Market Indices

Rapat Dewan Gubernur Tetapkan BI Rate di Level 5,75 Persen

Rubrik Finansial

07 Maret 2013 18:03:00 WIB

Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) tetap berada pada level 5,75 persen. Hal ini disampaikan Kepala Grup Hubungan Masyarakat BI Difi A. Johansyah dalam keterangan resminya pada Kamis (7/3).  

"Tingkat BI Rate tersebut dinilai masih konsisten dengan sasaran inflasi tahun 2013 dan 2014, sebesar 4,5 persen ± 1 persen," ungkapnya. Kinerja perekonomian Indonesia, lanjut Difi, masih baik meski terdapat indikasi moderasi pada kegiatan investasi yang berlangsung sejak triwulan IV-2012.  

Ke depan, BI akan mencermati perkembangan inflasi terutama yang bersumber dari harga pangan (volatile foods). BI meyakini bahwa dengan adanya penguatan bauran kebijakan moneter dan makroprudensial serta langkah-langkah koordinasi yang solid dengan pemerintah akan mendorong tercapainya sasaran inflasi keseimbangan eksternal dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. BI memprediksi perekonomian Indonesia pada triwulan I-2013 akan tumbuh sesuai perkiraan, yaitu sebesar 6,2 persen yang utamanya didukung oleh kuatnya permintaan domestik.  

Konsumsi masih akan tumbuh cukup kuat sejalan dengan keyakinan konsumen dan daya beli masyarakat yang membaik. "Sementara itu, berbagai indikator menunjukkan moderasi pertumbuhan investasi, khususnya pada investasi non-bangunan di tengah investasi sektor bangunan yang masih cukup kuat," kata Difi. Indikasi moderasi tersebut juga terlihat pada melandainya pertumbuhan impor, khususnya impor barang modal.

Di sisi lain, kinerja ekspor ke berbagai negara mitra dagang utama, khususnya China, Amerika Serikat (AS) dan India, diperkirakan akan berangsur membaik. Untuk keseluruhan tahun 2013, setelah memperhitungkan aktivitas ekonomi pada triwulan-triwulan selanjutnya, termasuk pengeluaran untuk persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014, pertumbuhan ekonomi diperkirakan cenderung mengarah ke batas bawah kisaran 6,3 persen-6,8 persen.

(*/redaksi@wartaekonomi.com)

Foto: Sufri Y.

Penulis/Editor: Sucipto

Executive Brief

Dana Tax Amnesty - BI meminta BUMN menambah penerbitan obligasi agar dapat menampung dana repatriasi hasil tax amnesty.

Jakarta - PT Asabri Persero meresmikan pembangunan jembatan gantung di Desa Muara, Kecamatan Cilamaya Selatan, Kabupaten Karawang.

Jambi - Tempat hiburan malam di Kota Jambi dilarang beroperasi selama bulan Ramadhan 1437 H.

Mexico City  - Prensa Latina-NNN: Sedikitnya 66.000 orang meninggal di Meksiko setiap tahun akibat penyakit yang berkaitan dengan konsumsi tembakau.

Riyadh - Setelah mengeksekusi 1 warganya pada Selasa (24/5), maka jumlah yang dieksekusi tahun ini sudah mencapai 94 orang.

Gaza City  - Angkatan Udara Israel melancarkan serangan yang menargetkan Jalur Gaza pada Kamis (26/5) pagi sebagai balasan atas serangan roket yang ditembakkan ke Israel.

Jadwal Pertandingan Kualifikasi Liga Serie A Italia, Sabtu (28/5)

23:30 Spezia vs Trapani

Jadwal Pertandingan Persahabatan, Sabtu (28/5)

00:00 Nigeria vs Mali

01:00 Maroko vs Kongo

01:30 Kroasia vs Moldova

01:45 Inggris vs Australia

01:45 Irlandia vs Belanda

01:45 Irlandia Utara vs Belarus

06:10 Uruguay vs Trinidad and Tobago

06:30 Argentina vs Honduras

06:30 Chile vs Jamaika

09:00 Kosta Rika Venezuela

Jadwal Pertandingan Persahabatan, Sabtu (28/5)

17:00 Ghana vs Guinea

17:00 Myanmar vs Malaysia

20:00 Rwanda vs Senegal

21:15 Swiss vs Belgia

Bengkulu -  KPK menggeledah delapan lokasi di Bengkulu terkait penyidikan perkara dugaan pemberian suap kepada hakim pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kepahiang, Bengkulu.

Seoul - Korea Selatan pada Kamis (26/05) mengumumkan  memilih Serikat General Electric (GE) sebagai pemenang tender proyek mesin jet tempur senilai miliaran dolar.

Vilnius - Kesepakatan perpanjangan sanksi terhadap Rusia yang akan berakhir pada 31 Juli semakin sulit dengan meningkatnya tentangan dari beberapa negara Uni Eropa, kata Menteri Luar Negeri Jerman.

Monaco - Lewis Hamilton tercepat dalam sesi latihan bebas pertama GP F1 Monaco, Rio ada di posisi 21, Pascal Wehrlein no.22.

JPFA - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. (JPFA) berencana melakukan penambahan modal dengan menerbitkan saham baru tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (private placement).

ANTM - PT Aneka Tambang Persero Tbk. (ANTM) menandatangani perjanjian fasilitas lindung nilai foreign exchange dengan Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia dan Bank Negara Indonesia.

SSMS - Emiten perkebunan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) membagikan dividen tunai tahun buku 2015 senilai Rp168,27 miliar kepada pemegang saham.

SSMS - Emiten perkebunan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk. (SSMS) membangun pabrik kelapa sawit untuk memproduksi crude palm oil (CPO) senilai Rp120 miliar.

BNII - PT Bank Maybank Indonesia Tbk. menerbitkan sukuk mudharabah dan obligasi subordinasi dengan total nilai yang ditawarkan Rp1,5 triliun.

Pelayaran - Perusahaan jasa pelayaran PT Sillo Maritime Perdana Tbk. berencana menawarkan saham sebanyak-banyaknya 600 juta lembar dengan nomimal Rp100 per saham.

ANTM - PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. meneken perjanjian lindung nilai atau hedging dengan tiga bank pelat merah senilai US$60 juta.

Garda Mobile - Asuransi Astra meluncurkan Garda Mobile, layanan digital berbentuk kumpulan aplikasi utuk berbagai segmen bisnis.

Jakarta -  Japan and Indonesia could be working together on 2 infrastructure projects in the country:  a port in Patimban, Subang Regency, West Java, and a medium-speed rail project for the Jakarta-Surabaya route (Ministry).

Ambon - Menag Lukman Hakim mengatakan pihaknya akan menggelar sidang Isbat pada 5 Juni.

Jenewa - Dalam sidan WHO terungkap bahwa setiap tahun gigitan ular menewaskan 125.000 dan 400.000 cacat permanen.

Brussels - Belgia menahan 4 orang yang terkait perekrutan anggota ISIS.

Los Angeles - Aktris Amber Heard telah mengajukan gugatan cerai terhadap suaminya Johnny Depp setelah 15 bulan menikah.

My Stupid Boss - Film "My Stupid Boss" meraih sejuta penonton di hari ketujuh pemutaran.

Denpasar - Wisatawan mancanegara yang berlibur ke Bali pada Januari - April 2016 tercatat mencapai 1,4 juta orang, naik 16,77% dibanding periode yang sama tahun lalu. 

Kereta Api - Kebutuhan belanja modal Dirjen Perkeretaapian Kemenhub  mencapai Rp16 triliun untuk 2017, atau dua kali lipat dari tahun ini yang hanya Rp8 triliun.

Jadwal Pertandingan Persahabatan, Jumat (27/5)

22:30 Slovakia vs Georgia

23:00 Republik Ceko vs Malta

23:00 Togo vs Zambia

Sports and Leisure

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Invalid argument supplied for foreach()

Filename: views/entertainment.php

Line Number: 7