Market Indices

Etios Valco Dongkrak Penjualan Toyota

Rubrik Ekonomi Bisnis

04 April 2013 20:30:00 WIB

WE.CO.ID - Toyota Etios Valco yang baru diperkenalkan pada 11 Maret 2013 lalu mendongkrak penjualan Toyota untuk segmen compact car dengan mencatat penjualan pada Maret 2013 sebanyak 1.289 unit.

"Kami menyambut baik atas penjualan Etios Valco pada bulan pertama setelah diluncurkan," ujar Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Joko Trisanyoto lewat siaran pers, Kamis (4/4/2013).

Joko mengatakan, Etios Valco diperkenalkan untuk memberikan pilihan yang lebih lengkap bagi konsumen di segmen ini dan memenuhi kebutuhan pasar akan kendaraan city car yang berstandar kualitas global dan bernilai fungsional.

Hasil yang ditorehkan Etios Valco sepanjang Maret lalu langsung berkontribusi terhadap penjualan Toyota di segmen compact car, dan sepanjang kuartal pertama tahun 2013, Toyota membukukan total penjualan 6.919 unit di segmen ini atau tumbuh sekitar 46,8% jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2012 sebanyak 4.714 unit.

Sebelumnya Toyota Yaris menjadi tulang punggung di segmen tersebut dan mencatatkan penjualan sebanyak 2.258 unit, dan pada bulan Maret tumbuh 22,5% dibandingkan dengan Februari 2013 lalu sebanyak 1.843 unit.

Jika dibandingkan dengan Maret 2012, Yaris tumbuh lebih dari dua kali lipat dengan total penjualan 951 unit.

Dalam beberapa tahun terakhir, permintaan pasar di segmen compact car menunjukkan pertumbuhan yang sangat tinggi.

Pada 2009, total market di segmen ini mencapai 42.866 unit, namun, pada 2012 lalu, total market di segmen ini mencapai 118.244 unit atau meningkat 175,84% hanya dalam kurun tiga tahun.

Toyota membukukan total penjualan 32.726 unit sepanjang Maret 2013, selain Etios Valco dan Yaris, beberapa produk andalan lainnya juga mencatatkan hasil penjualan yang cukup baik.

Di segmen entry sedan, Toyota membukukan total penjualan sebanyak 717 unit pada Maret 2013, yang tumbuh sekitar 16,8% jika dibandingkan dengan penjualan Februari 2013 sebanyak 614 unit.

Produk lain di kelas sedan yang juga mencatatkan pertumbuhan pada Maret adalah Toyota Corolla sebanyak 171 unit atau tumbuh 4,9% dibandingkan Februari 2013.

Sementara itu, Toyota Camry membukukan penjualan sebanyak 296 unit pada Maret 2013 atau tumbuh 48% jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Di lain pihak, produk lainnya yang juga membukukan pertumbuhan adalah Toyota Rush di segmen medium SUV dengan total penjualan 2.577 unit, serta Hilux B-cab di segmen pickup 4x2 sebanyak 1.028 unit.

Pada periode yang sama, Toyota Avanza yang menjadi andalan di segmen MPV mencatatkan total penjualan 14.333 unit.

Sementara itu, produk-produk lainnya di segmen kendaraan penumpang, antara lain Toyota Kijang Innova membukukan penjualan 5.093 unit, Toyota NAV1 402 unit, serta Toyota Fortuner (4x2) 1.580 unit.

Di segmen kendaraan komersial, selain ditopang oleh Hilux, penjualan Toyota pada Maret 2013 juga ditopang oleh Toyota Dyna dengan total penjualan 2.048 unit, serta commercial van Toyota Hi Ace sebanyak 131 unit. (Ant)

Jafei Wuysang
(jafei@wartaekonomi.co.id)

Foto: Sufri Yuliardi

Editor: Jafei

Recomended Reading

Kabar EkBis

22 Desember 2014 - Ekonomi Bisnis

Pelemahan Rupiah Buat Bali "Happy"

22 Desember 2014 - Ekonomi Bisnis

API Minta BKPM Buat Standar Perizinan

22 Desember 2014 - Ekonomi Bisnis

Pengupahan di Indonesia Pakai Sistem Demonstrasi

Kabar Indonesia

22 Desember 2014 - Nasional

Irman Gusman Dukung KPK Buka Cabang di Daerah

22 Desember 2014 - Politik

KSAL: Kapal Perang Minim Suku Cadang

Executive Brief

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Invalid argument supplied for foreach()

Filename: views/newsflash.php

Line Number: 7

Entertainment

22 Desember 2014 - Olahraga

Liverpool Tahan Imbang Arsenal 2-2

22 Desember 2014 - Olahraga

PSMS vs Persija Buka Marahalim Cup 2015

22 Desember 2014 - Olahraga

Sunderland Menang Tipis 1-0 Atas Newcastle