Market Indices

KTT APEC - Indonesia Boleh Berbangga di KTT APEC

Rubrik Ekonomi Bisnis

05 Oktober 2013 19:01:00 WIB

WE.CO.ID, Nusa Dua, Bali - Indonesia boleh berbangga karena anggota Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (KTT APEC) di Nusa Dua, Bali, kali ini mendukung hampir seluruh gagasan (deliverables) yang tercakup dalam tiga prioritas utama pertemuan itu.

"Dari 20 gagasan yang diajukan oleh Indonesia dalam forum APEC 2013, sepenuhnya mendapatkan dukungan, namun masih ada beberapa gagasan yang memerlukan sedikit penyesuaian," kata Ketua Pertemuan Terakhir Pejabat Senior (CSOM) APEC 2013 Yuri Thamrin, Rabu (2/10).

Konferensi kali ini bertema "Resilient Asia-Pacific, Engine of Global Growth". Untuk mendukung tema itu Indonesia menetapkan tiga prioritas utama yaitu "Attaining the Bogor Goal" (mewujudkan dan mendukung pencapaian Bogor Goals), "Achieving Sustainable Growth with Equity" (pencapaian pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan adil), serta "Promoting Connectivity" (meningkatkan konektivitas).

Berkaitan dengan itu, dokumen yang diperoleh Antara, Kamis, menyebutkan bahwa Indonesia akan memajukan bidang jasa nasional yang dapat memberikan nilai tambah cukup besar bagi perekonomian melalui prioritas pencapaian Bogor Goals dalam konferensi yang diselenggarakan dengan biaya Rp364,17 miliar atau 35 juta dolar AS itu.

Bagi Indonesia, manfaat dari inisiatif ini adalah terkait pada upaya memajukan bidang jasa nasional, dimana sektor jasa dapat memberikan nilai tambah yang cukup besar bagi perekonomian.

Indonesia juga akan menjaga kepentingannya untuk menciptakan sistem perdagangan internasional yang tidak diskriminatif dan menjamin akses pasar bagi produk-produk ekspor Indonesia, melalui organisasi perdagangan dunia (WTO).

Dokumen itu juga menyebutkan bahwa salah satu usulan utama Indonesia adalah untuk meningkatkan pemahaman terhadap barang/produk yang dapat berkontribusi pada pembangunan yang berorientasi pada lingkungan (green growth), pengurangan angka kemiskinan dan pengembangan pedesaan, termasuk di dalamnya adalah minyak sawit (CPO), karet alam, serta produk kehutanan seperti kertas dan bubur kertas.

Proposal ini menekankan agar pada 2014 dapat dilaksanakan pengkajian oleh APEC guna mengidentifikasi produk-produk tertentu di luar barang manufaktur yang secara signifikan berkontribusi pada tujuan lingkungan, pembangunan pedesaan dan pengentasan kemiskinan. Hasil kajian ini akan berkontribusi terhadap diangkatnya agenda ini untuk dibahas lebih lanjut di APEC.

Dengan upaya tersebut, diharapkan akan meningkatkan pemahaman anggota APEC atas produk-produk dimaksud, seperti CPO dan karet alam, yang dalam beberapa kesempatan terkena hambatan (restriction) perdagangan di negara tujuan ekspor karena alasan lingkungan.

Atasi koruptor Dokumen tentang gagasan yang tertuang dalam prioritas Achieving Sustainable Growth with Equity juga menyebutkan, gagasan Indonesia untuk membentuk ACT-NET (Anti Corruption Task Force Network) selain sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk mencegah dan memberantas tindak pidana korupsi pada tingkat nasional, juga akan memperkuat komitmen pemerintah untuk bekerja sama dengan otoritas penegak hukum dari seluruh anggota ekonomi APEC.

Jaringan kerja sama ini akan difokuskan pada otoritas atau pejabat yang bertanggung jawab dalam menangani kasus korupsi di seluruh anggota ekonomi APEC. Dengan demikian, ACT-NET dapat turut membantu upaya pemerintah RI dalam mengusut kasus-kasus korupsi di luar wilayah Indonesia melalui jalur kerja sama informal dan formal diantara ekonomi APEC.

Berkaitan dengan inklusi keuangan (financial inclusion), bagi Indonesia dengan mempertimbangkan luas wilayah Indonesia, wilayah pedalaman serta yang sulit terjangkau, pengembangan pendekatan yang inovatif untuk meningkatkan eligibilitas keuangan masyarakat miskin dan usaha kecil menengah sangat penting untuk meningkatkan inklusi itu.

Selain itu inovasi teknologi, termasuk "branchless banking", perlu terus dikembangkan untuk mendukung "innovative delivery channels" dalam menjangkau masyarakat yang "unbanked" secara aman.

Mengenai isu pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam prioritas kedua itu, Indonesia akan mendorong daya saing UKM dan membuka kesempatan bagi UKM untuk berpartisipasi dalam perdagangan global. Indonesia juga akan memastikan perhatian khusus akan kebutuhan UKM di tengah krisis ekonomi, termasuk juga UKM yang dimiliki atau dikelola perempuan.

Indonesia juga akan mendorong dan membuka kesempatan bagi perempuan untuk berpartisipasi dalam perekonomian APEC, dan memastikan perhatian khusus akan kebutuhan perempuan di tengah krisis ekonomi.

Dokumen itu juga menyebutkan bahwa Indonesia menyadari sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki potensi kelautan dan sumber daya laut yang besar di berbagai bidang, seperti misalnya ketahanan pangan, energi terbarukan, transportasi dan pariwisata, harus memanfaatkan kerja sama APEC guna mendukung pembangunan di sektor tersebut.

Konektivitas Indonesia mengharapkan dapat memaksimalkan laju pembangunan ekonomi melalui konektivitas mengingat hal itu berdampak pada penguatan daya saing suatu ekonomi, pengurangan biaya dan waktu, serta peningkatan laju perdagangan, lalu lintas jasa dan manusia.

Indonesia mengusulkan "APEC Framework on Connectivity" yang dirancang sebagai sebuah dokumen strategis dan visioner yang berisi komitmen pemimpin ekonomi APEC untuk memajukan, memperdalam dan memperluas konektivitas fisik, institusional dan perorangan lintas dan lingkar pasifik di APEC, dengan target 2030.

Disebutkan juga bahwa mengingat kebutuhan dana infrastruktur tidak dapat sepenuhnya dipenuhi dengan dana pemerintah, Indonesia memandang penting pengembangan Public Private Partnership (PPP) sebagai salah satu cara untuk mengatasi permasalahan "infrastructure gap" melalui peran serta swasta untuk mendukung pemerintah dalam membangun infrastruktur.

APEC Indonesia 2013 telah membahas dan menggagas APEC Multi-Year Plan on Infrastructure Development and Investment (MYPIDI) yaitu rencana tahun jamak (multi-year) untuk meningkatkan kapasitas pemerintah dalam menyusun dan membangun proyek infrastruktur. Isu ini menjadi bagian dari pencapaian prioritas ketiga "Promoting Connectivity".

Indonesia juga akan mengangkat agenda terkait inisiatif fasilitasi perjalanan yang tengah dikembangkan di APEC, seperti misalnya fasilitasi pemberian visa bagi wisatawan, 'trusted traveler program', "advanced passenger information" dan "tourists friendly airport program".

Sebagai tindak lanjut kesepakatan pemimpin ekonomi APEC, Indonesia pada tahun keketuaan APEC 2013 telah mengajukan sebuah inisiatif untuk mengembangkan APEC Work Plan on Promoting Cross-Border Education Cooperation, yang akan diisi oleh ekonomi APEC dengan berbagai kegiatan dan proyek yang ditujukan untuk mendorong promosi kerja sama pendidikan lintas batas di kawasan Asia Pasifik.

APEC juga telah menyepakati dibentuknya Ad Hoc Coordinating Committee for the Work Plan on Promoting Cross-Border Education Cooperation untuk membantu dalam mengkoordinasikan berbagai masukan kegiatan dari Ekonomi APEC melalui berbagai fora-fora APEC terkait untuk menjadi bagian dari work plan tersebut.

Dalam rencana kerja, Indonesia telah mengajukan usul beberapa kegiatan, di antaranya yaitu upaya pengembangan panduan mobilitas siswa di kawasan, pembangunan kapasitas untuk penerapan National Qualifications Frameworks, pemetaan peraturan yang mendukung "good regulatory practices" untuk pendidikan lintas batas yang berkualitas, dan kerja sama penelitian dan publikasi di antara para peneliti APEC.

Pada masa mendatang diharapkan pengembangan inisiatif ini akan dapat membuka pasar yang lebih luas di kawasan bagi industri pendidikan tanah air serta mendorong konektivitas dan interaksi institusi dan perorangan di kawasan Asia Pasifik.

Dilandasi pemahaman bahwa wilayah Asia Pasifik merupakan wilayah yang sangat rawan bencana alam, maka Indonesia mengusulkan agar dibentuk suatu mekanisme untuk memberikan kemudahan mobilitas/ fasilitasi pergerakan bagi para petugas tanggap bencana dan alat penanggulangan bencana. Pada APEC 2013, Indonesia menggagas dibentuknya suatu "Emergency Response Travel Facilitation" (ERTF). (Ant/Ahmad Buchori)

Redaksi

Foto: Ist.

Penulis: ***

Editor: Sucipto

Executive Brief

Bursa - Pagi ini (4/5) IHSG dibuka melemah 3,61 poin (0,08%) ke level 4.808,65

Amerika - Indeks saham-saham Amerika, penutupan (3/5):

Dow 30.... 17.750,91 -140,25 (-0,78%)

S&P 500.. 2.063,37 -18,06 (-0,87%)

Nasdaq.... 4.763,22 -54,37 (-1,13%)

Eropa - Indeks saham-saham Eropa, penutupan (3/5):

FTSE 100.. 6.185,59 -56,30 (-0,90%)

CAC 40.... 4.371,98 -70,77 (-1,59%)

DAX......... 9.926,77 -196,50 (-1,94%)

INDY - PT Indika Energy Tbk., mengantongi kontrak jasa pertambangan dan jasa sewa perlengkapan dari PT Mitra Abdi Mahakam senilai US$108 juta setara dengan Rp1,4 triliun.

Emas - Hari ini (4/5) harga Emas Antam turun Rp1.000 di Rp585.000/gram dibanding kemarin di Rp586.000/gram. Dengan harga buyback turun menjadi Rp530.000/gram.

KIJA - PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. menargetkan penjualan lahan industri seluas 25 hektare hingga akhir 2016.

MYOH - Perusahaan tambang batu bara PT Samindo Resources Tbk. membagikan dividen tahun buku 2015 senilai US$8 juta.

IDR/USD - Pagi ini (4/5) Rupiah melemah di Rp13.256 per Dollar AS dibanding kemarin di Rp13.190 (Data Reuters).

PPRO - PT PP Properti Tbk. berencana menerbitkan obligasi sebesar Rp600 miliar untuk memenuhi kebutuhan belanja modal sebanyak Rp1,2 triliun.

IDR/EUR - Pagi ini (4/5) Rupiah menguat di Rp15.167 per Euro dibanding sore kemarin di Rp15.288 (Data Reuters).

HDTX - Emiten tekstil PT Panasia Indo Resources Tbk. (HDTX) mencatat pertumbuhan penjualan hingga 67,27% sepanjang kuartal I/2016.

DMAS - PT Puradelta Lestari Tbk. optimistis target penjualan lahan industri seluas 50 hektare tahun ini bisa dipenuhi.

TRST - Emiten produksi plastik, PT Trias Sentosa Tbk. (TRST) mencatat penurunan penjualan sekitar 9,85% sepanjang kuartal I/2016.

SMSM - PT Selamat Sempurna Tbk mendapatkan dividen tunai senilai Rp1,09 miliar dari PT Hydraxle Perkasa yang merupakan entitas anak.

JKON - PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk. (JKON) menjual 20% saham dalam PT Sarana Merpati Utama kepada dua anak dan cucu perseroan dengan nilai transaksi sekitar Rp137,5 juta.

Asia - Indeks saham-saham Asia, pembukaan (4/5):

Nikkei 225......... Hari Libur

Hang Seng......... 20.556,50 -120,44 (-0,58%)

ST Times........... 2.786,35 -24,85 (-0,88%)

Shanghai Comp.. 2.983,03 -9,61 (-0,32%)

MRAT - Laba bersih emiten kosmetik PT Mustika Ratu Tbk. (MRAT) sepanjang kuartal I/2016 turun tajam 82,77%.

Minyak - Pagi ini (4/5) WTI Crude Oil turun dari 44,39 USD menjadi 43,63 USD/bbl. Serta Brent Crude juga turun dari 45,41 USD menjadi 44,98 USD/bbl. Data perbandingan sore kemarin (Bloomberg).

Moto GP - Juara GP Spanyol, Valentino Rossi masuk daftar Pembalap Tua Tersukses yang juarai Moto GP.

Moto GP - Jelang GP Prancis, Daniel Pedrosa dikabarkan akan segera merapat ke Yamaha untuk menggantikan posisi Lorenzo tahun depan.

Moto GP - Arsitek Motor Ducati Gigi Dall'lgna menyatakan Ducati sudah mempersiapkan Motor yang sesuai dengan gaya balap Lorenzo.

Formula 1 - Lewis Hamilton menyatakan tidak pernah bahagia jika hanya berpartisipasi di Formula 1 dan akan melanjutkan balapan selama ada harapan menang baginya.

Formula 1 - Bos Red Bull akan memanggil pembalapnya Daniil Kyvat setelah tabrakan yang terjadi di GP Russia.

JISDOR BI - Hari ini (4/5) kurs referensi Bank Indonesia melemah di Rp13.246 dibanding kemarin di Rp13.162

CPO - Pagi ini (4/5) CPO Kontrak Juli 2016 naik 1,00% pada 2.540,00 Ringgit per ton (Bursa Malaysia).

Formula 1 - Ferrari akan mempersiapkan ban jenis Soft lebih banyak dibanding Mercedes untuk GP Barcelona Spanyol.

Tennis - Rafael Nadal melaju ke babak ketiga Turnamen Madrid Terbuka setelah mengalahkan Andrey Kuznetsov 6-3, 6-3.

Tennis - Andy Murray mengatakan tidak akan tinggal di penampungan atlet selama Olimpiade Brazil dan akan tinggal di Apartemen bersama anggota Tim Tennis Inggris.

Korupsi - Dirjen Imigrasi cabut izin tinggal, La Nyalla sudah tidak bisa bersembunyi lagi di Singapura.

Tennis - Dan Evans menjadi pemain Inggris keempat yang berhasil masuk peringkat 100 besar ATP setelah memenangkan Santaizi Challenger.

NBA - Presiden Indiana Pacers Larry Bird mengatakan masa depan pelatih Frank Vogel masih belum dapat dipastikan.

NBA - Kyle Lowry mencetak point dari tengah lapangan saat Raptors menghadapi Miami Heat.

Eropa - Indeks saham-saham Eropa, pembukaan (4/5):

FTSE 100.. 6.175,00 -10,59 (-0,17%)

CAC 40.... 4.370,50 -1,48 (-0,03%)

DAX......... 9.928,00 +1,23 (+0,01%)

Bursa - Sore ini (4/5) IHSG ditutup menguat 10,33 poin (0,21%) ke level 4.822,60

Asia - Indeks saham-saham Asia, penutupan (4/5):

Nikkei 225......... Hari Libur

Hang Seng......... 20.525,83 -151,11 (-0,73%)

ST Times........... 2.773,07 -38,13 (-1,36%)

Shanghai Comp.. 2.991,27 -1,37 (-0,05%)

CPO - Sore ini (4/5) CPO Kontrak Juli 2016 naik 84,00% pada 2.623,00 Ringgit per ton (Bursa Malaysia).

Minyak - Sore ini (4/5) WTI Crude Oil turun dari 44,39 USD menjadi 43,57 USD/bbl. Serta Brent Crude juga turun dari 45,41 USD menjadi 44,92 USD/bbl. Data perbandingan sore kemarin (Bloomberg).

IDR/EUR - Sore ini (4/5) Rupiah menguat di Rp15.208 per Euro dibanding sore kemarin di Rp15.288 (Data Reuters).

IDR/USD - Sore ini (4/5) Rupiah melemah di Rp13.240 per Dollar AS dibanding kemarin di Rp13.190 (Data Reuters).

New York - Setelah rencana akuisisi Allergan Plc dibatalkan Pemerintah AS, Chief Executive  Pfizer Ian Read berencana mencari perusahaan lain untuk diakuisisi.

Sao Paulo -  Chief Executive Facebook Inc Mark Zuckerberg mengajak warga Brazil menulis petisi ke kongres agar tidak memblok WhatsApp.

Uber Technologies Inc menandatangani kerjasama dengan payment platform Alipay untuk membayar taksi Uber di lebih 400 kota dunia dengan mata uang Yuan.

Berita Duka - Meninggal dunia Hj. Tuty Alawiyah (Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan 1998-1999) Rabu (4/5) pukul 07.15 WIB.

Baghdad - ISIS menerobos pertahanan Kurdi Irak Utara dan membunuh satu marinir AS pada Selasa (3/5).

Washington - Takata sedang mempersiapkan penarikan 35 juta airbag yang bermasalah lagi di AS.

Los Angeles - Tulisan tangan John Lennon, piano pertama Lady Gaga dan catatan Kurt Cobain untuk membubarkan Nirvana termasuk di antara memorabilia yang akan dilelang di Julien's Auction.

Munich - Atletico Madrid ke final Liga Champions walaupun kalah 1-2 dari Bayern Muenchen, karena agregat 2-2, Atletico unggul gol tandang.

Singapore - Eight radicalised male Bangladeshi nationals were detained under the Internal Security Act (ISA) in April this year (Ministry of Home Affairs on Tuesday (3/5)).

Jakarta - The Indonesian Investment Coordinating Board has launched a special desk to facilitate Chinese investors.

Hong Kong - HSBC's net profit was down 18% at US$4.3 billion in the first quarter.

Singapore - DBS Group Holdings, Singapore's biggest lender, posted a 6%  rise in quarterly profit, at S$1.2 billion in the three months ended March, compared with S$1.13 billion a year earlier.

Detroit - Alphabet Inc's Google unit and Fiat Chrysler Automobiles NV have agreed to work together to build a fleet of 100 self-driving minivans.

Manila - Islamic militants in the Philippines issued a fresh warning on Tuesday (3/5) threatening to harm three hostages.

Pekanbaru - Norway to develop peatland-friendly agriculture in Indonesia.

Bangkok - Thailand’s Prime Minister Prayut Chan-ocha has dismissed the Thai Journalist Association’s call to lift certain media restrictions.

Jawa Timur - Provinsi Jawa Timur menempati peringkat pertama dari realisasi investasi penanaman modal dalam negeri di periode pertama tahun 2016 ini.

Colombo - Srilanka bentuk panel khusus selidiki nama-nama di Panama Papers.

Jakarta - BI: Indonesia menjadi negara peringkat kedua dengan tujuan investasi terfavorit setelah China.

Jakarta - Kadin Mekkah menyatakan kesiapan untuk mendorong kerja sama ekonomi antara Arab Saudi dan Indonesia.

10 Orang Terkaya di Dunia:

1. Bill Gates              US$84,8 miliar.

2. Amancio Ortega    US$71 miliar.

3. Warren Buffett      US$68,9 miliar.

4. Jeff Bezos            US$60,2 miliar.

5. Carlos Slim          US$55,1 miliar.

6. Charles Koch        US$52,9 miliar.

7. David Koch          US$52,9 miliar.

8. Mark Zuckerberg  US$51,3 miliar.

9. Ingvar Kamprad   US$44,4 miliar.

10. Larry Ellison       US$43,2 miliar.

Keterangan: per 2 Mei 2016, berdasarkan networth, data dari Bloomberg.

Ferrari melaporkan kenaikan laba bersih sebesar 19% menjadi US$ 89,7 juta dalam kuartal pertama tahun 2016, dibanding periode yang sama tahun lalu.

Phnom Penh  - Kamboja telah menghidupkan kembali layanan kereta penumpang pada satu rute setelah mati suri hampir 14 tahun.

New York - Johnson & Johnson diharuskan membayar denda US$55 juta terhadap seorang wanita yang terkena kanker akibat bedak yang dipakainya.

Los Angeles - Manajemen yahoo Inc menyambut kehadiran Jeffrey Smith,  Chief Executive Starboard Value LP di jajaran direksi Yahoo.

Bank of America Corp berhasil mencapai settlement US$190 juta dengan sebuah bank KPR federal terkait keluhan 4 produk terkait hipotik.

Ottawa - Pemerintah Kanada secara resmi akan membantu Bombardier Inc, produsen pesawat Kanada, terkait kebutuhan modal.

ELSA - PT Elnusa Tbk. (ELSA) siap membagikan dividen tunai sebesar Rp75,07 miliar. Berikut jadwal pembagiannya.

TRIM - PT Trada Maritime Tbk. mencatat rugi bersih senilai US$1,01 juta sepanjang kuartal I/2016.

SCPI - PT Merck Sharp Dohme Pharma Tbk. (SCPI) berharap BEI membuka sementara suspensi perdagangan saham guna melakukan crossing atas saham hasil penawaran.

SSIA - PT Surya Semesta Internusa Tbk. membukukan laba bersih konsolidasi sebanyak Rp302,5 miliar pada 2015, turun 27,4% secara tahunan.

MAPI - PT Mitra Adiperkasa Tbk. (MAPI) berhasil menorehkan pertumbuhan laba bersih 25,08% sepanjang kuartal I/2016

SHID - Pendapatan PT Hotel Sahid Jaya International Tbk. sepanjang kuartal I/2016 tercatat naik 20,81% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

PTPP - PT PP Persero Tbk. (PTPP) segera membagikan dividen tunai untuk tahun buku 2015 senilai Rp148,07 miliar. Berikut jadwal pembagiannya.

DILD - PT Intiland Development Tbk. mencatat pendapatan usaha seanyak rp588,7 miliar pada kuartal I/2016, turun tipis 2,3% secara tahunan.

MAIN - Emiten peternakan, PT Malindo Feedmill Tbk. (MAIN) berhasil mencatat laba bersih senilai Rp52,15 miliar sepanjang kuartal I/2016.

TOBA - PT Toba Bara Sejahtra Tbk. (TOBA) mencatat penurunan laba bersih hingga 67,04% sepanjang kuartal I/2016.

SRIL - PT Sri Rejeki Isman Tbk. (SRIL) membidik laba bersih tahun ini dapat mencapai US$44,04 juta setara dengan Rp585,7 miliar (kurs Rp13.300 per dolar AS).

EXCL - PT XL Axiata Tbk. optimistis penerbitan saham baru maksimal 2,75 miliar saham akan diserap pasar secara maksimal.

MNCN - PT Media Nusantara Citra Tbk. menyetujui pengeluaran saham perseroan maksimal 2%.

BMTR - PT Global Mediacom Tbk., induk bisnis media Grup MNC, menyebar dividen pada 2016 sebesar Rp71 miliar.

Jadwal Pertandingan Champions League (5/5)

01:45 Real Madrid vs Manchester City

BBCA - PT BCA Tbk bukukan laba bersih sebesar Rp4,5 triliun, naik 11,1 persen dibanding periode sama di tahun lalu yakni Rp4,1 triliun.

PLN - Banyaknya daerah yang masih kekurangan listrik mendorong DPR mengusulkan pembentukan holding PT PLN (Persero).

Tax Amnesty - Ketum Apersi Eddy Ganefo menilai tax amnesty atau pengampunan pajak sangat baik untuk pengusaha.

PKS - PKS kembali tegaskan siap layani gugatan Fahri Hamzah yang menuntut ganti rugi Rp500 miliar atas pemecatan dirinya dari seluruh jenjang kenaggotaan PKS.

Pangan - Menko Darmin Nasution sebut pemerintah tengah mendorong suplai komoditas pangan seperti bawang merah untuk menhadapi Lebaran mendatang.

Hasil Pertandingan Champions League (4/5)

Bayern Munich 2 - 1 Atletico Madrid

Tomohon -  Kepala BNN  Budi Waseso mengatakan pada tahun 2015 Polri dan BNN berhasil menyita sebanyak 6 ton narkotika jenis sabu.