• Commonwealth Life
Market Indices

Citra Negatif Aburizal Menonjol Di Sosmed

Rubrik Politik

24 September 2013 21:33:00 WIB

WE.CO.ID - Jakarta, Bakal calon Presiden dari Partai Golkar, Aburizal Bakrie, mendapat kesan negatif paling menonjol dalam perbincangan di media sosial dibandingkan tokoh lainnya yang difavoritkan maju pada pemilihan Presiden 2014, demikian hasil survei lembaga peneliti perbincangan politik Politicawave.

"Perbincangan negatif Aburizal mencapai 44 persen, kesan positifnya hanya sembilan persen" kata Direktur Politicawave Yose Rizal di Jakarta, Selasa.

Menurut Yose, perbincangan mengenai Aburizal atau yang akrab disapa Ical, masih didominasi oleh citra perusahaannya, Lapindo, yang terlibat dalam bencana lumpur di Sidoarjo, Jawa Timur.

Selain itu, berbagai tindakan Aburizal pada beberapa waktu terakhir, seperti penolakan terhadap jurnalis saat "openhouse" Idul Fitri 2013, juga telah memicu sentiman negatif luas.

Yose mengatakan perbedaan pendapat di tubuh partai Golkar mengenai pencapresan Ical hingga memunculkan wacana evaluasi pencapresan dia juga masih menjadi wacana menarik yang terus diperbincangkan di media sosial.

Dari data yang dipaparkan Yose, faktor-faktor lain yang memicu sentimen negatif di antaranya penggunaan media massa secara masif oleh Ical untuk berkampanye, dan isu mengenai utang perusahaannya.

Di sisi lain, kata Yose, Ical mendapat suntikan popularitas ketika dirinya disebut sebagai capres ideal oleh tujuh purnawirawan jenderal TNI, kemudian kegiatan safari politik ke daerah dan dukungan dari mantan Presiden BJ Habibie.

Beberapa bakal calon presiden seperti Prabowo Subianto dari Partai Gerindra mendapat popularitas positif yakni 22 persen dibanding citra negatif 16 persen.

Kemudian bakal capres dari Partai Hanura, Wiranto, tidak berbeda jauh dengan Ical, mendapat kesan positif empat persen dan citra negatif sebanyak 14 persen.

Gubernur DKI Joko Widodo yang belum mendeklrasikan diri akan maju pada pemilu presiden, mencatat perbincangan tentang dirirnya mengandung kesan positif sebesar 13 persen dan citra negatif hanya dua persen.

Tokoh-tokoh lainnya seperti Jusuf Kalla, Pramono Edhie Wibowo, Dahlan Iskan, mendapat kesan negatif dengan persentase yang lebih rendah dari Ical.

Survei dan analisis yang dilakukan Politicawave dilakukan selama enam bulan sejak 1 Maret hingga 31 Agustus 2013 dengan menyaring 3.994.528 percakapan di media sosial dengan pengguna media sosial aktif sebanyak 1.156.874 orang.

Media sosial yang dimaksud adalah twitter, facebook, blog, youtube, juga mempertimbangkan perbincangan para kandidat bakal calon presiden dari pemberitaan media online. (Ant)

Foto : SY

Editor: Ihsan

Recomended Reading

Senin, 24/11/2014 02:17 WIB

Tingkatkan SDM untuk Hadapi MEA

Senin, 24/11/2014 05:55 WIB

Pro Kontra Larangan PNS Rapat di Hotel

Senin, 24/11/2014 21:39 WIB

Komisi XI DPR Tantang OJK Bikin Protokol Krisis

Kabar EkBis

24 November 2014 - Ekonomi Bisnis

Buruh Tolak Penetapan UMP 2015

24 November 2014 - Perikanan

Tiga Langkah Pemerintah Capai Ketahanan Air

Kabar Indonesia

24 November 2014 - Daerah

2016 Jakarta Bebas Banjir, Asal...

Executive Brief

Pengurus serikat pekerja dan manajemen Freeport sepakat bentuk dewan arbitrase.

Sebuah bom mobil meledak dan tewaskan 10 orang di Irak.

Tiga tentara Ukraina tewas dalam pertempuran antara pasukan pemerintah dan pemberontak.

Dua tentara AS tewas karena kendaraan mereka terkena bom di Kabul, Afghanistan.

Seorang mahasiswa seminari Yahudi Israel ditikam oleh tiga penyerang Palestina.

Hasil Pertandingan Liga BBVA Spanyol

Granada 0 - 0 Almeria

Hasil Pertandingan Liga Serie A Italia

Genoa 1 - 1 Palermo

Hasil Pertandingan Liga Premier Inggris

Aston Villa 1 - 1 Southampton

AKR Land siap dorong pariwisata Sulawesi Utara melalui kawasan kota terpadu.

Entertainment

24 November 2014 - Olahraga

Crystal Palace Menang 3-1 Atas Liverpool

22 November 2014 - Olahraga

Hendra/Ahsan Melangkah Ke Final Hongkong Open

22 November 2014 - Olahraga

Babak Pertama Indonesia vs Vietnam Imbang