Market Indices

Polman Astra Buka Lagi Beasiswa Prestasi Astra Tahun Akademik 2013/2014

Oleh Cipto - Rubrik Nasional

22 November 2012 14:03:00 WIB

Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra) kembali membuka Program Beasiswa Prestasi Astra untuk Tahun Akademik 2013/2014.  Program beasiswa ini terbagi menjadi dua, yaitu Program Beasiswa Penuh (bebas biaya pendidikan dan subsidi biaya hidup sebesar Rp 800.000/bulan) dan Program Beasiswa Unggulan (bebas biaya sumbangan pendidikan).

"Beasiswa Prestasi Politeknik Manufaktur Astra terbuka untuk warga negara Republik Indonesia yang berprestasi dan saat ini duduk di kelas 3 SMA/SMK seluruh jurusan, serta berusia tidak lebih dari 19 tahun pada September 2013," ujar Yulian Warman, Head of Public Relations Division PT Astra International Tbk, melalui siaran persnya, Kamis (22/11).

Yulian mengatakan periode pendaftaran sudah dimulai sejak 5 Oktober 2012 hingga 4 Januari 2013, dengan empat tahap proses seleksi, yaitu seleksi administrasi, psikotes, wawancara serta tes kesehatan.

"Kegiatan belajar di Polman didukung oleh tenaga pengajar dari Grup Astra dengan kurikulum dan kompetensi standar industri, dilengkapi dengan laboratorium dan fasilitas berteknologi tinggi, serta kesempatan bagi para peserta didik untuk mendapatkan pengalaman praktek kerja di industri khususnya di Grup Astra," jelas Yulian.

Polman Astra, Yulian memaparkan, memiliki misi menghasilkan lulusan Diploma III (D3) yang siap pakai dalam bidang yang terkait dengan otomotif dan sumber daya alam, termasuk pembinaan mindset QCDI (quality, cost, delivery, innovation), mental disiplin serta learning ability sehingga siap menghadapi tuntutan perkembangan industri global. Selain itu Polman Astra juga memiliki tujuan menciptakan lingkungan akademis yang profesional untuk menumbuhkembangkan kompetensi dan potensi civitas academica.

"Sebagai Center for Automotive, Polman Astra menjadi tolok ukur kompetensi di bidang otomotif bagi negara-negara di Asean," ungkap Yulian.

Pada tahun 2012, Polman Astra ditunjuk oleh Japan Vocational Ability Development Association (JAVADA) sebagai pelaksana “International Seminar on Skill Test” yang diikuti oleh perwakilan dari negara-negara ASEAN, yaitu Malaysia, Thailand, Vietnam, Laos, Kamboja, Filipina serta diikuti juga oleh perwakilan dari India. Seminar yang berlangsung pada bulan Februari dan November 2012 ini sekaligus menjadi tempat tolok ukur dalam pelaksanaan skill test (uji kompetensi).

Yulian menambahkan hingga saat ini para alumni Polman Astra sudah menjadi tenaga-tenaga ahli profesional yang tersebar di berbagai industri. 60% di antaranya terserap di industri Grup Astra serta berkesempatan mendapatkan beasiswa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di universitas-universitas ternama dunia.

Polman Astra didirikan pada tahun 1995 oleh PT Astra International Tbk di bawah naungan Yayasan Astra Bina Ilmu dengan tujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang siap pakai dalam bidang yang terkait dengan otomotif dan sumber daya alam.

Polman Astra menyelenggarakan program pendidikan Diploma III (D3) bergelar Ahli Madya, dengan berbagai pilihan bidang studi yaitu: Teknik Mesin Manufaktur (TMM), Teknik Produksi dan Proses Manufaktur (TPM), Mekatronika (MK), Teknik Pengolahan Hasil Perkebunan (TPHP), Manajemen Informatika (MI), Teknik Otomotif (TO) dan  Teknik Alat Berat (TAB).

(*/redaksi@wartaekonomi.com)

Foto: Nextsys

Recomended Reading

Kabar EkBis

19 September 2014 - Ekonomi Bisnis

Pelni Optimalkan Kapal untuk Layanan Wisata

19 September 2014 - Ekonomi Bisnis

Jokowi: Perizinan Kementerian Harus Satu Pintu

18 September 2014 - Ekonomi Bisnis

Apindo Serahkan "Roadmap" Perekonomian pada Jokowi-JK

Kabar Indonesia

18 September 2014 - Daerah

BMKG: Cuaca Sumsel dalam Kondisi Ekstrem

Executive Brief

Dahlan akui kesulitan untuk selamatkan usaha PT Merpati Nusantara Airline.

Dahlan: Proyek jalan tol Trans-Sumatera terapkan pola "bangun jual".

Garuda Indonesia Travel Fair 2014 bukukan transaksi Rp 223,065 miliar.

Dahlan pastikan tidak akan ada pergantian direksi BUMN sebelum terbentuknya pemerintahan baru.

Semarang jadi pasar potensial bagi sektor pariwisata.

Pemprov Jatim imbau masyarakat dirikan bangunan atau properti ramah lingkungan.

Pemerintah diminta perbanyak standardisasi sehingga produk dalam negeri siap hadapi MEA.

Investor asal Surabaya kian minati beragam produk properti di Australia.

BI terbitkan empat aturan penyempurnaan ketentuan transaksi valas.

Menkeu: Isu normalisasi kebijakan moneter The Fed sebabkan kekhawatiran pelaku pasar keuangan.

OJK: Pendidikan keuangan pada masyarakat dapat tingkatkan pemanfaatan produk perbankan.

BRI akan realisasikan satu unit Kapal Teras pada tahun ini.

Banggar DPR sepakati postur pinjaman luar negeri RAPBN 2015 sebesar Rp 23,8 triliun.

Modern Internasional akan terus kembangkan bisnis makanan dan minuman siap saji.

DBS: Bisnis wealth management dunia sedang soroti Indonesia.

Vaninder Singh nilai Indonesia mampu respons dengan baik kebijakan kenaikan suku bunga Fed.

Entertainment & Life Style

14 September 2014 - Entertainment & Life Style

Indosat Perbarui Jaringan di Empat Kota

13 September 2014 - Olahraga

Timnas Senior Dijadwalkan Hadapi Lebanon