Market Indices

IDM: Usut Tuntas Jual Beli Jabatan Direktur Bank BTN

Rubrik Ekonomi Bisnis

02 Januari 2013 16:02:00 WIB

RUPSLB Bank BTN, tanggal 28 Desember 2012, menyisakan persoalan serius karena 2 direksi Bank BTN, Sdr.Purnomo dan Sdr.Mas Guntur Dwi S adalah kandidat terpilih yang memiliki track record melakukan pelanggaran integritas berat. Sehingga keduanya tidak  memenuhi syarat formal maupun material untuk menjadi Direksi BUMN yaitu sebelum pencalonan tercatat tidak pernah melakukan perbuatan yang dikategorikan dapat memberikan keuntungan secara melawan hukum kepada pribadi atau pihak tertentu dan melakukan perbuatan yang dapat dikategorikan sebagai pelanggaran terhadap ketentuan yang berkaitan dengan prinsip – prinsip pengurusan perusahaan yang sehat. Berikut ini siaran pers Indonesia Development Monitoring yang ditandatangani oleh Direktur Eksekutif, Fahmi Hafel yang diterima pada Rabu (2/1).

Berdasar penelusuran informasi yang dilakukan oleh Komite Perlindungan Pemegang Saham Minoritas (KPPSM) terindikasi kuat penetapan dua Direktur Bank BTN yaitu Mas Guntur Dwi S dan Purnomo sarat dengan rekayasa, kolusi dan bahkan terindikasi kuat ada permainan politik uang yang melibatkan oknum developer-developer Bank BTN sebagai penyokongnya dengan imbalan kemudahan dalam pemberian kredit proyek-proyek properti apabila sang calon terpilih.

Kolusi dalam pemilihan Direktur Bank BTN terjadi antara mantan Direktur Utama Bank BTN Iqbal Latanro yang konkalikong dengan mantan Komisaris Independent Bank BTN, Deswandy Agusman sebagai Ketua Komite Nominasi Bank BTN yang berkuasa menyusun long list usulan calon Direktur dibantu dengan konsultan yang bernama AMROPS.
                         
Nama-nama yang diusulkan oleh Ketua Komite Nominasi Bank BTN tersebut sebelum secara formal diusulkan ke Meneg BUMN melalui Deputi Meneg BUMN Bidang Jasa dan Sekretaris Menteri BUM, telah memperoleh persetujuan dalam pertemuan setengah kamar yang melibatkan Iqbal Latanro dan pejabat-pejabat dilingkaran dalam Meneg BUMN seperti Asisten Deputi Bidang Usaha Jasa Kementerian BUMN yang saat ini menjabat Direktur Bank BRI Gatot Mardiwasisto, Deputi Menteri BUMN Bidang Jasa, Gatot Trihargo dan Sekretaris Menteri Negara BUMN, Wahyu Hidayat.

Informan KPPSM yang merupakan pejabat tinggi dan sudah sangat senior di Bank BTN mengungkapkan bahwa dalam perjalanannya praktek kolusi berupa jual beli jabatan Direktur Bank BTN tersebut, telah memicu timbulnya konflik antara Ketua Komite Nominasi dengan pejabat-pejabat di linkungan Kantor Meneg BUMN yang berdampak pada dicopotnya Deswandy Agusman selaku Ketua Komite Nominasi sekaligus Komisaris Independent Bank dalam pada RUPSLB tanggal 28 Desember 2012, digantikan dengan Dwijanti Tjahjaningsih.

Praktek kongkalikong dalam pemilihan Direksi Bank BTN, pada dasarnya dipicu oleh penafsiran Biro Hukum Kementerian BUMN terhadap Pasal 16 ayat 4 UU No. 19/2003 tentang BUMN yang menetapkan masa jabatan Iqbal Latanro sebagai Direktur Utama Bank BTN dinyatakan berakhir karena sudah dianggap menjabat selama 2 periode.

Atas keputusan pemberhentian oleh Kementerian BUMN tersebut, Iqbal Latanro menyatakan penolakannya, karena penafsiran Biro Hukum Kementerian BUMN terhadap Pasal 16 ayat 4 UU No. 19/2003 tersebut dianggap tidak adil dan ambivalen, mengingat Meneg BUMN tetap mengangkat Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar dan Direktur Utama Pelni Jussabella Sahea meskipun masa jabatannya sudah 2 periode.

Selanjutnya guna meredam konflik, maka atas jasa mantan komisaris Bank BTN dan mantan Assiten Deputi Bidang Jasa Meneg BUMN, Gatot Mardiwasisto ,dilakukanlah komunikasi antara Iqbal Latanro dengan pejabat Kementerian BUMN. Dalam proses komunikasi tersebutlah muncul praktek dagang sapi, jual beli jabatan calon Direktur Bank BTN, dimana kepada Iqbal Latanro ditawarkanlah konsesi berupa penawaran jabatan pengganti bagi Iqbal Latanro sebagai Direktur Bank BRI atau Direktur Utama Taspen serta Iqbal Latanro diberikan kewenangan untuk menunjuk ”2 orang dalam” sebagai penerus dalam kebijakannya. Kewenangan Iqbal Latanro menunjuk 2 orang dalam sebagai calon Direksi Bank BTN adalah harga mati yang dipersyaratkan oleh Iqbal Latanro.     

                                                                      
Konflik selama perundingan mulai terasa, pada saat Gatot Mardiwasisto mulai memaksakan nama teman dekatnya , Purnomo, yang saat itu menjabat Kepala Regional Office-2 Bank BTN sebagai calon Direksi Bank BTN.

Pencalonan Purnomo tersebut, kontan mendapatkan penolakan keras dari Iqbal Latanro, karena Iqbal Latanro yang selalu menyebut dirinya adalah representasi wakil masyarakat Indonesia Timur, meminta agar ”2 orang dalam” tersebut adalah calon Direktur Bank BTN yang dapat mewakili perasaan masyarakat Indonesia Timur.

Dua orang dalam yang diusulkan oleh Iqbal Latanro adalah Mas Guntur Dwi S yang merupakan menantu dari Prof.Amirrudin mantan Rektor Unhas Makassar dan pejabat junior Bank BTN Sdr.Sasmaya Tuhuleley yang berasal dari Bula Maluku. Iqbal latanro sangat berkepentingan terhadap 2 orang tersebut, karena mereka berdua adalah kader dan loyalis Iqbal yang diharapkan masih dapat mengamankan kepentingan Iqbal setelah Iqbal tidak menjabat lagi, karena Iqbal khawatir banyak persoalan selama kepemimpinannya yang  mulai diungkit-ungkit setelah Iqbal kehilangan kekuasaannya.

Guna memperkuat alasan penolakannya Iqbal mengatakan bahwa prestasi maupun kompetensi Purnomo sangat rendah bahkan dibawah rata-rata pejabat Bank BTN dan selama menjadi Kepala Cabang Bank BTN nilai KPI-nya selalu C. Disamping mengkritik performance Purnomo, Iqbal juga tidak suka dengan gaya komunikasi Purnomo yang sering mengeluarkan statemen kontroversial, seperti pidato Purnomo didepan karyawan BTN Bandung yang menyatakan ”bekerja di BTN tidak perlu prestasi tetapi cukup PLN yaitu ”Pendekatan, Loyalitas dan Nasib”. Materi pidato tersebut sempat menghebohkan karyawan Bandung dan Iqbal marah karena statement tersebut dapat membunuh motivasi karyawan dalam berprestasi.

Namun data-data yang berhasil dihimpun oleh KPPSM, Purnomo selain bermasalah dengan Iqbal juga tercatat pernah melakukan pelanggaran integritas dalam kategori sangat berat sewaktu menjadi Kepala Cabang Semarang dan akibatnya Bank BTN menanggung potensi kerugian sekitar 10 Milliar.

Pelanggran integritas tersebut bermula dari kejadian pemberian Kredit Modal Kerja Kontraktor (KMK Kontraktor) oleh Purnomo dalam kewenangannya sebagai Kepala Cabang BTN Semarang, kepada PT.Makmur Mandiri Sawargi dan PT.Crown Simbol, untuk pembiayaan Pipanisasi dari Dinas PU sebagai pemberi kerja.

Dalam pelaksanaan pemberian kredit tersebut, banyak kejanggalan yang terjadi dan pelanggaran SOP Perkreditan dalam kategori sangat berat, karena Kepala Cabang melakukan pelanggaran SOP Perkreditan dalam kategori risiko yang sangat tinggi yaitu Kepala Cabang melakukan pencairan kredit yang tidak didukung dengan alas hak berupa prestasi proyek. Selain pelanggaran SOP pencairan kredit, terdapat indikasi kuat, Purnomo melakukan kolusi dengan PT.Makmur Mandiri Sawargi dan PT.Crown Simbol karena debitur tersebut mendapat privilage khusus berupa pembebasan kewajiban bagi debitur KMK Kontraktor tersebut dari kewajiban pemberian jaminan berupa fixed asset senilai 50 % dari total kredit.

Saat ini kredit PT.Makmur Mandiri Sawargi dan PT.Crown Simbol dalam status kolektibilitas macet dan pekerjaan telah diputus secara sepihak oleh Dinas PU dan SPKnya selanjutnya dipindahtangankan kepada kontraktor lain. Akibat perbuatan debitur yang mendapat keistimewaan dari Purnomo tersebut, maka Bank BTN terpaksa menanggung kredit macet tanpa dicover oleh jaminan dengan potensi kerugian Bank mencapai 10 Miliar. Direktur perusahaan, Yuni Eva Etlina, dalam kasus yang serupa, saat ini menjadi buron Polda Jateng karena dilaporkan oleh pihak Bank BPD Jateng telah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dengan oknum petugas dan pejabat kredit Bank BPD Jateng.

Kasus pembobolan Bank BPD Jateng yang melibatkan oknum petugas dan pejabat kredit Bank BPD Jateng telah menjadi berita yang menghebohkan, dan pada saat yang bersamaan terdapat perintah tertutup dengan model garis Komando dari Direktur Utama Bank BTN sebagai Direktur Supervisi Audit Intern Bank BTN kepada Kepala Divisi Audit Intern Mas Guntur Dwi S agar Bank BTN melindungi petugas dan pejabat yang terlibat dalam kasus ”Yuni Eva Etlina” tersebut. Perintah penghentian pemeriksaan atas kasus pembobolan Bank BTN KC.Semarang oleh Yuni Eva Etlina tersebut dapat diduga juga karena Iqbal merasa tidak enak dengan Gatot Mardiwasisto, teman golf purnomo yang saat itu masih menjadi Komisaris Bank BTN.

Dalam kasus yang lain berdasar penelusuran data dan informasi dari KPPSM terdapat informasi bahwa Purnomo juga terlibat dalam kegiatan yang menjurus kepada conflict of interest yang menghambat terungkapnya kasus fraud di Bank BTN. Sebagai contoh adalah adanya perbuatan fraud yang dilakukan oleh pejabat Bank BTN Surabaya Bukit Darmo, berupa pemberian 60 unit KPR fiktif atau dikenal dengan KPR Rumput dimana Bank BTN mencairkan kredit KPR tetapi tidak didukung dengan alas hak berupa adanya fisik rumah sebagai jaminan kredit.

Kasus pembobolan Bank berupa pemberian 60 unit KPR fiktif oleh Bank BTN Surabaya Bukit Darmo tidak dapat segera terungkap, karena praktek tersebut mendapat dukungan dari Purnomo mengingat developer yang memperoleh fasilitas kredit tersebut yaitu PT.Gemilang Arta Chassanah dengan Direktur Utama Sdr.Didik Hariyanto adalah masih bersaudara dengan Purnomo, sehingga pejabat pemutus kredit tidak dapat berkutik, pada saat developer meminta beberapa kemudahan sehingga Bank BTN KC.Surabaya Bukit Darmo mengabaikan prinsip kehati-hatian dan prinsip perkreditan yang sehat.

Posisi Iqbal Latanro yang hendak mematahkan pencalonan Purnomo, mendapat hadangan dari Pejabat-Pejabat Meneg BUMN yang sudah sejak dari awal berhasil dilobi dan dimobilisasi oleh Gatot Mardiwasisto. Gatot Mardiwasisto mempermasalahkan persyaratan formal dari Sdr.Sasmaya Tuhuleley yang tidak terpenuhi karena baru bertindak sebagai Kepala Cabang Utama. Sedangkan calon Iqbal Latanro yang lain yaitu Mas Guntur Dwi S juga tidak terlepas dari masalah integritas yang berkategori lebih berat.

Sebagai mantan Komisaris Bank BTN, Gatot Mardiwasisto mengetahui bahwa pencalonan Mas Guntur Dwi S pada saat menjabat Kepala Divisi Audit adalah bermasalah karena Direktur Utama menyembunyikan informasi yang material terhadap profile Mas Guntur Dwi S dan tidak sesuai dengan Pasal 7, Peraturan BI Nomor: 12/ 23 /PBI/2010, Tentang Uji Kemampuan Dan Kepatutan,
dimana ketentuan tersebut mensyaratkan Kepala Divisi Audit sebagai pejabat eksekutif bank, wajib memiliki komitmen terhadap pengembangan operasional Bank yang sehat dan tidak memiliki riwayat pernah melakukan perbuatan yang dikategorikan dapat memberikan keuntungan secara melawan hukum kepada pribadi atau pihak tertentu dan melakukan perbuatan yang dapat dikategorikan sebagai pelanggaran terhadap ketentuan yang berkaitan dengan prinsip – prinsip pengurusan perusahaan yang sehat.

Bagi publik Bank BTN, Mas Guntur Dwi S adalah orang yang sakti. Berkali-kali melakukan tindak pidana fraud tetapi selalu diampuni dan hanya dihukum ringan meskipun pelanggarannya terhadap prinsip – prinsip pengurusan perusahaan yang sehat adalah sudah sedemikian besar sehingga mungkin tidak termaafkan. Tetapi publik rasanya dipaksa untuk memaklumi pada saat Mas Guntur Dwi S ditetapkan sebagai Kepala Divisi Audit Intern dan mendapatkan dukungan dari Bank Indonesia karena Mas Guntur Dwi S dibacking secara kuat oleh sahabat masa kuliahnya di Universitas Islam Indonesia Yogyakarta yaitu Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah.

Pelanggaran integritas Mas Guntur Dwi S, sudah dalam kategori sangat berat bahkan Mas Guntur Dwis S pernah dikenakan sanksi hukuman berat yaitu dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Cabang Kelas Utama menjadi Wakil Kepala Divisi, karena tindakannya mengakibatkan Bank BTN terpaksa melakukan write off senilai Rp.554,270 Milyar dan mengakibatkan terjadinya penurunan asset Bank BTN Medan sebesar 85,77 %, namun semua dosa tersebut dimaafkan dimasa Iqbal Latanro berkuasa dan jabatannya dipulihkan menjadi Kepala Divisi Audit Intern.       

Berdasar catatan KPPSM, Mas Guntur Dwi S memiliki catatan pelanggaran integritas dalam kategori berat sbb :
1.Berdasar keputusan rapat Direksi Bank BTN, 30 September 1998, Mas Guntur Dwi S sebagai Kepala Cabang Bank BTN KC.Medan dikenakan sanksi, karena pada tanggal 31 Oktober 1997, telah menempatkan dana tunai senilai Rp.300 Juta kepada Bank South East Asian Bank (Bank SEAB) tanpa persetujuan dari Divisi Treasury yang memiliki kewenangan memberikan izin kepada Kantor Cabang untuk melakukan kegiatan Money Market Line.

Dan satu hari setelah penempatan dana tersebut Bank SEAB dinyatakan Bank Indonesia dalam likuidasi, sehingga penempatan dana sehari menjelang penetapan Bank SEAB dalam likuidasi mengindikasikan adanya kolusi antara Kepala Cabang Bank BTN Medan dan Kepala Cabang Bank SEAB. Akibat perbuatan tersebut Bank BTN dirugikan sebesar Rp.100 Juta yaitu senilai uang yang tidak dapat dikembalikan oleh Bank SEAB.

2.Berdasar keputusan Direksi Bank BTN melalui Surat No.99/RHS/DSDM/PAK-PA/02, Sdr.Mas Guntur Dwi S dikenakan sanksi berat dengan menurunkan jabatannya dari Kepala Cabang Utama menjadi Wakil Kepala Divisi karena dalam kapasitasnya sebagai Kepala Cabang Bank BTN Medan Periode April 1995 s/d Oktober 1999, telah melakukan pemberian kredit kepada debitur-debitur Kantor Cabang dengan tidak memperhatikan prinsip-prinsip prudential banking yaitu kredit dicairkan tetapi tidak didukung dengan prestasi proyek dan dikenal dengan mega skandal KPR Rumput.

Praktek pemberian kredit tanpa didukung prestasi proyek seperti yang dipersyaratkan dalam  SOP Perkreditan Bank tersebut mengindikasikan kuat telah terjadi praktek kolusi antara Kepala Cabang dengan developernya.Tercatat developer-developer yang pada saat itu memperoleh keistimewaan adalah PT.Sanggirs, PT.Bahagia Asri Selaras, PT.Kanalom, PT.Nurotin Karya dll.

Akibat kolusi tersebut adalah banyaknya kredit macet KPR-BTN yang diakibatkan konsumen tidak mau membayar angsurannya karena rumahnya belum jadi atau dikenal dengan ”Proyek Skandal KPR Rumput”, dan Bank terpaksa mengeluarkan kebijakan write off senilai senilai Rp.554,270 Milyar.

Akibat kebijakan write off yang luar biasa besar tersebut berdampak terjadi penuruanan asset Bank BTN KC.Medan pada saat itu mencapai 85,77 % dan Bank BTN tidak mendapatkan potensi pendapatan bunga sebagai sumber pendapatan Bank.

3.Mas Guntur Dwi S tercatat dalam kapasistas jabatannya sebagai Kepala Cabng Utama Medan telah menyalahgunakan kekuasaannya (abuse of power) yaitu mengambil fasilitas KPR Bersubsidi (KPR Griya Inti dengan nomor rekening lama yaitu 00320 715 B 000 16R) yang seharusnya dilarang karena Mas Guntur Dwi S bukan kelompok konsumen penerima subsidi.

4.Mas Guntur Dwi S sebagai Kepala Divisi Audit Intern bersama Iqbal Latanro sebagai Direktur Utama selama kepemimpinannya telah menjadi bunker bagi para pelaku fraud yang terbukti dari dihukum ringannya pelaku-pelaku fraud penyebab kredit Macet Harmoni yang mencapai 130 Milyar.

Lemahnya penegakan hukum dan terjadinya praktek main mata dalam penyelesaian kasus-kasus fraud selama kepemimpinan Mas Guntur Dwi S membuat Bank Indonesia menyatakan Divisi Audit Intern Bank BTN dalam kondisi mandul dan menjadi penyebab maraknya praktek-praktek window dressing di Bank BTN seperti adanya dugaan rekayasa NPL, rekayasa penghimpunan dana pihak ketiga, rekayasa penghimpunan laba dll.

Setelah melalui proses tawar menawar yang alot, maka akhirnya ditemukanlah kata sepakat antara Iqbal Latanro darn group Kementerian BUMN yaitu :                                                                                             
                                   
1.Iqbal Latanro mendapat tempat sebagai Dirut Taspen atau Direktur BRI setelah penetapan RUPSLB Bank BTN yang melengserkan Iqbal Latanro.
2.Iqbal Latanro hanya berhak mengusulkan 1 orang dalam sebagai Direksi Bank BTN sebagai Direksi baru yaitu Mas Guntur Dwi S
3.Kementerian BUMN dibawah komando Gatot M dan Gatot T berhak mengusulkan 1 orang dalam Bank BTN sebagai Direksi baru yaitu Purnomo.
4.Iqbal L berkolaborasi dengan Deswandy Agusman sebagai Ketua Komite Nominasi bertugas mengamankan usulan nama Mas Guntur Dwi S dan Purnomo untuk disampaikan kepada Meneg BUMN melalui Sekretaris Meneg BUMN dan Deputi Bidang Jasa Meneg BUMN.
5.Iqbal Latanro wajib melakukan kerjasama untuk pengaturan nilai dari masing-masing kandidat dan atas hal tersebut Iqbal Latanro mengarahkan pemilihan konsultannya kepada AMROPS.
6.Gatot S bertugas mengamankan nama-nama tersebut sampai dengan ditangan Meneg BUMN untuk mendapat penetapan sebagai Direksi baru Bank BTN dan bertugas mengamankan nama Iqbal Latanro untuk menjadi Dirut Bank BRI menggantikan Sofjan Basyir atau Dirut Taspen menggantikan Agus Haryanto.

Merespon perkembangan pemilihan Direksi Baru Bank BTN dan berkemaan dengan catatan rekam jejak yang sangat buruk atas calon-calon Direksi Bank BTN yang dipilih melalui RUPSLB Bank BTN tanggal 28 Desember 2012, yaitu atas nama Mas Guntur Dwi S dan Purnomo maka Indonesia Development Monitoring menuntut:

1.Menolak dan meminta pembatalan hasil RUPSLB Bank BTN tanggal 28 Desember 2012,khususnya dalam hal penetapan Mas Guntur Dwi S dan Purnomo sebagai Direksi.
2.Meminta Bank Indonesia untuk bersikap independent dan transparan dalam penilaian Fit and Proper Test Bank atas calon Direksi baru Bank BTN yaitu Mas Guntur Dwi S dan Purnomo dan secara khusus meminta kepada Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah tidak menjadi pelindung dari kesalahan yang dilakukan oleh sahabatnya,
3.Sebelum pelaksanaan fit and proper 2 orang calon Direksi Bank BTN, Indonesia Development Monitoring menuntut BI melakukan spesial audit terhadap kasus fraud yang diduga dilakukan oleh Purnomo sewaktu menjadi Kepala Cabang Semarang dan melakukan spesial audit terhadap kasus kredit macet di KC.Jkt Harmoni yang diduga syarat dengan kongkalikong dan main mata yang melibatkan Mas Guntur Dwi S, Iqbal Latanro dan para terperiksa.                              
4.Bank Indonesia agar memaksa Bank BTN segera melakukan reformasi dan reposisi petugas dan pejabat Auditor Intern Bank BTN, yang ditandai dengan pemilihan Kepala Divisi Audit Intern yang kredibel, karena Auditor Intern Bank BTN diduga terlibat dalam jual beli perkara yang mendorong maraknya praktek window dressing sehingga kredibilitas laporan keuangan Bank BTN selama ini diragukan.
5.Agar tercapai prinsip transaparansi dan fairness serta menghasilkan output seleksi calon Direktur Bank BTN yang kredibel, Indonesia Development Monitoring menuntut pembatalan hasil seleksi konsultan AMROPS dan daftar long list versi Komite Nominasi yang disampaikan kepada Kementerian BUMN, karena diduga kuat penetapan daftar long list tersebut sarat muatan kepentingan pihak tertentu saja dan ada indikasi kuat terjadi antara kolusi Direktur Bank BTN dengan oknum pejabat Kementerian BUMN yang mengarah kepada jual beli jabatan.

(*/redaksi@wartaekonomi.com)

Foto: Sufri Y.

Penulis/Editor: Sucipto

Executive Brief

Jadwal Indonesia Soccer Championship Minggu, 29 Mei 2016

16:00 WIB SRIWIJAYA FC VS MITRA KUTAI KARTANEGARA
19:00 WIB BARITO PUTERA VS PERSIJA
21:00 WIB PS TNI VS PSM

Bangkit - Digarap selama 100 hari, Film Bangkit besutan Rako Prijanto habiskan dana Rp12 miliar.

Yamaha - Jorge Lorenzo berharap kemenangannya di Moto GP dapat membungkam para kritikus.

Visor Tear-Off - FIA telah memperkenalkan peraturan mencegah pembalap dari membuang visor tear-off agar tidak membuat sampah di trek dengan puing-puing yang dapat menyebabkan masalah mobil.

Paris - Novak Djokovic membutuhkan waktu 2 jam untuk mengalahkan Petenis Aljaz Bedene 6-2, 6-3, 6-3 di babak ketiga Prancis Terbuka.

Hasil Pertandingan Persahabatan (28/5)

Kosta Rika 2 - 1 Venezuela

Myanmar 0 - 0 Malaysia

Rwanda 0 - 2 Senegal

Swiss 1 - 2 Belgia

Hukuman Mati - Kejaksaan Agung akan mengumumkan eksekusi mati 3 hari sebelum pelaksanaannya terutama untuk terpidana mati yang bukan Warga Negara Indonesia (WNI).

Oklahoma - Golden State Warriors mengalahkan Oklahoma Thunder 108- 101 untuk menyamakan kedudukan 3-3 di Final Play-off NBA Wilayah Barat.

Repo - BI membidik nilai transaksi penjualan surat berharga dengan ketetapan akan dibeli kembali (Repurchase Agreement/Repo) antar bank bisa mencapai minimal Rp800 miliar per hari pada Agustus 2016.

Monaco - Sebastian Vettel berhasil menjadi yang tercepat dalam sesi latihan bebas ketiga balap Formula One (F1) GP Monaco, Sabtu (28/5), Rio Haryanto urutan 22.

Jadwal Pertandingan Persahabatan (30/5)

00:30 Romania vs Ukraina

00:45 Turki vs Montenegro

01:45 Italia vs Skotlandia

02:45 Portugal vs Norwegia

05:00 Kolombia vs Haiti

08:30 Brasil vs Panama

Yogyakarta - Sebanyak 72 seniman dari dalam negeri dan luar negeri akan memamerkan hasil karya dalam Art Jog di Jogja National Museum (JNM) pada 27 Mei - 27 Juni.

Los Angeles - Johnny Depp diperintahkan pengadilan Loas Angeles untuk menjauh dari istrinya Amber Heard setelah hakim melihat bukti KDRT.

Paris - Jo-Wilfried Tsonga mengundurkan diri dari Prancis Terbuka akibat mengalami cedera.

Jayapura - Persipura Jayapura berhasil memetik kemenangan penting atas Perseru Serui 1-0 lewat gol Bio Paulin.

Hasil Pertandingan Champions League (29/5)

Real Madrid * 1 - 1 Atletico Madrid

*Menang dalam adu penalti

Bandung - Persib Bandung ditahan Madura United 0-0 dalam sebuah pertandingan yang seru.

Manado - OJK segera merealisasikan pembentukan satuan tugas (Satgas) waspada investasi untuk mengatasi investasi bodong.

Video Sex Kanye West - Penyanyi rap Kanye West tengah panik akibat video seksnya dikabarkan bocor dan terancam beredar luas di dunia maya.

Antisipasi The Fed - BI: Gejolak di pasar keuangan yang akan timbul karena rencana penaikan bunga The Fed pada Juni 2016 sudah diperkirakan sejak jauh-jauh hari dan dapat diantisipasi.

Hasil Pertandingan Kualifikasi Liga Serie A Italia (28/5)

Spezia 0 - 1 Trapani

Bengkulu - KPK menyita dua unit mobil dan uang berjumlah Rp 500 juta dalam penggeledahan 9 tempat di Bengkulu, terkait hakim Tipikor.

Sarolangun (Jambi) -  Petani swadaya bakal dapat bantuan pengadaan sertifikasi minyak sawit berkelanjutan berupa hibah dari lembaga nirlaba Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) tahun ini  US$453.000.

Jambi - Gapki mendesak pemerintah menyediakan infrastruktur di sentra-sentra perkebunan sawit Indonesia.

Mataram - PLN Area Mataram mencatat total energi listrik yang dicuri melalui penerangan jalan umum ilegal mencapai 200.000 kilo watt hours (KWh) setiap bulan.

EUR/IDR - Harga minggu ini (Rp):

Senin (23/5) 15.225
Selasa (24/5) 15.305
Rabu (25/5) 15.215
Kamis (26/5) 15.200
Jumat (27/5) 15.183

Serang - BI: Perekonomian Banten triwulan-I 2016 tumbuh 5,15% dibanding periode Januari-Maret 2015 (year on year), lebih baik dari T IV 2015 yang hanya 4,92%.

Buenos Aires - Gol Tunggal Higuain Menangkan Argentina atas Honduras 1-0.

Francis Bacon - Polisi Spanyol pada Sabtu (28/5) menangkap tujuh orang yang diduga terlibat dalam pencurian lima lukisan bernilai 25 juta euro karya Francis Bacon.

Zurich - Kroasia diperintahkan untuk memainkan 2 pertandingan kandang pada kualifikasi Piala Dunia tanpa kehadiran penonton, setelah insiden-insiden pada 2 pertandingan persahabatan.

CPO - Harga minggu ini (Ringgit):

Senin (23/5) 2.497
Selasa (24/5) 2.510
Rabu (25/5) 2.535
Kamis (26/5) 2.581
Jumat (27/5) 2.565

Pekalongan - Bulog Pekalongan menargetkan mampu melakukan penyerapan beras milik petani 100.000 ton pada 2016.

Paris - Sebanyak 11 orang terkena sambaran petir di sebuah taman, 8 orang anak-anak. Tak ada korban tewas.

Sarajevo - Sekelompok seniman membuka selubung lukisan dinding (mural) bergambar David Bowie di Sarajevo, Sabtu (28/5).

Padang - Semen Padang hajar Persela Lamongan 4-0 dalam lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) hari Sabtu (28/5).

Minyak - WTI Harga minggu ini (USD/bbl):

Senin (23/5) 47,98
Selasa (24/5) 47,93
Rabu (25/5) 49,19
Kamis (26/5) 49,84
Jumat (27/5) 49,00

Guatemala City - UNICEF:  Hampir 50.000 orang, sebagian di antaranya remaja perempuan berusia 12-17 tahun, adalah korban langsung eksploitasi seksual di Guatemala.

Niamey (Nigeria) - Pasukan keamanan Nigeria menewaskan 12 anggota Boko Haram dalam pertempuran di tenggara Nigeria pada Sabtu (28/5).

Medan - Pemerintah menunjuk Perum Bulog dan PT Berdikari untuk mengimpor daging sapi dan bawang merah guna mengendalikan harga menjelang Ramadhan.

Minyak - Brent Crude Harga minggu ini (USD/bbl):

Senin (23/5) 48,34
Selasa (24/5) 48,08
Rabu (25/5) 49,25
Kamis (26/5) 50,02
Jumat (27/5) 48,92

Padang - BI:  Laju ekonomi Sumatra Barat 5,48% atau turun dibandingkan triwulan IV-2015 yang mencapai 5,74%.

Berlin - Total 33 orang dibawa ke rumah sakit karena terluka akibat sambaran petir pada akhir satu pertandingan sepak bola di Rhineland-Palatinate, Jerman, Sabtu (28/5).

Caracas - Deutsche Lufthansa AG, perusahaan penerbangan Jerman, memberhentikan sementara penerbangan ke Venezuela pada bulan depan akibat kesulitan ekonomi di negera tersebut.

Asia - Indeks Nikkei 225 minggu ini:

Senin (23/5) 16.654,60
Selasa (24/5) 16.498,76
Rabu (25/5) 16.757,35
Kamis (26/5) 16.772,46
Jumat (27/5) 16.834,84

Sukhoi - Menko Polhukam Luhut Pandjaitan mengungkapkan, kepergiannya ke Rusia bukan dalam rangka membahas mengenai rencana pembelian pesawat tempur jenis Sukhoi.

Monaco - Pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo raih Pole Position GP Monaco, Rio Haryanto posisi 19.

Madrid - Zinedine Zidane menorehkan sejarah sebagai orang ketujuh yang berhasil mengangkat trofi Liga Champions sebagai pemain dan pelatih.

Tokyo - Para pemimpin G-7 di Jepang mengingatkan kembali dampak buruk bagi ekonomi global bila Inggris keluar dari Uni Eropa atau populer dengan sebutan British Exit (Brexit).

Asia - Indeks Hang Seng minggu ini:

Senin (23/5) 19.809,03
Selasa (24/5) 19.830,43
Rabu (25/5) 20.368,05
Kamis (26/5) 20.397,11
Jumat (27/5) 20.576,77

Surabaya -  Lapindo Brantas Inc mengakui telah menggelontorkan dana Rp 8 triliun selama 10  terakhir sejak  semburan lumpur Lapindo di Kabupaten Sidoarjo.

LINE -  Aplikasi pesan instan LINE dilaporkan telah mencapai 500 juta unduhan di Google Play Store.

Bantul - Festival Perahu Naga di kawasan Pantai Depok, Parangtritis, Kabupaten Bantul yang digelar 29 Mei 2016, bakal diikuti 20 tim dari dalam dan luar provinsi.

Asia - Indeks ST. Times minggu ini:

Senin (23/5) 2.766,93
Selasa (24/5) 2.750,23
Rabu (25/5) 2.766,66
Kamis (26/5) 2.773,31
Jumat (27/5) 2.802,51

Jayapura - PT. Pelni menyiapkan lima kapal penumpang yang akan berlabuh di Pelabuhan Jayapura dalam menghadapi libur panjang pada Juni dan Juli 2016. 

Hibah Hutan Tropis - Bank Dunia telah menyetujui bantuan hibah senilai US$22 juta kepada Indonesia untuk memperkuat pengelolaan hutan tropis, pengentasan kemiskinan di antara masyarakat yang kebergantungan pada hutan.

Yogyakarta  - Penumpang Garuda GA 216 rute Jakarta-Yogyakarta yang lecehkan pramugari secara seksual diamankan petugas pada Sabtu (28/5).

Asia - Indeks Shanghai minggu ini:

Senin (23/5) 2.843,64
Selasa (24/5) 2.821,67
Rabu (25/5) 2.815,05
Kamis (26/5) 2.822,44
Jumat (27/5) 2.821,05

Mamuju - BPS menyebutkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di wilayah provinsi Sulawesi Barat hingga Februari 2016 ini sebesar 2,72%.

Modal Asuransi - Industri asosiasi umum di Indonesia meminta OJK tidak menerapkan aturan kenaikan modal minimal Rp150 miliar dalam waktu dekat.

Sport For All - Indonesia akan menjadi tuan rumah pelaksanaan The Association For International Sport For All (Tafisa) 2016 pada 6-12 Oktober 2016 yang diikuti 110 negara.

Eropa - Indeks FTSE 100 minggu ini:

Senin (23/5) 6.136,43
Selasa (24/5) 6.219,26
Rabu (25/5) 6.262,85
Kamis (26/5) 6.265,65
Jumat (27/5) 6.270,79

Padang - Mentan  menjamin komoditas strategis seperti beras dan bawang tersedia dengan cukup dan aman menjelang bulan puasa Ramadhan tahun ini.

Wina - Iran masih mematuhi perjanjian nuklir Juli 2015 dengan negara-negara adidaya, menurut laporan International Atomic Energy Agency (IAEA).

Rossi - Pembalap Yamaha Valentino Rossi akui sering mengubah gaya balap, menurutnya pembalap tidak bisa terus-menerus menerapkan gaya yang sama di setiap tahunnya.

Eropa - Indeks CAC 40 minggu ini:

Senin (23/5) 4.325,10
Selasa (24/5) 4.431,52
Rabu (25/5) 4.481,64
Kamis (26/5) 4.512,64
Jumat (27/5) 4.514,74

Kapolri - Menkopolhukam: Presiden Jokowi  baru akan buka suara perihal Kepala Polri (Kapolri) pada Juli mendatang.

Mercedes - Mengalami masalah mesin di awal kualifikasi ketiga Formula 1 GP Monaco, Pembalap Mercedes Lewis Hamilton start dari posisi 3.

WhatsApp - Web Similar: WhatsApp merupakan aplikasi yang paling populer di dunia, berdasarkan data dari 187 negara.

Eropa - Indeks DAX minggu ini:

Senin (23/5) 9.842,29
Selasa (24/5) 10.057,31
Rabu (25/5) 10.205,21
Kamis (26/5) 10.272,71
Jumat (27/5) 10.286,31

Shanghai - General Motors (GM) akan menarik lebih dari dua juta kendaraan yang dibuat dengan perusahaan patungan di Tiongkok akibat kecacatan komponen mesin.

San Francisco - Facebook dan Microsoft akan membangun kabel raksasa sepanjang 6.600 kilometer (km) di bawah laut Samudra Atlantik, membentang sepanjang Virginia ke Spanyol.

San Francisco  - Sony Interactive Entertainment (SIE) mengumumkan bahwa penjualan PlayStation 4 mencapai 40 juta unit.

Cirebon - Pertamina akan meningkatkan pasokan Elpiji sebanyak 500% di Wilayah III Cirebon, Jawa Barat, menjelang Ramadhan.

Amerika - Indeks Dow 30 minggu ini:

Senin (23/5) 17.492,93
Selasa (24/5) 17.706,05
Rabu (25/5) 17.851,51
Kamis (26/5) 17.828,29
Jumat (27/5) 17.873,22

MASA - PT Multistrada Arah Sarana Tbk menjadi sponsor klub sepak bola yang kini juara liga Prancis yakni Paris Saint Germain Football Club (PSG).

Kabareskrim - Wakabareskrim Irjen Pol Ari Dono Sukmanto ditunjuk sebagai Kepala Bareskrim Polri menggantikan Komjen Pol Anang Iskandar.

Amerika - Indeks S&P 500 minggu ini:

Senin (23/5) 2.048,04
Selasa (24/5) 2.076,06
Rabu (25/5) 2.090,54
Kamis (26/5) 2.090,10
Jumat (27/5) 2.099,06

BMRI - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menargetkan kredit ekspor bisa mencapai Rp 70 triliun sampai akhir tahun ini.

Monaco - Tersingkir di Kualifikasi GP Monaco, Sebastian Vettel salahkan mobil Ferrari yang memburuk kecepatannya.

Karawang - Pemkab Karawang membolehkan tempat karaoke tetap buka selama bulan Ramadhan, namun hanya tiga jam per malam.

Amerika - Indeks Nasdaq minggu ini:

Senin (23/5) 4.765,78
Selasa (24/5) 4.861,06
Rabu (25/5) 4.894,89
Kamis (26/5) 4.901,77
Jumat (27/5) 4.933,50

Batam  - Ketua DPR  Ade Komarudin mengatakan hingga saat ini masih ada 150 anggota dewan yang belum menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LKHPN) ke KPK.

BBRI - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menargetkan penyaluran kredit ekspor sampai akhir tahun bisa mencapai double digit.

BBRI - Sampai kuartal I-2016 tercatat pertumbuhan kredit komersial BRI baru sebesar 6,68% menjadi Rp 106,9 triliun. 

Jadwal Pertandingan Kualifikasi Liga Serie A Italia, Minggu (29/5)

23:30 Novara vs Pescara

Manado - Kebutuhan minyak goreng masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menghadapi Bulan Suci Ramadan tahun 2016 diperkirakan akan meningkat 200%.

Rolland Garros - Serena Williams mengalahkan Kristina Mladenovic 6-4, 7-6 (10) untuk melaju ke babak keempat Prancis Terbuka.

NPL Kredit Ekspor - OJK: Rasio kredit bermasalah alias non performing loan (NPL) kredit ekspor pada Maret 2016 adalah 2,12% atau turun 118,73 bps secara yoy.

Jadwal Pertandingan Persahabatan, Minggu (29/5)

22:00 Azerbaijan vs FYR Makedonia

22:30 Albania vs Qatar

22:45 Jerman vs Slovakia

23:00 Spanyol vs Bosnia-Herzegovina

BBNI -  PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk optimistis, tahun ini, kredit ekspor bisa tumbuh 15% year on year. 

Buleleng - Warga Desa Selat, Kabupaten Buleleng, Bali, menemukan dua guci dan tujuh gamelan tua yang diduga sebagai benda-benda purbakala.

Ambon - Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli mengatakan Maluku harus memainkan peran dan memanfaatkan peluang terkait pengembangan Blok Masela.

Emas Antam - Harga minggu ini (Rp):

Senin (23/5) 586.000
Selasa (24/5) 586.000
Rabu (25/5) 581.000
Kamis (26/5) 580.000
Jumat (27/5) 579.000

Merak - ASDP Indonesia mengoperasikan 27 kapal "Roll-on Roll-off" (Ro-Ro)  menjelang Ramadhan 1437 H.

Produk Asuransi Baru - PT Asuransi Asei Indonesia meluncurkan produk baru bernama asuransi sengketa medis.

Kredit Ekspor - OJK: Pada kuartal I-2016, realisasi penyaluran kredit ekspor sebesar Rp 90,5 triliun, naik 25,63% dibandingkan kuartal I-2015.

JISDOR - Kurs referensi BI minggu ini (Rp):

Senin (23/5) 13.607
Selasa (24/5) 13.606
Rabu (25/5) 13.671
Kamis (26/5) 13.615
Jumat (27/5) 13.575

Railway - The Indonesian government is focusing on developing railway projects outside Java in an effort to connectivity among regions across the country.

Makassar - Pelindo IV: Construction of the first phase of Makassars New Port (MNP) has been 27% completed. 

Railway Train - VP Jusuf Kalla:  The Jakarta-Bandung high speed and the Jakarta-Surabaya normal speed railway trains projects can run simultaneously.

Economic Challenges - Analyst: The domestic economic challenges would mount in June-August on high expectation that the Federal Reserve would raise its interest rate and the government gambling in trying to convince the market about success in securing state revenues. 

Train Carriages Export - President Jokowi has met with Sri Lankas president Maithripala Sirisena to discuss the sale of train carriages to that country.

Shima (Japan) - President Jokowi and his French counterpart Francois Hollande discussed a plan on imposing palm oil tax,  on the sidelines of the G-7 Summit.

USD/IDR - Kurs minggu ini (Rp):

Senin (23/5) 13.580
Selasa (24/5) 13.685
Rabu (25/5) 13.650
Kamis (26/5) 13.602
Jumat (27/5) 13.581

Surabaya -  The navies of Indonesia and the Philippines have launched coordinated border patrols to address maritime piracy and other international crimes.

Shima (Japan) - President Jokowi: "Indonesia is ready to be motor in creating peace in Asia as well as in the world" at the G-7 Outreach Meeting.

Milan - Cristiano Ronaldo fired home the winning penalty as Real Madrid won Europe's biggest prize for the 11th time in its history.

EU Scholarships - The European Union (EU) is offering scholarships to 1,600 Indonesian students wishing to pursue higher education for master and doctorate degrees in Europe.

Beijing - China is extremely dissatisfied with a statement by Group of Seven (G7) leaders on the contentious South China Sea.