Market Indices

CIMB Niaga Gelar Aksi Tanam Bambu di Gianyar, Bali

Rubrik Green Economy

22 Januari 2013 17:01:00 WIB

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mengadakan aksi tanam bambu di Kabupaten Gianyar, Bali, belum lama ini, sebagai bagian dari aksi tanam 10 ribu pohon bambu di Jawa Barat dan Bali. Aksi ini menjadi kelanjutan dari wujud dukungan CIMB Niaga terhadap Gerakan Masyarakat Bambu Pertiwi yang diprakarsai Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), Yayasan Kehati, Saung Angklung Mang Udjo, dan Komunitas Cinta Bambu, yang diluncurkan akhir November tahun lalu di Bandung.

Gianyar adalah lokasi kedua di pulau Bali, setelah Tabanan. Adapun untuk wilayah Bali, jumlah pohon bambu yang ditanam sebanyak 4.000 pohon. Penyelenggaraan aksi tanam bambu di Gianyar, Bali, ditandai dengan Panen Perdana Rebung di lahan seluas 70 hektare (ha) yang telah ditanami bambu, yang menjadi bagian program penanaman pohon sebelumnya oleh pemerintah Kabupaten Gianyar.

L. Wulan Tumbelaka, Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga mengatakan, hingga saat ini pihaknya telah menanam kurang lebih 3.500 pohon bambu dari 10 ribu pohon yang direncanakan. Tanaman bambu tidak hanya bermanfaat dari sisi ekologis, namun juga mempunyai nilai ekonomis tinggi yang bisa dimanfaatkan masyarakat setempat. Untuk itu, CIMB Niaga telah bekerjasama dengan unsur-unsur dan elemen pemerintah serta masyarakat, dalam mewujudkan aksi tanam bambu di Bali dan Jawa Barat.

“Melalui program ini, CIMB Niaga turut serta melestarikan tanaman bambu, baik dari sisi ekologis, pengembangan budaya serta pengembangan industri kreatif yang bermanfaat bagi masyarakat. Aksi tanam bambu ini juga menjadi wujud implementasi salah satu pilar CIMB Niaga Peduli, yaitu kepedulian terhadap lingkungan,” kata Wulan lewat siaran persnya, Selasa (22/1).

CIMB Niaga telah menyediakan alokasi dana sekitar Rp750 juta untuk program aksi tanam 10 ribu pohon bambu di Jawa Barat dan Bali. Dana ini digunakan untuk pembelian bibit, serta pemberdayaan program masyarakat di area lingkungan sekitar penanaman bambu, sehingga masyarakat setempat bisa memanfaatkan tanaman bambu ini dalam rangka meningkatkan taraf kehidupan mereka.

Contohnya bisa dilihat di Gianyar. Masyarakat setempat berhasil memanfaatkan tanaman bambu untuk diolah menjadi beragam barang yang bermanfaat secara ekonomis bagi mereka. Dari mulai rebung yang dikemas bagus untuk siap dipasarkan di supermarket maupun untuk diekspor ke luar negeri, hingga alat kesenian seperti angklung yang telah diakui sebagai warisan budaya Indonesia.

Komitmen dan dukungan juga diberikan Pemerintah Kabaputen Gianyar, dimana Pemerintah Kabupaten Gianyar telah menyediakan lahan seluas 500 ha, khusus untuk ditanami bambu. Dukungan pemerintah daerah dan berbagai elemen masyarakat sangat penting untuk bisa mewujudkan itu semua.

Wulan menambahkan, CIMB Niaga akan terus berkomitmen dan mendukung upaya-upaya pelestarian lingkungan di Indonesia melalui beragam kegiatan.

“Kami berkeyakinan segala kegiatan dan dukungan itu pada akhirnya demi kebaikan generasi yang akan datang. Dan adalah kewajiban semua lapisan masyarakat, khususnya generasi muda, untuk bisa mewujudkan itu semua,” tutup Wulan.

(*/redaksi@wartaekonomi.com)

Foto: Sufri Y.

Editor: cipto

Recomended Reading

Selasa, 26/05/2015 00:06 WIB

BPJS Kesehatan Dinilai Miliki Banyak Kelemahan

Senin, 25/05/2015 07:27 WIB

Lagi, PSSI Terancam Sanksi AFC

Senin, 25/05/2015 05:56 WIB

Survei: Ahok Cukup Pimpin DKI Hingga 2017

Executive Brief

Serapan beras Bulog Divisi Regional Jawa Tengah capai 4.000 ton/hari.

Menkeu: Kalbar perlu tingkatkan industri manufaktur berbasis sumber daya alam.

Kemendag: Stok gula kristal putih jelang Ramadan masih aman.

Pemkab Pandeglang siap tingkatkan daya saing produk perikanan.

CAR berikan asuransi gratis bagi pelanggan Indosat yang aktifkan Dompetku.

Pemprov Jateng akan segera benahi fasilitas umum di Karimunjawa.

Kadin minta Bank Indonesia turunkan suku bunga acuan.

PLN Area Kudus catat selama Januari-Mei terdapat 306 kali gangguan listrik.

Kadin akan bentuk lembaga khusus jaring pendanaan pembangunan di timur Indonesia.

Entertainment

26 Mei 2015 - Olahraga

Real Madrid Pecat Pelatih Ancelotti

26 Mei 2015 - Olahraga

Kemenpora "Ngotot" Ingin Ketemu FIFA

25 Mei 2015 - Entertainment & Life Style

Adidas Kenalkan Sepatu Bola Terbarunya X dan Ace