• Adira Insurance
Market Indices

Cadangan Sumber Daya di Banyumas Belum Optimal Digarap

Oleh Hatta - Rubrik Daerah

13 Oktober 2012 06:36:00 WIB

Pabrik semen PT Sinar Tambang Arthalestari yang dibangun di Kabupaten Banyumas dapat memacu penggalian potensi sumber daya alam di wilayah tersebut. Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Banyumas, Anton Adi Wahyono menyatakan bahwa Banyumas memiliki potensi bahan galian batu gamping dan lempung yang relatif besar yang sampai saat ini belum dimanfaatkan secara optimal.

Berdasarkan hasil eksplorasi, cadangan batu gamping yang ada di kecamatan Ajibarang,  kabupaten Banyumas kurang lebih 713.561.393 ton, sedangkan cadangan tanah liat/lempungnya sekitar 282.252.433 ton. Batu gamping di Kecamatan Ajibarang dan sekitarnya mempunyai kualitas dan kuantitas yang sangat baik.  Selain itu, kebutuhan untuk tanah liat sebesar 650.000 ton per tahun dari tahun pertama hingga tahun kelima, serta pada tahun keenam dan seterusnya target produksi meningkat menjadi 1.600.000 ton per tahun.

Berdasarkan rencana produksi yang ada, dengan memperhatikan cadangan bahan baku yang tersedia, maka perkiraan umur tambang atau umur pabrik semen yang ada kurang lebih 105 tahun. “Ini adalah proyek investasi yang serius yang akan berdampak positif terhadap kehidupan rakyat Banyumas untuk setidaknya 2 generasi kedepan”, kata Anton yang dikutip dari jatengprov.go.id.

Pemanfaatan batu gamping tersebut selama ini baru untuk pembuatan kapur tohor sebagai bahan campuran bangunan, padahal potensi yang cukup melimpah tersebut akan lebih baik apabila pemanfaatannya ditingkatkan guna mendukung perekonomian masyarakat setempat dan juga pendapatan asli daerah (PAD).  Menurut Anton, sumbangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang akan diterima oleh kabupaten Banyumas mencapai Rp20 milyar per tahun dengan adanya pabrik tersebut.  

Anton merinci, jumlah tersebut berasal dari pajak sebesar 20% dari nilai produksi gamping dan lempung (tanah liat). Pada tahun pertama hingga tahun kelima total pendapatan pajak sebesar Rp8,03 milyar per tahun. Angka tersebut akan meningkat pada tahun ke enam hingga tahun kedua puluh menjadi Rp20 milyar per tahun. Jumlah ini belum termasuk Pajak Bumi dan Bangunan serta pajak-pajak lain yang sah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Selain meningkatkan PAD, pendirian pabrik semen juga akan menyerap banyak tenaga kerja. Pada saat pembangunan pabrik atau tahap konstruksi jumlah tenaga kerja yang terserap kurang lebih 3.500 orang, sedangkan pada saat pabrik beroperasi dapat menyerap tenaga kerja 2.500 orang. Keberadaan pabrik semen tersebut, akan berdampak lanjutan (muliplayer effect) terhadap perkembangan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Ajibarang dan sekitarnya.

 

 

Alnisa Septya Ratu (nisa@wartaekonomi.com)

Kabar Indonesia

31 Oktober 2014 - Politik

Presiden Jokowi: Jaga Persatuan di DPR!

31 Oktober 2014 - Daerah

Lagi, FPI Demo Ahok untuk Mundur

31 Oktober 2014 - Daerah

DPRD Sambut Positif Pencopotan Kadis PU

31 Oktober 2014 - Daerah

Ahok Copot Dinas PU DKI

Executive Brief

Ketum PDI-P Megawati tunjuk Hasto Kristiyanto sebagai Plt. Sekjen gantikan Tjahjo Kumolo.

Wakil Ketua MPR Oesman Sapta minta pemerintahan Jokowi fokus pembangunan daerah.

BEI akan kembangkan sistem elektronik untuk pemesanan IPO.

Bank Permata bukukan laba sebesar Rp 5,32 triliun sepanjang kuartal III-2014.

Nigeria akan kerahkan 506 relawan kesehatan ke tiga negara Afrika Barat yang dilanda Ebola.

Friederich Batari minta SBY cari solusi penyelamatan Jurnal Nasional yang akan ditutup, Sabtu (1/11).

Entertainment

31 Oktober 2014 - Entertainment & Life Style

Hati-Hati, Aluminium Bisa Bikin Sperma Tidak Subur

31 Oktober 2014 - Entertainment & Life Style

Ini Fakta "Deodorant" yang Jarang Diketahui