Market Indices

Ketemu Dahlan, Petani Tebu 'Curhat' Soal Serbuan Gula Rafinasi

Rubrik Agrikultur

27 April 2013 14:00:00 WIB

WE.CO.ID - Petani tebu di Kabupaten Kudus dan sekitarnya masih mengkhawatirkan kemungkinan adanya serbuan gula rafinasi impor bertepatan dengan musim giling pabrik gula di daerah setempat karena harga jual gula petani bakal mengalami penurunan.

"Kami berharap agar Pemerintah tidak membiarkan gula rafinasi beredar di pasaran bersamaan dengan musim giling tebu sebab imbasnya sangat dirasakan petani yang tidak bisa menikmati harga jual gula tinggi," kata salah seorang petani tebu asal Kabupaten Rembang ketika berdialog dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan di Pabrik Gula Rendeng Kudus, di Kudus, Jumat (26/4) malam.

Apalagi, tambahnya, Pemerintah sudah mencanangkan program swasembada gula tahun 2014, tentunya juga harus memberikan kebijakan yang menguntungkan petani tebu.

Ia berharap nasib petani tebu di wilayah binaan PG Rendeng Kudus semakin baik, menyusul adanya sejumlah perubahan di tingkat manajemen maupun peralatan produksinya.

Kuslan, petani tebu asal Kudus juga berharap komitmen PG Rendeng untuk memperbaiki sejumlah kekurangannya selama ini, termasuk mesin produksinya, agar petani juga tertarik menyetorkan tebunya.

"Petani juga rindu tingkat rendemen tinggi, seperti halnya pada tahun 2008 bisa mencapai rendemen 10," ujarnya.

Menanggapi keluhan petani tebu soal gula rafinasi, Dahlan Iskan mengakui, selama ini, selalu mempersoalkan masuknya gula rafinasi.

"Ide saya, kalau toh mendatangkan gula rafinasi untuk PG BUMN untuk digiling bersama. Bukannya untuk pihak lain karena bisa membunuh petani," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, seluruh PG BUMN harus tampil lebih baik ketika gula rafinasi dikurangi tidak ada pihak yang menyalahkan PG BUMN karena dianggap tidak mampu memenuhi kebutuhan gula di Tanah Air.

"Jika semua pabrik gula sudah sembada, bisa teriak soal gula rafinasi," ujarnya. (Ant)

 

Redaksi

Foto: margind.com

Penulis/Editor:

Executive Brief

FREN - PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) akan menerbitkan saham baru tanpa memberikan hak memesan efek terlebih dahulu (non HMETD) atau private placement .

DART - PT Duta Anggada Realty Tbk menyatakam siap melepas salah satu aset properti investasi perseroan yang berlokasi di Jakarta Timur

TLKM - PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. mendulang dana Rp3,3 triliun dari hasil penjualan kembali treasury stock.

SMGR - PT SGG Prima Beton, anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk., menambah penyertaan saham di PT Varia Usaha Beton senilai Rp60,97 miliar.

MEDC - PT Medco Energi International Tbk. terancam batal mengakuisisi PT Newmont Nusa Tenggara lantaran aksi penerbitan saham baru melalui rights issue belum disetujui pemegang saham.

MAMI - PT Mas Murni Indonesia Tbk (MAMI) tahun ini memproyeksikan pendapatan meningkat 10% dibandingkan capaian tahun lalu.

CPIN - PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) menargetkan pertumbuhan pendapatan mencapai 15% hingga akhir tahun ini.

Bappenas - Bappenas tengah menanti peraturan pemerintah untuk memiliki kewenangan penganggaran dan perencanaan.

Pelindo - PT Pelabuhan Indonesia II diminta menata ulang operasional terminal domestik dan internasional di Pelabuhan Tanjung Priok untuk mengefisienkan layanan jasa kepelabuhanan.

Bank - Perbankan mulai menyiapkan instrumen yang dapat dimanfaatkan oleh para nasabah untuk menampung dana repatriasi menyusul sudah pengesahan UU Pengampunan Pajak.

Perikanan - Pengusaha pengolahan ikan akan kembali menghadapi fase menipisnya bahan baku saat mendekati Lebaran dan satu minggu sesudahnya.

PLTU - Sejumlah penuntasan pembiayaan proyek pembangkit listrik tenaga uap atau PLTU akan dipercepat agar tahap konstruksi bisa dikerjakan lebih awal.

Properti - PT Colliers International Indonesia melansir penjualan lahan industri hingga paruh pertama tahun ini mencapai 48,42 hektare atau hanya 14% dari realisasi penjualan tahun lalu.

APKI - Memasuki kuartal II/2016 pelaku industri pulp dan kertas lebih mengandalkan pasar domestik karena pertumbuhannya lebih tinggi yaitu mencapai 30%.

BBM - Kementerian ESDM memperkirakan besaran subsidi bahan bakar minyak dalam APBNP 2016 diperkirakan cukup hingga akhir tahun jika harga minyak mentah stabil seperti posisi saat ini.

APBN-P TA 2016 - Dana Desa sebesar Rp46.982,1 miliar. Terdiri dari: Dana Perimbangan sebesar Rp705.458,9 miliar dan Dana Insentif Daerah sebesar Rp5.000,0 miliar serta Dana Otonomi Khusus dan Dana Keistimewaan D.I Yogyakarta  sebesar Rp18.811,9 miliar.

APBN-P TA 2016 - Dana Perimbangan terdiri dari: 1) Dana Transfer Umum sebesar Rp494.436,7 miliar. 2) Dana Transfer Khusus sebesar Rp211.022,2 miliar.

Hasil Pertandingan Perempat Final Piala Eropa (1/7)

Polandia 1 - 1 Portugal *

*Menang dalam adu penalti

Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Eropa (30/6)

Aktobe 1 - 1 MTK Budapest

Dila Gori 1 - 0 Shirak

Admira Moedling 1 - 1 Spartak Myjava

UE Santa Coloma 1 - 3 NK Lokomotiva

Ventspils 2 - 0 Vikingur

FK Bokelj 1 - 1 Vojvodina

Atlantas Klaipeda 0 - 2 HJK

Balzan FC 0 - 2 FK Neftchi

Hasil Pertandingan Kualifikasi Liga Eropa (30/6)

Dinamo Minsk 2 - 1 FK Spartaks

FC Banants 0 - 1 Omonia Nicosia

Levadia Tallinn 1 - 1 HB Torshavn

Sloboda Tuzla 0 - 0 Beitar Jerusalem

Traku FK 2 - 1 Nomme JK Kalju

Hasil Pertandingan Kualifikasi Liga Eropa (30/6)

Videoton FC 3 - 0 FC Zaria

AIK 2 - 0 Bala Town

Europa FC 2 - 0 Pyunik

IFK Gothenburg 5 - 0 Llandudno FC

Slavia Sofia 1 - 0 Zaglebie Lubin

Hasil Pertandingan Kualifikasi Liga Eropa (1/7)

AEK Larnaca 3 - 0 Folgore

FC Differdange 03 1 - 1 Cliftonville

FC Midtjylland 1 - 0 Suduva

FC Vaduz 3 - 1 FK Sileks

FK Qabala 5 - 1 Samtredia

Kukesi 1 - 1 Rudar Pljevlja

Odds Ballklubb 2 - 0 IFK Mariehamn

Siroki Brijeg 1 - 1 Birkirkara

Zimbru 0 - 1 Chikhura

Maccabi Tel Aviv 3 - 0 Gorica

Hasil Pertandingan Kualifikasi Liga Eropa (1/7)

Beroe 0 - 0 Radnik Bijeljina

Domzale 3 - 1 Lusitanos

NSI Runavik 0 - 2 Shakhtyor Soligorsk

Teuta Durres 0 - 1 Kairat Almaty

Connah's Quay 0 - 0 Stabaek

Spartak Trnava 3 - 0 Hibernians

Cukaricki 3 - 0 Ordabasy Shymkent

La Fiorita Montegiardino 0 - 5 Debrecen

Aberdeen 3 - 1 CS Fola Esch

Linfield 0 - 1 Cork City

Hasil Pertandingan Kualifikasi Liga Eropa (1/7)

Hearts 2 - 1 Infonet Tallinn

KF Shkendija 2 - 0 Cracovia

Shamrock Rovers 0 - 2 RoPS

Breidablik 2 - 3 FK Jelgava

KR Reykjavik 2 - 1 Glenavon

Valur 1 - 4 Broendby IF

Tax Amnesty - Definisi pengampunan pajak adalah penghapusan pajak yang seharusnya terutang, tidak dikenai sanksi administrasi perpajakan dan sanksi pidana di bidang perpajakan, dengan membayar uang tebusan.