Market Indices

Dahlan Iskan Akan Patuh Terhadap Keputusan Mengenai Outsourcing BUMN

Rubrik Nasional

09 September 2013 15:15:00 WIB

WE.CO.ID - Menteri BUMN Dahlan Iskan menegaskan akan patuh terhadap Undang-Undang dan akan menaati hasil keputusan Panja Outsourcing DPR  nantinya. Menurutnya, secara umum soal ketenagakerjaan BUMN dan perusahaan swasta lain harus tunduk dengan regulasi Kementerian Tenaga Kerja. Sehingga, jika terjadi pelanggaran, maka mekanisme penyelesaiannya sama dengan perusahaan lainnya.

Dahlan meminta keputusan tegas dari Panja Outsourcing Komisi IX DPR dan apapun yang Panja putuskan, maka Kementerian BUMN akan menaatinya.

Sementara itu, menurut Indra dari Fraksi PKS jika kegiatan outsourcing ditiadakan, maka akan mengganggu proses produksi. Akan tetapi, Kemenakertrans sebelumnya telah menetapkan nota penetapan dimana outsourcing tidak diperbolehkan. Menurutnya, sebaiknya setiap nota penetapan harus segera dilaksanakan. Dan, seluruh perusahaan BUMN perlu dibuatkan nota penetapan masing-masing sehingga dapat terlihat jelas apa saja hal-hal yang dapat dioutsourcingkan atau tidak di Kementerian BUMN.

Adapun anggota DPR lainnya, Rieke, menentang keras jika outsourcing diturunkan pada persoalan tender. Karena menurutnya proses ketenagakerjaan tidak berhubungan dengan proses tender. Dimana Undang-Undang telah mengatur, dan koperasi juga bukanlah perusahaan penyedia ketenagakerjaan. Dan mengenai persoalan upah dimana adanya inpres tentang upah menurutnya harus ditolak karena harus disesuaikan dengan UU.

Sedangkan anggota DPR Okky Asokawati menyoroti mengenai penyelesaian kasus BUMN dan meminta tindakan jelas agar tenaga outsourcing dapat jelas jenjang karir kedepannya.

(Yuni E)

Foto : SY

Penulis: Yuni Ekowati

Editor: Ihsan

Recomended Reading

Executive Brief

Pemkab Bojonegoro pasang target pajak restoran Rp 1,5 miliar di APBD 2015.

Batik Air akan layani penerbangan Batam-Jakarta mulai 24 April 2015.

Telkom bagikan dividen sebesar Rp 8,8 triliun.

Visi Media Asia anggarkan capex Rp 600 miliar pada tahun ini.

BEI nilai kondisi pasar modal di dalam negeri masih stabil.

BI: Dampak pelemahan rupiah tidak dirasakan masyarakat Gorontalo.

Bank Syariah Mandiri Cabang Palembang himpun DPK Rp 600,49 miliar pada Maret 2015.

Menperin minta industri untuk perbanyak penggunaan bahan baku lokal.

Kadin: Jiwa kewirausahaan anak muda perlu ditumbuhkan.

Entertainment

17 April 2015 - Entertainment & Life Style

Pakar: Nutrisi Jus Buah Tidak Utuh Lagi

17 April 2015 - Entertainment & Life Style

Trans Retail Gandeng Trikomsel Dirikan Trans Hello