Market Indices

IMF Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Dunia

Rubrik Internasional

17 April 2013 07:02:00 WIB

WE.CO.ID - Dana Moneter Internasional pada Selasa memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia untuk 2013 karena resesi zona euro terus berlarut-larut, namun memperkirakan pertumbuhan secara keseluruhan akan meningkat pada semester kedua tahun ini.

Dalam penilaian terbarunya pada ekonomi global, Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan perekonomian dunia akan tumbuh sebesar 3,3 persen tahun ini, dibandingkan dengan 3,5 persen yang diperkirakan IMF pada Januari.

Itu mempertahankan laju ekspansi ekonomi dunia hampir datar dari 3,2 persen pada 2012, dengan pertumbuhan lebih lambat dari perkiraan di Amerika Serikat dan stagnasi berkepanjangan di wilayah euro menjadi alasan utama di balik penurunan tersebut.

Pemberi pinjaman krisis global itu mengatakan bahwa risiko jangka pendek masih menjulang terutama di zona euro, di mana dana talangan baru Siprus dan pelemahan Italia masih bisa memicu kemunduran baru.

Tetapi Dana juga melihat pertumbuhan lebih lambat di negara-negara berkembang besar seperti Rusia, China, Brazil dan India, menggarisbawahi pelemahan ekonomi global.

"Prospek global telah meningkat lagi tetapi jalan menuju pemulihan di negara maju akan tetap bergelombang," kata IMF dalam laporan "World Economic Outlook" terbarunya.

"Dalam jangka menengah, risiko utama berhubungan dengan penyesuaian melelahkan, reformasi kelembagaan yang tidak memadai, dan stagnasi berkepanjangan di kawasan euro serta defisit fiskal dan utang yang tinggi di Amerika Serikat dan Jepang.

Dengan krisis yang luar biasa, Dana terjebak dekat dengan perkiraan pertumbuhan sebelumnya untuk pertumbuhan pada 2014, memprediksi ekspansi 4,0 persen, "dengan asumsi bahwa para pembuat kebijakan menghindari kemunduran dan mewujudkan komitmen tersebut." Secara umumnya prospek lebih baik sejak tahun lalu setelah dua ancaman jangka pendek terbesar untuk pemulihan global berkurang: ancaman perpecahan dari zona euro dan potensi kontraksi tajam di Amerika Serikat yang didorong oleh pemotongan anggaran ekstrim serta kenaikan pajak.

Meski begitu, dua raksasa ekonomi terus berlarut-larut. Pertumbuhan AS diperkirakan pada 1,9 persen tahun ini, karena pemotongan belanja pemerintah lebih besar dari perkiraan, dan zona euro diperkirakan kontraksi 0,3 persen.

"Perkiraan untuk pertumbuhan negatif di zona euro tidak hanya mencerminkan pelemahan di negara pinggiran tetapi juga beberapa pelemahan dalam negara inti. Pertumbuhan Jerman menguat namun masih diperkirakan kurang dari satu persen pada 2013," kata Olivier Blanchard, kepala ekonom IMF.

Di zona euro, kata IMF, meskipun kondisi telah berkurang untuk keuangan pemerintah negara-negara yang mengalami kesulitan, namun bank-bank masih tertatih-tatih oleh profitabilitas yang buruk dan modal yang rendah, sehingga menghambat pasokan kredit.

Kawasan mata uang tunggal menyajikan risiko jangka pendek terhadap pertumbuhan global, kata IMF, mengutip khususnya "ketidakpastian tentang dampak dari peristiwa di Siprus dan kebuntuan politik di Italia serta kerentanan di negara-negara pinggiran." Di antara ekonomi terkemuka, Jepang adalah salah satu titik terang, di mana IMF menyetujui upaya untuk mengembalikan keadaan ekonomi dengan pelonggaran moneter agresif yang mendorong peningkatan prospek pertumbuhan tahun ini, menjadi 1,6 persen dari sebelumnya 1,2 persen -- meskipun beban utang besar Jepang mengangkat pertanyaan tentang keberlanjutannya.

Di antara negara-negara berkembang, IMF menurunkan perkiraan pertumbuhan 2013 untuk China sebesar 0,1 persentase poin menjadi 8,0 persen -- masih lebih baik daripada kecepatan pada 2012 -- dan Brazil sebesar 0,5 persentase poin menjadi 3,0 persen.

Pada Senin, Beijing mengatakan, pertumbuhan pada kuartal pertama melaju pada kecepatan lebih rendah dari perkiraan sebesar 7,7 persen, memicu kekhawatiran bahwa "rebound" di ekonomi nomor dua terbesar dunia itu goyah karena permintaan luar negeri melemah.

Asia dan Sub sahara Afrika tetap didukung oleh permintaan konsumen dalam negeri yang kuat dan akan meningkat jika pertumbuhan di zona euro, Amerika Serikat dan negara maju lainnya naik.

Tetapi kawasan Timur Tengah - Afrika Utara masih berkutat dengan reformasi politik, serta tekanan inflasi dan pasar valuta asing diperkirakan akan menjadi tantangan kuat di beberapa negara Amerika Latin, kata IMF.

IMF mengatakan kemajuan "bergelombang" di negara-negara maju membuat sulit bagi negara-negara berkembang untuk mendapatkan traksi serta mengelola semburan modal dan tekanan naik pada mata uang.

Meskipun inflasi di seluruh dunia pada umumnya di bawah kendali, IMF memperingatkan bank-bank sentral negara maju memicu pasar mereka dengan likuiditas untuk merubah ekspektasi harga.

Namun, katanya, meningkatnya keluhan tentang devaluasi bersaing nilai tukar "tampak berlebihan." "Dolar AS dan euro tampak secara moderat 'overvalued' dan renminbi 'undervalued'. Bukti pada penilaian yen bervariasi." "Tantangan bagi negara-negara penerima adalah mengakomodasi tren yang mendasari sekaligus mengurangi volatilitas arus ketika mereka mengancam makro atau stabilitas keuangan." (Ant)

(*/redaksi@wartaekonomi.com)

Foto: Ist.

Penulis/Editor: Sucipto

Berita Terkini

Rabu, 25/05/2016 23:42 WIB

Kementerian BUMN Akan Gelar IBDEXPO 2016

Rabu, 25/05/2016 23:22 WIB

Pemerintah Ajak Pemangku Kepentingan Cegah Kebakaran Hutan

Rabu, 25/05/2016 22:59 WIB

BKPM: Lembaga Pemeringkat Akui Iklim Investasi

Rabu, 25/05/2016 22:41 WIB

BI: Tingkat Kepatuhan Lindung Nilai Terus Meningkat

Rabu, 25/05/2016 22:25 WIB

Harga Komoditas Perikanan Alami Fluktuatif

Rabu, 25/05/2016 21:55 WIB

Mentan: Tidak Perlu Impor Bawang

Rabu, 25/05/2016 21:31 WIB

Pembekuan Layanan Lion-AirAsia Tidak Berlaku

Rabu, 25/05/2016 21:09 WIB

Bulog Serap 800 Ton Beras Petani di Bali

Executive Brief

Caracas – Rakyat Venezuela pada Selasa (24/5) mendapati harga tepung jagung meroket 900%.

Tax Amnesty -  Pemerintah menyiapkan instrumen investasi untuk menampung dana-dana repatriasi aset dari kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty. 

Lion Group - Presdir Lion Group Edward Sirait merasa Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menghambat pengembangan bisnis Batik Air dan Wings Air.

Medan - Dinas Pertanian Pemerintah Provinsi Sumut optimis luas panen padi tahun ini bisa mencapai target 805.708 hektare, walaupun sekarang baru mencapai 37%.

Pencegahan Korupsi - ESDM minta KPK untuk mengawasi sejumlah mega proyek yang dikerjakan PT PLN dan Pertamina.

Beijing - Wang Jianlin, miliarder real estate dan dunia hiburan China, mengatakan Disney Park tidak cocok di China.

Lagos -  Pemerintah Nigeria telah menargetkan 2019 untuk mengakhiri impor bahan bakar minyak (BBM), karena berencana membangun kilang minyak sendiri.

Berlin - VW memastikan sebanyak 120.000 pegawainya di Jerman akan mendapat kenaikan gaji 5% pada tahun depan.

Jakarta - Ahok siap dipanggil KPK untuk menjelaskan alasannya hak diskresi dalam menentukan besaran kontribusi tambahan bagi para pengembang reklamasi.

Colombo - Banjir di Srilanka sudah memakan korban lewat dari 100 orang ketika air naik kembali pada Selasa (24/5).

MEDC - PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) menargetkan bisa meraup dana hingga Rp4,65 triliun dari penerbitan saham baru melalui rights issue sebanyak 3,04 miliar saham.

SMSM - PT Selamat Sempurna Tbk. (SMSM) menerima dividen final tunai sebesar Rp18,14 miliar dari dua anak usahanya.

TOWR - Pemegang saham menyetujui rencana PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR) untuk melakukan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu.

TOBA - Emiten tambang batu bara PT Toba Bara Sejahtera Tbk. (TOBA) menganggarkan belanja modal (capital expenditure/Capex) sebesar US$10 juta pada tahun ini.

TOBA - Emiten tambang batu bara milik Luhut Binsar Pandjaitan, PT Toba Bara Sejahtra Tbk. (TOBA) membagikan dividen tahun buku 2015 senilai US$1,13 juta.

SMDR - PT Samudera Indonesia Tbk. (SMDR) berencana membentuk perusahaan sub holding yang akan membawahkan bisnis terminal dan jasa pelabuhan.

MEDC - PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) memperpanjang aksi buyback saham dan akan menggelar rights issue dengan target dana Rp4,65 triliun untuk membayar utang jatuh tempo.

EKAD - Emiten pita perekat PT Ekadharma International Tbk. tahun ini menambah kapasitas produksi mencapai 192 juta m2 per tahun.

Kartel - BPK mensinyalir ada praktik persaingan yang tidak sehat dalam proses tender pengadaan barang dan jasa secara elektronik yang cenderung menjurus pada praktik persekongkolan.

Modal ventura - Aturan permodalan perusahaan modal ventura yang ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan diprediksi bakal memicu maraknya aksi merger di industri.

Bank - Bank syariah di sejumlah daerah memangkas margin untuk mengantisipasi rendahnya penyaluran pembiayaan pada awal tahun ini.

Wison - Investor asal China, Wison, bekerja sama dengan Shell akan membangun dua pabrik olahan batu bara menjadi olefin di Sumatra Selatan dengan total nilai investasi US$7,3 miliar.

LTV - Sejumlah pelaku industri properti menyambut baik rencana BI dalam revisi kebijakan loan to value  hunian atau properti komersial.

Pelabuhan - Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia memprediksi arus barang di Pelabuhan Tanjung Priok menjelang Ramadan bakal melonjak 30%-40% dibandingkan dengan bulan biasa.

Jagung - Setelah rutin menjadi importir jagung setiap tahun, pemerintah bakal mengambil sikap tegas untuk menyetop kegiatan yang menyedot devisa tersebut pada 2017.

Impor - Pemerintah akan mengadopsi standar dari United Nations Economic Commission for Europe atau UNECE untuk mempermudah arus importasi barang di sektor kendaraan bermotor dan bagiannya.

BPD - Penyaluran kredit produktif kelompok BPD masih minim. OJK mencatat, penyaluran kredit produktif bank-bank milik pemerintah daerah ini baru mencapai 30%.

Bursa - Pagi ini (25/5) IHSG dibuka menguat 23,10 poin (0,43%) ke level 4.733,88

IDR/USD - Pagi ini (25/5) Rupiah menguat di Rp13.641 per Dollar AS dibanding kemarin di Rp13.685 (Data Reuters).

IDR/EUR - Pagi ini (25/5) Rupiah menguat di Rp15.242 per Euro dibanding sore kemarin di Rp15.305 (Data Reuters).

Minyak - Pagi ini (25/5) WTI Crude Oil naik dari 47,93 USD menjadi 49,25 USD/bbl. Sementara Brent Crude juga naik dari 48,08 USD menjadi 49,17 USD/bbl. Data perbandingan sore kemarin (Bloomberg).

Emas - Hari ini (25/5) harga Emas Antam turun Rp5.000 menjadi Rp581.000/gram dibanding kemarin di Rp586.000/gram. Dengan harga buyback turun di Rp528.000/gram

Amerika - Indeks saham-saham Amerika, penutupan (24/5):

Dow 30 17.706,05 +213,12 +1,22%
S&P 500 2.076,06 +28,02 +1,37%
Nasdaq 4.861,06 +95,27 +2,00%

Eropa - Indeks saham-saham Eropa, penutupan (24/5):

FTSE 100   6.219,26 +82,83 +1,35%
CAC 40 4.431,52 +106,42 +2,46%
DAX 10.057,31 +215,02 +2,18%

Asia - Indeks saham-saham Asia, pembukaan (25/5):

Nikkei 225 16.764,35 +265,59 +1,61%
Hang Sheng 20.156,76 +326,33 +1,65%
ST. Times 2.786,18 +35,95 +1,31%
Shanghai Comp. 2.835,03 +13,36 +0,47%

CPO - Pagi ini (25/5) CPO Kontrak Agustus 2016, turun 15 poin pada harga 2.487,00 Ringgit per ton (Bursa Malaysia).

JISDOR BI - Hari ini (25/5) kurs referensi Bank Indonesia melemah di Rp13.671 dibanding kemarin di Rp13.606.

Yamaha - Maverick Vinales ungkap alasannya ke Yamaha karena ingin menjadi Juara Dunia Moto GP.

BMW - Tidak tertarik terjun di Moto GP, BMW mengaku fokus untuk pengembangan pembalap-pembalap muda.

Barcelona - Pebalap Estrella Galicia Marc VDS Honda, Tito Rabat telah sukses menjalani operasi bahu kiri di Hospital Universitario Dexeus, Barcelona.

Manor - Jika tidak mampu melunasi pembayaran ke Manor, Rio Haryanto dikabarkan akan berakhir di GP Hongaria.

French Open - Unggulan kelima French Open Victoria Azarenka harus terhenti di babak Pertama akibat mengalami cedera.

Inggris - Petenis Inggris Heather Watson lolos ke babak kedua French Open usai mengalahkan Nicole Gibbs  5-7, 6-2, 6-2. 

Moto2 - Pembalap Muda Indonesia, Ali Adrian resmi memastikan diri berlaga di ajang CEV Moto2 European Championship 2016.

Yamaha - Bos Yamaha Lin Jarvis akan mengumumkan penyebab mesin Rossi bermasalah, Yamaha mengirim mesin Rossi ke Jepang untuk diselidiki lebih lanjut. 

Ducati - Pembalap Ducati Andrea Ianonne mengakui selama balapan musim 2016 kerap kesulitan melakukan start yang bagus.

Eropa - Indeks saham-saham Eropa, pembukaan (25/5):

FTSE 100   6.267,00 +47,74 +0,77%
CAC 40 4.459,30 +27,78 +0,63%
DAX 10.173,00 +115,69 +1,15%

Bursa - Sore ini (25/5) IHSG ditutup menguat 62,19 poin (1,32%) ke level 4.772,98

CPO - Sore ini (25/5) CPO Kontrak Agustus 2016, naik 33 poin pada harga 2.535,00 Ringgit per ton (Bursa Malaysia).

Uang Tax Amnesty - BI perkirakan pajak tax amnesty cuma Rp 53 triliun.

Minyak - Sore ini (25/5) WTI Crude Oil naik dari 47,93 USD menjadi 49,19 USD/bbl. Serta Brent Crude juga naik dari 48,08 USD menjadi 49,25 USD/bbl. Data perbandingan sore kemarin (Bloomberg).

IDR/USD - Sore ini (25/5) Rupiah menguat di Rp13.650 per Dollar AS dibanding kemarin di Rp13.685 (Data Reuters).

IDR/EUR - Sore ini (25/5) Rupiah menguat di Rp15.215 per Euro dibanding sore kemarin di Rp15.305 (Data Reuters).

Asia - Indeks saham-saham Asia, penutupan (25/5):

Nikkei 225 16.757,35 +258,59 +1,57%
Hang Sheng 20.368,05 +537,62 +2,71%
ST. Times 2.766,66 +16,43 +0,60%
Shanghai Comp. 2.815,05 -6,58 -0,23%

Taxi Online -  Grup Volkswagen membentuk kemitraan strategis dengan Gett, start up transportasi online yang bermarkas di London.

Tarif Tax Amnesty - Ditjen Pajak: Skema tarif diubah menjadi dua, yakni tiga bulan pertama yang repatriasi 2%, deklarasi 4% dan tiga bulan berikutnya 3% untuk repatriasi dan 6% untuk deklarasi.

Helsinki - Microsoft Corp akan memangkas bisnis smartphone dengan cara melepas 1.850 karyawan, kebanyakan di Finlandia.

Colombo - Sri Lanka meminta bantuan internasional akibat banjir yang diperkirakan menelan kerugian US$2 miliar dan menewaskan lebih dari 100 orang.

Kuala Lumpur - Malaysia's 1MDB says has made full payment of central bank fine.

Kuala Lumpur - UMW Toyota Motor said it is investing 2 billion ringgit (US$487.8 million) to set up its second manufacturing facility in Malaysia.

Singapore -  Ex-police officer who sexually abused an autistic and mentally disabled 17-year-old boy was sentenced to five years’ jail on Wednesday (25/5).

Jakarta -  Indonesia has rejected applications from scores of companies for new palm oil operations (official).

Kabul - Taliban Afghanistan memilih wakil dari pemimpin mereka Haibatullah Akhunzada, setelah Mullah Akhtar Mansour tewas dalam serangan udara Amerika Serikat.

Harare - Puluhan ribu pendukung Robert Mugabe menuju ibukota Zimbabwe untuk menunjukan dukungan kepada Presiden Robert Mugabe (92 tahun).

Jakarta - Grup band Noah resmi meluncurkan album mereka yang berisi aransemen ulang lagu-lagu lama "Sings Legends".

London - Aktor Inggris Burt Kwouk yang dikenal lewat peran Inspektur Clouseau, pelayan Cato Fong, dalam film komedi "Pink Panther" tutup usia pada umur 85 tahun.

Cilacap - Terpidana mati kasus narkoba Freddy Budiman mengajukan surat permohonan tobat nasuha saat sidang peninjauan kembali (PK).

London – Penyanyi sekaligus penulis lagu Inggris Adele menandatangani kontrak baru dengan Sony senilai US$131 juta.

Bob Dylan - Pada Selasa (24/5) Bob Dylan tepat 75 tahun, dirayakan dengan konser  "Dylan Fert 75" pada Senin-Selasa di Nashville, Tenneses.

Hanoi - Vietnam’s new Prime Minister Nguyen Xuan Phuc has said the country has no intention to join a military race in the South China Sea.

Athena - Yunani menyetujui upaya penghematan baru dan kenaikan pajak yang dituntut para kreditur Eropa demi memperoleh dana talangan baru.

MSKY - PT MNC Sky Vision Tbk. milik taipan Hary Tanoesoedibjo tengah memproses pinjaman dari perbankan asing untuk kebutuhan refinancing senilai maksimum US$275 juta.

Los Angeles - Lelang "Collecting Disney" yang diselenggarakan Van Eaton Galleris pada 18 Juni di Los Angeles akan menawarkan lebih dari 700 arsip Disney.

Pasar Eropa - Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan Azerbaijan dapat menjadi pintu masuk pasar Eropa untuk memasarkan produk-produk Tanah Air.

Hanoi - Presiden AS Barrack Obama mengumumkan pada Senin bahwa Washington akan mencabut seluruh embargo penjualan senjata mematikan terhadap Vietnam.

Stockholm - Badan Transportasi Swedia: Sudah 650 orang masuk rumah sakit akibat menggunakan ponsel di jalanan.

DPUM - Perusahaan di sektor perikanan yang berbasis di Jawa Tengah, PT Dua Putra Utama Makmur Tbk.  memastikan akan merambah pasar Amerika dan Eropa pada tahun ini.

MTLA - RUPS Saham PT Metropolitan Land Tbk. memutuskan untuk menyisihkan laba bersih sebanyak Rp32,08 miliar untuk dividen kepad pemegang saham.

Turn Back Crime - Kapolri Jendral Badrodin Haiti mengeluarkan surat larangan terhadap masyarakat atau sipil menggunakan atribut berkenaan dengan Turn Back Crime.

MSKY - Hary Tanoesidibjo dan pemegang saham PT MNC Sky Vision sebagai pemegang merek Indovision merestui penerbitan saham baru melalui mekanisme private placement Rp769,96 miliar.

Ahok - Partai Golkar: Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama  (Ahok) menduduki urutan pertama untuk calon Gubernur DKI hasil survei partai Golongan Karya.

Bursa - PT Siba Surya (Siba Group) melakukan pembenahan sistem TI sebagai upaya menyakinkan investor dalam rangka Initial Public Offering (IPO) yang direncanakan pada 2017.

SRIL - Emiten tekstil PT Sri Rejeki Isman Tbk. menerbitkan obligasi global dengan nilai US$420 juta setara dengan Rp5,7 triliun (kurs Rp13.575 per dolar AS) untuk refinancing.

MSKY - Hary Tanoesoedibjo pemegang merek Indovision, PT MNC Sky Vision Tbk. (MSKY) merombak jajaran direksi dan komisaris perseroan.

DPUM - Perusahaan di sektor perikanan yang berbasis di Jawa Tengah, PT Dua Putra Utama Makmur Tbk. (DPUM) telah menyerap belanja modal sekitar Rp200 miliar hingga saat ini untuk ekspansi.

Jadwal Pertandingan Kualifikasi Liga Serie A Italia, Kamis (26/5)

01:30 Bari vs Novara

HITS - Emiten transportasi laut, PT Humpuss Intermoda Sarana Tbk. berniat melakukan kuasi reorganisasi dengan menghapus akumulasi rugi sebanyak US$95,47 juta

Hong Kong - Huawei Technologies Co Ltd menggugat Samsung Electronics Co Ltd terhadap pelanggaran paten smartphones.

Kupang - Duta Besar Indonesia untuk negara-negara ASEAN Timor Leste akan masuk menjadi anggota ASEAN pada 2017.

Jadwal Pertandingan Persahabatan, Kamis (26/5)

01:00 Rumania vs DR Kongo

07:00 Amerika Serikat vs Ekuador

23:00 Azerbaijan vs Andorra

Jakarta - The South Jakarta Police personnel seized 2,128 pairs of shoes that carried a forged branding of "Nike" and were suspected to have been imported from Guangzhou, China.

Twitter - User names and media attachments such as photos and videos will no longer count towards the length of a tweet, Twitter Inc said on Tuesday (24/5), but the 140-character limit will stay.

Hanoi - US President Barack Obama called Tuesday (24/5) for territorial disputes in the South China Sea to be "resolved peacefully" as Vietnam baulks at Chinese actions in the bitterly contested waters.

Manila -  A Malaysian naval patrol detained three Philippine fishermen for encroaching in territorial waters in the disputed Spratlys this month, the Philippine military said on Tuesday (24/5).

Manila - Plans by the Philippines' controversial president-elect to give late dictator Ferdinand Marcos a hero's burial triggered outrage.

Jakarta - Netherlands Supreme Courts President: The Netherlands' and Indonesian Supreme Court will cooperate in building more effective and efficient linkages between the two courts, attorney general office and judicial commissions.

Jakarta - President Jokowi would attend the G7 Summit in Japan on May 26-27.

London - Biaya liburan keluarga ke Eropa bisa naik jika warga Inggris memilih meninggalkan Uni Eropa bulan depan, kata Perdana Menteri David Cameron.

Ankara  - Perdana Menteri (PM) terpilih Turki Binali Yildirim mengumumkan daftar kabinet barunya pada Selasa (24/5).

Idomeni - Sedikitnya 200 polisi pada Selasa mulai membongkar kamp kumuh Idomeni Yunani di perbatasan dengan Makedonia, tempat lebih dari 8.400 imigran tinggal.

Paris - Penyelidik Perancis menyerbu markas Google di Paris pada Selasa (24/5) untuk penyelidikan masalah penghindaran pajak dan pencucian uang.

Palembang - Bank Indonesia mencatat pertumbuhan ekonomi di Sumatera Selatan sebesar 4,94% pada triwulan I/2016 didorong sejumlah pembangunan infrastruktur skala besar.