Market Indices

Presiden: Paket Kebijakan Ekonomi Harus Diimplementasikan

Rubrik Ekonomi Bisnis

23 Agustus 2013 15:29:00 WIB

WE.Co.ID - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan paket kebijakan ekonomi yang telah dirumuskan harus segera diimplementasikan oleh kementerian dan pemangku kebijakan terkait untuk meredam gejolak ekonomi dalam negeri.

"Hari ini telah saya putuskan kebijakan dan tindakan untuk selamatkan perekonomian kita. Besok harus sudah berlaku dan dijalankan," kata Presiden dalam akun twitternya @SBYudhoyono di Jakarta, Jumat (23/8/2013).

Kepala negara menegaskan semua pihak harus memberikan kontribusi dalam upaya menghadapi gejolak perekonomian nasional.

"Hari ini pula saya bertemu dengan para pimpinan dunia usaha. Bersama pemerintah mereka siap untuk jaga dan atasi gejolak ekonomi kita," katanya.

Ditambahkannya,"Ingat kita berhasil selamatkan ekonomi dari krisis global 2008. Resepnya dunia usaha dukung dan bekerja sama dengan pemerintah." Pemerintah mengumumkan paket kebijakan ekonomi untuk menjaga perekonomian nasional dari dampak perubahan kebijakan ekonomi global.

Paket kebijakan ekonomi yang terdiri dari empat paket utama itu diumumkan oleh Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa di Kantor Presiden di Jakarta, Jumat (23/8/2013).

"Yang pertama, yang terkait upaya memperbaiki neraca transaksi berjalan dan menjaga nilai tukar rupiah," kata Hatta.

Untuk mewujudkan itu, menurut Menko Perekonomian, pemerintah telah menyiapkan empat tindakan yaitu mendorong ekspor dan memberikan tambahan pengurangan pajak untuk ekspor padat karya yang memiliki ekspor minimal 30 persen dari total produksi, menurunkan impor minyak dan gas dengan mendorong penggunaan biodiesel, menetapkan pajak impor barang mewah dari sekarang 75 persen menjadi 125 - 150 persen, dan memperbaiki ekspor mineral dengan memberikan relaksasi kuota.

"Paket kedua ditujukan untuk menjaga pertumbuhan ekonomi," kata Menko Perekonomian.

Pemerintah, kata Hatta, akan memastikan defisit fiskal tetap berada pada kisaran aman 2,38 persen serta penambahan pengurangan pajak untuk industri padat karya.

Sementara itu, paket ketiga terkait dengan upaya untuk menjaga daya beli masyarakat dan tingkat inflasi.

Pemerintah, kata Hatta, akan bekerja sama dengan Bank Indonesia terkait inflasi. Sedangkan untuk menjaga daya beli masyarakat, pemerintah berkomitmen untuk mengubah tata niaga sejumlah komoditi yang harga di pasarannya mudah terganggu.

Sedangkan paket terakhir atau keempat adalah upaya untuk mempercepat investasi.

Pemerintah, kata Menko Perekonomian, antara lain akan menyederhanakan perizinan dengan mengefektifkan fungsi pelayanan terpadu satu pintu dan menyederhanakan jenis-jenis perizinan yang menyangkut kegiatan investasi.

Selain itu, lanjut Hatta, pemerintah juga akan mempercepat revisi peraturan daftar negatif investasi (DNI), mempercepat investasi di sektor berorientasi ekspor dengan memberikan insentif, serta percepatan renegosiasi kontrak karya pertambangan. (ant)

Redaksi

Foto: Sufri Y.

Penulis: ***

Editor: Sucipto

Executive Brief

Athena - Yunani menyetujui upaya penghematan baru dan kenaikan pajak yang dituntut para kreditur Eropa demi memperoleh dana talangan baru.

MSKY - PT MNC Sky Vision Tbk. milik taipan Hary Tanoesoedibjo tengah memproses pinjaman dari perbankan asing untuk kebutuhan refinancing senilai maksimum US$275 juta.

Los Angeles - Lelang "Collecting Disney" yang diselenggarakan Van Eaton Galleris pada 18 Juni di Los Angeles akan menawarkan lebih dari 700 arsip Disney.

Pasar Eropa - Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan Azerbaijan dapat menjadi pintu masuk pasar Eropa untuk memasarkan produk-produk Tanah Air.

Hanoi - Presiden AS Barrack Obama mengumumkan pada Senin bahwa Washington akan mencabut seluruh embargo penjualan senjata mematikan terhadap Vietnam.

Stockholm - Badan Transportasi Swedia: Sudah 650 orang masuk rumah sakit akibat menggunakan ponsel di jalanan.

DPUM - Perusahaan di sektor perikanan yang berbasis di Jawa Tengah, PT Dua Putra Utama Makmur Tbk.  memastikan akan merambah pasar Amerika dan Eropa pada tahun ini.

MTLA - RUPS Saham PT Metropolitan Land Tbk. memutuskan untuk menyisihkan laba bersih sebanyak Rp32,08 miliar untuk dividen kepad pemegang saham.

Turn Back Crime - Kapolri Jendral Badrodin Haiti mengeluarkan surat larangan terhadap masyarakat atau sipil menggunakan atribut berkenaan dengan Turn Back Crime.

MSKY - Hary Tanoesidibjo dan pemegang saham PT MNC Sky Vision sebagai pemegang merek Indovision merestui penerbitan saham baru melalui mekanisme private placement Rp769,96 miliar.

Ahok - Partai Golkar: Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama  (Ahok) menduduki urutan pertama untuk calon Gubernur DKI hasil survei partai Golongan Karya.

Bursa - PT Siba Surya (Siba Group) melakukan pembenahan sistem TI sebagai upaya menyakinkan investor dalam rangka Initial Public Offering (IPO) yang direncanakan pada 2017.

SRIL - Emiten tekstil PT Sri Rejeki Isman Tbk. menerbitkan obligasi global dengan nilai US$420 juta setara dengan Rp5,7 triliun (kurs Rp13.575 per dolar AS) untuk refinancing.

MSKY - Hary Tanoesoedibjo pemegang merek Indovision, PT MNC Sky Vision Tbk. (MSKY) merombak jajaran direksi dan komisaris perseroan.

DPUM - Perusahaan di sektor perikanan yang berbasis di Jawa Tengah, PT Dua Putra Utama Makmur Tbk. (DPUM) telah menyerap belanja modal sekitar Rp200 miliar hingga saat ini untuk ekspansi.

Jadwal Pertandingan Kualifikasi Liga Serie A Italia, Kamis (26/5)

01:30 Bari vs Novara

HITS - Emiten transportasi laut, PT Humpuss Intermoda Sarana Tbk. berniat melakukan kuasi reorganisasi dengan menghapus akumulasi rugi sebanyak US$95,47 juta

Hong Kong - Huawei Technologies Co Ltd menggugat Samsung Electronics Co Ltd terhadap pelanggaran paten smartphones.

Kupang - Duta Besar Indonesia untuk negara-negara ASEAN Timor Leste akan masuk menjadi anggota ASEAN pada 2017.

Jadwal Pertandingan Persahabatan, Kamis (26/5)

01:00 Rumania vs DR Kongo

07:00 Amerika Serikat vs Ekuador

23:00 Azerbaijan vs Andorra

Jakarta - The South Jakarta Police personnel seized 2,128 pairs of shoes that carried a forged branding of "Nike" and were suspected to have been imported from Guangzhou, China.

Twitter - User names and media attachments such as photos and videos will no longer count towards the length of a tweet, Twitter Inc said on Tuesday (24/5), but the 140-character limit will stay.

Hanoi - US President Barack Obama called Tuesday (24/5) for territorial disputes in the South China Sea to be "resolved peacefully" as Vietnam baulks at Chinese actions in the bitterly contested waters.

Manila -  A Malaysian naval patrol detained three Philippine fishermen for encroaching in territorial waters in the disputed Spratlys this month, the Philippine military said on Tuesday (24/5).

Manila - Plans by the Philippines' controversial president-elect to give late dictator Ferdinand Marcos a hero's burial triggered outrage.

Jakarta - Netherlands Supreme Courts President: The Netherlands' and Indonesian Supreme Court will cooperate in building more effective and efficient linkages between the two courts, attorney general office and judicial commissions.

Jakarta - President Jokowi would attend the G7 Summit in Japan on May 26-27.

London - Biaya liburan keluarga ke Eropa bisa naik jika warga Inggris memilih meninggalkan Uni Eropa bulan depan, kata Perdana Menteri David Cameron.

Ankara  - Perdana Menteri (PM) terpilih Turki Binali Yildirim mengumumkan daftar kabinet barunya pada Selasa (24/5).

Idomeni - Sedikitnya 200 polisi pada Selasa mulai membongkar kamp kumuh Idomeni Yunani di perbatasan dengan Makedonia, tempat lebih dari 8.400 imigran tinggal.

Paris - Penyelidik Perancis menyerbu markas Google di Paris pada Selasa (24/5) untuk penyelidikan masalah penghindaran pajak dan pencucian uang.

Palembang - Bank Indonesia mencatat pertumbuhan ekonomi di Sumatera Selatan sebesar 4,94% pada triwulan I/2016 didorong sejumlah pembangunan infrastruktur skala besar.