Market Indices

Cadangan Sumber Daya di Banyumas Belum Optimal Digarap

Oleh Hatta - Rubrik Daerah

13 Oktober 2012 06:36:00 WIB

Pabrik semen PT Sinar Tambang Arthalestari yang dibangun di Kabupaten Banyumas dapat memacu penggalian potensi sumber daya alam di wilayah tersebut. Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Banyumas, Anton Adi Wahyono menyatakan bahwa Banyumas memiliki potensi bahan galian batu gamping dan lempung yang relatif besar yang sampai saat ini belum dimanfaatkan secara optimal.

Berdasarkan hasil eksplorasi, cadangan batu gamping yang ada di kecamatan Ajibarang,  kabupaten Banyumas kurang lebih 713.561.393 ton, sedangkan cadangan tanah liat/lempungnya sekitar 282.252.433 ton. Batu gamping di Kecamatan Ajibarang dan sekitarnya mempunyai kualitas dan kuantitas yang sangat baik.  Selain itu, kebutuhan untuk tanah liat sebesar 650.000 ton per tahun dari tahun pertama hingga tahun kelima, serta pada tahun keenam dan seterusnya target produksi meningkat menjadi 1.600.000 ton per tahun.

Berdasarkan rencana produksi yang ada, dengan memperhatikan cadangan bahan baku yang tersedia, maka perkiraan umur tambang atau umur pabrik semen yang ada kurang lebih 105 tahun. “Ini adalah proyek investasi yang serius yang akan berdampak positif terhadap kehidupan rakyat Banyumas untuk setidaknya 2 generasi kedepan”, kata Anton yang dikutip dari jatengprov.go.id.

Pemanfaatan batu gamping tersebut selama ini baru untuk pembuatan kapur tohor sebagai bahan campuran bangunan, padahal potensi yang cukup melimpah tersebut akan lebih baik apabila pemanfaatannya ditingkatkan guna mendukung perekonomian masyarakat setempat dan juga pendapatan asli daerah (PAD).  Menurut Anton, sumbangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang akan diterima oleh kabupaten Banyumas mencapai Rp20 milyar per tahun dengan adanya pabrik tersebut.  

Anton merinci, jumlah tersebut berasal dari pajak sebesar 20% dari nilai produksi gamping dan lempung (tanah liat). Pada tahun pertama hingga tahun kelima total pendapatan pajak sebesar Rp8,03 milyar per tahun. Angka tersebut akan meningkat pada tahun ke enam hingga tahun kedua puluh menjadi Rp20 milyar per tahun. Jumlah ini belum termasuk Pajak Bumi dan Bangunan serta pajak-pajak lain yang sah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Selain meningkatkan PAD, pendirian pabrik semen juga akan menyerap banyak tenaga kerja. Pada saat pembangunan pabrik atau tahap konstruksi jumlah tenaga kerja yang terserap kurang lebih 3.500 orang, sedangkan pada saat pabrik beroperasi dapat menyerap tenaga kerja 2.500 orang. Keberadaan pabrik semen tersebut, akan berdampak lanjutan (muliplayer effect) terhadap perkembangan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Ajibarang dan sekitarnya.

 

 

Alnisa Septya Ratu (nisa@wartaekonomi.com)

Recomended Reading

Kabar EkBis

30 Juli 2014 - Ekonomi Bisnis

Tantangan Presiden Baru untuk Majukan Ekonomi

30 Juli 2014 - Penerbangan

10 Miliuner Industri Penerbangan (Bagian I)

Kabar Indonesia

31 Juli 2014 - Daerah

Lagi, Tiga Wisatawan Tewas Tenggelam

31 Juli 2014 - Daerah

Kapal Karam Usai Lakukan Ziarah

Executive Brief

Petenis Li Na dari Tiongkok mengumumkan absen pada turnamen AS Terbuka bulan depan

Badan Pengusahaan Batam pastikan Pelabuhan Telaga Punggur akan dibangun 3 lantai mulai akhir 2014 dengan anggaran Rp46 miliar

Bank Sulut akan buka layanan hingga kecamatan di Sulut maupun Gorontalo

Kontributor penjualan neto Indoffod Sukses Makmur: grup produk konsumen bermerek (CBP) berkontribusi sebesar 44 persen, Bogasari 24 persen, agrobisnis 17 persen, distribusi 7 persen, budi daya dan pengolahan sayuran 8 persen

Indofood Sukses Makmur: keuntungan grup agrobisnis meningkat tiga kali lipat dikarenakan kenaikan produksi dan harga minyak sawit mentah (CPO)

Indofood Sukses Makmur bukukan laba periode berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk naik 34,4 persen menjadi Rp2,29 triliun pada semester pertama 2014

Bank Sulut berikan reward kepada debitur dari PNS

Mahasiswa UNY membuat dan mengembangkan motif batik kontemporer "Anime Batik"

Jokowi ditantang rampingkan kabinet

Abdee Slank: Menteri kabinet Jokowi-JK harus memiliki track record  bersih, jujur, transparan, profesional serta memiliki arah tujuan kerja