Market Indices

Polman Astra Buka Lagi Beasiswa Prestasi Astra Tahun Akademik 2013/2014

Oleh Cipto - Rubrik Nasional

22 November 2012 14:03:00 WIB

Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) kembali membuka Program Beasiswa Prestasi Astra untuk Tahun Akademik 2013/2014.  Program beasiswa ini terbagi menjadi dua, yaitu Program Beasiswa Penuh (bebas biaya pendidikan dan subsidi biaya hidup sebesar Rp 800.000/bulan) dan Program Beasiswa Unggulan (bebas biaya sumbangan pendidikan).

"Beasiswa Prestasi Politeknik Manufaktur Astra terbuka untuk warga negara Republik Indonesia yang berprestasi dan saat ini duduk di kelas 3 SMA/SMK seluruh jurusan, serta berusia tidak lebih dari 19 tahun pada September 2013," ujar Yulian Warman, Head of Public Relations Division PT Astra International Tbk, melalui siaran persnya, Kamis (22/11).

Yulian mengatakan periode pendaftaran sudah dimulai sejak 5 Oktober 2012 hingga 4 Januari 2013, dengan empat tahap proses seleksi, yaitu seleksi administrasi, psikotes, wawancara serta tes kesehatan.

"Kegiatan belajar di Polman didukung oleh tenaga pengajar dari Grup Astra dengan kurikulum dan kompetensi standar industri, dilengkapi dengan laboratorium dan fasilitas berteknologi tinggi, serta kesempatan bagi para peserta didik untuk mendapatkan pengalaman praktek kerja di industri khususnya di Grup Astra," jelas Yulian.

Polman Astra, Yulian memaparkan, memiliki misi menghasilkan lulusan Diploma III (D3) yang siap pakai dalam bidang yang terkait dengan otomotif dan sumber daya alam, termasuk pembinaan mindset QCDI (quality, cost, delivery, innovation), mental disiplin serta learning ability sehingga siap menghadapi tuntutan perkembangan industri global. Selain itu Polman Astra juga memiliki tujuan menciptakan lingkungan akademis yang profesional untuk menumbuhkembangkan kompetensi dan potensi civitas academica.

"Sebagai Center for Automotive, Polman Astra menjadi tolok ukur kompetensi di bidang otomotif bagi negara-negara di Asean," ungkap Yulian.

Pada tahun 2012, Polman Astra ditunjuk oleh Japan Vocational Ability Development Association (JAVADA) sebagai pelaksana “International Seminar on Skill Test” yang diikuti oleh perwakilan dari negara-negara ASEAN, yaitu Malaysia, Thailand, Vietnam, Laos, Kamboja, Filipina serta diikuti juga oleh perwakilan dari India. Seminar yang berlangsung pada bulan Februari dan November 2012 ini sekaligus menjadi tempat tolok ukur dalam pelaksanaan skill test (uji kompetensi).

Yulian menambahkan hingga saat ini para alumni Polman Astra sudah menjadi tenaga-tenaga ahli profesional yang tersebar di berbagai industri. 60% di antaranya terserap di industri Grup Astra serta berkesempatan mendapatkan beasiswa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di universitas-universitas ternama dunia.

Polman Astra didirikan pada tahun 1995 oleh PT Astra International Tbk di bawah naungan Yayasan Astra Bina Ilmu dengan tujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang siap pakai dalam bidang yang terkait dengan otomotif dan sumber daya alam.

Polman Astra menyelenggarakan program pendidikan Diploma III (D3) bergelar Ahli Madya, dengan berbagai pilihan bidang studi yaitu: Teknik Mesin Manufaktur (TMM), Teknik Produksi dan Proses Manufaktur (TPM), Mekatronika (MK), Teknik Pengolahan Hasil Perkebunan (TPHP), Manajemen Informatika (MI), Teknik Otomotif (TO) dan  Teknik Alat Berat (TAB).

(*/redaksi@wartaekonomi.com)

Foto: Nextsys

Recomended Reading

Berita Terkini

Jum'at, 18/04/2014 09:58 WIB

Kiper Everton Howard Perpanjang Kontrak

Jum'at, 18/04/2014 09:37 WIB

Atletico Menuju Gelar Liga

Jum'at, 18/04/2014 09:00 WIB

Pakaian Produk Bali Raup Devisa US$ 6,36 Juta

Jum'at, 18/04/2014 08:35 WIB

Krisis Ukraina Sebabkan Nilai Dolar dan Euro Datar

Jum'at, 18/04/2014 08:04 WIB

Mau Ukur Konten Marketing? LinkedIn Sediakan Content Marketing Score

Executive Brief

Putin: Saya berharap tidak gunakan kekuatan militer di Ukraina Timur.

Indonesia Property Watch: Alasan akuisisi BTN mengada-ada.

Pemerintah timbang pengurangan kewajiban bea keluar tambang mineral.

KKP akui kemampuan awasi pencurian ikan di perairan RI terbatas.

Dahlan minta Freeport setor dividen interim.

BPS cegah korupsi dengan Program Pengendalian Gratifikasi.

OJK kaji mekanisme akuisisi Bank Mandiri atas BTN.

BPS pastikan harga komoditas dalam negeri terkendali.

LPS akan likuidasi Tugu Kencana di Sukoharjo.

PT Phapros akan lakukan IPO pada tahun 2015.

Kamis (17/4) sore, IHSG naik ke level 4.897.

Rupiah menguat ke angka Rp 11.423 pada Kamis (17/4) sore.

Dahlan: Akuisisi BTN, Bank Mandiri akan kalahkan Bank Malaysia.

Standard Chartered: Harga BBM bersubsidi harus naik.

Unjuk rasa anti-Piala Dunia terus berlanjut di Brasil.

Indo Premier luncurkan supermarket reksa dana daring, Rabu (16/4).

KPU: Jadwal pendaftaran capres dan cawapres tanggal 18-20 Mei 2014.

Syarief Hasan: Demokrat tetap lanjutkan konvensi dan ajukan capres.

OJK: Tingkat melek keuangan masyarakat Indonesia sangat rendah.

KKP: Indonesia belum manfaatkan potensi budidaya laut.

Entertainment & Life Style

17 April 2014 - Entertainment & Life Style

SpeedUp SmartWatch, Canggih dan Terjangkau

17 April 2014 - Olahraga

Unjuk Rasa Anti-Piala Dunia Berlanjut