Market Indices

CIMB Niaga Gelar Aksi Tanam Bambu di Gianyar, Bali

Oleh Cipto - Rubrik Green Economy

22 Januari 2013 17:01:00 WIB

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mengadakan aksi tanam bambu di Kabupaten Gianyar, Bali, belum lama ini, sebagai bagian dari aksi tanam 10 ribu pohon bambu di Jawa Barat dan Bali. Aksi ini menjadi kelanjutan dari wujud dukungan CIMB Niaga terhadap Gerakan Masyarakat Bambu Pertiwi yang diprakarsai Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), Yayasan Kehati, Saung Angklung Mang Udjo, dan Komunitas Cinta Bambu, yang diluncurkan akhir November tahun lalu di Bandung.

Gianyar adalah lokasi kedua di pulau Bali, setelah Tabanan. Adapun untuk wilayah Bali, jumlah pohon bambu yang ditanam sebanyak 4.000 pohon. Penyelenggaraan aksi tanam bambu di Gianyar, Bali, ditandai dengan Panen Perdana Rebung di lahan seluas 70 hektare (ha) yang telah ditanami bambu, yang menjadi bagian program penanaman pohon sebelumnya oleh pemerintah Kabupaten Gianyar.

L. Wulan Tumbelaka, Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga mengatakan, hingga saat ini pihaknya telah menanam kurang lebih 3.500 pohon bambu dari 10 ribu pohon yang direncanakan. Tanaman bambu tidak hanya bermanfaat dari sisi ekologis, namun juga mempunyai nilai ekonomis tinggi yang bisa dimanfaatkan masyarakat setempat. Untuk itu, CIMB Niaga telah bekerjasama dengan unsur-unsur dan elemen pemerintah serta masyarakat, dalam mewujudkan aksi tanam bambu di Bali dan Jawa Barat.

“Melalui program ini, CIMB Niaga turut serta melestarikan tanaman bambu, baik dari sisi ekologis, pengembangan budaya serta pengembangan industri kreatif yang bermanfaat bagi masyarakat. Aksi tanam bambu ini juga menjadi wujud implementasi salah satu pilar CIMB Niaga Peduli, yaitu kepedulian terhadap lingkungan,” kata Wulan lewat siaran persnya, Selasa (22/1).

CIMB Niaga telah menyediakan alokasi dana sekitar Rp750 juta untuk program aksi tanam 10 ribu pohon bambu di Jawa Barat dan Bali. Dana ini digunakan untuk pembelian bibit, serta pemberdayaan program masyarakat di area lingkungan sekitar penanaman bambu, sehingga masyarakat setempat bisa memanfaatkan tanaman bambu ini dalam rangka meningkatkan taraf kehidupan mereka.

Contohnya bisa dilihat di Gianyar. Masyarakat setempat berhasil memanfaatkan tanaman bambu untuk diolah menjadi beragam barang yang bermanfaat secara ekonomis bagi mereka. Dari mulai rebung yang dikemas bagus untuk siap dipasarkan di supermarket maupun untuk diekspor ke luar negeri, hingga alat kesenian seperti angklung yang telah diakui sebagai warisan budaya Indonesia.

Komitmen dan dukungan juga diberikan Pemerintah Kabaputen Gianyar, dimana Pemerintah Kabupaten Gianyar telah menyediakan lahan seluas 500 ha, khusus untuk ditanami bambu. Dukungan pemerintah daerah dan berbagai elemen masyarakat sangat penting untuk bisa mewujudkan itu semua.

Wulan menambahkan, CIMB Niaga akan terus berkomitmen dan mendukung upaya-upaya pelestarian lingkungan di Indonesia melalui beragam kegiatan.

“Kami berkeyakinan segala kegiatan dan dukungan itu pada akhirnya demi kebaikan generasi yang akan datang. Dan adalah kewajiban semua lapisan masyarakat, khususnya generasi muda, untuk bisa mewujudkan itu semua,” tutup Wulan.

(*/redaksi@wartaekonomi.com)

Foto: Sufri Y.

Recomended Reading

Executive Brief

Mahyudin: Partai Golkar sangat siap untuk jadi oposisi.

Tim hukum Prabowo-Hatta: Ada indikasi politik uang yang dilakukan timses Jokowi-JK.

Mahyudin katakan ARB berpeluang besar untuk kembali pimpin Partai Golkar.

Devisa hasil perkebunan Bali tembus angka satu juta dolar AS selama Januari-Mei 2014.

TPID Jember prediksi inflasi pada bulan Juli 2014 di wilayah setempat capai 0,86 persen.

Pelni dapat Rp 7 miliar dari Kemenhub untuk angkut gratis pemudik sepeda motor.

DPRD Kalsel perkirakan Bank Kalsel bisa jadi regional champion dalam dunia perbankan.

Wali Kota Yogyakarta minta wisatawan Malioboro taati peraturan lalu lintas.

Recommended Reading

Selasa, 29/07/2014 12:01 WIB

Puncak Arus Balik di Soekarno-Hatta Minggu

Selasa, 29/07/2014 08:06 WIB

Enam Alasan Memilih Berinvetasi Reksadana

Minggu, 27/07/2014 21:51 WIB

MK Berjanji Netral Sidangkan Sengketa Pilpres 2014

Minggu, 27/07/2014 18:57 WIB

Kadin: Peran Atase Perdagangan Perlu Lebih Efektif

Minggu, 27/07/2014 16:14 WIB

Kadin Inginkan Percepatan Realisasi Infrastruktur yang Tertunda

Minggu, 27/07/2014 15:43 WIB

BI: Kredit Perbankan Sulut Tumbuh 11,76 Persen pada 2014

Sabtu, 26/07/2014 14:01 WIB

Beredar Website Palsu Bank Indonesia

Sabtu, 26/07/2014 04:05 WIB

BEI Tetapkan 28 Juli-1 Agustus Libur Bursa

Entertainment & Life Style

27 Juli 2014 - Entertainment & Life Style

Sebelum Menu Utama, Yuk "Foreplay" Dahulu!

27 Juli 2014 - Entertainment & Life Style

Mudik Nyaman Ala Atalia Kamil

27 Juli 2014 - Entertainment & Life Style

Broadband di Kapal, Telkomsel: Ini Sejarah Baru