Market Indices

BUMD : Pencapaian Dividen Bank Jabar Banten duduki Peringkat Teratas

Rubrik Finansial

09 April 2013 18:00:00 WIB

Dari beberapa kinerja seluruh BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) Provinsi Jawa Barat pada rentang waktu selama 5 tahun mulai dari tahun 2008 hingga 2013. Pada Kinerja BUMD tersebut terkait juga laporan pencapaian dividen, dimana  peringkat teratas diduduki oleh Bank BJB dengan rata-rata deviden sebesar Rp.240 miliar. Hal tersebut disampaikan Anggota Pansus LKPJ Gubernur Jawa Barat, Ine Purwadewi dalam pertemuan raker bersama BUMD beberapa waktu lalu.

Ine menambahkan untuk peringkat kedua diduduki oleh PT. Bank Perkreditan Rakyat, yang semua pencapaian dividen tahun 2008 hanya sebesar Rp.1,8 miliar melonjak peningkatannya sebesar Rp.3 miliar di tahun 2012. “Selanjutnya disusul PT. Jasa Sarana namun karena masih dalam tahap pengembangan bidang usaha, dividen baru mencapai Rp.1,4 miliar tahun lalu”ungkapnya.

Ine yang juga menjabat Wakil Ketua DPD Provinsi Jawa Barat mengungkapkan pencapaian dividen memang sangat penting, karena pemerintah provinsi Jawa Barat juga sebagai pemegang saham BUMD dalam penyertaan modal tersebut. Maka pencapaian dividen tersebut dapat memberikan kontribusi terhadap PAD (Pendapatan Asli Daerah) Provinsi Jawa Barat. “Pemprov Jabar sebagai pemegang saham BUMD diantaranya sudah memberikan penyertaan modal untuk BUMD, maka dipandang perlu dividen tersebut diberikan kepada Pemprov Jabar”jelasnya.  

Lanjutnya, Untuk BUMD lainnya dinilai masih tak banyak berubah besar selama 5 tahun terakhir. Sehingga kinerja BUMD dengan melihat progress report tersebut masih butuh penataan lebih lanjut, karena sesuai dengan rekomendasi Pansus Restrukturisasi Peningkatan Kinerja BUMD.  “ Penataan BUMD di Provinsi Jawa Barat, memang dituntut dapat memberikan kontribusi dividen untuk Pemerintah Daerahnya”kata Ine.

Ine juga mengharapkan, untuk BUMD yang belum memberikan kontribusi pada pemberian dividen dapat mempertajam core bisnisnya serta membuat core bisnis menjadi lebih inovatif untuk mendongkrak penambahan PAD Provinsi Jawa Barat.

Sumber : Jabarprov.go.id

Alnisa Septya Ratu
(nisa@wartaekonomi.co.id)

 

Foto: bandungpopular.com

Penulis: Alnisa Septya Ratu

Editor:

Executive Brief

Jadwal Indonesia Soccer Championship Senin, 30 Mei 2016

19:00 WIB PERSIBA VS BALI UNITED

Banjarmasin - Barito Putra mengalahkan Persija 1-0 dengan gol dari Rizki Pora di injury time Babak I pada Minggu (29/5).

Palembang - Sriwijaya FC dan Mitra Kukar harus puas bermain imbang 0-0 dalam lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) hari Minggu (29/5).

Cibinong (Bogor) - PS TNI hanya bisa kembali bermain imbang dalam lanjutan Torabika Soccer Championship (TSC) setelah ditahan PSM Makassar 0-0 hari Minggu (29/5).

GP Monaco - Lewis Hamilton juara, Rio Haryanto di posisi 15.

Hukuman Mati - Kejaksaan Agung akan mengumumkan eksekusi mati 3 hari sebelum pelaksanaannya terutama untuk terpidana mati yang bukan Warga Negara Indonesia (WNI).

Repo - BI membidik nilai transaksi penjualan surat berharga dengan ketetapan akan dibeli kembali (Repurchase Agreement/Repo) antar bank bisa mencapai minimal Rp800 miliar per hari pada Agustus 2016.

Manado - OJK segera merealisasikan pembentukan satuan tugas (Satgas) waspada investasi untuk mengatasi investasi bodong.

Video Sex Kanye West - Penyanyi rap Kanye West tengah panik akibat video seksnya dikabarkan bocor dan terancam beredar luas di dunia maya.

Antisipasi The Fed - BI: Gejolak di pasar keuangan yang akan timbul karena rencana penaikan bunga The Fed pada Juni 2016 sudah diperkirakan sejak jauh-jauh hari dan dapat diantisipasi.

Sarolangun (Jambi) -  Petani swadaya bakal dapat bantuan pengadaan sertifikasi minyak sawit berkelanjutan berupa hibah dari lembaga nirlaba Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) tahun ini  US$453.000.

Jambi - Gapki mendesak pemerintah menyediakan infrastruktur di sentra-sentra perkebunan sawit Indonesia.

Francis Bacon - Polisi Spanyol pada Sabtu (28/5) menangkap tujuh orang yang diduga terlibat dalam pencurian lima lukisan bernilai 25 juta euro karya Francis Bacon.

Sarajevo - Sekelompok seniman membuka selubung lukisan dinding (mural) bergambar David Bowie di Sarajevo, Sabtu (28/5).

New York -  Ko Yong-suk, bibi Kim Jong Un, pemimpin Korea Utara, ternyata telah tinggal di New York, Amerika Serikat selama 18 tahun.

Medan - Pemerintah menunjuk Perum Bulog dan PT Berdikari untuk mengimpor daging sapi dan bawang merah guna mengendalikan harga menjelang Ramadhan.

Caracas - Deutsche Lufthansa AG, perusahaan penerbangan Jerman, memberhentikan sementara penerbangan ke Venezuela pada bulan depan akibat kesulitan ekonomi di negera tersebut.

Tokyo - Para pemimpin G-7 di Jepang mengingatkan kembali dampak buruk bagi ekonomi global bila Inggris keluar dari Uni Eropa atau populer dengan sebutan British Exit (Brexit).

LINE -  Aplikasi pesan instan LINE dilaporkan telah mencapai 500 juta unduhan di Google Play Store.

Purwekerto - DPP Granat meminta Kejagung  untuk tidak menunda-nunda pelaksanaan eksekusi hukuman mati bagi para bandar narkoba.

Hibah Hutan Tropis - Bank Dunia telah menyetujui bantuan hibah senilai US$22 juta kepada Indonesia untuk memperkuat pengelolaan hutan tropis, pengentasan kemiskinan di antara masyarakat yang kebergantungan pada hutan.

Afganistan - Mawlawi Haibatullah Akhundzada, pemimpin Taliban yang baru, menolak berdamai dengan Pemerintah Afganistan.

Modal Asuransi - Industri asosiasi umum di Indonesia meminta OJK tidak menerapkan aturan kenaikan modal minimal Rp150 miliar dalam waktu dekat.

Sport For All - Indonesia akan menjadi tuan rumah pelaksanaan The Association For International Sport For All (Tafisa) 2016 pada 6-12 Oktober 2016 yang diikuti 110 negara.

Wina - Iran masih mematuhi perjanjian nuklir Juli 2015 dengan negara-negara adidaya, menurut laporan International Atomic Energy Agency (IAEA).

San Francisco - Facebook dan Microsoft akan membangun kabel raksasa sepanjang 6.600 kilometer (km) di bawah laut Samudra Atlantik, membentang sepanjang Virginia ke Spanyol.

Cirebon - Pertamina akan meningkatkan pasokan Elpiji sebanyak 500% di Wilayah III Cirebon, Jawa Barat, menjelang Ramadhan.

Amerika - Indeks Dow 30 minggu ini:

Senin (23/5) 17.492,93
Selasa (24/5) 17.706,05
Rabu (25/5) 17.851,51
Kamis (26/5) 17.828,29
Jumat (27/5) 17.873,22

Rupiah Melemah - Menkeu mengatakan penyebab Rupiah hampir menembus Rp13.700/US$ adalah isu kenaikan suku bunga The Fed dan jatuh tempo pembayaran utang.

Amerika - Indeks S&P 500 minggu ini:

Senin (23/5) 2.048,04
Selasa (24/5) 2.076,06
Rabu (25/5) 2.090,54
Kamis (26/5) 2.090,10
Jumat (27/5) 2.099,06

Amerika - Indeks Nasdaq minggu ini:

Senin (23/5) 4.765,78
Selasa (24/5) 4.861,06
Rabu (25/5) 4.894,89
Kamis (26/5) 4.901,77
Jumat (27/5) 4.933,50

Buleleng - Warga Desa Selat, Kabupaten Buleleng, Bali, menemukan dua guci dan tujuh gamelan tua yang diduga sebagai benda-benda purbakala.

Ambon - Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli mengatakan Maluku harus memainkan peran dan memanfaatkan peluang terkait pengembangan Blok Masela.

Railway Train - VP Jusuf Kalla:  The Jakarta-Bandung high speed and the Jakarta-Surabaya normal speed railway trains projects can run simultaneously.

Economic Challenges - Analyst: The domestic economic challenges would mount in June-August on high expectation that the Federal Reserve would raise its interest rate and the government gambling in trying to convince the market about success in securing state revenues. 

Train Carriages Export - President Jokowi has met with Sri Lankas president Maithripala Sirisena to discuss the sale of train carriages to that country.

EU Scholarships - The European Union (EU) is offering scholarships to 1,600 Indonesian students wishing to pursue higher education for master and doctorate degrees in Europe.