• PT Tugu Pratama Insurance
Market Indices

KKP Gelar Pendaftaran CPNS Tanggal 5-19 September 2013

Rubrik Nasional

07 September 2013 12:01:00 WIB

WE.CO.ID - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada tahun 2013 merekrut Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sejumlah 325 orang untuk pelamar umum, yang akan ditempatkan/ditugaskan untuk mengisi kekosongan jabatan pada Kantor Pusat dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan KKP di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jumlah tersebut merupakan tambahan formasi CPNS berdasarkan Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 161 Tahun 2013. Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal KKP Sjarief Widjaja di Kantor KKP Jakarta, Jumat (6/9/2013).

Proses recruitment CPNS KKP Tahun 2013 memang sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Menurut Sjarief, selain pelamar harus mengajukan lamaran secara online melalui situs www.ropeg.kkp.go.id, pelamar juga diwajibkan memilih salah satu jabatan yang sesuai dengan kualifikasi pendidikan, alokasi/jumlah lowongan jabatan, dan penempatan.

"Yang berbeda, tahun ini pelamar hanya dapat melakukan pendaftaran satu kali secara online dan tidak dapat diubah. Untuk itu pelamar diharuskan mempelajari terlebih dahulu petunjuk pengisiannya," jelas Sjarief.

Pendaftaran CPNS KKP ini digelar secara online sejak tanggal 5 September 2013 kemarin dan akan berakhir pada 19 September 2013. Pelamar yang akan mendaftar menjadi CPNS KKP setidaknya harus memenuhi persyaratan umum dan persyaratan tambahan yang ditetapkan Biro Kepegawaian KKP, seperti ketentuan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan usia pelamar. IPK bagi pelamar Sarjana (SI)/Diploma IV dan Diploma III ditetapkan minimal 2,65 sedangkan bagi pascasarjana (S2) minimal 3,00. Sedangkan untuk pelamar Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM)/SMK Perikanan nilai rata-rata minimal 6,5 (negeri) dan 7 (swasta).
Selain itu pelamar serendah-rendahnya berusia 18 tahun pada tanggal 5 September 2013 dan setinggi-tingginya 35 tahun pada tanggal 31 Desember 2013.

Pelamar yang telah memenuhi syarat akan melewati beberapa tahapan pengadaan CPNS meliputi seleksi administrasi, pengesahan tanda peserta ujian CPNS dan registrasi ulang, ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD), ujian Tes Kompetensi Bidang, Psikotes dan Wawancara. Tempat pelaksanaan ujian TKD dibagi menjadi dua wilayah, yaitu wilayah Jakarta dan Daerah. Wilayah Jakarta akan dilaksanakan mulai tanggal 9-13 Oktober dan 16-20 Oktober 2013 di Kampus Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta.

Wilayah daerah dilaksanakan mulai tanggal 23-30 Oktober 2013 yang dibagi menjadi 5 (lima) lokasi yaitu Balai Diklat Perikanan Belawan, Balai Diklat Perikanan Tegal, Akademi Perikanan Sidoarjo, Akademi Perikanan Bitung, dan Balai Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Makasar.

"Pelaksanaan recruitment ini tidak dipungut biaya apapun dan berkas lamaran sepenuhnya menjadi milik KKP. Pengumuman hasil ujian TKD dan hasil akhir pengadaan CPNS Tahun 2013 ini akan ditentukan kemudian dan keputusan hasil seleksi bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat," tutup Sjarief.

Informasi resmi yang terkait *recruitment *dapat dilihat melalui situs resmi Biro Kepegawaian KKP : www.ropeg.kkp.go.id. (ant)

Redaksi

Foto: Sufri Y.

Editor: Cipto

Executive Brief

DPP Golkar masih belum tetapkan lokasi penyelenggaraan Munas IX.

AKR Land siap dorong pariwisata Sulawesi Utara melalui kawasan kota terpadu.

Boko Haram menembak mati lebih dari 25 orang yang sebagian besar nelayan di Borno, Nigeria.

Sekitar 50 orang tewas dan 60 lain luka akibat bom bunuh diri di Afghanistan.

Hasil Pertandingan Liga Eredivisie Belanda

FC Groningen 1 - 1 PSV Eindhoven

Heracles 3 - 1 ADO Den Haag

PEC Zwolle 1 - 2 FC Twente

FC Utrecht 1 - 3 Cambuur

Hasil Pertandingan Ligue 1 Prancis

Nantes 0 - 0 Saint Etienne

Montpellier 2 - 0 Toulouse

Hasil Pertandingan Bundesliga Jerman

Hamburger SV 2 - 0 Werder Bremen

VfB Stuttgart 0 - 1 Augsburg

Hasil Pertandingan Liga BBVA Spanyol

Rayo Vallecano 1 - 0 Celta Vigo

Levante 2 - 1 Valencia

Hasil Pertandingan Liga Serie A Italia

Torino 0 - 1 Sassuolo

Cesena 1 - 1 Sampdoria

Hellas Verona 1 - 2 Fiorentina

Parma 0 - 2 Empoli

SSC Napoli 3 - 3 Cagliari

Udinese 1 - 1 ChievoVerona

Hasil Pertandingan Liga Premier Inggris

Crystal Palace 3 - 1 Liverpool

Hull City 1 - 2 Tottenham Hotspur

Sebanyak 550 warga Jerman telah bergabung bersama pelaku jihad di Suriah dan Irak.

Entertainment

22 November 2014 - Olahraga

Babak Pertama Indonesia vs Vietnam Imbang

22 November 2014 - Olahraga

Ini Strategi Vietnam Saat Hadapi Indonesia

22 November 2014 - Olahraga

Filipina Lumat Laos 4-1 di Piala AFF