Market Indices

Banyumas akan Diguyur Investasi Pabrik Semen Senilai Rp2,9 T

Oleh Hatta - Rubrik Ekonomi Bisnis

12 Oktober 2012 19:10:00 WIB

Dalam waktu dekat, di Kabupaten Banyumas akan berdiri pabrik semen yang diproyeksikan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Banyumas dan sekitarnya. Pembangunan pabrik semen dilakukan di Desa Tipar Kidul Kecamatan Ajibarang. Pabrik semen PANASIA yang akan dibangun dan dioperasikan oleh PT Sinar Tambang Arthalestari (PT STAR) Bandung tersebut investasinya hingga Rp2,9 trilyun.

Pembangunannya diperkirakan selesai akhir tahun 2014 mendatang. Pabrik ini akan menjadi pabrik semen kedua yang dibangun di Jawa Tengah setelah Semen Nusantara Cilacap. Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo mengapresiasi kinerja investasi yang telah dilakukan oleh kabupaten Banyumas. Bibit berharap bupati-bupati lain di Jawa Tengah dapat mengikuti langkah-langkah yang telah diambil oleh Bupati Banyumas, khususnya dalam kinerja memajukan daerah dan meningkatkan keserjahteraan masyarakat, melalui berbagai terobosan dan kreativitas sesuai dengan potensi daerah masing-masing.

 Bibit menambahkan, nantinya dalam pengoperasiannya PT STAR dapat berkontribusi  terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Jawa Tengah, dengan memberdayakan tenaga-tenaga kerja dari Banyumas dan sekitarnya, termasuk kalangan civitas akademika di Banyumas, Semarang, Yogyakarta dan daerah-daerah lain di wilayah Provinsi Jawa Tengah sebagai tenaga-tenaga ahli sesuai dengan stratanya.

 Sementara Bupati Banyumas, Drs Mardjoko MM mengatakan, tawaran investasi dari PT STAR untuk membangun pabrik semen disambut baik mengingat rencana tata ruang wilayah (RTRW) mendukung untuk lokasi pembangunan pabrik/industri besar. Menurutnya, pembangunan pabrik semen di kecamatan Ajibarang merupakan sebuah keputusan investasi yang tepat terkait kebutuhan dalam negeri yang cukup besar akan pasokan semen saat ini, dan potensi sumber daya alam yang tersedia di kabupaten Banyumas.

Pengembangan pabrik semen yang direncanakan dengan kapasitas 2,5 juta ton semen per tahun dari tahun pertama hingga tahun kelima, sedangkan pada tahun keenam hingga seterusnya mengalami peningkatan menjadi 5 juta ton/tahun, maka kebutuhan bahan baku gamping  dari tahun pertama hingga kelima sebesar 2.800.000 ton per tahun dan pada tahun keenam hingga seterusnya target produksi batu gamping sebesar 7,000,000 ton.

 

Alnisa Septya Ratu (nisa@wartaekonomi.com)

Foto: koranwawasan.blogspot.com

Recomended Reading

Executive Brief

KSPI tolak rencana kenaikan harga BBM bersubsidi yang akan diberlakukan Jokowi-JK.

Perbarindo catat realisasi kucuran kredit ke UMKM baru mencapai 61 persen.

Wamenkeu: Belum ada rencana pertemuan antara pemerintah dengan tim transisi.

Wamenkeu: Pertumbuhan ekonomi Indonesia 2014 paling realistis 5,3 persen.

OJK: Kinerja perbankan hingga posisi Agustus 2014 terlihat relatif stabil.

PGN mencatatkan pendapatan bersih sebesar 1,703 miliar dolar AS.

BI: Pendistribusian uang pecahan Rp 100.000 baru berjalan dengan lancar.

CT pastikan Newmont ikuti seluruh peraturan hukum yang berlaku di Indonesia.

BI: Keberadaan lembaga zakat yang efisien tingkatkan jangkauan layanan kepada masyarakat.

BRI waspadai kondisi likuiditas di pasar keuangan yang diperkirakan akan lebih ketat pada 2015.

Semen Indonesia akan implementasikan sistem cash pooling.

Semen Indonesia akan jajaki bisnis sektor properti dan infrastruktur jalan tol.

OJK ingatkan perbankan lakukan langkah antisipatif hadapi tekanan likuiditas.

Entertainment & Life Style

27 Agustus 2014 - Olahraga

Persipura Jayapura Bantai Kuwait SC 6-1

26 Agustus 2014 - Olahraga

Mario Gomez Incar Kembali Ke Timnas