Market Indices

Tim Kurator Umumkan Prosedur Refund Tiket Batavia Hari Ini

Oleh Cipto - Rubrik Ekonomi Bisnis

04 Februari 2013 11:02:00 WIB

Tim kurator PT Metro Batavia (Batavia Air) yang ditunjuk oleh Pengadilan Negeri Jakarta, akan mengumumkan prosedur refund atau penukaran tiket di media nasional pada hari ini, Senin (4/2).

"Bagaimana proses atau prosedur refund tiket Batavia Air bagi yang ingin menukarkan dengan uang akan kita umumkan di media nasional, Senin besok (hari ini)," kata kurator Thurman Panggabean yang dihubungi melalui telepon, seperti dikutip website resmi Kemenhub, Minggu (3/2) sore.

Untuk itu, eks calon penumpang Batavia Air yang belum sempat melakukan penerbangan diminta untuk memegang tiket resmi sebagai bukti klaim, dan tentunya menyiapkan kartu tanda pengenal yang namanya seusai dengan nama yang tertera di tiket. Untuk yang diwakili tetap harus tetap memegang kartu pengenal yang bersangkutan, atau menggunakan surat kuasa.

Nanti akan diumumkan, dimana saja refund tiket bisa dilakukan, kapan waktu penukaran tiket dapat dilakukan dan bagaimana prosedurnya. "Tolong jangan tanya kapan pembayaran dan penggantian uang, karena tim kurator bekerja untuk melakukan penghitungan aset Batavia," jelasnya.

Meski belum ada kepastian mengenai kapannya, namun tim kurator akan bekerja secepat mungkin sehingga persoalan refund ini juga bisa cepat diselesaikan.

"Kami harap masyarakat pemegang tiket menyimpan tiket resmi sebagai bukti klaim sampai secara umum akan resmi mengumumkan proses pengembalian. Namun kami tidak bisa menjanjikan penggantian uang cash atau penerbangan karena kami bekerja diatur UU kepailitan," kata Thurman.

Diakui, bahwa untuk menyelesaikan semua permasalahan yang ada di Batavia Air ini tidak akan selesai dalam waktu singkat. Tapi pihak kurator akan bekerja secara sistematis dan profesional. Oleh karenanya, Thurman minta para calon penumpang eks Batavia Air bersabar, tidak terpancing situasi kepanikan, dan tidak melakukan tindakan melanggar hukum.

Sementara itu juru bicara  Batavia Air Elly Simanjuntak, mengatakan bahwa seluruh mekasime pengembalian tiket Batavia kepada calon penumpang telah diserahkan sepenuhnya kepada kurator. “Semua bentuk refund sudah ditangani kurator,” kata Elly yang dihubungi secara terpisah.

Meski demikian, Elly mengatakan, Batavia tetap memberikan informasi seputar proses pengembalian tiket kepada calon penumpang yang sudah terlanjur membeli tiket pesawat. Tapi bagi mereka yang akan tetap melanjutkan perjalanan bisa menggunakan maskapai penerbangan lain yang telah ditunjuk oleh pemerintah dalama hal ini Citilink Indonesia, Mandala dan Travel Express.

Baik Batavia Air maupun kurator nantinya akan mengumumkan iklan rute-rute mana saja yang akan di-tackle oleh maskapai Citilink, Mandala dan Travel Express. Juga disampaikan bagaimana bila calon penumpang memilih untuk dikembalikan uangnya saja.

Sementara itu Direktur Angkutan Udara Direktorat Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Murjatmodjo mengatakan, pemerintah akan tetap mengawasi prosedur refund. "Jangan sampai penumpang yang sudah memiliki tiket dan batal melakukan penerbangan, kembali dirugikan karena ternyata tidak di refund," katanya.

Sependapat dengan Thurman, mengingat proses penyelesaian pailit ini cukup menyita waktu, Djoko minta agar pemegang tiket tetap bersabar dan tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum. "Pemerintah akan tetap mengawal proses ini," tegasnya.

(*/redaksi@wartaekonomi.com)

Foto: Dok. Batavia

Recomended Reading

Berita Terkini

Jum'at, 19/09/2014 23:06 WIB

BI: Kenaikan BBM Kurangi Risiko "Capital Outflow"

Jum'at, 19/09/2014 22:21 WIB

Pengamat: Jaga Inflasi Tidak Cukup Andalkan "BI Rate"

Jum'at, 19/09/2014 21:13 WIB

DSSA Dirikan Anak Perusahaan Baru

Jum'at, 19/09/2014 21:09 WIB

BNI Tambah Kepemilikan Saham di BNI Syariah

Jum'at, 19/09/2014 20:21 WIB

BI: Benahi Mikro untuk Kurangi Tekanan Nilai Tukar

Jum'at, 19/09/2014 20:13 WIB

Ketum PDI-P: Jokowi-JK akan Pikul Tanggung Jawab Besar

Jum'at, 19/09/2014 20:06 WIB

OJK Minta Bank Besar Hentikan Perang Suku Bunga

Jum'at, 19/09/2014 19:27 WIB

BEI: Penambahan Jumlah Emiten Dorong Likuiditas Pasar

Executive Brief

Dahlan akui kesulitan untuk selamatkan usaha PT Merpati Nusantara Airline.

Dahlan: Proyek jalan tol Trans-Sumatera terapkan pola "bangun jual".

Garuda Indonesia Travel Fair 2014 bukukan transaksi Rp 223,065 miliar.

Dahlan pastikan tidak akan ada pergantian direksi BUMN sebelum terbentuknya pemerintahan baru.

Semarang jadi pasar potensial bagi sektor pariwisata.

Pemprov Jatim imbau masyarakat dirikan bangunan atau properti ramah lingkungan.

Pemerintah diminta perbanyak standardisasi sehingga produk dalam negeri siap hadapi MEA.

Investor asal Surabaya kian minati beragam produk properti di Australia.

BI terbitkan empat aturan penyempurnaan ketentuan transaksi valas.

Menkeu: Isu normalisasi kebijakan moneter The Fed sebabkan kekhawatiran pelaku pasar keuangan.

OJK: Pendidikan keuangan pada masyarakat dapat tingkatkan pemanfaatan produk perbankan.

BRI akan realisasikan satu unit Kapal Teras pada tahun ini.

Banggar DPR sepakati postur pinjaman luar negeri RAPBN 2015 sebesar Rp 23,8 triliun.

Entertainment & Life Style

14 September 2014 - Entertainment & Life Style

Indosat Perbarui Jaringan di Empat Kota

13 September 2014 - Olahraga

Timnas Senior Dijadwalkan Hadapi Lebanon