Market Indices

CIMB Niaga Gelar Aksi Tanam Bambu di Gianyar, Bali

Oleh Cipto - Rubrik Green Economy

22 Januari 2013 17:01:00 WIB

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mengadakan aksi tanam bambu di Kabupaten Gianyar, Bali, belum lama ini, sebagai bagian dari aksi tanam 10 ribu pohon bambu di Jawa Barat dan Bali. Aksi ini menjadi kelanjutan dari wujud dukungan CIMB Niaga terhadap Gerakan Masyarakat Bambu Pertiwi yang diprakarsai Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), Yayasan Kehati, Saung Angklung Mang Udjo, dan Komunitas Cinta Bambu, yang diluncurkan akhir November tahun lalu di Bandung.

Gianyar adalah lokasi kedua di pulau Bali, setelah Tabanan. Adapun untuk wilayah Bali, jumlah pohon bambu yang ditanam sebanyak 4.000 pohon. Penyelenggaraan aksi tanam bambu di Gianyar, Bali, ditandai dengan Panen Perdana Rebung di lahan seluas 70 hektare (ha) yang telah ditanami bambu, yang menjadi bagian program penanaman pohon sebelumnya oleh pemerintah Kabupaten Gianyar.

L. Wulan Tumbelaka, Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga mengatakan, hingga saat ini pihaknya telah menanam kurang lebih 3.500 pohon bambu dari 10 ribu pohon yang direncanakan. Tanaman bambu tidak hanya bermanfaat dari sisi ekologis, namun juga mempunyai nilai ekonomis tinggi yang bisa dimanfaatkan masyarakat setempat. Untuk itu, CIMB Niaga telah bekerjasama dengan unsur-unsur dan elemen pemerintah serta masyarakat, dalam mewujudkan aksi tanam bambu di Bali dan Jawa Barat.

“Melalui program ini, CIMB Niaga turut serta melestarikan tanaman bambu, baik dari sisi ekologis, pengembangan budaya serta pengembangan industri kreatif yang bermanfaat bagi masyarakat. Aksi tanam bambu ini juga menjadi wujud implementasi salah satu pilar CIMB Niaga Peduli, yaitu kepedulian terhadap lingkungan,” kata Wulan lewat siaran persnya, Selasa (22/1).

CIMB Niaga telah menyediakan alokasi dana sekitar Rp750 juta untuk program aksi tanam 10 ribu pohon bambu di Jawa Barat dan Bali. Dana ini digunakan untuk pembelian bibit, serta pemberdayaan program masyarakat di area lingkungan sekitar penanaman bambu, sehingga masyarakat setempat bisa memanfaatkan tanaman bambu ini dalam rangka meningkatkan taraf kehidupan mereka.

Contohnya bisa dilihat di Gianyar. Masyarakat setempat berhasil memanfaatkan tanaman bambu untuk diolah menjadi beragam barang yang bermanfaat secara ekonomis bagi mereka. Dari mulai rebung yang dikemas bagus untuk siap dipasarkan di supermarket maupun untuk diekspor ke luar negeri, hingga alat kesenian seperti angklung yang telah diakui sebagai warisan budaya Indonesia.

Komitmen dan dukungan juga diberikan Pemerintah Kabaputen Gianyar, dimana Pemerintah Kabupaten Gianyar telah menyediakan lahan seluas 500 ha, khusus untuk ditanami bambu. Dukungan pemerintah daerah dan berbagai elemen masyarakat sangat penting untuk bisa mewujudkan itu semua.

Wulan menambahkan, CIMB Niaga akan terus berkomitmen dan mendukung upaya-upaya pelestarian lingkungan di Indonesia melalui beragam kegiatan.

“Kami berkeyakinan segala kegiatan dan dukungan itu pada akhirnya demi kebaikan generasi yang akan datang. Dan adalah kewajiban semua lapisan masyarakat, khususnya generasi muda, untuk bisa mewujudkan itu semua,” tutup Wulan.

(*/redaksi@wartaekonomi.com)

Foto: Sufri Y.

Executive Brief

Pelindo II tunjuk Mitsui untuk operasikan terminal kontainer 1 (CT1).

Kemenparekraf anggarkan dana Rp 30 miliar buat promosi pariwisata Indonesia.

Kusumaningtuti: Perlindungan konsumen lembaga keuangan masih rendah.

Ada isu akuisisi, saham BTN dan Mandiri melemah pada perdagangan pekan ini.

Pendaftaran SBMPTN dibuka pada 12 Mei-6 Juni 2014.

Gempa berkekuatan 6,9 SR guncang Papua Nugini, Sabtu (19/4).

Adi Sarana Armada catat laba bersih Rp 92,01 miliar pada 2013.

Indonesian Paradise Property bukukan laba Rp 26,25 miliar pada tahun 2013.

Pemprov DKI: Kerugian akibat macet Rp17,2 triliun per tahun.

Tahun 2030 Pemprov DKI targetkan 60% penduduknya menggunakan transportasi umum,

Posisi utang luar negeri Indonesia per Februari 2014 adalah USD272,1 miliar.

Pelindo II dan Mitsui tanda tangani share holder agreement untuk New Tanjung Priok.

Jalur KRL Commuter layang melingkar atau loop line yang akan dibangun di Jakarta membutuhkan investasi Rp10 Triliun.

Organda: Subsidi BBM tak bisa ditekan selama angkutan umum tidak diperbaiki.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan KA Kemenhub:  Pemerintah berencana membangun jalur KRL Commuter layang melingkar atau loop line di Jakarta.

Tahun ini anggaran subsidi BBM mencapai Rp 210,7 triliun dengan kuota 48 juta kiloliter.

Pelabuhan Kalibaru alias 'New Tanjung Priok' fase I mulai dioperasikan pada akhir 2014.

Tahun 2008 sekitar 20% penduduk terkaya menikmati 49% PDB,  2012 mereka menikmati 49% PDB.

Di era Orde Baru Gini Ratio ada di level 0,31 - 0,38.

Gini Ratio Indonesia sejak 2011 tetap di angka 0,41.

Trafik di Bandara Soeta naik sampai 15% di week end panjang ini.

BI: Pembangunan "smelter" minerba percepat pertumbuhan ekonomi.

Libur panjang, wisatawan serbu kota Bandung.

Perayaan Hari Raya Paskah berlangsung khidmat di sejumlah daerah.

Winson sebut isu utang Rp 14 T Kertas Nusantara trik jatuhkan Prabowo.

PT Phapros akan lakukan IPO pada tahun 2015.

KPU: Jadwal pendaftaran capres dan cawapres tanggal 18-20 Mei 2014.

Entertainment & Life Style