Market Indices

KTT APEC - Indonesia Boleh Berbangga di KTT APEC

Rubrik Ekonomi Bisnis

05 Oktober 2013 19:01:00 WIB

WE.CO.ID, Nusa Dua, Bali - Indonesia boleh berbangga karena anggota Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (KTT APEC) di Nusa Dua, Bali, kali ini mendukung hampir seluruh gagasan (deliverables) yang tercakup dalam tiga prioritas utama pertemuan itu.

"Dari 20 gagasan yang diajukan oleh Indonesia dalam forum APEC 2013, sepenuhnya mendapatkan dukungan, namun masih ada beberapa gagasan yang memerlukan sedikit penyesuaian," kata Ketua Pertemuan Terakhir Pejabat Senior (CSOM) APEC 2013 Yuri Thamrin, Rabu (2/10).

Konferensi kali ini bertema "Resilient Asia-Pacific, Engine of Global Growth". Untuk mendukung tema itu Indonesia menetapkan tiga prioritas utama yaitu "Attaining the Bogor Goal" (mewujudkan dan mendukung pencapaian Bogor Goals), "Achieving Sustainable Growth with Equity" (pencapaian pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan adil), serta "Promoting Connectivity" (meningkatkan konektivitas).

Berkaitan dengan itu, dokumen yang diperoleh Antara, Kamis, menyebutkan bahwa Indonesia akan memajukan bidang jasa nasional yang dapat memberikan nilai tambah cukup besar bagi perekonomian melalui prioritas pencapaian Bogor Goals dalam konferensi yang diselenggarakan dengan biaya Rp364,17 miliar atau 35 juta dolar AS itu.

Bagi Indonesia, manfaat dari inisiatif ini adalah terkait pada upaya memajukan bidang jasa nasional, dimana sektor jasa dapat memberikan nilai tambah yang cukup besar bagi perekonomian.

Indonesia juga akan menjaga kepentingannya untuk menciptakan sistem perdagangan internasional yang tidak diskriminatif dan menjamin akses pasar bagi produk-produk ekspor Indonesia, melalui organisasi perdagangan dunia (WTO).

Dokumen itu juga menyebutkan bahwa salah satu usulan utama Indonesia adalah untuk meningkatkan pemahaman terhadap barang/produk yang dapat berkontribusi pada pembangunan yang berorientasi pada lingkungan (green growth), pengurangan angka kemiskinan dan pengembangan pedesaan, termasuk di dalamnya adalah minyak sawit (CPO), karet alam, serta produk kehutanan seperti kertas dan bubur kertas.

Proposal ini menekankan agar pada 2014 dapat dilaksanakan pengkajian oleh APEC guna mengidentifikasi produk-produk tertentu di luar barang manufaktur yang secara signifikan berkontribusi pada tujuan lingkungan, pembangunan pedesaan dan pengentasan kemiskinan. Hasil kajian ini akan berkontribusi terhadap diangkatnya agenda ini untuk dibahas lebih lanjut di APEC.

Dengan upaya tersebut, diharapkan akan meningkatkan pemahaman anggota APEC atas produk-produk dimaksud, seperti CPO dan karet alam, yang dalam beberapa kesempatan terkena hambatan (restriction) perdagangan di negara tujuan ekspor karena alasan lingkungan.

Atasi koruptor Dokumen tentang gagasan yang tertuang dalam prioritas Achieving Sustainable Growth with Equity juga menyebutkan, gagasan Indonesia untuk membentuk ACT-NET (Anti Corruption Task Force Network) selain sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk mencegah dan memberantas tindak pidana korupsi pada tingkat nasional, juga akan memperkuat komitmen pemerintah untuk bekerja sama dengan otoritas penegak hukum dari seluruh anggota ekonomi APEC.

Jaringan kerja sama ini akan difokuskan pada otoritas atau pejabat yang bertanggung jawab dalam menangani kasus korupsi di seluruh anggota ekonomi APEC. Dengan demikian, ACT-NET dapat turut membantu upaya pemerintah RI dalam mengusut kasus-kasus korupsi di luar wilayah Indonesia melalui jalur kerja sama informal dan formal diantara ekonomi APEC.

Berkaitan dengan inklusi keuangan (financial inclusion), bagi Indonesia dengan mempertimbangkan luas wilayah Indonesia, wilayah pedalaman serta yang sulit terjangkau, pengembangan pendekatan yang inovatif untuk meningkatkan eligibilitas keuangan masyarakat miskin dan usaha kecil menengah sangat penting untuk meningkatkan inklusi itu.

Selain itu inovasi teknologi, termasuk "branchless banking", perlu terus dikembangkan untuk mendukung "innovative delivery channels" dalam menjangkau masyarakat yang "unbanked" secara aman.

Mengenai isu pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam prioritas kedua itu, Indonesia akan mendorong daya saing UKM dan membuka kesempatan bagi UKM untuk berpartisipasi dalam perdagangan global. Indonesia juga akan memastikan perhatian khusus akan kebutuhan UKM di tengah krisis ekonomi, termasuk juga UKM yang dimiliki atau dikelola perempuan.

Indonesia juga akan mendorong dan membuka kesempatan bagi perempuan untuk berpartisipasi dalam perekonomian APEC, dan memastikan perhatian khusus akan kebutuhan perempuan di tengah krisis ekonomi.

Dokumen itu juga menyebutkan bahwa Indonesia menyadari sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki potensi kelautan dan sumber daya laut yang besar di berbagai bidang, seperti misalnya ketahanan pangan, energi terbarukan, transportasi dan pariwisata, harus memanfaatkan kerja sama APEC guna mendukung pembangunan di sektor tersebut.

Konektivitas Indonesia mengharapkan dapat memaksimalkan laju pembangunan ekonomi melalui konektivitas mengingat hal itu berdampak pada penguatan daya saing suatu ekonomi, pengurangan biaya dan waktu, serta peningkatan laju perdagangan, lalu lintas jasa dan manusia.

Indonesia mengusulkan "APEC Framework on Connectivity" yang dirancang sebagai sebuah dokumen strategis dan visioner yang berisi komitmen pemimpin ekonomi APEC untuk memajukan, memperdalam dan memperluas konektivitas fisik, institusional dan perorangan lintas dan lingkar pasifik di APEC, dengan target 2030.

Disebutkan juga bahwa mengingat kebutuhan dana infrastruktur tidak dapat sepenuhnya dipenuhi dengan dana pemerintah, Indonesia memandang penting pengembangan Public Private Partnership (PPP) sebagai salah satu cara untuk mengatasi permasalahan "infrastructure gap" melalui peran serta swasta untuk mendukung pemerintah dalam membangun infrastruktur.

APEC Indonesia 2013 telah membahas dan menggagas APEC Multi-Year Plan on Infrastructure Development and Investment (MYPIDI) yaitu rencana tahun jamak (multi-year) untuk meningkatkan kapasitas pemerintah dalam menyusun dan membangun proyek infrastruktur. Isu ini menjadi bagian dari pencapaian prioritas ketiga "Promoting Connectivity".

Indonesia juga akan mengangkat agenda terkait inisiatif fasilitasi perjalanan yang tengah dikembangkan di APEC, seperti misalnya fasilitasi pemberian visa bagi wisatawan, 'trusted traveler program', "advanced passenger information" dan "tourists friendly airport program".

Sebagai tindak lanjut kesepakatan pemimpin ekonomi APEC, Indonesia pada tahun keketuaan APEC 2013 telah mengajukan sebuah inisiatif untuk mengembangkan APEC Work Plan on Promoting Cross-Border Education Cooperation, yang akan diisi oleh ekonomi APEC dengan berbagai kegiatan dan proyek yang ditujukan untuk mendorong promosi kerja sama pendidikan lintas batas di kawasan Asia Pasifik.

APEC juga telah menyepakati dibentuknya Ad Hoc Coordinating Committee for the Work Plan on Promoting Cross-Border Education Cooperation untuk membantu dalam mengkoordinasikan berbagai masukan kegiatan dari Ekonomi APEC melalui berbagai fora-fora APEC terkait untuk menjadi bagian dari work plan tersebut.

Dalam rencana kerja, Indonesia telah mengajukan usul beberapa kegiatan, di antaranya yaitu upaya pengembangan panduan mobilitas siswa di kawasan, pembangunan kapasitas untuk penerapan National Qualifications Frameworks, pemetaan peraturan yang mendukung "good regulatory practices" untuk pendidikan lintas batas yang berkualitas, dan kerja sama penelitian dan publikasi di antara para peneliti APEC.

Pada masa mendatang diharapkan pengembangan inisiatif ini akan dapat membuka pasar yang lebih luas di kawasan bagi industri pendidikan tanah air serta mendorong konektivitas dan interaksi institusi dan perorangan di kawasan Asia Pasifik.

Dilandasi pemahaman bahwa wilayah Asia Pasifik merupakan wilayah yang sangat rawan bencana alam, maka Indonesia mengusulkan agar dibentuk suatu mekanisme untuk memberikan kemudahan mobilitas/ fasilitasi pergerakan bagi para petugas tanggap bencana dan alat penanggulangan bencana. Pada APEC 2013, Indonesia menggagas dibentuknya suatu "Emergency Response Travel Facilitation" (ERTF). (Ant/Ahmad Buchori)

Redaksi

Foto: Ist.

Penulis/Editor: Sucipto

Berita Terkini

Sabtu, 06/02/2016 04:47 WIB

Agung Laksono Tidak Setuju DPD Dibubarkan

Sabtu, 06/02/2016 04:07 WIB

Jokowi: Infrastruktur Jadi Kunci Persaingan Global

Sabtu, 06/02/2016 03:37 WIB

Kejagung: Setya Novanto Bantah Suara di Rekaman Freeport

Sabtu, 06/02/2016 03:07 WIB

PKB Ingin DPD Dibubarkan

Sabtu, 06/02/2016 02:37 WIB

Menteri Yohana: 2016 Adalah Tahun Kebangkitan Perempuan

Sabtu, 06/02/2016 02:11 WIB

Wagub Djarot: Jakarta Siap Gelar KTT Luar Biasa OKI

Sabtu, 06/02/2016 01:37 WIB

RSCM Bantah Terlibat Perdagangan Ginjal

Sabtu, 06/02/2016 01:19 WIB

Windows Makin Populer?

Executive Brief

Linkedln memperkirakan profit pada kuartal I di bawah harapan para analis.

Taipei - Foxconn menawarkan untuk investasi senilai US$5,6 miliar di Sharp Corp., yang sedang limbung.

The New York Times Co melaporkan profit pada kuartal IV 2015 lebih baik dari harapan analis.

Matt LeBlanc, bintang "Friends" akan bergabung dengan "Top Gear", program populer punya BBC.

Washington - Presiden Obama mengusulkan pajak US$10 per barel terhadap perusahaan minyak, yang akan digunakan untuk membangun infrastruktur.

Liverpool- Fans Liverpool dikabarkan akan walk out pada pertandingan Sabtu melawan Sunderland sebagai protes kenaikan harga tiket.

BTN - Laba bersih BTN mencapai Rp 1,85 triliun hingga akhir 2015, naik 62% dari tahun 2014 yang tercatat sebesar Rp 1,15 triliun.

Bank- Bank MNC International Tbk masih dalam proses pencarian untuk bank yang akan diakuisisi perseroan pada tahun ini.

Bank - Beberapa bank berencana masuk ke produk layanan wealth management untuk bisa menggaet nasabah dari kalangan menengah atas.

Bank - OJK ungkapkan sebanyak 82 persen atai sembilan dari 11 BPR dicabut izin usahanya dalam kurun waktu 2014-2016.

Emiten - Sejumlah emiten memproyeksi pendapatan dari lini bisnis logistik bakal meningkat berkat operasional Pusat Logistik Berikat yang baru dibentuk.

Ekonomi - BPS merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2015 sebesar 4,79 persen.

KPK - Pengacara RJ Lino, Maqdir Ismail sebut kliennya akan penuhi panggilan KPK kali ini.

Ekonomi - Direktur Pelaksana IMF memperingatkan perlambatan di negara berkembang sebabkan meningkatnya ketidaksetaraan dalam ekonomi global.

Bursa - PT Pembangunan Perumahan bukukan laba bersih yang didistribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp732 miliar pada 2015.

PKS - Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid tegaskan jika PKS tetap berada diluar pemerintah sebagai oposisi.

KMP - Ditinggal PAN dan Golkar, KMP yang hanya bersisa Gerindra dan PKS akhirnya mengaku bubar.

PPP - Sekjen PPP Muktamar Jakarta mengaku pasrah atas sikap Menkumham yang enggan keluarkan SK Kepengurusan hasil Muktamar Jakarta.

Ekonomi - BPS mencatat pendapatam per kapita atas dasar harga berlaku Indonesia pada periode 2015 sebesar Rp45,18 juta.

BUMN - Kementerian BUMN mengaku memiliki regulasi khusus untuk penetapan jajaran komisaris dan direksi pada tiap perusahaan plat merah.

Hukum - Ketum Partai Perindo Hary Hary Tanoesoedibjo laporkan Jaksa Agung HM Prasetyo terkait pencemaran nama baik ke Bareskrim, Jumat (5/2).

BUMN - Kementerian BUMN catat sebanyak 18 petinggi perusahaan pelat merah bakal habis masa baktinya dalam tiga bulan ke depan.

DPR - Komisi V DPR menjamin akan menjadi yang terdepan dalam menolak pembangunan kereta cepat jika melanggar aturan.

BBM - Wapres JK nilai wacana Ahok untuk hapus BBM jenis premium di DKI hanya sebagai pandangan pribadi.

Trend Kurs USD/IDR (1-5 Feb 2016)

Senin  : Rp13.635

Selasa: Rp13.680

Rabu  : Rp13.749

Kamis : Rp13.641

Jumat : Rp13.620

Sumber : Data Reuters

Kereta cepat - Ketua PP Muhammadiyah Busyro Muqoddas menilai banyak terjadi keanehan pada pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta - Bandung.

PHK - Kemenperin yakin Toshiba dan Panasonic tak semena-mena pada pekerja.

Jadwal Pertandingan Premier League Inggris (7/2)

00:30 Southampton vs West Ham United

20:30 AFC Bournemouth vs Arsenal

23:00 Chelsea vs Manchester United

Jadwal Pertandingan Liga Serie A Italia (7/2)

00:00 Bologna vs Fiorentina

02:45 Genoa vs Lazio

18:30 Hellas Verona vs Inter

21:00 AC Milan vs Udinese

21:00 Frosinone vs Juventus

21:00 SSC Napoli vs Carpi

21:00 Sassuolo vs Palermo

21:00 Torino vs ChievoVerona

Jadwal Pertandingan Liga BBVA Spanyol (7/2)

00:15 Rayo Vallecano vs Las Palmas

02:30 Athletic Bilbao vs Villarreal

04:05 Sporting Gijon vs Deportivo La Coruna

18:00 Levante vs Barcelona

22:00 Real Betis vs Valencia

Tren IHSG (1-5 Februari 2016)

Senin   : 4.624

Selasa : 4.587

Rabu    : 4.596

Kamis  : 4.665

Jumat  : 4.798

Los Angeles - Maurice White, pendiri band R&B Earth, Wind & Fire meninggal pada usia 74.

Jadwal Pertandingan Premier League Inggris (6/2)

19:45 Manchester City vs Leicester City

22:00 Aston Villa vs Norwich City

22:00 Liverpool vs Sunderland

22:00 Newcastle United vs West Bromwich Albion

22:00 Stoke City vs Everton

22:00 Swansea City vs Crystal Palace

22:00 Tottenham Hotspur vs Watford

Industri dengan gaji Terbesar di China 2016

1. Perbankan

2. Properti

3. Software

4. Energi dan Pertambangan

5. E-Commerce

6. Game Online

7. Jasa Perantara (Makelar)

Sumber:  China Daily (Feb, 2016)

London - Global Survey perekonomian 2016 menunjukan:

Sektor jasa AS pertumbuhannya menurun

Aktivitas Euro lemah

Asia membaik

Washington - Mozilla akan menghentikan Firefox smartphone operating system.

ISIS - Irak membujuk perusahaan-perusahaan satelit agar menghentikan pelayanan Internet di daerah-daerah yang dikuasai ISIS.

Beijing - Hacker menyerang 20 juta akun aktif di website e-commerce Taobao milik Alibaba Groups.

Buruh - KSPI: Sekitar 20 ribu buruh akan unjuk rasa ke Istana pada 6 Februari 2016.

Recommended Reading

Jum'at, 05/02/2016 17:15 WIB

BKPM Tegaskan Tidak Ada PHK Massal

Jum'at, 05/02/2016 16:48 WIB

BEI: Kenaikan IHSG Dipicu Prospek Positif Ekonomi

Jum'at, 05/02/2016 15:12 WIB

Bank Dunia Tingkatkan Pembiayaan Untuk Kawasan Timur Tengah

Jum'at, 05/02/2016 11:34 WIB

Ekonom: Belanja Fiskal Pertahankan Tren Positif Pertumbuhan

Jum'at, 05/02/2016 11:31 WIB

Ini Dia 10 Orang Paling Kaya di Tanah Asia

Jum'at, 05/02/2016 11:12 WIB

YLKI: Penghapusan Premium di Jakarta Tidak Efektif

Jum'at, 05/02/2016 09:34 WIB

BPS: Pertumbuhan Ekonomi 2015 Sebesar 4,79%

Jum'at, 05/02/2016 03:14 WIB

2015, Kinerja Industri Pembiayaan Meningkat 1,25%

Entertainment

02 Februari 2016 - Entertainment & Life Style

Pakar: Gadget Berdampak Turunnya Hubungan Antarmanusia

02 Februari 2016 - Olahraga

Guardiola Jadi Manajer City Mulai Juli