Babad Dipanegara yang ditulis dalam aksara 'pegon' (Bahasa Jawa yang ditulis dengan aksara Arab gundul) dari naskah asli yang dulu disimpan oleh keluarga Diponegoro di Makassar, Sulawesi Selatan dan sekarang konon hilang.

Naskah yang dimaksud oleh Carey adalah naskah Babad Dipanegara versi yang telah diedit dari kopi aksara Jawa yang dibuat oleh Bataviaasch Genootschap di Algemene Secretarie (Sekretariat Negara) di Bogor pada 1860. Naskah ini juga pernah diterbitkan oleh penerbit Hindia Belanda, Albert Rusche & Co di Surakarta pada 1908 - 1909.

"Tapi pada edisi ini hampir sepertiga dari isi babad tersebut dihilangkan, yaitu bagian yang terkait dengan sejarah nabi-nabi dan sejarah Jawa," ungkap Carey.

Memang ada publikasi empat jilid babad ini yang telah beredar di Perpustakan Nasional RI pada 2010, namun sayang sekali sifatnya masih sangat terbatas. Publikasi ini juga terbatas karena menghilangkan hampir satu bagian penuh dari naskah asli, sehingga tidak didasarkan atas naskah dari aksara pegon yang asli.

"Yang disayangkan lagi, edisi ini juga tidak dijual untuk umum, sehingga masih sulit dijangkau masyarakat apalagi bagi mereka yang tidak mengerti Bahasa Jawa," keluh Carey. (Ant/Zita Meirina)

redaksi@wartaekonomi.com

Penulis/Editor: Nurcholish MA Basyari

Berita Terkini

Selasa, 09/02/2016 12:16 WIB

Violet Pay Solusi Transaksi Online bagi UKM

Selasa, 09/02/2016 12:15 WIB

Guru Honorer Akan Berunjuk Rasa di Jakarta

Selasa, 09/02/2016 12:13 WIB

Jokowi Ajak Pers Beritakan Optimisme

Selasa, 09/02/2016 11:58 WIB

Harga Daging di Buleleng Naik Jelang Galungan

Selasa, 09/02/2016 11:46 WIB

Bea Cukai Kepri Hibahkan Beras Impor Selundupan

Selasa, 09/02/2016 11:35 WIB

BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi Laut Jawa

Selasa, 09/02/2016 11:24 WIB

Banjir di Bangka Tengah Terus Meluas

Selasa, 09/02/2016 11:13 WIB

Dinkes Ajak Masyarakat Berantas Jentik Nyamuk DBD

Kabar EkBis

09 Februari 2016 - Agrikultur

Pemkab: Dua Desa Masuk Program Mandiri Pangan

09 Februari 2016 - Agrikultur

Pemprov Papua Dorong Produksi Kopi

09 Februari 2016 - Ekonomi Bisnis

BKPM Fokus Garap 22 Peraturan di Pusat dan Daerah

Kabar Indonesia

09 Februari 2016 - Daerah

BPS Lubuklinggau Rekrut 298 Petugas Sensus

09 Februari 2016 - Daerah

Ratusan Korban Banjir Diungsikan

09 Februari 2016 - Nasional

Jokowi Bertolak ke NTB Hadiri HPN 2016

Executive Brief

Pentagon mengatakan akan mengimplementasikan sistem anti misil di Korea Selatan secepat mungkin.

World Government Summit - Presiden Obama mengharapkan dunia Arab bisa membuat pemerintahan yang sama dengan dunia lainnya (inklusif).

Papua Nugini - Gempa 6,3 SR menghantam Paupua Nugini pada Selasa (9/1) pagi, tapi tidak ada potensi tsunami.

Tenis - Inggris memiliki tiga pemain dari kedua jenis kelamin diatas peringkat 100 Dunia untuk pertama kalinya sejak tahun 1979.

NBA - Stephen Curry membawa Golden State Warriors memuncaki ESPN NBA Power Ranking dengan ratio kemenangan 91.30%.

NBA - Pelatih Sacramento Kings George Karl mengatakan timnya fokus pada lawan berikutnya, bukan memikirkan masalah pergantian pelatih.

NBA - Presiden New York Knicks, Phil Jackson sedang mencari pelatih baru musim panas ini.

Moto GP - Merchandise Marquez bersaudara tidak akan lagi dibuat oleh perusahaan Rossi VR46 Racing mulai 8 Februari 2016.

Moto GP - Aleix Espargaro menggambarkan tes di Sepang sebagai tes terburuk sepanjang hidupnya.

IBL - Pacific Caesar Surabaya meraih kemenangan perdana di ajang IBL setelah menglahkan Satya Wacana Salatiga 78-58.

Minyak - Mengawali pekan ini (9/2) Pukul 08.48, West Texas Intermediate (WTI) turun 32,13 USD menjadi 30,21 USD per barel. Sementara Brent Crude juga turun 34,71 USD menjadi 33,31 USD per barel dibandingkan dengan akhir pekan kemarin (Bloomberg).

Tennis - Rusia tersingkir di babak pertama Fed Cup setelah kalah dari Belanda dengan skor 1-3.

Rupiah - Awal pekan ini (9/2) Rupiah dibuka melemah pada posisi Rp13.686 dibandingkan dengan akhir pekan kemarin di Rp13.620 (Data Reuters).

Bursa - Pagi ini (9/2) IHSG dibuka melemah 38,724 poin (0,89%) ke level 4.760,452.

Bursa -  BEI bakal undang 15 emiten besar yang nilai sahamnya belum menunjukkan up trend pasca anjlok sejak pertengahan tahun lalu.

Bursa - PT SMF dan PT Indomobil Finance tengah tawarkan surat utang korporasi dengan total target Rp1,5 triliun.

Asuransi - Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia bentuk panel untuk selesaikan migrasi agen dalam jumlah besar yang terjadi di industri.

Asuransi - PT Askrindo targetkan perolehan laba bersih senilai Rp1,3 triliun sepanjang 2016 dengan ditopang sejumlah lini bisnis andalan.

Pembiayaan - PT Mega Central Finance targetkan pembiayaan Rp9 triliun pada tahun ini.

Asuransi - Asuransi Jiwa Bumiputera 1912 targetkan menambah agen hingga 300% hingga triwulan II 2016 untuk percepat pertumbuhan bisnis.

Jakarta - SBY sebut ada orang Istana yang tak suka dikritiik sampai mengirim pesan kepadanya.

Bank - BRI berharap dapat raih pendapatan berbasis komisi atau fee based income senilai Rp11 trliun tahun ini.

Bank - Bank Mandiri targetkan KPR perseroan dapat bertumbuh hingga 5% - 6% tahun 2016.

Tokyo - Jepang akan segera memberikan sanksi kepada Korea Utara sehubungan dengan peluncuran roket.

Frankfurt - Konglomerat Jerman Siemens akan memotong 1.000 orang pada divisi terkait minyak dan pertambangan.

Tokyo - Pemerintah Jepang akan mengurangi sahamnya di Tokyo Electric Power Co. sampai di bawah 50% kalau target perusahaan tercapai.

Prague - Pemerintah Ceko membayar tebusan US$6 juta untuk membebaskan 2 warganya yang ditahan di Pakistan sejak 2013.

Korea Utara - PBB mengutuk keras peluncuran roket Korea Utara dan menjanjikan sanksi segera.

Penjahat Perang - Ketua Komisi HAM PBB terbang ke Sri Lanka pada Minggu (7/2) untuk memonitor pelaksanaan penanganan penjahat perang di sana.

Jadwal Pertandingan FA Cup Inggris (10/2)

02:45 West Ham United vs Liverpool

BPS: Pertumbuhan ekonomi 2015 sebesar 4,79% merupakan yang terendah dalam 6 tahun terakhir.

Taiwan - Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) membuka hotline untuk korban gempa Taiwan +886978938872

Rizal Ramli ajak negara ASEAN pegang saham minoritas industri pertahanan Indonesia.

BEI catat pergerakan IHSG naik 4,48 persen sepanjang 2016.

PDB per Kapita Negara-Negara ASEAN

1. Singapura        56.319 US$
2. Brunei             36.607 US$
3. Malaysia          12.127 US$
4. Thailand            5.426 US$
5. Indonesia          3.511 US$
6. Filipina              2.951 US$
7. Vietnam            2.321 US$
8. Laos                 1.692 US$
9. Myanmar          1.419 US$
10.Kamboja          1.080 US$

Sumber: Bank Dunia

China - Komisi Pemberantasan Komisi China sedang menyelidiki Cai Xiyou, presiden Sinochem Group, karena berbagai pelanggaran serius.

Wisata Gerhana Matahari - Kemenpar jadikan gerhana matahari total pada 9 Maret 2016 sebagai objek wisata.

Recommended Reading

Selasa, 09/02/2016 08:01 WIB

BI: Pertumbuhan Ekonomi Jakarta Tunjukkan Tren Meningkat

Selasa, 09/02/2016 06:59 WIB

Gelombang PHK Terjadi di Perusahaan Farmasi

Selasa, 09/02/2016 00:32 WIB

Presiden Jokowi Diminta Atur Hak Guna Usaha

Senin, 08/02/2016 15:59 WIB

2016, Sektor Perumahan Diprediksi Tumbuh

Senin, 08/02/2016 13:09 WIB

Bandara Hang Nadim Kembali Dibuka

Senin, 08/02/2016 09:36 WIB

KAI: Teror Thamrin Turunkan Jumlah Pengguna KRL

Senin, 08/02/2016 01:59 WIB

Kadin Minta Suku Bunga Perbankan Hanya 8 Persen

Minggu, 07/02/2016 17:15 WIB

Dan Suzuki Pun Merumahkan Karyawannya

Entertainment

08 Februari 2016 - Olahraga

Arsenal Kembali Raih Poin Penuh

08 Februari 2016 - Olahraga

Hasil Pertandingan Liga Spanyol

08 Februari 2016 - Olahraga

Hasil Pertandingan Liga Italia