Market Indices

Pernikahan Konglomerat: Cinta atau Bisnis? (Bagian II)

Oleh Hatta - Rubrik Ekonomi Bisnis

16 Desember 2012 17:02:00 WIB

Tahun 2012, resepsi pernikahan spektakuler antar anggota keluarga inti konglomerat banyak dilakukan. Melihat fenomena pernikahan generasi penerus konglomerasi itu, sebuah pertanyaan pun muncul: apakah perkawinan konglomerat ini memang semata-mata merupakan kisah kasih kedua mempelai yang berlanjut ke jenjang pelaminan ataukah ada juga tujuan bisnisnya, terutama untuk beraliansi atau menggabungkan bisnis mereka?

James T. Riady, CEO Grup Lippo, membantah perkawinan kedua puterinya itu juga merupakan perkawinan bisnis. “Tujuannya bukan untuk penggabungan bisnis. Tujuannya memang untuk pernikahan antara dua anak muda yang saling mengasihi,” ujarnya kepada Warta Ekonomi. Namun, keluarganya juga tidak melarang bila kemudian antara keduanya kemudian menjalin aliansi bisnis ke depannya. “Semua kemungkinan terbuka,” terangnya.

Kemungkinan terjadi aliansi bisnis antara dua konglomerasi memang terbuka ketika anggota keluarga inti dari dua konglomerasi itu menikah. Selain jaringan relasi bisnis bertambah luas, kemitraan strategis antara kedua kelompok usaha yang berbeda bisa terjadi. Hubungan keluarga lantas juga menjadi hubungan bisnis.

Hal ini setidaknya terlihat dari pernikahan Martin B. Hartono dengan Grace L. Katuari. Martin adalah putera dari R. Budi Hartono, pemimpin Grup Djarum, sementara Grace adalah puteri dari Eddy William Katuari, pemimpin Grup Wings. Kebetulan atau tidak, selain terjadi hubungan keluarga karena pernikahan itu, Grup Djarum juga melakukan kolaborasi dengan Grup Wings di sejumlah proyek prestisius. Tahun 2000, Grup Wings bergabung dalam konsorsium bersama Grup Lautan Luas dan Grup Djarum untuk membeli PT Ecogreen Oleochemicals, salah satu perusahaan produsen oleokimia terbesar di dunia yang memproduksi bahan baku industri perawatan tubuh, sabun, detergen, makanan, plastik, farmasi, dan sebagainya. Disamping itu, kerjasama Grup Wings dan Grup Djarum juga terjadi di bidang properti. Atas nama PT Nagaraja Lestari, keduanya bekerja sama membangun proyek properti ritel komersial Pulogadung Trade Center.

Menurut pengamat bisnis keluarga Patricia Sutanto, CEO The Jakarta Consulting Group, aliansi bisnis antara dua konglomerasi karena hubungan pernikahan memang sangat mungkin terjadi. Itu tergantung kecocokan dan kerukunan kedua keluarga konglomerat tersebut. Patricia menilai fenomena pernikahan antara dua anggota keluarga super kaya alamiah terjadi karena mereka memiliki lingkungan pergaulan yang sama. “Mereka berlatar belakang sama dan berada di tingkat sosial ekonomi yang sama sehingga mereka pun bergaul di tempat yang sama pula, lalu sering bertemu, hingga menemukan kecocokan atau kesamaan untuk kemudian mereka memutuskan menikah. Jadi, sulit dikatakan bahwa mereka menikah karena dijodohkan,” terangnya.

Akan tetapi, Patricia mengingatkan ada konsekuensi lain yang harus diperhatikan ketika dua konglomerasi terjalin hubungan keluarga karena pernikahan, yaitu masalah konflik kepentingan.”Mereka harus menjaga atau memagari agar tidak terjadi konflik kepentingan di bisnisnya,” tandas Patricia. Contohnya, bila kedua keluarga konglomerat itu sama-sama terjun di bisnis properti, bukan tidak mungkin perusahaan mereka bersaing satu sama lain di dalam mendapatkan sebuah proyek properti prestisius.

Kesulitan yang mereka hadapi kemudian adalah, pertama,  bagaimana menjaga informasi strategi bisnis perusahaan masing-masing yang berbeda satu sama lain agar tidak diketahui pesaing, walaupun mereka telah menikah. Kedua, bagaimana mengarahkan para eksekutif profesionalnya untuk tidak “bertabrakan” dengan perusahaan milik keluarga isteri atau suaminya. “Ini tentu menyulitkan eksekutif profesionalnya karena tugas mereka adalah mengembangkan bisnis,” papar Patricia.

Persoalan lain adalah bagaimana mengarahkan pilihan anak-anak mereka kelak sebagai hasil pernikahan antara dua anggota keluarga konglomerat yang berbeda. “Masalah ini mungkin sekarang belum muncul, tetapi ketika cucu atau cicit mereka telah dewasa, mereka akan dihadapkan pada masalah ini, apakah ikut bergabung di konglomerasi ayahnya atau ibunya atau apakah memilih berbisnis sendiri atau bahkan memutuskan tidak ikut berbisnis sama sekali. Ini pilihan yang sulit bagi mereka,” pungkas Patricia.

Soal konflik kepentingan ini nampaknya memang harus diwaspadai.  Sebab, tak semua pernikahan konglomerat dalam perjalanannya kemudian dapat berjalan harmonis.  Beberapa pernikahan generasi muda konglomerat saat ini disebut-sebut mengalami keretakan hingga kemudian berujung pada perpisahan. Hal semacam ini tentu tak diinginkan keluarga besar para taipan. Karena, bagaimanapun, kelanggengan bisnis konglomerasi yang mereka rintis dan besarkan pada masa depan tergantung dari tingkah laku generasi penerusnya.

 

Fadjar Adrianto dan M. Ihsan

(redaksi@wartaekonomi.com)

Sumber:Warta Ekonomi No 21/2012

Foto: investor.co.id

Recomended Reading

Minggu, 19/10/2014 08:04 WIB

Jokowi Diminta Bentuk Kementerian Pembangunan Papua

Minggu, 19/10/2014 04:00 WIB

Jokowi Disarankan Bentuk Menko Pembangunan Khusus Papua

Minggu, 19/10/2014 08:38 WIB

PBNU Tetap Kritisi Jokowi

Kabar EkBis

20 Oktober 2014 - Ekonomi Bisnis

Tiga Ucapan Terakhir Ketua KEN

20 Oktober 2014 - Agrikultur

RNI: Bisnis dan Kontribusi Pemerataan Pangan

19 Oktober 2014 - Ekonomi Bisnis

Kolom Inovasi: Mengungkit Kelembaman Inovasi

Executive Brief

Rupiah ditutup menguat 84 poin menjadi Rp 12.025 per dolar AS.

Bursa Saham Indonesia

IHSG ditutup menguat 11,59 poin atau 0,23% ke level 5.040,53 poin.

Indeks Bisnis 27 ditutup naik 1,88 poin atau 0,43% ke level 437,12 poin.

Jakarta Islamic Index ditutup melemah 0,14% ke level 662,62 poin.

Jokowi: Kini saatnya berdikari di bidang ekonomi.

Bursa Saham Eropa

Indeks Stoxx Europe 600 dibuka menguat 0,02% ke level 318,75 poin.

Bursa Saham Asia Pasifik

Indeks KOSPI ditutup naik 1,55% poin ke level 1.930,06 poin.

Indeks Nikkei 225 ditutup melejit 3,98% ke level 15.111,23 poin.

Indeks Topix ditutup naik 4% ke level 1.224,34 poin.

Indeks Hang Seng ditutup menguat 0,2% ke level 23.070,26 poin.

Indeks Komposit Shanghai ditutup naik 15,55 poin menjadi 2.356,73 poin.

Indeks Komposit Shenzhen ditutup naik 17,46 poin atau 1,32 persen menjadi 1.340,98 poin.

Jokowi dan JK resmi menjabat sebagai Presiden dan Wapres RI periode 2014-2019.

BMKG perkirakan cuaca di wilayah Jabodetabek cerah berawan pada hari ini (20/10).

Hasil Pertandingan Liga Eredivisie Belanda

SC Heerenveen 2 vs 2 Cambuur

FC Dordrecht 1 vs 3 FC Utrecht

Go Ahead Eagles 3 vs 2 PEC Zwolle

FC Groningen 1 vs 1 Excelsior

Hasil Pertandingan Liga Ligue 1 Prancis

Marseille 2 vs 0 Toulouse

Bordeaux 1 vs 1 Caen

Lyon 5 vs 1 Montpellier

Hasil Pertandingan Liga Bundesliga Jerman

Hamburger SV 1 vs 1 Hoffenheim

Paderborn 3 vs 1 Eintracht Frankfurt

Hasil Pertandingan Liga BBVA Spanyol

Atletico Madrid 2 vs 0 Espanyol

Deportivo La Coruna 3 vs 0 Valencia

Elche 0 vs 2 Sevilla

Villarreal 2 vs 0 Almeria

Hasil Pertandingan Liga Serie A Italia

Fiorentina 0 vs 2 Lazio

Atalanta 1 vs 0 Parma

Cagliari 2 vs 2 Sampdoria

Hellas Verona 1 vs 3 AC Milan

Palermo 2 vs 1 Cesena

Torino 1 vs 0 Udinese

Inter 2 vs 2 SSC Napoli

Hasil Pertandingan Liga Premier Inggris

QPR 2 vs 3 Liverpool

Stoke City 2 vs 1 Swansea City

Hipmi: Penerapan MEA 2015 akan tingkatkan bisnis e-commerce.

Pertempuran di Donetsk, Ukraina, tewaskan empat warga sipil dan lukai sembilan orang.

Paska pelantikan Jokowi memilih rumah tinggal di Wisma Negara

KEN merekomendasikan presiden terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi tahun ini.

Berdasarkan survei Indonesia Property Watch (IPW) volume penjualan properti perumahan di wilayah Jabodebek-Banten pada triwulan III-2014 turun 25,7% dibandingkan triwulan sebelumnya.

Jokowi-JK memakai sepatu buatan Cibaduyut dalam pelantikan presiden.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai tahun ini hingga tahun 2020, KAI akan membeli 160 rangkaian kereta baru.

BKPM: Nilai investasi gabungan antara PMDN dan PMA, Jawa Barat menjadi provinsi tujuan investasi paling banyak dengan nilai Rp 18,4 triliun.

BKPM: Untuk sektor PMA, DKI Jakarta berada di posisi puncak dengan 627 proyek senilai US$ 1,5 miliar.

BKPM: Jawa Timur menjadi tujuan investasi dalam negeri paling favorit dibandingkan dengan provinsi lain.

BKPM: Realisasi investasi pada triwulan III-2014 dari Singapura adalah US$ 1 miliar atau 20,2% dari total investasi.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo:Pelantikan Jokowi akan memberikan sentimen yang positif.

Badan Koordinasi Penanaman Modal: Singapura masih menjadi investor asing terbesar di Indonesia.

Badan Koordinasi Penanaman Modal: Realisasi investasi pada triwulan III-2014 mencapai Rp 119,9 triliun.

PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk siap berinvestasi pembangkit listrik berbasis minyak kelapa sawit

PT Kimia Farma Tbk. berencana merambah bisnis properti dengan membangun hotel.

Berikut jadwal acara Syukuran Rakyat:

Ahad, 19 Oktober 2014
Pukul 16.00 WIB: Jokowi hadiri doa bersama 1.000 umat Hindu se-Jakarta di Pura Agung Wira Satya Bhuana, Kompleks Paspampres, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Ia akan menyampaikan pidato.

Pukul 18.00 WIB: Jokowi salat magrib berjemaah dan ikut khataman Al-Quran 30 juz di Masjid Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat. Selain mengaji bersama sejumlah penghafal Quran, Jokowi akan mendengarkan tausyiah dari Quraish Shihab. Acara diperkirakan dihadiri sekitar 8.000 orang.

Pukul 20.00 WIB: Jokowi bertemu uskup serta tokoh persekutuan gereja Katolik dan Kristen se-Jakarta di Gereja Katedral, Jakarta Pusat. Peserta sekitar 4.000 orang. Jokowi akan menyampaikan sambutan seusai umat Katolik dan Kristen melakukan misa.

Senin, 20 Oktober 2014
Pukul 10.00 WIB: Jokowi dan Jusuf Kalla dilantik di Gedung DPR-MPR, Senayan. Panitia Syukuran Rakyat #Salam3Jari menggelar acara nonton bareng siaran pelantikan menggunakan layar lebar di Monas berbarengan dengan konser.

Pukul 12.45 WIB: Jokowi selesai menghadiri upacara pelantikan. Jokowi tiba di Bundaran Hotel Indonesia, dan diarak menuju Monas menggunakan andong.

Pukul 14.00 WIB: Jokowi tiba di Istana Merdeka menghadiri acara pisah-sambut dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Seusai acara, Jokowi berjanji mengadakan acara open house di Istana untuk 700 warga.

Pukul 16.00 WIB: Jokowi dijadwalkan menghadiri konser rakyat di Monas. Dia akan bernyanyi bersama Slank dan musikus lainnya sampai menjelang magrib.

Pukul 19.00 WIB: Jokowi kembali ke Monas untuk menghadiri acara pelepasan 300 lampion hingga sekitar pukul 22.00 WIB.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry, Perdana Menteri Australia Tony Abbott, Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Malaysia Dato' Sri Mohd Najib bin Tun Abdul Razak, dan Perdana Menteri Papua Nugini Peter O’Neill telah menyatakan kehadirannya dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla, Senin, 20 Oktober 2014.

Mulai Juli 2015 nomor call center Layanan Konsumen OJK di 021 500655 berubah jadi 021 1500655.

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia akan menyelenggarakan Indonesia Motorcycle Show 2014 pada 29 Oktober hingga 2 November

Recommended Reading

Senin, 20/10/2014 17:18 WIB

Pelantikan Jokowi-JK Bawa Angin Segar bagi Pasar Modal

Senin, 20/10/2014 15:04 WIB

Prabowo: Pidato Jokowi Bagus

Senin, 20/10/2014 14:27 WIB

Puan: Pengumuman Nama Menteri Selambatnya Besok

Senin, 20/10/2014 14:17 WIB

MPR Ajak Seluruh Komponen Bangsa Dukung Presiden Jokowi

Senin, 20/10/2014 10:41 WIB

Joko Widodo dan JK Resmi Jabat Presiden dan Wapres 2014-2019

Senin, 20/10/2014 07:27 WIB

Manufacturing Hope 149 - Xiao Ping Guo Sebelum ke Jalan Thamrin

Senin, 20/10/2014 05:55 WIB

Pelantikan Jokowi-JK Lebih Meriah

Senin, 20/10/2014 05:11 WIB

Tiga Ucapan Terakhir Ketua KEN

Entertainment & Life Style

16 Oktober 2014 - Entertainment & Life Style

Ingin Puaskan Pasangan? Lakukan Olahraga Ini