Portal Berita Ekonomi Kamis, 25 Agustus 2016

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Market Indices
  • Composite Index Today: 5454.116 Change: 50.124 Stock: 534
  • Agriculture Today: 1896.831 Change: 11.082 Stock: 21
  • Mining Today: 1161.238 Change: -15.510 Stock: 43
  • Basic Industry and Chemicals Today: 507.349 Change: 3.601 Stock: 63
  • Miscellanous Industry Today: 1395.572 Change: 27.884 Stock: 42
  • Consumer Goods Today: 2519.191 Change: 50.882 Stock: 39
  • Cons., Property & Real Estate Today: 582.935 Change: 2.575 Stock: 62
  • Infrastruc., Utility & Trans. Today: 1156.559 Change: 6.363 Stock: 56
  • Finance Today: 806.537 Change: 4.048 Stock: 88
  • Trade & Service Today: 873.132 Change: 5.376 Stock: 120

KTT APEC - Indonesia Boleh Berbangga di KTT APEC

Foto Berita KTT APEC - Indonesia Boleh Berbangga di KTT APEC

WE.CO.ID, Nusa Dua, Bali - Indonesia boleh berbangga karena anggota Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (KTT APEC) di Nusa Dua, Bali, kali ini mendukung hampir seluruh gagasan (deliverables) yang tercakup dalam tiga prioritas utama pertemuan itu.

"Dari 20 gagasan yang diajukan oleh Indonesia dalam forum APEC 2013, sepenuhnya mendapatkan dukungan, namun masih ada beberapa gagasan yang memerlukan sedikit penyesuaian," kata Ketua Pertemuan Terakhir Pejabat Senior (CSOM) APEC 2013 Yuri Thamrin, Rabu (2/10).

Konferensi kali ini bertema "Resilient Asia-Pacific, Engine of Global Growth". Untuk mendukung tema itu Indonesia menetapkan tiga prioritas utama yaitu "Attaining the Bogor Goal" (mewujudkan dan mendukung pencapaian Bogor Goals), "Achieving Sustainable Growth with Equity" (pencapaian pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan adil), serta "Promoting Connectivity" (meningkatkan konektivitas).

Berkaitan dengan itu, dokumen yang diperoleh Antara, Kamis, menyebutkan bahwa Indonesia akan memajukan bidang jasa nasional yang dapat memberikan nilai tambah cukup besar bagi perekonomian melalui prioritas pencapaian Bogor Goals dalam konferensi yang diselenggarakan dengan biaya Rp364,17 miliar atau 35 juta dolar AS itu.

Bagi Indonesia, manfaat dari inisiatif ini adalah terkait pada upaya memajukan bidang jasa nasional, dimana sektor jasa dapat memberikan nilai tambah yang cukup besar bagi perekonomian.

Indonesia juga akan menjaga kepentingannya untuk menciptakan sistem perdagangan internasional yang tidak diskriminatif dan menjamin akses pasar bagi produk-produk ekspor Indonesia, melalui organisasi perdagangan dunia (WTO).

Dokumen itu juga menyebutkan bahwa salah satu usulan utama Indonesia adalah untuk meningkatkan pemahaman terhadap barang/produk yang dapat berkontribusi pada pembangunan yang berorientasi pada lingkungan (green growth), pengurangan angka kemiskinan dan pengembangan pedesaan, termasuk di dalamnya adalah minyak sawit (CPO), karet alam, serta produk kehutanan seperti kertas dan bubur kertas.

Proposal ini menekankan agar pada 2014 dapat dilaksanakan pengkajian oleh APEC guna mengidentifikasi produk-produk tertentu di luar barang manufaktur yang secara signifikan berkontribusi pada tujuan lingkungan, pembangunan pedesaan dan pengentasan kemiskinan. Hasil kajian ini akan berkontribusi terhadap diangkatnya agenda ini untuk dibahas lebih lanjut di APEC.

Dengan upaya tersebut, diharapkan akan meningkatkan pemahaman anggota APEC atas produk-produk dimaksud, seperti CPO dan karet alam, yang dalam beberapa kesempatan terkena hambatan (restriction) perdagangan di negara tujuan ekspor karena alasan lingkungan.

Atasi koruptor Dokumen tentang gagasan yang tertuang dalam prioritas Achieving Sustainable Growth with Equity juga menyebutkan, gagasan Indonesia untuk membentuk ACT-NET (Anti Corruption Task Force Network) selain sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk mencegah dan memberantas tindak pidana korupsi pada tingkat nasional, juga akan memperkuat komitmen pemerintah untuk bekerja sama dengan otoritas penegak hukum dari seluruh anggota ekonomi APEC.

Jaringan kerja sama ini akan difokuskan pada otoritas atau pejabat yang bertanggung jawab dalam menangani kasus korupsi di seluruh anggota ekonomi APEC. Dengan demikian, ACT-NET dapat turut membantu upaya pemerintah RI dalam mengusut kasus-kasus korupsi di luar wilayah Indonesia melalui jalur kerja sama informal dan formal diantara ekonomi APEC.

Berkaitan dengan inklusi keuangan (financial inclusion), bagi Indonesia dengan mempertimbangkan luas wilayah Indonesia, wilayah pedalaman serta yang sulit terjangkau, pengembangan pendekatan yang inovatif untuk meningkatkan eligibilitas keuangan masyarakat miskin dan usaha kecil menengah sangat penting untuk meningkatkan inklusi itu.

Selain itu inovasi teknologi, termasuk "branchless banking", perlu terus dikembangkan untuk mendukung "innovative delivery channels" dalam menjangkau masyarakat yang "unbanked" secara aman.

Mengenai isu pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam prioritas kedua itu, Indonesia akan mendorong daya saing UKM dan membuka kesempatan bagi UKM untuk berpartisipasi dalam perdagangan global. Indonesia juga akan memastikan perhatian khusus akan kebutuhan UKM di tengah krisis ekonomi, termasuk juga UKM yang dimiliki atau dikelola perempuan.

Indonesia juga akan mendorong dan membuka kesempatan bagi perempuan untuk berpartisipasi dalam perekonomian APEC, dan memastikan perhatian khusus akan kebutuhan perempuan di tengah krisis ekonomi.

Dokumen itu juga menyebutkan bahwa Indonesia menyadari sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki potensi kelautan dan sumber daya laut yang besar di berbagai bidang, seperti misalnya ketahanan pangan, energi terbarukan, transportasi dan pariwisata, harus memanfaatkan kerja sama APEC guna mendukung pembangunan di sektor tersebut.

Konektivitas Indonesia mengharapkan dapat memaksimalkan laju pembangunan ekonomi melalui konektivitas mengingat hal itu berdampak pada penguatan daya saing suatu ekonomi, pengurangan biaya dan waktu, serta peningkatan laju perdagangan, lalu lintas jasa dan manusia.

Indonesia mengusulkan "APEC Framework on Connectivity" yang dirancang sebagai sebuah dokumen strategis dan visioner yang berisi komitmen pemimpin ekonomi APEC untuk memajukan, memperdalam dan memperluas konektivitas fisik, institusional dan perorangan lintas dan lingkar pasifik di APEC, dengan target 2030.

Disebutkan juga bahwa mengingat kebutuhan dana infrastruktur tidak dapat sepenuhnya dipenuhi dengan dana pemerintah, Indonesia memandang penting pengembangan Public Private Partnership (PPP) sebagai salah satu cara untuk mengatasi permasalahan "infrastructure gap" melalui peran serta swasta untuk mendukung pemerintah dalam membangun infrastruktur.

APEC Indonesia 2013 telah membahas dan menggagas APEC Multi-Year Plan on Infrastructure Development and Investment (MYPIDI) yaitu rencana tahun jamak (multi-year) untuk meningkatkan kapasitas pemerintah dalam menyusun dan membangun proyek infrastruktur. Isu ini menjadi bagian dari pencapaian prioritas ketiga "Promoting Connectivity".

Indonesia juga akan mengangkat agenda terkait inisiatif fasilitasi perjalanan yang tengah dikembangkan di APEC, seperti misalnya fasilitasi pemberian visa bagi wisatawan, 'trusted traveler program', "advanced passenger information" dan "tourists friendly airport program".

Sebagai tindak lanjut kesepakatan pemimpin ekonomi APEC, Indonesia pada tahun keketuaan APEC 2013 telah mengajukan sebuah inisiatif untuk mengembangkan APEC Work Plan on Promoting Cross-Border Education Cooperation, yang akan diisi oleh ekonomi APEC dengan berbagai kegiatan dan proyek yang ditujukan untuk mendorong promosi kerja sama pendidikan lintas batas di kawasan Asia Pasifik.

APEC juga telah menyepakati dibentuknya Ad Hoc Coordinating Committee for the Work Plan on Promoting Cross-Border Education Cooperation untuk membantu dalam mengkoordinasikan berbagai masukan kegiatan dari Ekonomi APEC melalui berbagai fora-fora APEC terkait untuk menjadi bagian dari work plan tersebut.

Dalam rencana kerja, Indonesia telah mengajukan usul beberapa kegiatan, di antaranya yaitu upaya pengembangan panduan mobilitas siswa di kawasan, pembangunan kapasitas untuk penerapan National Qualifications Frameworks, pemetaan peraturan yang mendukung "good regulatory practices" untuk pendidikan lintas batas yang berkualitas, dan kerja sama penelitian dan publikasi di antara para peneliti APEC.

Pada masa mendatang diharapkan pengembangan inisiatif ini akan dapat membuka pasar yang lebih luas di kawasan bagi industri pendidikan tanah air serta mendorong konektivitas dan interaksi institusi dan perorangan di kawasan Asia Pasifik.

Dilandasi pemahaman bahwa wilayah Asia Pasifik merupakan wilayah yang sangat rawan bencana alam, maka Indonesia mengusulkan agar dibentuk suatu mekanisme untuk memberikan kemudahan mobilitas/ fasilitasi pergerakan bagi para petugas tanggap bencana dan alat penanggulangan bencana. Pada APEC 2013, Indonesia menggagas dibentuknya suatu "Emergency Response Travel Facilitation" (ERTF). (Ant/Ahmad Buchori)

Redaksi

Foto: Ist.

Penulis: ***

Editor: Sucipto

Executive Brief

  • Jadwal Pertandingan Kualifikasi Europa League (26/8)

    00:00 Broendby IF vs Panathinaikos

    00:00 Grasshopper vs Fenerbahce

    00:00 Liberec vs AEK Larnaca

    00:00 Rosenborg vs Austria Wien

    00:30 Partizani vs FC Krasnodar

  • Jadwal Pertandingan Kualifikasi Europa League (26/8)

    01:00 AZ Alkmaar vs Vojvodina

    01:00 Anderlecht vs Slavia Prague

    01:00 BATE Borisov vs FC Astana

    01:00 Genk vs NK Lokomotiva

    01:00 KF Shkendija vs Gent

    01:00 Osmanlispor FK vs FC Midtjylland

    01:00 PAOK Thessaloniki FC vs Dinamo Tbilisi

    01:00 Sparta Prague vs SoenderjyskE

  • Jadwal Pertandingan Kualifikasi Europa League (26/8)

    01:15 Maribor vs FK Qabala

    01:30 FK Crvena Zvezda vs Sassuolo

    01:30 Hajduk Split vs Maccabi Tel Aviv

    01:45 Olympiacos vs Arouca

    01:45 Saint-Etienne vs Beitar Jerusalem

    01:45 West Ham United vs Astra Giurgiu

  • Jadwal Pertandingan Kualifikasi Europa League (26/8)

    02:00 Shakhtar Donetsk vs Istanbul Basaksehir

    02:05 Rapid Wien vs Trencin

  • WIKA - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) segera menerbitkan saham baru dengan estimasi dana yang diterima perseroan hingga Rp6,15 triliun.

  • DMAS - PT Puradelta Lestari Tbk. tetap menggenjot penjualan lahan industri kendati target penjualan 50 hektare sudah terpenuhi pada awal bulan ini.

  • TBLA - PT Tunas Baru Lampung Tbk. (TBLA) mencatat kenaikan penjualan dan pendapatan sebesar 6,98% sepanjang semester I/2016.

  • PANR - PT Panorama Sentrawisata Tbk. (PANR) mencatat pertumbuhan laba bersih 2,66% sepanjang semester I/2016.

  • PSKT - PT Red Planet Indonesia Tbk. membatalkan rencana untuk menambah permodalan dengan menerbitkan saham baru tanpa hak memesan efek terlebih dahulu.

  • Bursa - Menjelang akhir Agustus 2016, nilai pencatatan saham baru dan rights issue di PT BEI masih menjadi capaian terendah dalam 10 tahun terakhir.

  • MEDC - PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) menerbitkan saham baru melalui mekanisme rights issue dengan target perolehan dana Rp1,94 triliun.

  • NIRO - PT Nirvana Development Tbk merevisi target pendapatan sewa tahun ini menjadi di atas 15% menyusul akuisisi Supermall Sukabumi.

  • UNVR - PT Unilever Indonesia Tbk meningkat dua kali sehingga mendorong pertumbuhan penjualan hingga dua digit.

  • MYOH - PT Samindo Resources Tbk. (MYOH) membukukan lonjakan laba bersih sebesar 25% menjadi US$12,19 juta dari sebelumnya US$9,75 juta lantaran tertolong laba kurs.

  • BEKS - Sandiaga Salahuddin Uno dan Edwin Soeryadjaya sebagai pemilik Saratoga & Recapital Group menjual seluruh kepemilikan di dalam PT Bank Pundi Indonesia Tbk. (BEKS).

  • TBMS - PT Tembaga Mulia Semanan Tbk. (TBMS) melesat tajam sebesar 535% menjadi US$4,24 juta dari sebelumnya US$667.453 lantaran tertolong laba kurs.

  • Jalan tol - Pemerintah menargetkan lelang konstruksi yang menjadi porsi pemerintah untuk tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan seksi I Oktober tahun ini.

  • Tol laut - Kementerian Koordinator bidang Maritim kembali mengkaji kinerja program tol laut dengan membuka rute baru di kawasan Indonesia bagian Bara.

  • Infrastruktur - Indonesia masih menghadapi tantangan yang sangat mendesak dalam percepatan pembangunan infrastruktur dengan rendahnya kualitas infrastruktur di Indonesia.

  • Pangan - Pemerintah meyakini perubahan cuaca belum menganggu produksi pangan seperti beras, kendati kemarau kering dan basah melanda.

  • BMRI - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. meproyeksi pertumbuhan kredit tahun depan lebih tinggi di atas tahun ini.

  • KKP - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti diperintah oleh Presiden Joko Widodo untuk mengevaluasi peraturan yang menghambat pengembangan perikanan.

  • BBRI - Meski BI menurunkan target kredit akhir tahun menjadi 7%9%, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. masih optimistis dapat menyalurkan kredit sebesar 16%.

  • BMRI - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. akan menerbitkan obligasi berkelanjutan I tahap I dengan target indikatif Rp5 triliun.

  • Reklamasi - Anggota DPR RI Bambang Haryo Soekartono minta proyek reklamasi Teluk Jakarta harus bisa menjadi sandaran bagi 90 persen kapal dunia.

  • Pilgub DKI - PKB akan deklarasikan Sandiaga Uno sebagai calon Gubernur DKI Jakarta 2017.

  • Pilgub DKI - Pengamat politik dari Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) Said Salahudin menilai posisi tawar Ahok di internal PDIP masih lemah.

  • Hukum - KontraS desak Presiden Joko Widodo untuk menindaklanjuti rekomendasi MK terkait putusan atas permohonan uji materil Undang-Undang Nomor 26 tahun 2000 tentang Pengadilan HAM.

  • Cukai Rokok - Anggota DPR RI dari Fraksi PKS Akmal Pasluddin meminta pemerintah untuk tetap menaikkan harga rokok sebagai salah satu cara meningkatkan tarif cukai rokok untuk penerimaan negara.

  • Pilgub DKI - Pengamat politik dari lembaga kajian Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago menilai PDI-P tidak akan mengusung Ahok sebagai calon Gubernur dalam Pilkada DKI Jakarta 2017.

  • Pemilu Legislatif - Putra sulung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Fuad Benardi berencana maju sebagai calon legislator pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

  • Hukum - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana S Yembise minta kepada DPR untuk segera mewujudkan hukum kebiri.

  • Yamaha - Menang lomba ketahanan Motor 8 jam di Suzuka, Alex Lowes mendapatkan kesempatan mencoba Yamaha MotoGP YZR-M1 tim Tech3.

  • Harga Emas - Harga buyback emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) pada perdagangan hari ini (25/8) Rp556.000 per gram.

  • Connecticut - Petra Kvitova mengalahkan Eugenie Bouchard 6-3, 6-2 untuk melaju ke perempat final Connecticut Open.

  • Kurs Rupiah - Hari ini (25/8) kurs rupiah referensi Bank Indonesia melemah di Rp13.267 dibanding kemarin di Rp13.252.

  • US Open - Thanasi Kokkinakis absen dari turnamen US Open akibat mengalami cedera.

  • Amerika Serikat - Greg Popovich akan menjadi pelatih baru tim Basket Amerika Serikat.

  • Force India - Force India mentargetkan meraih posisi keempat di klasemen konstruktor musim ini.

  • Bursa - Sore ini (25/8) IHSG ditutup menguat 50,12 poin, (0,93%) ke level 5.454,12

  • Ferrari - Bos Mercedes mengatakan Ferrari terlalu cepat untuk mengalihkan fokus ke musim 2017 setelah mengalami musim buruk di 2016.

  •  Kurs Rupiah - Sore ini (25/8) Rupiah ditutup menguat 12,00 poin (0.09%) ke Rp13.242 per dolar AS dibanding kemarin di Rp13.254. (Data Bloomberg).

  • CPO - Penutupan harga sore ini (25/8) CPO Kontrak Okt. 2016, naik 12 poin pada harga 2.650,00 Ringgit per metric ton (Bursa Malaysia).

  • Jadwal Pertandingan Kualifikasi Europa League (25/8)

    23:30 Qarabag FK vs IFK Gothenburg

  • Jadwal Pertandingan Persahabatan (25/8)

    23:00 Qatar vs Thailand

  • Yamaha - Pebalap Yamaha, Jorge Lorenzo menjadi yang tercepat dalam ujicoba pasca balapan di GP Ceko.

  • Pirelli - Pirelli telah mengkonfirmasi ban untuk Grand Prix Italia, dengan sebagian besar mendukung ban supersoft untuk Monza.

  • Force India - Force India tidak akan melakukan banyak perubahan di sisa musim 2016 dan lebih memilih fokus dalam pengembangan mobil di 2017.

  • Connecticut Open - Agnieszka Radwanska harus terhenti dibabak ketiga Connecticut Open setelah kalah dari Jelena Ostapenko  7-5, 6-1.

  • Jadwal Lengkap Formula 1 GP Belgia :

    Jumat, 26 Agustus 2016

    Practice 1 15:00 – 16:30 WIB

    Practice 2 19:00 – 20:30 WIB

    Sabtu, 27 Agustus 2016

    Practice 3 16:00 – 17:00 WIB

    Kualifikasi 19:00 – 20:00 WIB

    Minggu, 28 Agustus 2016

    RACE 19:00 WIB Live Global TV

  • Honda - Pabrikan Honda yakin tahun depan mereka dapat menyamai level Mercedes di Formula 1.

  • Renault - Bos Red Bull, Christian Horner memuji mobil Renault yang semakin mendekati level pimpinan sementara Mercedes.

  • Aprilia Racing - Eugene Laverty menyatakan tahun ini adalah tahun terakhirnya di Moto GP. Laverty akan pindah ke Superbike tahun depan bersama tim Aprilia Racing.

  • KTM - KTM resmi meluncurkan motor untuk Moto GP musim 2017 dengan nama KTM RC16.

  • Singapore - Upsized, stylish and going niche: Co-working spaces bloom in Singapore.

  • Seoul - Audi recalls A8 models in South Korea due to stalling problem, the transport ministry said on Wed (24/8).

Click to Scroll Down

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 3,514.87 3,478.27
British Pound GBP 17,169.60 16,991.11
China Yuan CNY 1,989.13 1,969.21
Dolar Amerika Serikat USD 13,179.00 13,047.00
Dolar Australia AUD 10,171.55 10,063.15
Dolar Hong Kong HKD 1,699.24 1,682.01
Dolar Singapura SGD 9,827.01 9,722.78
EURO Spot Rate EUR 14,736.76 14,583.94
Ringgit Malaysia MYR 3,292.28 3,255.24
Yen Jepang JPY 13,026.59 12,889.75

Ringkasan BEI

No Code Prev Close Change %
1 FISH 1,900 2,370 470 24.74
2 LMPI 146 182 36 24.66
3 KARW 222 276 54 24.32
4 IPOL 125 138 13 10.40
5 KBLM 254 278 24 9.45
6 PJAA 1,950 2,120 170 8.72
7 TMAS 1,605 1,720 115 7.17
8 KAEF 2,070 2,200 130 6.28
9 SSTM 198 210 12 6.06
10 INDY 675 715 40 5.93
No Code Prev Close Change %
1 GDST 100 90 -10 -10.00
2 BAJA 222 200 -22 -9.91
3 PICO 224 202 -22 -9.82
4 BYAN 8,200 7,400 -800 -9.76
5 BSWD 2,060 1,860 -200 -9.71
6 MGNA 83 75 -8 -9.64
7 HDFA 250 226 -24 -9.60
8 PLAS 1,590 1,440 -150 -9.43
9 BCIP 1,360 1,235 -125 -9.19
10 BEKS 66 60 -6 -9.09
No Code Prev Close Change %
1 INPC 110 115 5 4.55
2 PGAS 3,200 3,330 130 4.06
3 SSMS 1,640 1,660 20 1.22
4 TLKM 4,220 4,220 0 0.00
5 ASII 8,200 8,400 200 2.44
6 BHIT 159 159 0 0.00
7 EXCL 3,150 3,080 -70 -2.22
8 KLBF 1,755 1,800 45 2.56
9 INDF 7,900 7,950 50 0.63
10 ICBP 9,300 9,625 325 3.49
No Code Freq Value
1 YU 26,876 1,002,704,621,300
2 RX 8,752 874,430,384,200
3 DX 21,670 815,089,183,195
4 YP 50,847 709,181,484,586
5 CC 43,817 708,834,947,400
6 ML 24,419 696,563,863,500
7 AK 27,245 659,884,999,498
8 DB 26,788 644,999,872,500
9 ZP 12,763 505,194,070,036
10 MS 7,537 491,246,022,000