Market Indices

Tim Kurator Umumkan Prosedur Refund Tiket Batavia Hari Ini

Rubrik Ekonomi Bisnis

04 Februari 2013 11:02:00 WIB

Tim kurator PT Metro Batavia (Batavia Air) yang ditunjuk oleh Pengadilan Negeri Jakarta, akan mengumumkan prosedur refund atau penukaran tiket di media nasional pada hari ini, Senin (4/2).

"Bagaimana proses atau prosedur refund tiket Batavia Air bagi yang ingin menukarkan dengan uang akan kita umumkan di media nasional, Senin besok (hari ini)," kata kurator Thurman Panggabean yang dihubungi melalui telepon, seperti dikutip website resmi Kemenhub, Minggu (3/2) sore.

Untuk itu, eks calon penumpang Batavia Air yang belum sempat melakukan penerbangan diminta untuk memegang tiket resmi sebagai bukti klaim, dan tentunya menyiapkan kartu tanda pengenal yang namanya seusai dengan nama yang tertera di tiket. Untuk yang diwakili tetap harus tetap memegang kartu pengenal yang bersangkutan, atau menggunakan surat kuasa.

Nanti akan diumumkan, dimana saja refund tiket bisa dilakukan, kapan waktu penukaran tiket dapat dilakukan dan bagaimana prosedurnya. "Tolong jangan tanya kapan pembayaran dan penggantian uang, karena tim kurator bekerja untuk melakukan penghitungan aset Batavia," jelasnya.

Meski belum ada kepastian mengenai kapannya, namun tim kurator akan bekerja secepat mungkin sehingga persoalan refund ini juga bisa cepat diselesaikan.

"Kami harap masyarakat pemegang tiket menyimpan tiket resmi sebagai bukti klaim sampai secara umum akan resmi mengumumkan proses pengembalian. Namun kami tidak bisa menjanjikan penggantian uang cash atau penerbangan karena kami bekerja diatur UU kepailitan," kata Thurman.

Diakui, bahwa untuk menyelesaikan semua permasalahan yang ada di Batavia Air ini tidak akan selesai dalam waktu singkat. Tapi pihak kurator akan bekerja secara sistematis dan profesional. Oleh karenanya, Thurman minta para calon penumpang eks Batavia Air bersabar, tidak terpancing situasi kepanikan, dan tidak melakukan tindakan melanggar hukum.

Sementara itu juru bicara  Batavia Air Elly Simanjuntak, mengatakan bahwa seluruh mekasime pengembalian tiket Batavia kepada calon penumpang telah diserahkan sepenuhnya kepada kurator. “Semua bentuk refund sudah ditangani kurator,” kata Elly yang dihubungi secara terpisah.

Meski demikian, Elly mengatakan, Batavia tetap memberikan informasi seputar proses pengembalian tiket kepada calon penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket pesawat. Tapi bagi mereka yang akan tetap melanjutkan perjalanan bisa menggunakan maskapai penerbangan lain yang telah ditunjuk oleh pemerintah dalama hal ini Citilink Indonesia, Mandala dan Travel Express.

Baik Batavia Air maupun kurator nantinya akan mengumumkan iklan rute-rute mana saja yang akan di-tackle oleh maskapai Citilink, Mandala dan Travel Express. Juga disampaikan bagaimana bila calon penumpang memilih untuk dikembalikan uangnya saja.

Sementara itu Direktur Angkutan Udara Direktorat Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Murjatmodjo mengatakan, pemerintah akan tetap mengawasi prosedur refund. "Jangan sampai penumpang yang sudah memiliki tiket dan batal melakukan penerbangan, kembali dirugikan karena ternyata tidak di refund," katanya.

Sependapat dengan Thurman, mengingat proses penyelesaian pailit ini cukup menyita waktu, Djoko minta agar pemegang tiket tetap bersabar dan tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum. "Pemerintah akan tetap mengawal proses ini," tegasnya.

(*/redaksi@wartaekonomi.com)

Foto: Dok. Batavia

Editor: cipto

Recomended Reading
  • OJK

Executive Brief

Kadin dorong pengembangan industri pengolahan batu di Yogyakarta.

Presiden Jokowi berjanji tak akan bebani swasta untuk bangun infrastruktur.

PGN tegaskan harga Gas Arun di Sumatera Utara belum ditetapkan pemerintah pusat.

Bandara Bawean terancam tak beroperasi saat arus mudik Lebaran 2015.

Ganesa Flight Academy akan buka kelas pelatihan pilot helikopter.

Mendagri ingatkan pejabat perhatikan pertumbuhan ekonomi daerah.

Mandiri Sekuritas nilai pasar modal akan diwarnai penerbitan obligasi.

BNI jadi bagian dari sindikasi pembiayaan pabrik semen di Jawa Tengah.

Pendapatan Solusi Tunas Pratama pada triwulan I 2015 capai Rp 439 miliar.

Recommended Reading

Jum'at, 29/05/2015 23:31 WIB

Mensos Minta Data Penerima KIP Disisir Ulang

Jum'at, 29/05/2015 21:57 WIB

Wapres: Pembayaran Ganti Rugi Lapindo Mulai Juni

Jum'at, 29/05/2015 19:13 WIB

Distributor Elpiji Dituntut Miliki Timbangan

Jum'at, 29/05/2015 18:46 WIB

Pertamina Diprioritaskan Kelola Blok Rokan

Jum'at, 29/05/2015 14:36 WIB

Menaker: H-14 THR Harus Diberikan

Jum'at, 29/05/2015 13:43 WIB

Resmikan Pabrik Suzuki, Mendag: Jadikan Indonesia Basis Produksi Otomotif

Jum'at, 29/05/2015 12:47 WIB

Kejahatan Perpajakan Gunakan Faktur Masih Tinggi

Jum'at, 29/05/2015 10:52 WIB

Jokowi: Pembangunan di Perbatasan Itu Penting

Entertainment

29 Mei 2015 - Olahraga

FIFA Diminta Belajar dari IOC

29 Mei 2015 - Olahraga

Platini Minta Blatter Pergi dari FIFA