• Adira Insurance
Market Indices

Empat Prioritas Banyuwangi (Terus) Kerek Pertumbuhan

Rubrik Daerah

27 Oktober 2012 17:01:00 WIB

Perekonomian kabupaten Banyuwangi kian meningkat. Semester I tahun 2012, pertumbuhan ekonomi Banyuwangi terealisasi hingga mencapai 7,11%. Sebelumnya pertumbuhan ekonomi Banyuwangi hanya sebesar 6,9%.

Hal tersebut disampaikan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas. Pemkab Banyuwangi telah memiliki masterplan pembangunan untuk jangka pendek, menengah dan panjang. “Kami sudah memiliki masterplan yang mengacu pada rencana tata ruang wilayah (RTRW). RTRW kami sudah final,” ungkap Bupati Anas yang dikutip dari banyuwangikab.go.id.

Menurut Bupati, Pemkab Banyuwangi memiliki empat prioritas pembangunan. Yakni, membangun kawasan industri di Kecamatan Wongsorejo. Kecamatan di Utara Banyuwangi ini sangat ideal sebagai kawasan industri. “Jarak dengan pelabuhan hanya 14 kilometer,” ujarnya.

Dengan adanya kawasan industri pengusaha akan mendapatkan banyak kemudahan. Menurutnya, pengusaha tinggal masuk kawasan industri, pengusaha tidak perlu repot-repot ngurus amdal (analisis mengenai dampak lingkungan). Amdal sudah ada yang menguruskan.

Lalu, Pemkab Banyuwangi akan mengembangkan kawasan Selatan sebagai sentra agropolitan.  Di wilayah ini akan dikembangkan komoditas utama susu atau santan. Kawasan Barat akan menjadi sentra industri gula dengan berdirinya pabrik gula terbesar dan termoderen di Glenmore. Kawasan Tengah akan menjadi kawasan wisata terpadu. “Untuk kawasan wisata terpadu eco-tourism atau wisata alam akan menghubungkan wisata Gunung Ijen, Baluran Situbondo,dan Alas Purwo,” tuturnya.

Di bidang perhotelan dan hiburan, Bupati menegaskan, pihaknya melarang pendirian tempat karoke dan hotel melati. Ia mengatakan tidak  diizinkan berdirinya karaoke di Banyuwangi. Hotel (kelas) melati juga tidak. Kalau akan mendirikan hotel, hotelnya harus berbintang. Rencananya, di kawasan Ijen akan didirikan hotel bintang lima.

Selain itu, Banyuwangi kini sudah didukung dengan moda transportasi yang lengkap. Salah satunya adalah penerbangan reguler setiap hari Surabaya–Banyuwangi PP. Ia mengatakan lapangan terbang akan terus dikembangkan. Tahun depan akan diupayakan ada maskapai baru. Kalau akan ke Jakarta, warga Jember akan lebih cepat lewat lapangan terbang Banyuwangi. Di lapangan terbang dibangun VIP room yang bisa digunakan untuk rapat. Tak hanya itu, Pemkab Banyuwangi juga akan membangun pelabuhan besar sebagai alternatif pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

 

(nisa@wartaekonomi.com)


Foto ilustrasi: indonesia.travel

Editor: Hatta

Recomended Reading

Executive Brief

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Invalid argument supplied for foreach()

Filename: views/newsflash.php

Line Number: 7

Recommended Reading

Senin, 26/01/2015 19:04 WIB

Ini Kata BEI tentang Perusahaan yang Merugi

Senin, 26/01/2015 17:06 WIB

Sejumlah Kementerian Diminta Susun Kajian Terkait KPK-Polri

Senin, 26/01/2015 16:41 WIB

BRI, Menuju Bank Terbesar di Indonesia

Senin, 26/01/2015 16:36 WIB

Ahok Curiga Sabotase Banjir Pekan Lalu

Senin, 26/01/2015 15:19 WIB

Pilot AirAsia Negatif Gunakan Narkoba

Senin, 26/01/2015 15:06 WIB

Pimpinan KPK Dilaporkan Lagi ke Polri

Senin, 26/01/2015 14:43 WIB

Bambang Widjojanto Ajukan Pengunduran Diri

Senin, 26/01/2015 10:54 WIB

Pengamat: Kisruh Polri-KPK akan Ganggu Perekonomian

Entertainment

26 Januari 2015 - Olahraga

Arsenal Lolos dari Perangkap Brighton