Market Indices

Etios Valco Dongkrak Penjualan Toyota

Rubrik Ekonomi Bisnis

04 April 2013 20:30:00 WIB

WE.CO.ID - Toyota Etios Valco yang baru diperkenalkan pada 11 Maret 2013 lalu mendongkrak penjualan Toyota untuk segmen compact car dengan mencatat penjualan pada Maret 2013 sebanyak 1.289 unit.

"Kami menyambut baik atas penjualan Etios Valco pada bulan pertama setelah diluncurkan," ujar Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Joko Trisanyoto lewat siaran pers, Kamis (4/4/2013).

Joko mengatakan, Etios Valco diperkenalkan untuk memberikan pilihan yang lebih lengkap bagi konsumen di segmen ini dan memenuhi kebutuhan pasar akan kendaraan city car yang berstandar kualitas global dan bernilai fungsional.

Hasil yang ditorehkan Etios Valco sepanjang Maret lalu langsung berkontribusi terhadap penjualan Toyota di segmen compact car, dan sepanjang kuartal pertama tahun 2013, Toyota membukukan total penjualan 6.919 unit di segmen ini atau tumbuh sekitar 46,8% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2012 sebanyak 4.714 unit.

Sebelumnya Toyota Yaris menjadi tulang punggung di segmen tersebut dan mencatatkan penjualan sebanyak 2.258 unit, dan pada bulan Maret tumbuh 22,5% dibandingkan dengan Februari 2013 lalu sebanyak 1.843 unit.

Jika dibandingkan dengan Maret 2012, Yaris tumbuh lebih dari dua kali lipat dengan total penjualan 951 unit.

Dalam beberapa tahun terakhir, permintaan pasar di segmen compact car menunjukkan pertumbuhan yang sangat tinggi.

Pada 2009, total market di segmen ini mencapai 42.866 unit, namun, pada 2012 lalu, total market di segmen ini mencapai 118.244 unit atau meningkat 175,84% hanya dalam kurun tiga tahun.

Toyota membukukan total penjualan 32.726 unit sepanjang Maret 2013, selain Etios Valco dan Yaris, beberapa produk andalan lainnya juga mencatatkan hasil penjualan yang cukup baik.

Di segmen entry sedan, Toyota membukukan total penjualan sebanyak 717 unit pada Maret 2013, yang tumbuh sekitar 16,8% jika dibandingkan dengan penjualan Februari 2013 sebanyak 614 unit.

Produk lain di kelas sedan yang juga mencatatkan pertumbuhan pada Maret adalah Toyota Corolla sebanyak 171 unit atau tumbuh 4,9% dibandingkan Februari 2013.

Sementara itu, Toyota Camry membukukan penjualan sebanyak 296 unit pada Maret 2013 atau tumbuh 48% jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Di lain pihak, produk lainnya yang juga membukukan pertumbuhan adalah Toyota Rush di segmen medium SUV dengan total penjualan 2.577 unit, serta Hilux B-cab di segmen pickup 4x2 sebanyak 1.028 unit.

Pada periode yang sama, Toyota Avanza yang menjadi andalan di segmen MPV mencatatkan total penjualan 14.333 unit.

Sementara itu, produk-produk lainnya di segmen kendaraan penumpang, antara lain Toyota Kijang Innova membukukan penjualan 5.093 unit, Toyota NAV1 402 unit, serta Toyota Fortuner (4x2) 1.580 unit.

Di segmen kendaraan komersial, selain ditopang oleh Hilux, penjualan Toyota pada Maret 2013 juga ditopang oleh Toyota Dyna dengan total penjualan 2.048 unit, serta commercial van Toyota Hi Ace sebanyak 131 unit. (Ant)

Jafei Wuysang
(jafei@wartaekonomi.co.id)

Foto: Sufri Yuliardi

Editor:

Recomended Reading

Rabu, 27/05/2015 10:02 WIB

PSSI Bungkam atas Komentar Jokowi-JK

Kamis, 28/05/2015 08:11 WIB

Menpora Belum Akan Cabut SK Pembekuan PSSI

Rabu, 27/05/2015 18:49 WIB

BOPI Ancam Polisikan Penyesat Opini Kasus Persipura

  • OJK

Berita Terkini

Kamis, 28/05/2015 14:48 WIB

DPR Minta Media Asing Kedepankan Jurnalisme Damai

Kamis, 28/05/2015 14:48 WIB

APTRI Apresiasi BUMN Terkait HPP Gula

Kamis, 28/05/2015 14:37 WIB

Hotel Sahid Jaya International Tak Bagi Dividen

Kamis, 28/05/2015 14:29 WIB

Jelang Ramadan, Harga Cabai Merah Naik

Kamis, 28/05/2015 14:19 WIB

Amankan Harga, Bulog Percepat Distribusi Raskin

Kamis, 28/05/2015 14:09 WIB

Bawa Bukti Kuat, Denti Lapor ke MKD

Kamis, 28/05/2015 13:58 WIB

JK: Penanganan PSSI Harusnya Seperti FIFA

Kamis, 28/05/2015 13:47 WIB

Menteri Rini Ajak Masyarakat Bentuk Konglomerat BUMN Profesional

Executive Brief

Menkeu Akui Kemungkinan Target Pajak Tidak Tercapai

Pemerintah Pusat dan Daerah Diminta Sinergis Wujudkan Program 100-0-100

Pemerintah janji akan Tingkatkan Pelayanan Haji

Akademisi Menilai Penggunaan Pertalite Bisa Untungkan Masyarakat Jangka Panjang

Bappenas Akan Maksimalkan Temuan Bangsa Indonesia untuk Bangun Industri Penguat Pembangunan

Legislator Menilai bahwa UU Wajib Militer Bisa Ciptakan Generasi masa depan yang Disiplin

Mentan Amran tegaskan tak ada beras plastik yang beredar di Indonesia.

Jokowi minta Tiongkok percepat implementasi proyek kerja sama dengan Indonesia.

BTN dapat pinjaman Rp 1,5 triliun dari SMF guna dukung program sejuta rumah.

DBS prediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2015 capai 5,1 persen.

DBS: Pertumbuhan ekonomi Indonesia terhambat oleh penurunan harga komoditas.

Bank BJB siap salurkan Rp 1,3 triliun biayai pembangunan pabrik Semen Baturaja.

Bank BJB siap salurkan Rp 1,3 triliun biayai pembangunan pabrik Semen Baturaja.

Adira Insurance sasar masyarakat yang bukan nasabah bank untuk miliki polis asuransi.

DBS: Cadangan devisa Indonesia perlu diperluas untuk antisipasi risiko arus modal keluar.