• TAFS
Market Indices

Rapat Dewan Gubernur Tetapkan BI Rate di Level 5,75 Persen

Rubrik Finansial

07 Maret 2013 18:03:00 WIB

Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) tetap berada pada level 5,75 persen. Hal ini disampaikan Kepala Grup Hubungan Masyarakat BI Difi A. Johansyah dalam keterangan resminya pada Kamis (7/3).  

"Tingkat BI Rate tersebut dinilai masih konsisten dengan sasaran inflasi tahun 2013 dan 2014, sebesar 4,5 persen ± 1 persen," ungkapnya. Kinerja perekonomian Indonesia, lanjut Difi, masih baik meski terdapat indikasi moderasi pada kegiatan investasi yang berlangsung sejak triwulan IV-2012.  

Ke depan, BI akan mencermati perkembangan inflasi terutama yang bersumber dari harga pangan (volatile foods). BI meyakini bahwa dengan adanya penguatan bauran kebijakan moneter dan makroprudensial serta langkah-langkah koordinasi yang solid dengan pemerintah akan mendorong tercapainya sasaran inflasi keseimbangan eksternal dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. BI memprediksi perekonomian Indonesia pada triwulan I-2013 akan tumbuh sesuai perkiraan, yaitu sebesar 6,2 persen yang utamanya didukung oleh kuatnya permintaan domestik.  

Konsumsi masih akan tumbuh cukup kuat sejalan dengan keyakinan konsumen dan daya beli masyarakat yang membaik. "Sementara itu, berbagai indikator menunjukkan moderasi pertumbuhan investasi, khususnya pada investasi non-bangunan di tengah investasi sektor bangunan yang masih cukup kuat," kata Difi. Indikasi moderasi tersebut juga terlihat pada melandainya pertumbuhan impor, khususnya impor barang modal.

Di sisi lain, kinerja ekspor ke berbagai negara mitra dagang utama, khususnya China, Amerika Serikat (AS) dan India, diperkirakan akan berangsur membaik. Untuk keseluruhan tahun 2013, setelah memperhitungkan aktivitas ekonomi pada triwulan-triwulan selanjutnya, termasuk pengeluaran untuk persiapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014, pertumbuhan ekonomi diperkirakan cenderung mengarah ke batas bawah kisaran 6,3 persen-6,8 persen.

(*/redaksi@wartaekonomi.com)

Foto: Sufri Y.

Editor: cipto

Recomended Reading

Kabar EkBis

19 April 2015 - Ekonomi Bisnis

DPRD Dorong Penyuntikan Modal Kepada BUMD

19 April 2015 - Ekonomi Bisnis

Presiden ke PTPN: Jangan Cuma Ekspor Bahan Mentah

Kabar Indonesia

19 April 2015 - Nasional

Ini Kata Mensos Soal Prostitusi Online

19 April 2015 - Nasional

Wah, Akun Facebook Din Syamsuddin Palsu

Executive Brief

Hasil Pertandingan Ligue 1 Prancis

Lille 2 - 0 Bordeaux

Hasil Pertandingan Bundesliga Jerman

Werder Bremen 1 - 0 Hamburger SV

Hasil Pertandingan Liga BBVA Spanyol

Rayo Vallecano 2 - 0 Almeria

Ahok pastikan tidak ada libur bagi PNS selama KAA di Jakarta.

Mendag dorong Afsel jadi pintu masuk bagi Indonesia tembus pasar Afrika.

Hasil Pertandingan Liga Serie A Italia

Sassuolo 1 - 1 Torino

ChievoVerona 1 - 1 Udinese

Empoli 2 - 2 Parma

Palermo 2 - 1 Genoa

Roma 1 - 1 Atalanta

Kadin minta pemerintah berikan insentif khusus untuk investasi hijau.

Hasil Pertandingan Semi Final Piala FA

Aston Villa 2 - 1 Liverpool

Hasil Pertandingan Liga Premier Inggris

Manchester City 2 - 0 West Ham United