Market Indices

Dirut PLN Suarakan PLN Bersih

Rubrik Ekonomi Bisnis

01 Februari 2013 20:02:00 WIB

Aksi PLN dan Transparency International Indonesia (TII) untuk mewujudkan PLN Bersih dengan melakukan collective action dalam memberantas korupsi, mendapat perhatian para CEO (Chief Executif Officer) perusahaan-perusahaan ternama di Indonesia.

Dalam forum CEO Breakfast Meeting di Hotel Mulia, Jum’at (1/2) yang diikuti CEO perusahan besar seperti PT Freeport Indonesia, PT Garuda Indonesia, PT Siemens Indonesia, Chevron dan lainnya, Direktur Utama PLN Nur Pamudji menyampaikan aksi bersama melawan korupsi pada program PLN bersih.

Dalam hal ini, PLN menggandeng TII untuk bersama-sama melakukan reformasi sistem pengadaan barang dan jasa serta pelayanan pelanggan di PLN agar terbebas dari praktek korupsi.

“Intinya, kami ingin menerapkan prinsip-prinsip good corporate governance (GCG) di PLN dengan menggunakan strategi aksi bersama (collective action) dalam mencegah korupsi,” ujar Nur, seperti dikutip website PLN hari ini.

Collective actions, lanjut Nur, merupakan kerjasama berbagai pihak untuk melawan suap sehingga bisa mempromosikan kompetisi yang tidak terdistorsi oleh suap dan memastikan bahwa perusahaan berperilaku jujur dan etis. “Collective actions ini akan mengikat komitmen berbagai pihak untuk menjamin transparansi dalam bisnis,” ucapnya.

Sejak terjalinnya kerjasama dengan TII awal Maret 2012 silam, PLN telah melakukan berbagai kegiatan seperti FGD (focus group discussion) dengan berbagai pihak baik internal PLN, media massa, anak perusahaan, vendor PLN, pelanggan, maupun asosiasi terkait, juga melakukan deklarasi PLN Bersih No Suap serta Deklarasi Collective Action.

Pada kesempatan itu juga, Nur menunjukkan bahwa PLN telah menerbitkan buku PLN Bersih dan melayani yang berjudul “Saatnya Hati Bicara”. Buku yang berisi testimoni para pegawai PLN ini, mencerminkan tekad seluruh insan PLN memerangi korupsi. Karena tidak sedikit, publik menilai bahwa PLN merupakan sarang korupsi.

Bidang pengadaan barang dan jasa misalnya, menjadi salah satu sorotan PLN agar benar-benar bersih dari praktek korupsi. Adnan Pandu Praja, Komisioner KPK, yang menjadi keynote speaker saat itu, mengatakan menurut data laporan KPK, pengaduan tindak pidana korupsi yang paling banyak adalah pada bidang atau area pengadaan barang dan jasa.

“Mulai 2008 hingga 2012, pengaduan tindak pidana korupsi bidang pengadaan barang dan jasa mencapai 3.893 pengaduan. Dan sejak 2004 sampai 2012, KPK telah sukses menangani ratusan kasus korupsi yang dilakukan CEO perusahaan baik swasta maupun BUMN,” tegas Adnan.

(*/redaksi@wartaekonomi.com)

Foto: Dok. PLN

Editor: Cipto

Recomended Reading

Executive Brief

Seorang pria bersenjata tembak dua polisi New York lalu bunuh diri.

Dua bom mobil guncang Malmo, Swedia.

Sedikitnya 21 gerilyawan tewas ketika militer Pakistan lancarkan serangan udara.

Inggris kirim kelompok militer ke Sierra Leone guna tanggulangi wabah Ebola.

Hasil Pertandingan Liga Eredivisie Belanda

Cambuur 2 - 1 PEC Zwolle

FC Dordrecht 1 - 1 FC Groningen

PSV Eindhoven 5 - 0 Go Ahead Eagles

AZ Alkmaar 0 - 3 FC Utrecht

Hasil Pertandingan Ligue 1 Prancis

Paris Saint Germain 0 - 0 Montpellier

Caen 1 - 1 Bastia

Lorient 1 - 2 Nantes

Metz 0 - 1 Monaco

Rennes 1 - 3 Reims

Toulouse 1 - 1 Guingamp

Hasil Pertandingan Bundesliga Jerman

Augsburg 2 - 1 Borussia Moenchengladbach

Bayer Leverkusen 1 - 1 Eintracht Frankfurt

Schalke 04 0 - 0 Hamburger SV

VfB Stuttgart 0 - 0 Paderborn

Werder Bremen 2 - 1 Borussia Dortmund

Wolfsburg 2 - 1 FC Cologne

Hasil Pertandingan Liga BBVA Spanyol

Barcelona 5 - 0 Cordoba

Levante 1 - 1 Real Sociedad

Eibar 0 - 1 Valencia

Rayo Vallecano 1 - 3 Espanyol

Hasil Pertandingan Liga Serie A Italia

Sassuolo 1 - 1 Cesena

Roma 0 - 0 AC Milan

Hasil Pertandingan Liga Premier Inggris

Manchester City 3 - 0 Crystal Palace

Aston Villa 1 - 1 Manchester United

Hull City 0 - 1 Swansea City

Queens Park Rangers 3 - 2 West Bromwich Albion

Southampton 3 - 0 Everton

Tottenham Hotspur 2 - 1 Burnley

West Ham United 2 - 0 Leicester City