Market Indices

10 Mobil Termurah di Dunia (Bagian I)

Oleh Hatta - Rubrik Ekonomi Bisnis

11 November 2012 16:01:00 WIB

Mobil murah lahir sebagai jawaban atas makin tingginya harga bahan bakar dan bertambahnya kelas menengah dunia yang kritis pada perkembangan lingkungannya.

Sejak kali pertama diselenggarakan pada 2007 silam, Indonesia International Motor Show (IIMS) terus tampil memikat antusiasme publik. Tahun lalu misalnya, perhelatan otomotif terbesar di tanah air itu sukses menghadirkan 32 APM (agen pemegang merek) dan 227 peserta dari industri pendukung otomotif lainnya serta berhasil menyedot lebih dari 300 ribu  pengunjung dengan total nilai transaksi  mencapai Rp3,2 triliun!

Tahun ini, prestasi tak kalah ciamiknya pun siap ditorehkan. Johny Dharmawan selaku ketua pelaksana pesta akbar ini mengatakan bahwa pada IIMS 2012, luas area yang digunakan meningkat 10% menjadi 100 ribu meter persegi dibandingkan tahun lalu. Selain itu, 35 APM dan 275 industri pendukung otomotif lainnya dikabarkan juga siap menyuksesan. "Kami harap seluruh inovasi pada IIMS tahun ini akan dapat menarik 350.000 dan meningkatkan jumlah transaksi yang telah kami catatkan di tahun 2011" tukas Johnny optimistis.

Mengusung tema Eco-Mobility yang merujuk pada mobilitas dan aksesibilitas yang ramah lingkungan serta efisiensi bahan bakar fosil khususnya di kota-kota besar, IIMS tahun ini imbuh Johny akan lebih segar dan menginspirasi. Apalagi saat ini sambung Direktur Utama PT Toyota Astra Motor, dunia tengah diliputi oleh kegamangan ekonomi akibat adanya kecenderungan peningkatan harga minyak dunia yang diikuti dengan naiknya harga bahan bakar kendaraan.

Sebagai bentuk respon, sebagian dari masyarakat analisis Johny, tak pelak mulai meninggalkan kendaraan boros bahan bakar dan menggantinya dengan kendaraan ramah lingkungan hemat bahan bakar. Pergeseran karakter konsumsi itulah yang berusaha ditangkap pada IIMS 2012 ini. Para produsen mobil ternama dunia saling bersaing memasarkan produk Low Cost Green Car (LCGC). Produk otomotif ini diyakini akan menjadi tren  pasar pada tahun-tahun mendatang, terutama di negara-negara berkembang.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perindustrian pun sejatinya sudah mencium arah tren konsumsi otomotif itu. Lebih dari setahun silam, sedang dimatangkan regulasi untuk memberikan sejumlah insentif (penghapusan bea masuk barang modal dan bahan baku untuk keperluan manufaktur, pembebasan bea masuk untuk bahan baku mobil, dan penghapusan pajak penjualan barang mewah/PPnBM) bagi para produsen yang ikut dalam pengembangan LCGC.

Akan tetapi, dalam perjalanannya kemudian, opsi pembebasan bea masuk bahan baku untuk pembuatan mobil dan PPnBM sepertinya masih dalam perdebatan yang alot, terutama di Kementerian Keuangan. Sederhananya, menunggu adalah jawaban paling realistis yang harus bisa diterima pihak sejauh ini. Agar menunggu itu tidak bosan dan menyenangkan, Warta Ekonomi pada edisi ini menampilkan 10 mobil termurah dunia bagi pembaca sekalian. Siapa saja mereka? Berikut cuplikannya.

 

1.         Tata Nano

            Inilah mobil termurah dinia saat ini. Hanya dengan mengeluarkan kurang dari Rp30 juta, Anda sudah bisa membawa mobil besutan raksasa otomotif India, Tata Motor. Selain harganya yang terjangkau, mobil ini kabarnya juga tidak boros mengonsumsi bahan bakar. Untuk satu liter pemakaian, mobil ini mampu menempuh 25 kilometer perjalanan darat.

 

2.         Chery QQ

Sebagai raksasa ekonomi baru dunia, Cina tidak tertahankan lagi, terjun ke bisnis otomotif global. Mereka mewarnai pasar mobil internasional dengan meluncurkan city car, Chery QQ produksi pabrikan Chery Automobil yang menjadi mercusuar otomotif negeri tirai bambu itu. Untuk bisa mengendarai mobil yang telah lolos dari standar Euro2 ini, Anda hanya cukup mengeluarkan Rp45,5 juta saja. Murah bukan?

 

3.         Suzuki Maruti 800

Sebelum menyeruaknya Tata Nano sebagai mobil termurah di India dan dunia saat ini. Pabrikan mobil ternama Asal Jepang, Suzuki, sebenarnya telah mencuri perhatian negeri beribukota New Delhi itu, melalui kemunculan Suzuki Maruti 800 sejak tahun 1999 lalu. Ukurannya yang kecil membuat gerak mobil yang mendapat julukan “mobil roti dan mentega” begitu pas di negeri dengan populasi terbesar kedua di dunia itu. (BERSAMBUNG)

 

Fekum Ariesbowo W.

(redaksi@wartaekonomi.com)

Sumber: Warta Ekonomi No 201/2012

Foto: wordpress.com

Recomended Reading

Kabar EkBis

21 April 2014 - Infrastruktur

DPR Desak Menhub Evaluasi Kinerja PT KAI

20 April 2014 - Ekonomi Bisnis

Pertamina Tambah Dua Kapal Tanker Buatan Domestik

Kabar Indonesia

21 April 2014 - Politik

Ekonom UI : Jokowi Tidak Mau Pragmatis

Executive Brief

Nilai rupiah  naik tiga poin menjadi Rp 11.420 pada Senin (21/4) pagi.

Senin (21/4) pagi LQ45 menguat 4,02 poin (0,48 persen) ke posisi 833,62.

IHSG naik 15,46 poin ke level 4.912,51 pada Senin (21/4) pagi.

Trans Airways miliki 6,37 miliar saham Garuda (28,14%) per April 2014.

PLN kekurangan 22 kargo LNG pada 2015 mendatang.

KSPI akan tuntut kenaikan upah minimum 2015 sebesar 30 persen saat "May Day".

Rizal Ramli tolak akuisisi BTN oleh Mandiri.

BEI beri sanksi terhadap 49 emiten yang terlambat menyampaikan laporan keuangan audit 2013.

OJK belum punya aturan tentang financial planner.

BI: Neraca Pembayaran Triwulan I diprediksi surplus USD2 miliar.

Pelindo II tunjuk Mitsui untuk operasikan terminal kontainer 1 (CT1).

Kemenparekraf anggarkan dana Rp 30 miliar buat promosi pariwisata Indonesia.

Kusumaningtuti: Perlindungan konsumen lembaga keuangan masih rendah.

Pendaftaran SBMPTN dibuka pada 12 Mei-6 Juni 2014.

Adi Sarana Armada catat laba bersih Rp 92,01 miliar pada 2013.

Indonesian Paradise Property bukukan laba Rp 26,25 miliar pada tahun 2013.

Pemprov DKI: Kerugian akibat macet Rp17,2 triliun per tahun.

Tahun 2030 Pemprov DKI targetkan 60% penduduknya menggunakan transportasi umum,

Posisi utang luar negeri Indonesia per Februari 2014 adalah USD272,1 miliar.

Pelindo II dan Mitsui tanda tangani share holder agreement untuk New Tanjung Priok.

Jalur KRL Commuter layang melingkar atau loop line yang akan dibangun di Jakarta membutuhkan investasi Rp10 Triliun.

Organda: Subsidi BBM tak bisa ditekan selama angkutan umum tidak diperbaiki.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan KA Kemenhub:  Pemerintah berencana membangun jalur KRL Commuter layang melingkar atau loop line di Jakarta.

Tahun ini anggaran subsidi BBM mencapai Rp 210,7 triliun dengan kuota 48 juta kiloliter.

Libur panjang, wisatawan serbu kota Bandung.

KPU: Jadwal pendaftaran capres dan cawapres tanggal 18-20 Mei 2014.