Market Indices

Stabilkan Harga, Kemendag Terbitkan SPI Impor Bawang Putih

Rubrik Agrikultur

14 Maret 2013 08:32:00 WIB

Kementerian Perdagangan mengambil langkah konkrit untuk mengendalikan harga bawang putih. Kementerian menerbitkan Surat Persetujuan Impor (SPI) untuk importasi bawang putih.

Kemendag telah menerbitkan SPI berdasarkan RIPH (rekomendasi impor produk holtikultura) yang diajukan oleh Kementerian Pertanian. SPI yang diterbitkan oleh Kemendag sebanyak 134,6 ribu ton untuk 92 perusahaan Importir Terdaftar (IT) atau 84,15 persen dari total kebutuhan untuk periode Januari-Juni (Semester I) yang sebesar 160.000 ton.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Bachrul Chairi, mengatakan bahwa dengan diterbitkannya SPI tersebut dalam kurang lebih 10-14 hari mendatang, maka pasokan bawang putih ke Pasar Induk dan Pasar Eceran, baik pasar tradisional maupun ritel moderen, diharapkan dapat segera bertambah dan pada akhirnya membantu menurunkan harga bawang putih di pasar.

Kemudian Kemendag juga akan terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk kelancaran arus barang dan distribusi dari empat pelabuhan, yaitu Bandara Soekarno-Hatta (Jakarta), Pelabuhan Belawan (Medan), Pelabuhan Soekarno-Hatta (Makassar) dan Tanjung Perak (Surabaya).

“Koordinasi ini penting dilakukan guna memastikan ketersediaan produk hortikultura dengan harga yang terjangkau bagi konsumen dalam negeri,”kata Bachrul dalam siaran pers.

Terlepas dari impor, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Srie Agustina juga menegaskan bahwa Kemendag akan terus mendorong peningkatan produksi bawang putih lokal. Ia menilai bahwa importasi yang dilakukan pemerintah bertujuan untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri, dan bukan untuk mengurangi pendapatan petani di dalam negeri. Menurut data pemerintah, produksi bawang putih nasional rata-rata 14.200 ton per tahun, sementara itu kebutuhan konsumsi dalam negeri sebesar 400.000 ton per tahun.

“Untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, bawang putih masih perlu diimpor. Namun demikian, Kemendag akan terus bersinergi dengan Kementan dalam mendorong produksi bawang putih lokal melalui permintaan konsumen dengan meningkatkan edukasi kepada konsumen agar dapat mendiversifikasi permintaan mereka terhadap bawang putih lokal yang saat ini kurang diminati,”terang Srie dalam siaran pers.

 

(hatta@wartaekonomi.com)

Editor: Hatta

Executive Brief

Jasa Raharja beri layanan kesehatan gratis pada penumpang kapal laut di Palu.

Agung Laksono desak pemerintah buat peta wilayah kritis bencana.

Pemerintah putuskan talangi sisa ganti rugi bencana lumpur Lapindo.

Presiden Jokowi: media massa merupakan instrumen penting sebagai alat kontrol sosial.

Madagaskar akan buka kedutaan besar di Jakarta.

Kementerian ESDM akan lelang jabatan untuk lima pejabat eselon satu.

Korsel batalkan rencana bangun menara pohon Natal di perbatasan Korut.

Polda Maluku Utara siagakan 1.800 personel amankan Natal dan tahun baru.

Bom bunuh diri tewaskan 18 orang di Yaman.

Hasil Pertandingan Piala KNVB Beker Belanda

Excelsior 6 - 0 NAC Breda

Ajax 0 - 4 Vitesse

Hasil Pertandingan Piala Copa del Rey Spanyol

Atletico Madrid 2 - 2 CE L'Hospitalet

Elche 1 - 0 Valladolid

Hasil Pertandingan Liga Serie A Italia

Cagliari 1 - 3 Juventus

SSC Napoli 2 - 0 Parma

Entertainment

18 Desember 2014 - Olahraga

Glen Johnson Absen Sebulan

18 Desember 2014 - Olahraga

Nyalla Nilai Kemenpora Salah Langkah