Market Indices

Swasembada sebagai Dasar Kedaulatan Pangan (Bag II)

Rubrik Agrikultur

10 Februari 2013 15:02:00 WIB

M. Jafar  Hafsah, Ketua Badan Pertimbangan Organisasi Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) mengaku prihatin melihat potret tingginya impor komoditas pertanian dan perikanan sekarang ini. Hal itu jelas menghabiskan banyak devisa negara. Bahkan, hal itu merupakan ironi bagi sebuah negara yang memiliki sumber daya agraris dan maritim yang besar seperti Indonesia.

Peraih gelar doktor dari Institut Pertanian Bogor itu kemudian melihat diperlukan terobosan kebijakan dan langkah-langkah strategis operasional yang progresif dari pemerintah bersama masyarakat (pusat-provinsi-kabupaten/kota) untuk mendongkrak produktivitas, terutama melalui teknologi dan rancang bangun sosial. Untuk mewujudkan kedaulatan dan kemandirian pangan nasional yang andal dan sebagai bentuk keberpihakan nyata kepada petani dan nelayan negeri sendiri, maka swasembada komoditas pangan utama (beras, jagung, kedelai, gula, daging, garam, dan ikan) menjadi imperatif. Swasembada-lah yang menjadi alas pijak kemandirian dan kedaulatan pangan.

Mengapa Indonesia harus berdaulat di bidang pangan? Jafar menjelaskan hal itu diperlukan guna memenuhi kebutuhan makanan seluruh rakyat Indonesia, sumber gizi, sumber kehidupan, sumber kecerdasan, modal untuk pertumbuhan fisik, sebagai sumber mata pencaharian, sebagai sumber pendapatan, membuka banyak lapangan kerja, untuk pengentasan kemiskinan, sebagai bahan baku industri, sebagai sumber devisa, sebagai bahan baku energi alternatif, mewujudkan stabilitas sosial, politik, dan keamanan, alat pemersatu bangsa, wujud budaya bangsa, sebagai hak asasi manusia, dan sebagai perwujudan harga diri dan martabat bangsa. “Pangan sebagai hak asasi manusia berarti semua warga negara berhak mendapatkan makanan secara mudah, bermutu, dan terjangkau harganya,” tandas Jafar.

Jika diidentifikasi, menurut Jafar, permasalahan umum pertanian, perikanan, dan kelautan Indonesia memang banyak sekali. Di antaranya, lemahnya keberpihakan kebijakan, manajemen dan tata kelola yang salah, disinergisitas lintas sektoral/arogansi sektor, industri hulu, tengah, dan hilir yang belum padu, kurangnya infrastruktur pendukung, aset petani dan nelayan yang minim, adanya konversi lahan, keterbatasan akses permodalan, dan keterbatasan informasi pasar. Persoalan lainnya adalah peran litbang yang lemah, alat tangkap dan kapal tangkap yang masih tradisional, illegal fishing, konsumsi ikan per kapita yang masih rendah, dan kualitas sumber daya manusia yang rendah.

Berdasarkan segenap permasalahan itu, Jafar merekomendasikan 18 strategi perwujudan kedaulatan pangan di negara ini. Dimulai dari kebijakan yang komprehensif dalam membangun pertanian, perikanan, dan kelautan; mengoptimalkan peran Dewan Ketahanan Pangan yang dipimpin Presiden; membangun sinergisitas dan jaringan lintas sektoral; pembangunan infrastruktur ekonomi perdesaan; reformasi agraria, optimalisasi pemanfaatan lahan, pembukaan lahan baru, dan penetapan lahan abadi; pengembangan sistem inovasi pertanian dan perikanan berbasis teknologi; peningkatan kualitas produksi; kebijakan impor; peningkatan kualitas sumber daya manusia, terutama petani dan nelayan; pengembangan kelembagaan pertanian, perikanan, dan perdesaan; pengembangan market intelligence dan informasi pasar; konsolidasi vertikal agrobisnis; peningkatan produktivitas; promosi diversifikasi pangan serta mengembangkan alternatif pangan lokal; promosi makan ikan, karena konsumsi per kapita Indonesia masih rendah; pemberian kebijakan insentif dan disinsentif; kebijakan permodalan petani dan nelayan; dan revitalisasi pola dan tata kerja penyuluhan.

Lebih jauh,  Jafar juga menyarankan 22 kebijakan yang perlu dipertimbangkan guna mewujudkan kedaulatan pangan nasional. Mulai dari kebijakan penyediaan dan subsidi benih, pupuk, dan kredit; kebijakan produksi; kebijakan stabilisasi harga gabah; kebijakan perdagangan beras; kebijakan penelitian dan pengembangan; kebijakan pengembangan SDM petani; kebijakan pengembangan kelembagaan; kebijakan pengembangan penyuluhan/pendampingan; kebijakan kredit agrobisnis beras; kebijakan penanganan pasca-panen beras; kebijakan pembangunan lahan sawah abadi; kebijakan pengembangan pusat-pusat pertumbuhan; kebijakan pembangunan jaringan irigasi lahan sawah; kebijakan proteksi beras dalam negeri; kebijakan insentif petani produsen, kebijakan khusus pengembangan food estate; kebijakan khusus peningkatan produksi garam; kebijakan khusus peningkatan produksi ikan tangkap dan budidaya; kebijakan khusus peningkatan produksi kedelai; kebijakan khusus peningkatan produksi tebu dan gula; kebijakan menjaga kelestarian swasembada jagung; hingga kebijakan peningkatan produksi ternak sapi.

 

Fadjar Adrianto

(redaksi@wartaekonomi.com)

Sumber: Warta Ekonomi No 1/2013

Penulis/Editor: Arief Hatta

Kabar EkBis

13 Februari 2016 - Ekonomi Bisnis

2016, Pemkab Lebak Targetkan Swasembada Pangan

13 Februari 2016 - Ekonomi Bisnis

April, Tarif Kereta Api Ekonomi Bersubsidi Turun

13 Februari 2016 - Ekonomi Bisnis

Perubahan DNI Tak Sentuh Bidang Usaha Tertutup

Kabar Indonesia

12 Februari 2016 - Daerah

Bulog Operasi Pasar ke Kota Sibolga Sumut

12 Februari 2016 - Daerah

Pertamina Tambah SPBU Penjual Pertalite

12 Februari 2016 - Daerah

BPOM Jambi Musnahkan Ribuan Produk Ilegal

Executive Brief

Moto GP - Batas waktu Indonesia jadi tuan rumah MotoGP Juni 2016.

New York - Saham-saham AS pada Jumat (12/1)

- Dow Jones naik 313.66 poin (2.00%) ke 15,973.84.

- S&P 500 naik 35.70 poin (1.95%) ke 1,864.78. 

- Nasdaq Composite Index naik 70.67 poin (1.66%) ke 4,337.51.

Apple Inc akan memperkenalkan iPhone dan IPad model terbaru pada 15 Maret dan dilanjutkan dengan penjualannya pada minggu yang sama (blog9to5Mac).

Havana -  After 1.000 years split, Pope Francis and Russian Orthodox Patriarch Kirill called in a historic meeting Friday (Feb 12) for restored Christian unity.

Pentagon - Pemerintah AS sudah setuju Lockheed untuk menjual 8 jet F-16 ke Pakistan.

Bank of America Corp raised Chairman and Chief Executive Officer Brian Moynihan's compensation by 23 percent in 2015, a year the bank more than doubled its profits.

Tren Kurs USD/IDR 9-12 Feb 16

Selasa : 13.602

Rabu   : 13.401

Kamis  : 13.450

Jumat  : 13.485

Sumber : Data Reuters

Serie A - Edin Dzeko mengakhiri puasa gol, setelah mencetak 1 gol saat Roma mengalahkan Capri 1-0.

New York - US$ rebound 0,8% terhadap Yen pada Jumat (12/2).

Helsinki - Ribuan pengungsi Irak yang tiba di Finlandia tahun lalu, memutuskan untuk kembali ke Irak secara sukarela.

Partai Nasdem deklarasikan dukungannya untuk Ahok menjadi DKI 1 di Pilkada nanti.

Tren West Texas Intermediate (WTI) Crude Oil

9-12 Feb 16 (USD/bbl)

Selasa : 30,44

Rabu   : 28,63

Kamis : 26,85

Jumat : 27,49

Sumber : Bloomberg

Kudus - Sekitar 60 hektar sawah terendam banjir.

Energi - Kerja sama antara Pertamina dan PLN menjadi momentum penting untuk dorong investasi geothermal.

Bank - BI mencatat neraca pembayaran Indonesia (NPI) triwulan IV-2015 surplus sebesar USD 5,1 miliar atau Rp 68,9 triliun.

Investasi - Darmin Nasution menilai wajar jika investor melarikan dananya keluar negeri karena mereka membutuhkan dana dari hasil investasinya.

Tren Brent Crude Oil

9-12 Feb 16 (USD/bbl)

Selasa : 33,33

Rabu   : 31,32

Kamis : 30,67

Jumat : 31,59

Sumber : Bloomberg

Bursa - PT Surya Semesta Internusa Tbk berencana mendirikan perusahaan patungan dengan modal awal Rp1,3 triliun.

Energi - Pertamina catat penghematan subsidi hasil konversi minyak tanah ke elpiji 3 kg mulai dari 2007-2015 sebesar Rp197,05 triliun.

Bursa - Tren IHSG 9 - 12 Feb 2016

Selasa : 4.768

Rabu   : 4.732

Kamis  : 4.775

Jumat  : 4.714

Cuba - Top U.S. officials will travel to Havana on Feb. 16 to sign an aviation pact that restores scheduled airline service between the United States and Cuba.

Valentine - Pemkot Bandung keluarkan larangan perayaan Valentine di Bandung.

Damaskus - Presiden  Bashar al-Assad bersumpah akan kembali merebut seluruh Suriah dan terus "memerangi terorisme."

Munich - PM Irak Haider Al-Abadi, di acara Munich Security Conference, bersumpah akan mengusir ISIS pada tahun ini.

Jadwal Pertandingan Premier League Inggris (14/2)

00:30 Chelsea vs Newcastle United

19:00 Arsenal vs Leicester City

21:05 Aston Villa vs Liverpool

23:15 Manchester City vs Tottenham Hotspur

Toronto - Fiat Chrysler Automobile telah menginvestasikan US$3,7 miliar sejak September 2014 dan menciptakan 1.200 pekerjaan di Kanada.

Seoul - Korea Utara pada Kamis (11/2) mengusir orang-orang Korea Selatan dari Kaesong Industrial Zone.

Monterrey - Pemerintah Meksiko menemukan fakta bahwa kartel obat bius masih mengendalikan bisnisnya dari penjara Topo Chico yang baru-baru ini terbakar.

Jadwal Pertandingan Liga Serie A Italia (14/2)

00:00 ChievoVerona vs Sassuolo

02:45 Juventus vs SSC Napoli

18:30 AC Milan vs Genoa

21:00 Palermo vs Torino

21:00 Sampdoria vs Atalanta

21:00 Udinese vs Bologna

Singtel - Singapore Telecommunications melaporkan penurunan 1,7% net profit pada kuartal IV 2015.

New York - Komitmen pinjaman Dell senilai US$10 miliar untuk EMC Corp gagal.

Rio De Janeiro - Ilmuwan Brazil mengatakan bahwa Virus Zika bisa dideteksi dalam 5 jam.

Washington - Managing Director IMF Christine Lagarde tampaknya akan kembali memimpin IMF untuk kedua kalinya karena tidak ada saingan.

Jadwal Pertandingan Liga BBVA Spanyol (14/2)

00:15 Villarreal vs Malaga

02:30 Valencia vs Espanyol

04:05 Deportivo La Coruna vs Real Betis

18:00 Real Sociedad vs Granada

22:00 Sevilla vs Las Palmas

PBB - Bulgaria secara resmi mencalonkan Irina Bokova, Director General UNESCO untuk kandidat sekjen PBB.

AIG - American International Group Inc. berhasil deal dengan investor Carl Icahn, menominasikan milyarder John Paulson di posisi BOD.

CBS Corp. melaporkan kenaikan laba yang sejalan dengan ekspektasi investor sejalan dengan naiknya network advertising dan penjualan internasional TV yang meningkat.

Asuransi - PT Reasuransi Internasional Indonesia targetkan perolehan premi sebesar Rp4,7 triliun pada tahun ini.

Jadwal Pertandingan Premier League Inggris (13/2)

19:45 Sunderland vs Manchester United

22:00 AFC Bournemouth vs Stoke City

22:00 Crystal Palace vs Watford

22:00 Everton vs West Bromwich Albion

22:00 Norwich City vs West Ham United

22:00 Swansea City vs Southampton

Bursa - Jasamarga bukukan laba bersih sebesar Rp1,46 triliun pada 2015 atau tumbuh 3,14% dibandingkan realisasi 2014.

Bursa - PT Matahari Putra Prima Tbk tahun ini bakal ekspansi gerai melanjutkan aksi tahun lalu yang condong menggarap kawasan luar Jawa.

Bursa - PT Astra Autoparts Tbk memperbesar kontribusi penjualan produk after market pada 2016 menjadi 50% dari tahun lalu yang sekitar 45%.

DKI Jakarta - Ahok dikabarkan akan mencopot Walikota Jakbar Dan Jakut kalau tidak sanggup menangani Kalijodo.

The World's Most Optimistic Countries
(% of people who think the world is getting better)

1. China              41%
2. Indonesia        23%
3. Saudi Arabia    16%
4. Thailand          11%
5. UAE                10%
6. Swedia            10%
7. Denmark          8%
8. Norwegia          8%
9. Finlandia           8%
10.Hong Kong       8%

Sumber: YouGov