Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

IHSG Bisa Tembus Level 6.300 di Tahun 2015

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksikan akan terdorong oleh pergerakan positif ekonomi Indonesia pada tahun 2015 mendatang. IHSG diproyeksikan dapat menyentuh level 6.300. Sementara di penghujung tahun ini, IHSG diproyeksikan berada di kisaran 5.050-5.100.

"Kebijakan fiskal maupun moneter yang dikeluarkan pemerintah dan Bank Indonesia diyakini akan memperbaiki fundamental ekonomi yang menyeluruh," kata Ketua Umum Asosiasi Analis Efek Indonesia (AAEI) Haryajid Ramelan di Jakarta, Kamis (27/11/2014).

Menurut Haryajid, perbaikan di hampir seluruh indikator makroekonomi domestik diperkirakan akan membuat laju IHSG di 2015 menembus level 6.300. "Kalau sampai akhir 2014 ini, IHSG akan berada di 5.100 sehingga di sisa tahun ini indeks akan berfluktuasi pada range 5.050-5.100," jelasnya.

Lebih lanjut, Haryajid menuturkan pasar sudah mengapresiasi positif kebijakan fiskal berupa kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi maupun kebijakan BI yang menaikkan suku bunga acuan (BI rate) ke level 7,75%. "Memang di akhir tahun ini inflasinya akan tinggi setelah kenaikan BBM," sebut dia.

Menurutnya, respons BI dalam menanggapi potensi kenaikan inflasi akibat kebijakan BBM bersubsidi justru mendapat apresiasi pasar meski kebijakan moneter ini berpotensi untuk melemahkan laju pertumbuhan ekonomi.

"Meski secara umum dua kebijakan ini direspons positif, namun kondisi ini malah sedikit mengganggu kinerja sektor properti dalam jangka pendek. Ya paling lama sekitar 3-4 bulan saja," tutur dia.

Selain itu, disebutkan Haryajid, terdapat sekitar 20% dari total 502 emiten di pasar modal domestik yang memiliki prospek sangat menjanjikan. "Emiten tersebut dari sektor infrastruktur, perbankan, dan consumer goods," pungkasnya

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: