Market Indices

CIMB Niaga Gelar Aksi Tanam Bambu di Gianyar, Bali

Rubrik Green Economy

22 Januari 2013 17:01:00 WIB

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mengadakan aksi tanam bambu di Kabupaten Gianyar, Bali, belum lama ini, sebagai bagian dari aksi tanam 10 ribu pohon bambu di Jawa Barat dan Bali. Aksi ini menjadi kelanjutan dari wujud dukungan CIMB Niaga terhadap Gerakan Masyarakat Bambu Pertiwi yang diprakarsai Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), Yayasan Kehati, Saung Angklung Mang Udjo, dan Komunitas Cinta Bambu, yang diluncurkan akhir November tahun lalu di Bandung.

Gianyar adalah lokasi kedua di pulau Bali, setelah Tabanan. Adapun untuk wilayah Bali, jumlah pohon bambu yang ditanam sebanyak 4.000 pohon. Penyelenggaraan aksi tanam bambu di Gianyar, Bali, ditandai dengan Panen Perdana Rebung di lahan seluas 70 hektare (ha) yang telah ditanami bambu, yang menjadi bagian program penanaman pohon sebelumnya oleh pemerintah Kabupaten Gianyar.

L. Wulan Tumbelaka, Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga mengatakan, hingga saat ini pihaknya telah menanam kurang lebih 3.500 pohon bambu dari 10 ribu pohon yang direncanakan. Tanaman bambu tidak hanya bermanfaat dari sisi ekologis, namun juga mempunyai nilai ekonomis tinggi yang bisa dimanfaatkan masyarakat setempat. Untuk itu, CIMB Niaga telah bekerjasama dengan unsur-unsur dan elemen pemerintah serta masyarakat, dalam mewujudkan aksi tanam bambu di Bali dan Jawa Barat.

“Melalui program ini, CIMB Niaga turut serta melestarikan tanaman bambu, baik dari sisi ekologis, pengembangan budaya serta pengembangan industri kreatif yang bermanfaat bagi masyarakat. Aksi tanam bambu ini juga menjadi wujud implementasi salah satu pilar CIMB Niaga Peduli, yaitu kepedulian terhadap lingkungan,” kata Wulan lewat siaran persnya, Selasa (22/1).

CIMB Niaga telah menyediakan alokasi dana sekitar Rp750 juta untuk program aksi tanam 10 ribu pohon bambu di Jawa Barat dan Bali. Dana ini digunakan untuk pembelian bibit, serta pemberdayaan program masyarakat di area lingkungan sekitar penanaman bambu, sehingga masyarakat setempat bisa memanfaatkan tanaman bambu ini dalam rangka meningkatkan taraf kehidupan mereka.

Contohnya bisa dilihat di Gianyar. Masyarakat setempat berhasil memanfaatkan tanaman bambu untuk diolah menjadi beragam barang yang bermanfaat secara ekonomis bagi mereka. Dari mulai rebung yang dikemas bagus untuk siap dipasarkan di supermarket maupun untuk diekspor ke luar negeri, hingga alat kesenian seperti angklung yang telah diakui sebagai warisan budaya Indonesia.

Komitmen dan dukungan juga diberikan Pemerintah Kabaputen Gianyar, dimana Pemerintah Kabupaten Gianyar telah menyediakan lahan seluas 500 ha, khusus untuk ditanami bambu. Dukungan pemerintah daerah dan berbagai elemen masyarakat sangat penting untuk bisa mewujudkan itu semua.

Wulan menambahkan, CIMB Niaga akan terus berkomitmen dan mendukung upaya-upaya pelestarian lingkungan di Indonesia melalui beragam kegiatan.

“Kami berkeyakinan segala kegiatan dan dukungan itu pada akhirnya demi kebaikan generasi yang akan datang. Dan adalah kewajiban semua lapisan masyarakat, khususnya generasi muda, untuk bisa mewujudkan itu semua,” tutup Wulan.

(*/redaksi@wartaekonomi.com)

Foto: Sufri Y.

Penulis/Editor: Sucipto

Executive Brief

Brussels - Uni Eropa sepakat kucurkan dana talangan Yunani tahap pertama.

Singapura - Singapore Transboundary Haze Pollution Act No 24/2014 membuat Singapura bisa memberikan surat peringatan kepada 6 perusahaan Indonesia.

Jerusalem - Kepolisian Israel merekomendasikan penuntutan pidana terhadap Sara, istri Perdana Manteri Benyamin Netanyahu atas tuduhan penyalahgunaan dana negara.

Paris - Pilot-pilot Perancis mogok sampai waktu yang belum ditentukan prostes terhadap kondisi gaji.

Frankfurt - CEO Bayer mengatakan siap berdiskusi dengan pengamat lingkungan untuk membicarakan rencana merger dengan Monsanto.

Warsawa - Menteri Luar Negeri Iran membuka acara EU Trade di Polandia sebagai upaya mendekatkan diri berbisnis dengan Barat.

Verizon Communications Inc setuju untuk menambah 1.300 lapangan kerja dan kenaikan 10,9% selama 4 tahun dalam deal dengan Serikat Pekerja.

Ankara - Deputi PM Turki mengatakan hubungan dengan Rusia akan segera diperbaiki.

Lashkar Gah (Afghanistan) - Lebih dari 50 polisi Afghanistan tewas dalam 2 hari terakhir pertempuran di Selatan Provinsi Helmand.

BMRI - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. memprediksi penyaluran kredit perseroan pada kuartal II/2016 tumbuh hingga 8%—9% secara year on year (y-o-y).

Jakarta - OJK melihat ada potensi potensi investasi di sektor properti komersial hingga Rp500 triliun di Ibu Kota, jika Pemprov DKI Jakarta menurunkan tarif BPHTB.

Bisnis Kelautan - OJK dorong sektor kelautan dan perikanan gunakan pembiayaan pasar modal.

Antisipasi Krisis - BI siapkan peraturan untuk merespon kebijakan yang mendukung stabilitas sistem keuangan.

Hasil Pertandingan Persahabatan (30/5)

Brasil 2 - 0 Panama

Hasil Pertandingan Persahabatan (31/5)

Swedia 0 - 0 Slovenia

Prancis 3 - 2 Kamerun

Jadwal Pertandingan Kualifikasi Liga Serie A Italia (1/6)

01:30 Trapani vs Spezia

Jadwal Pertandingan Persahabatan (1/6)

01:15 Serbia vs Israel

01:30 Austria vs Malta

01:45 Irlandia vs Belarus

Jadwal Pertandingan Persahabatan (1/6)

21:30 Spanyol vs Korea Selatan

23:00 Estonia vs Andorra

23:00 Rusia vs  Republik Ceko

23:30 Latvia vs Lithuania

SIPD - Dana hasil penawaran umum melalui hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue PT Sierad Produce Tbk. (SIPD) baru terpakai sekitar Rp12,67%.

SSMS - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) siap membagikan dividen tunai Rp17,67 per saham.

ASRM - PT Asuransi Ramayana Tbk.(ASRM) siap membagikan dividen tunai Rp95 per saham.

Bursa - Pagi ini (31/5) IHSG di buka melemah 2,31 poin (0,05%) ke level 4.833,72

Emas - Hari ini (31/5) harga Emas Antam naik Rp2.000 menjadi Rp577.000/gram dibanding kemarin di Rp575.000/gram. Dengan harga buyback naik di Rp519.000/gram.

IDR/USD - Pagi ini (31/5) Rupiah  dibuka menguat Rp13.626 per Dollar AS dibanding kemarin di Rp13.640 (Data Reuters).

IDR/EUR - Pagi ini (31/5) Rupiah dibuka melemah di Rp15.202 per Euro dibanding sore kemarin di Rp15.185 (Data Reuters).

Eropa - Indeks saham-saham Eropa, penutupan (30/5):

FTSE 100   Libur    
CAC 40 4.529,40 +14,66 +0,32%
DAX 10.333,23 +46,92 +0,46%

Rolland Garros - Petenis Inggris Andy Murray lolos ke babak perempat final Prancis Terbuka usai mengalahkan John Isner 7-6 (9), 6-4, 6-3.

Paris - Garbine Muguruza mengalahkan juara Prancis Terbuka tahun 2009 Svetlana Kuznetsova 6-3, 6-4 di babak ketiga.

Oakland - Pebasket asal Spanyol Paul Gasol mempertimbangkan tidak turun di Olimpiade Rio akibat adanya kabar tentang virus Zika di Brazil.

Toronto - DeMar DeRozan menjadi target utama Toronto Raptors di bursa Transfer mendatang.

Asia - Indeks saham-saham Asia, pembukaan (31/5):

Nikkei 225 17.029,46 -38,56 -0,23%
Hang Sheng 20.617,33 -12,06 -0,06%
ST. Times 2.829,33 +32,58 +1,16%
Shanghai Comp. 2.822,59 +0,14 +0,00%

Minyak - Pagi ini (31/5) WTI Crude Oil naik dari 49,15 USD menjadi 49,54 USD/bbl. Serta Brent Crude juga naik dari 48,98 USD menjadi 49,69 USD/bbl. Data perbandingan sore kemarin (Bloomberg).

ITF - Presiden ITF David Haggerty mengatakan Pemain yang gagal dalam tes obat-obatan harus disebutkan untuk menghindari kerahasian dalam olahraga.

Yamaha - Rossi memuji calon tandemnya musim depan, Maverick Vinales sebagai pembalap yang berbakat dan mempunyai masa depan cerah.

The Doctor - Valentino Rossi membuat film pendek tentang dirinya dengan nama The Doctor Series.

Catalunya - Jelang GP Catalunya, Marc Marquez optimis juara karena balapan di kandang sendiri.

TRIS - PT Trisula International Tbk. (TRIS) menjual tanah dan bangunan kepada PT Chitose Internasional Tbk. (CINT) dengan nilai transaksi Rp7,17 miliar.

Pirelli - Untuk regulasi Formula 1 musim 2017 mendatang, penyedia ban resmi Formula 1, Pirelli, telah mempersiapkan ban baru yang lebih lebar.

Yamaha - Bos Yamaha Lin Jarvis mengkonfirmasi Yamaha tetap berusaha merekrut Daniel Pedrosa andai kesepakatan dengan Vinales batal.

Manor Racing - Masih belum menyelesaikan tunggakan 7 Juta Euro kepada tim Manor, Ibunda Rio bertemu dengan CEO BUMN untuk membahas bantuan dana.

Ferrari - Meraih hasil buruk di Monaco, Ferrari tetap percaya dapat meraih gelar Juara Formula 1.

JISDOR BI - Hari ini (30/5) kurs referensi Bank Indonesia menguat di Rp13.615 dibanding akhir minggu kemarin di Rp13.641.

CPO - Pagi ini (31/5) CPO Kontrak Agustus 2016, turun 15 poin pada harga 2.585,00 Ringgit per ton (Bursa Malaysia).

Teheran - Organisasi Haji dan Umroh Iran menyataka bahwa jemaah haji negeri itu tidak akan mengikuti ibadah haji tahun ini.

DVLA - PT Darya Varia Laboratoria Tbk. (DVLA) siap membagikan dividen tunai Rp35 per saham. Berikut jadwalnya.

MIDI - Emiten ritel PT Midi Utama Indonesia Tbk. membagikan dividen sebesar Rp43,2 miliar atau sekitar 30,74% dari laba tahun berjalan tahun buku 2015 yang mencapai Rp140,51 miliar.

SONA - PT Sona Topas Tourism Industry Tbk. (SONA) siap membagikan dividen tunai Rp320 per saham. Berikut jadwalnya.

KIJA - PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. mengestimasi transaksi penjualan lahan akan marka di paruh kedua tahun ini.

SAME - PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk. menggencarkan ekspansi dengan kembali menambah rumah sakit di jaringannya.

IMPC - PT Impack Pratama Industri Tbk (IMPC), optimistis mampu meningkatkan kinerja perseroan di tahun ini dengan membidik peluang baru di pasar retail dan pasar proyek pemerintah.

IMPC - RUPS Tahunan PT Impack Pratama Industri Tbk (IMPC) memutuskan mengangkat Christian Minaloka sebagai komisaris perseroan untuk masa jabatan sama dengan masa jabatan dewan komisaris lainnya.

KIJA - RUPS PT Kawasan Industri Jababeka Tbk. (KIJA) memutuskan untuk tidak membagikan dividen atas perolehan laba bersih sepanjang 2015.

SUPR - Emiten sewa menara PT Solusi Tunas Pratama Tbk. (SUPR) mengalokasikan belanja modal pada 2016 sebesar Rp700 miliar hingga Rp800 milair.

Bursa - PT Borneo Agro Utama Sejahtera mengeluarkan surat utang jangka menengah senilai Rp10 miliar.

BUKK - PT Bukaka Teknik Utama Tbk. tahun ini menganggarkan belanja modal hingga Rp335 miliar yang sebagian diantaranya digunakan untuk ekspansi usaha perseroan.

IMPC - PT Impack Pratama Industri Tbk. menargetkan pertumbuhan penjualan bersih mencapai 21%, dengan penaikan laba bersih hingga 121% pada 2016 jika dibandingkan dengan tahun lalu.

SSMS - PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) menargetkan kapasitas tertanam kebun perseroan bakal meningkat 44% menjadi 100.000 Hektare dari saat ini 69.000 Ha.

TOBA - PT Toba Bara Sejahtra Tbk. tengah memproses ekspansi pembangkit listrik berkapasitas maksimum 200 Megawatt dengan investasi mencapai US$200 juta hingga US$260 juta.

MIKA - Emiten rumah sakit PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. (MIKA) membagikan dividen tahun buku 2015 senilai total Rp363,8 miliar kepada pemegang saham.

MIKA - Emiten rumah sakit PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. (MIKA) menargetkan akan membangun enam unit rumah sakit hingga 2019 mendatang.

SUPR - PT Solusi Tunas Pratama Tbk. membidik pendapatan pada 2016 sebesar Rp1,93 triliun, naik 8% dari tahun lalu.\n