• HM Sampoerna
Market Indices

PLN Deklarasikan "PLN Bersih No Suap"

Rubrik Nasional

21 Desember 2012 17:02:00 WIB

Direktur Utama PT PLN (Persero) PLN Nur Pamudji menegaskan pendeklarasian PLN Bersih No Suap merupakan ajakan vendor dan masyarakat yang berinteraksi kepada PLN untuk tidak melakukan penyuapan di dalam birokrasi persero ini.

“Pendeklarasian PLN Bersih No Suap bertujuan untuk menjadikan perusahan yang BUMN ini yang profesional yang tidak memerlukan suap”, katanya dalam acara Deklarasi PLN Bersih di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Jumat (21/12), sebagaimana dikutip website Infopublik Kemkominfo hari ini.

Dengan adanya pendeklarsian ini diharapkan pelayanan kepada masyarakat akan lebih lebih baik dan meningkat. Selain itu, pengadaan barang dan jasa akan transparan, sehingga akan membawa efesiensi. Dengan demikian efesiensi akan menimbulkan keuntungan yang besar bagi perusahaan.

Pendeklarasian ini merupakan gerakan yang ditularkan melalui semangat melalui praktik antar karyawan, sehingga nantinya bila ada peristiwa suap, maka karyawan tersebut akan mengingat kembali praktik suap merupakan sesuatu yang buruk. Hal ini sangat diperlukan agar karyawan mempunyai kesadaran dan keberanian untuk menghilangkannya.

Mengenai praktik suap terbesar di persero ini, Direktur Utama PLN mengakui  ada dua sektor. Pertama, pengadaan barang dan jasa dan kedua,  pelayanan pelangan. Oleh karena itu, PLN meminta Transparancy International Indonesia untuk membantu PLN Bersih No suap terutama dimulai dua sektor tersebut yang berinteraksi kepada masyarakat.

“PLN berupaya mencegah praktik suap tersebut yang cenderung melalui  pertemuan antara karyawan PLN dan pelanggan. Pencegahan itu dilakukan melalui teknologi seperti website, telepon, handphone dan sebagainya. Hal ini diperlukan  agar menghilangkan praktik suap menyuap.

Pada kesempatan yang sama, Sekjen Transparency International-Indonesia (TI Indonesia) Natalia Soebagjo mengungkapkan dua aspek yang perlu dibenahi di tubuh PLN adalah sistem pengadaan barang dan jasa, serta pelayanan terhadap masyarakat. "Dua aspek tersebut selama ini masih menghadapi banyak persoalan,” jelasnya.

Natalia menuturkan pengadaan barang dan jasa di PLN masih terindikasi rentan terhadap hal-hal yang masuk dalam kategori korupsi, seperti suap, gratifikasi, konflik kepentingan. Sementara pelayanan PLN terhadap masyarakat juga masih sering dikeluhkan kurang responsif.

Untuk memperbaiki dua aspek ini dimulai  sejak Februari lalu, PLN memulai kerja sama dengan TI Indonesia. TI-Indonesia dalam kesepakatan ini berkomitmen untuk melakukan fasilitas dalam perbaikan dua aspek tersebut.

(*/redaksi@wartaekonomi.com)

Foto: Dok. PLN

Editor: Cipto

Recomended Reading

Executive Brief

Seorang pria bersenjata tembak dua polisi New York lalu bunuh diri.

Dua bom mobil guncang Malmo, Swedia.

Sedikitnya 21 gerilyawan tewas ketika militer Pakistan lancarkan serangan udara.

Inggris kirim kelompok militer ke Sierra Leone guna tanggulangi wabah Ebola.

Hasil Pertandingan Liga Eredivisie Belanda

Cambuur 2 - 1 PEC Zwolle

FC Dordrecht 1 - 1 FC Groningen

PSV Eindhoven 5 - 0 Go Ahead Eagles

AZ Alkmaar 0 - 3 FC Utrecht

Hasil Pertandingan Ligue 1 Prancis

Paris Saint Germain 0 - 0 Montpellier

Caen 1 - 1 Bastia

Lorient 1 - 2 Nantes

Metz 0 - 1 Monaco

Rennes 1 - 3 Reims

Toulouse 1 - 1 Guingamp

Hasil Pertandingan Bundesliga Jerman

Augsburg 2 - 1 Borussia Moenchengladbach

Bayer Leverkusen 1 - 1 Eintracht Frankfurt

Schalke 04 0 - 0 Hamburger SV

VfB Stuttgart 0 - 0 Paderborn

Werder Bremen 2 - 1 Borussia Dortmund

Wolfsburg 2 - 1 FC Cologne

Hasil Pertandingan Liga BBVA Spanyol

Barcelona 5 - 0 Cordoba

Levante 1 - 1 Real Sociedad

Eibar 0 - 1 Valencia

Rayo Vallecano 1 - 3 Espanyol

Hasil Pertandingan Liga Serie A Italia

Sassuolo 1 - 1 Cesena

Roma 0 - 0 AC Milan

Hasil Pertandingan Liga Premier Inggris

Manchester City 3 - 0 Crystal Palace

Aston Villa 1 - 1 Manchester United

Hull City 0 - 1 Swansea City

Queens Park Rangers 3 - 2 West Bromwich Albion

Southampton 3 - 0 Everton

Tottenham Hotspur 2 - 1 Burnley

West Ham United 2 - 0 Leicester City