Market Indices

Dahlan Iskan Mergerkan BUMN

Oleh Cipto - Rubrik Ekonomi Bisnis

29 Agustus 2012 13:03:00 WIB

Menyusul ketidakstabilan harga kedelai dilanjuti dengan bahan pangan lainnya disikapi Dahlan Iskan untuk segera mengambil langkah. Seperti yang telah dilansir pada laman bumn.go.id, Rabu (29/8),telah ada wacana untuk memergerkan beberapa BUMN atau membentuk satu holding BUMN pangan. Peleburan nantinya tidak berarti menjadi satu, namun BUMN tersebut tetap dapat menjalankan spesifikasi usahanya masing-masing.

Menurutnya, beberapa BUMN yang dimaksudkan seperti PT Sang Hyang Sri, PT Pertani, Perum Bulog, PT Berdikari dan PT Pusri. Mulanya, ia akan menggabungkan PT Pertani dan PT Sang Hyang Sri. Nantinya PT Pertani akan berfokus pada gabah sedangkan PT Sang Hyang Sri berfokus pada pengembangan benih.

Selanjutnya PT Berdikari akan disiapkan untuk pengembangan perternakan dan Perum Bulog nantinya akan tetap berfokus untuk menampung produksi beras dan gabah serta mengembangkan komoditas lainnya.

Ia juga menargetkan terciptanya lahan baru seluas 100.000 hektare (ha), yang 30.000 ha yang akan digarap oleh PT Pertani, 40.000 ha akan digarap oleh PT Sang Hyang Sri, sisanya digarap PT Pusri.


Aprilinda Ramadhina (april@wartaekonomi.com)

Foto: Sufri Yuliardi

Recomended Reading

Executive Brief

Seorang laki-laki diduga WNA ditemukan di Bali dalam kondisi tak bernyawa dan terbungkus plastik.

Microsoft akan sediakan aplikasi penelitian bagi ilmuwan medis yang tengah pelajari Ebola.

Uni Eropa berencana untuk perkuat hukuman terhadap Suriah.

BEI terbitkan aturan di bidang pertambangan mineral dan batu bara yang mulai berlaku 1 November 2014.

Entertainment & Life Style

19 Oktober 2014 - Olahraga

Bayern Hancurkan Bremen 6-0