Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

3.000 Buruh Banten Ikut Demo ke Jakarta

Warta Ekonomi -

WE Online, Serang - Ribuan buruh dari wilayah Tangerang dan Kabupaten Serang, Banten ikut melakukan aksi demo di Jakarta, Selasa, dengan tuntutan penurunan harga BBM.

"Buruh dari Banten sekitar 3.000 orang yang turun ke Jakarta. Kami menggunakan sekitar 14 bus," kata Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Provinsi Banten Riden Khatam Azis di Serang, Selasa (1/9/2015).

Ia mengatakan, sebagian buruh yang ikut demo ke Jakarta berasal dari Kabupaten Serang yang dipusatkan pemberangkatannya di depan PT Nikomas. Sedangkan buruh lainnya datang dari wilayah Kabupaten Tangerang dengan titik kumpul di Balaraja.

"Ini bagian dari solidaritas kami mewakili buruh di Banten untuk bergabung dengan buruh lain di Jakarta menyampaikan sejumlah tuntutan kepada pemerintah," katanya.

Menurut Riden, sejumlah tuntutan buruh dalam aksi buruh 1 September yakni meminta pemerintah segera mengambil sikap terhadap tingginya harga kebutuhan pokok, dengan menurunkan harga BBM serta harga kebutuhan pokok.

"Kami khawatir memburuknya ekonomi nasional ini berdampak besar terhadap buruh, karena saat ini sudah mulai banyak PHK," kata Riden.

Selain itu, kata Riden, buruh juga meminta pemerintah melaksanakan BPJS Ketenagakerjaan yang sesuai dengan undang-undang serta memperbaiki pelayanan bagi pasien BPJS Kesehatan di rumah sakit atau klinik yang telah ditunjuk pemerintah.

Kemudian buruh juga meminta pemerintah untuk menyetop para pekerja asing yang diduga sudah membanjiri tanah air. "Kami juga meminta pelaksanaan jaminan hari tua dilaksanakan sesuai undang-undang," kata Riden. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: