Market Indices

Tim Kurator Umumkan Prosedur Refund Tiket Batavia Hari Ini

Rubrik Ekonomi Bisnis

04 Februari 2013 11:02:00 WIB

Tim kurator PT Metro Batavia (Batavia Air) yang ditunjuk oleh Pengadilan Negeri Jakarta, akan mengumumkan prosedur refund atau penukaran tiket di media nasional pada hari ini, Senin (4/2).

"Bagaimana proses atau prosedur refund tiket Batavia Air bagi yang ingin menukarkan dengan uang akan kita umumkan di media nasional, Senin besok (hari ini)," kata kurator Thurman Panggabean yang dihubungi melalui telepon, seperti dikutip website resmi Kemenhub, Minggu (3/2) sore.

Untuk itu, eks calon penumpang Batavia Air yang belum sempat melakukan penerbangan diminta untuk memegang tiket resmi sebagai bukti klaim, dan tentunya menyiapkan kartu tanda pengenal yang namanya seusai dengan nama yang tertera di tiket. Untuk yang diwakili tetap harus tetap memegang kartu pengenal yang bersangkutan, atau menggunakan surat kuasa.

Nanti akan diumumkan, dimana saja refund tiket bisa dilakukan, kapan waktu penukaran tiket dapat dilakukan dan bagaimana prosedurnya. "Tolong jangan tanya kapan pembayaran dan penggantian uang, karena tim kurator bekerja untuk melakukan penghitungan aset Batavia," jelasnya.

Meski belum ada kepastian mengenai kapannya, namun tim kurator akan bekerja secepat mungkin sehingga persoalan refund ini juga bisa cepat diselesaikan.

"Kami harap masyarakat pemegang tiket menyimpan tiket resmi sebagai bukti klaim sampai secara umum akan resmi mengumumkan proses pengembalian. Namun kami tidak bisa menjanjikan penggantian uang cash atau penerbangan karena kami bekerja diatur UU kepailitan," kata Thurman.

Diakui, bahwa untuk menyelesaikan semua permasalahan yang ada di Batavia Air ini tidak akan selesai dalam waktu singkat. Tapi pihak kurator akan bekerja secara sistematis dan profesional. Oleh karenanya, Thurman minta para calon penumpang eks Batavia Air bersabar, tidak terpancing situasi kepanikan, dan tidak melakukan tindakan melanggar hukum.

Sementara itu juru bicara  Batavia Air Elly Simanjuntak, mengatakan bahwa seluruh mekasime pengembalian tiket Batavia kepada calon penumpang telah diserahkan sepenuhnya kepada kurator. “Semua bentuk refund sudah ditangani kurator,” kata Elly yang dihubungi secara terpisah.

Meski demikian, Elly mengatakan, Batavia tetap memberikan informasi seputar proses pengembalian tiket kepada calon penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket pesawat. Tapi bagi mereka yang akan tetap melanjutkan perjalanan bisa menggunakan maskapai penerbangan lain yang telah ditunjuk oleh pemerintah dalama hal ini Citilink Indonesia, Mandala dan Travel Express.

Baik Batavia Air maupun kurator nantinya akan mengumumkan iklan rute-rute mana saja yang akan di-tackle oleh maskapai Citilink, Mandala dan Travel Express. Juga disampaikan bagaimana bila calon penumpang memilih untuk dikembalikan uangnya saja.

Sementara itu Direktur Angkutan Udara Direktorat Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Murjatmodjo mengatakan, pemerintah akan tetap mengawasi prosedur refund. "Jangan sampai penumpang yang sudah memiliki tiket dan batal melakukan penerbangan, kembali dirugikan karena ternyata tidak di refund," katanya.

Sependapat dengan Thurman, mengingat proses penyelesaian pailit ini cukup menyita waktu, Djoko minta agar pemegang tiket tetap bersabar dan tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum. "Pemerintah akan tetap mengawal proses ini," tegasnya.

(*/redaksi@wartaekonomi.com)

Foto: Dok. Batavia

Editor: Cipto

Recomended Reading

Kabar EkBis

25 November 2014 - Ekonomi Bisnis

Bali Raup 62,94 Juta Dolar AS dari Ekspor Patung

25 November 2014 - Ekonomi Bisnis

Kemenaker Siapkan LKS di Setiap Daerah Jelang MEA 2015

25 November 2014 - Ekonomi Bisnis

Buruh Kecam Sikap Kemenaker

Executive Brief

Sebanyak 157 anggota DPR dari KMP gunakan hak interplasi terkait pengalihan subsidi BBM.

Pengurus serikat pekerja dan manajemen Freeport sepakat bentuk dewan arbitrase.

Recommended Reading

Selasa, 25/11/2014 22:23 WIB

Ini Harapan JK pada Golkar

Selasa, 25/11/2014 21:03 WIB

Kapolri: Jangan Ada Lagi Area Abu-abu

Selasa, 25/11/2014 17:26 WIB

Percepatan Pembangunan Infrastruktur Perlu Dukungan Kerja Sama dengan Asing

Selasa, 25/11/2014 15:12 WIB

Menkeu Bambang Beberkan Dua Prioritas Kerjanya selama Lima Tahun

Selasa, 25/11/2014 15:02 WIB

Ini Ruang Lingkup Kerja Sama OJK dan Polri

Selasa, 25/11/2014 08:58 WIB

SP dan Freeport Sepakat Bentuk Dewan Arbitrase

Selasa, 25/11/2014 07:14 WIB

Dua Tokoh Buruh Batam Diperiksa Polisi

Selasa, 25/11/2014 06:56 WIB

Pengamat: Reformasi Sektor Pajak Tingkatkan Penerimaan Negara

Entertainment

24 November 2014 - Olahraga

"Derby" Milan Berakhir Imbang 1-1

24 November 2014 - Olahraga

Arema Banjir Tawaran Turnamen Pramusim

24 November 2014 - Olahraga

Crystal Palace Menang 3-1 Atas Liverpool

22 November 2014 - Olahraga

Hendra/Ahsan Melangkah Ke Final Hongkong Open