Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

KKP Gelar Pendaftaran CPNS Tanggal 5-19 September 2013

Warta Ekonomi -

WE.CO.ID - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada tahun 2013 merekrut Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sejumlah 325 orang untuk pelamar umum, yang akan ditempatkan/ditugaskan untuk mengisi kekosongan jabatan pada Kantor Pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan KKP di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jumlah tersebut merupakan tambahan formasi CPNS berdasarkan Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 161 Tahun 2013. Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal KKP Sjarief Widjaja di Kantor KKP Jakarta, Jumat (6/9/2013).

Proses recruitment CPNS KKP Tahun 2013 memang sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Menurut Sjarief, selain pelamar harus mengajukan lamaran secara online melalui situs www.ropeg.kkp.go.id, pelamar juga diwajibkan memilih salah satu jabatan yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan, alokasi/jumlah lowongan jabatan, dan penempatan.

"Yang berbeda, tahun ini pelamar hanya dapat melakukan pendaftaran satu kali secara online dan tidak dapat diubah. Untuk itu pelamar diharuskan mempelajari terlebih dahulu petunjuk pengisiannya," jelas Sjarief.

Pendaftaran CPNS KKP ini digelar secara online sejak tanggal 5 September 2013 kemarin dan akan berakhir pada 19 September 2013. Pelamar yang akan mendaftar menjadi CPNS KKP setidaknya harus memenuhi persyaratan umum dan persyaratan tambahan yang ditetapkan Biro Kepegawaian KKP, seperti ketentuan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan usia pelamar. IPK bagi pelamar Sarjana (SI)/Diploma IV dan Diploma III ditetapkan minimal 2,65 sedangkan bagi pascasarjana (S2) minimal 3,00. Sedangkan untuk pelamar Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM)/SMK Perikanan nilai rata-rata minimal 6,5 (negeri) dan 7 (swasta).
Selain itu pelamar serendah-rendahnya berusia 18 tahun pada tanggal 5 September 2013 dan setinggi-tingginya 35 tahun pada tanggal 31 Desember 2013.

Pelamar yang telah memenuhi syarat akan melewati beberapa tahapan pengadaan CPNS meliputi seleksi administrasi, pengesahan tanda peserta ujian CPNS dan registrasi ulang, ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD), ujian Tes Kompetensi Bidang, Psikotes dan Wawancara. Tempat pelaksanaan ujian TKD dibagi menjadi dua wilayah, yaitu wilayah Jakarta dan Daerah. Wilayah Jakarta akan dilaksanakan mulai tanggal 9-13 Oktober dan 16-20 Oktober 2013 di Kampus Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta.

Wilayah daerah dilaksanakan mulai tanggal 23-30 Oktober 2013 yang dibagi menjadi 5 (lima) lokasi yaitu Balai Diklat Perikanan Belawan, Balai Diklat Perikanan Tegal, Akademi Perikanan Sidoarjo, Akademi Perikanan Bitung, dan Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Makasar.

"Pelaksanaan recruitment ini tidak dipungut biaya apapun dan berkas lamaran sepenuhnya menjadi milik KKP. Pengumuman hasil ujian TKD dan hasil akhir pengadaan CPNS Tahun 2013 ini akan ditentukan kemudian dan keputusan hasil seleksi bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat," tutup Sjarief.

Informasi resmi yang terkait *recruitment *dapat dilihat melalui situs resmi Biro Kepegawaian KKP : www.ropeg.kkp.go.id. (ant)

Redaksi

Foto: Sufri Y.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: