Market Indices

GE Membran Bioreaktor Sediakan 5 Miliar Galon Air per Hari

Rubrik Digital Economy

26 Maret 2013 10:02:00 WIB

Air telah bergerak menjadi sebuah pasar global yang bernilai US$450 miliar. Air adalah sumber yang begitu berharga hingga Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mencanangkan tanggal 22 Maret sebagai Hari Air Dunia.
 
Kebutuhan air dimulai dari rumah. Pengelola air di 36 negara bagian Amerika Serikat memprediksikan krisis air akan terjadi dalam 10 tahun ke depan. "Ketika terjadi kekurangan air, dampak ekonomi untuk sektor-sektor seperti pertanian dapat mencapai miliaran dolar," menurut Kantor Akuntansi Umum Amerika Serikat. Data terbaru dari PBB menemukan bahwa dua-pertiga dari populasi dunia atau 5,3 miliar orang rentan terhadap kekurangan air pada tahun 2025.
 
Hampir 20 persen dari sumber air bersih mengalir ke instalasi industri seperti pembangkit listrik, dan kilang. Di A.S., angka tersebut telah mendekati 4 persen, namun hanya 6 persen diantaranya yang digunakan kembali.
 
Ini merupakan kesempatan besar dan perusahaan Amerika ini telah siap untuk melakukan sesuatu untuk menanggulangi masalah tersebut. "Semua nahkoda siap berlayar," ujar Jon Freedman, Wakil Presiden untuk Government Affairs di GE Power & Water.
 
Berbicara baru-baru ini di University of Virginia¹s Darden School of Business, Freedman menekankan untuk fokus kepada inovasi. "Jika Anda berbicara mengenai masalah pengolahan air, kuncinya adalah energi," kata Freedman. "Kita hidup di dunia yang penuh dengan emisi karbon dan Anda harus mencari tahu bagaimana memperlakukan air dengan menggunakan energi yang lebih sedikit."

Salah satu contoh, katanya, GE "membran bioreaktor" yang disebut LEAPmbr, adalah teknologi baru dari GE ecomagination yang mampu membersihkan air dengan kombinasi bakteri yang melahap polutan dan membran halus yang menyaring zat padat yang tersisa, bahkan virus. Teknologi tersebut adalah salah satu cara yang paling efisien di dunia untuk mengolah air limbah karena menggunakan 30 persen energi yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan teknologi GE lainnya yang serupa.
 
Filter, membran, bioreaktor serta teknologi canggih lainnya dari portofolio GE ecomagination mampu memproduksi dan mendaur ulang 5 miliar galon air setiap hari di 130 negara (cukup untuk mengisi Danau Mead yang terletak di belakang bendungan Hoover setiap lima tahun sekali). Proyek lainnya yang sedang digarap yaitu mesin motor dari GE yang akan segera menggerakkan salah satu pabrik desalinasi terbesar di dunia yang berlokasi dekat Melbourne, Australia serta pabrik pengolahan air terbesar di dunia yang berlokasi di Abu Dhabi.

 

(*/redaksi@wartaekonomi.com)

Penulis/Editor: Arief Hatta

Executive Brief

Purwakarta - Jemaat gereja di Purwakarta bagi-bagi takjil gratis di bawah patung Gus Dur.

Euthanasia - Gallup poll: Sekitar 69% rakyat AS mendukung euthanasia.

Berlin - Para pengusaha Jerman menyesalkan Brexit, menginginkan langkah-langkah perbaikan untuk mencegah penularan.

Brussels - Sejumlah warga Inggris di Brussels dikabarkan ingin jadi warga Belgia setelah Brexit.

Manchester - Inggris menyabet gelar juara dunia rugby u-20 setelah mengalahkan Irlandia 45-21.

Lima - BUMN Peru, Petro Peru, melaporkan kebocoran minyak di daerah Amazon.

Vaksin Palsu - DPR: Segera umumkan klinik dan tumah sakit yang edarkan vaksin palsu!

Singapore - Underwater World Singapore (UWS) and the Dolphin Lagoon are set to close on Jun 26 after 25 years of service.

Kuala Lumpur - Malaysian Prime Minister Najib Razak is expected to announce a new cabinet on Monday (26/6) in a reshuffle to fill vacant positions.

London - Lebih dari 2,5 juta warga Inggris menandatangani petisi untuk adanya referendum kedua.

Pekanbaru -  PT Angkasa Pura II Bandar Udara (Bandara) Sultan Syarif Kasim menyatakan maskapai akan memberikan ganti rugi kepada para calon penumpang jika delay.

Menahan Pelumas Impor - Asosiasi Pelumas Indonesia (Aspelindo) meminta pemerintah untuk segera memberlakukan SNI untuk pelumas.

Dallas - Maskapai Southwest Airlines Co menunda pengiriman 67 unit pesawat Boeing Co seri 737 Max 8 ke tahun depan.

Efek Brexit - BI: Efek Brexit ada, tapi kecil dan waktunya masih lama.

Fintech - Ketua DK OJK Muliaman D Hadad mengatakan, perbankan perlu memiliki layanan keuangan berbasis teknologi, atau financial technology (fintech).

Kerjasama Iran - Paska sanksi dicabut, OJK menyampaikan bahwa inilah saat yang tepat bagi LJK untuk mulai menjajaki peluang bisnis dan kerja sama dengan LJK Iran.

Inflasi Ramadhan - BI memperkirakan laju inflasi Juni 2016 atau sebagian besar momentum Ramadhan sebesar 0,56%.

Narkoba - BNN  telah merehabilitasi sebanyak 42.429 pecandu.

Kereta Api Pelabuhan - KA pengangkut petikemas untuk tujuan ekspor dan impor dari Pelabuhan Tanjung Priok resmi beroperasi mulai Jumat (24/6).

Diskon 99% - Menyambut Ramadan dan Lebaran tahun ini, MatahariMall.com menghadirkan program spesial yaitu program Petasan Lebaran, termasuk diskon 99%.

Narkoba - Presiden Jokowi: Kalau UU memungkinkan, pelaku penyelundupan narkoba di-dor saja.

Kerusuhan Sepakbola - Kapolri: Jakmania yang masuk dalam foto memkuli polisi akan ditangkap.

Kerusuhan Sepakbola - Kapolri: Jakmania yang masuk dalam foto memkuli polisi akan ditangkap.

Kuala Lumpur - Not too late to form new party to challenge PM Najib, says sacked Malaysia DPM Muhyiddin.

Berlin - John Cryan, CEO Deutshe Bank, mengatakan pusat keuangan London akan melemah tapi tak akan mati setelah Brexit.

Amerika - Indeks Dow. 30 minggu ini:

Senin (20/6) 17.804,87
Selasa (21/6) 17.829,73
Rabu (22/6) 17.780,83
Kamis (23/6) 18.011,07
Jumat (24/6) 17.400,75

Amerika - Indeks S&P 500 minggu ini:

Senin (20/6) 2.083,25
Selasa (21/6) 2.088,90
Rabu (22/6) 2.085,45
Kamis (23/6) 2.113,32
Jumat (24/6) 2.037,30

Amerika - Indeks Nasdaq minggu ini:

Senin (20/6) 4.837,21
Selasa (21/6) 4.843,76
Rabu (22/6) 4.833,32
Kamis (23/6) 4.910,04
Jumat (24/6) 4.707,98