Market Indices

BPK Serahkan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester II 2012 ke DPD

Rubrik Nasional

30 April 2013 13:01:00 WIB

WE.CO.ID - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyerahkan Ikhtisar Hasil Pemeriksaan Semester (IHPS) II Tahun 2012 kepada Dewan Perwakilan Daerah melalui Sidang Paripurna di Gedung Nusantara V Komplek DPR/MPR, Jakarta, Selasa (30/4/2013).

"Dalam memenuhi mandat Undang-Undang Dasar 1945 dan peraturan perundang-undangan lainnya, hari ini BPK menyerahkan IHPS dan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) semester II tahun 2012 kepada DPD," kata Ketua BPK Hadi Poernomo di Gedung Nusantara V Kompleks DPR/MPR, Jakarta, Selasa.

Sebelumnya BPK telah menyampaikan laporan serupa kepada DPR melalui sidang paripurna yang dilakukan beberapa waktu lalu.

Dalam laporannya tersebut Ketua BPK Hadi Poernomo menyatakan bahwa pada Semester II 2012 BPK memprioritaskan pemeriksaannya pada pemeriksaan kinerja dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu (PDTT).

IHPS juga memuat hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun 2011 yang belum diperiksa dan/atau belum dilaporkan pada semester I tahun 2012.

"Selama semester II 2012, BPK telah memeriksa 709 objek pemeriksaan, yang terdiri atas 154 objek pemeriksaan kinerja, 450 objek PDTT dan 105 objek pemeriksaan keuangan," kata Hadi Poernomo.

Dia mengatakan hasil pemeriksaan BPK mengungkapkan sebanyak 12.947 kasus senilai Rp9,72 triliun, dan dari jumlah tersebut sebanyak 3.990 kasus senilai Rp5,83 triliun merupakan temuan ketidakpatuhan yang mengakibatkan kerugian, potensi kerugian dan kekurangan penerimaan.

Menurut dia BPK memberikan rekomendasi terkait kasus tersebut berupa penyerahan asset dan/atau penyetoran uang ke kas negara/daerah/perusahaan.

Sementara itu, lanjut dia, 4.815 kasus lain merupakan kelemahan Sistem Pengendalian Intern (SPI), sebanyak 1.901 kasus penyimpangan administrasi dan sebanyak 2.241 kasus senilai Rp3,88 triliun merupakan temuan ketidakhematan, ketidakefisienan dan ketidakefektifan.

"Rekomendasi BPK atas kasus tersebut adalah perbaikan SPI, tindakan administratif dan/atau korektif lain. Sedangkan untuk kasus ketidakpatuhan, ketidakhematan, ketidakefisienan, dan ketidakefektifan, perlu mendapat perhatian pimpinan dan para anggota DPD RI," ujar dia.

Dia mengatakan selama proses pemeriksaan entitas yang diperiksa telah menindaklanjuti temuan ketidakpatuhan yang mengakibatkan kerugian, potensi kerugian, dan kekurangan penerimaan dengan penyerahan aset dan/atau penyetoran uang ke kas negara/daerah/perusahaan senilai Rp124,13 miliar.

Dalam sidang paripurna tersebut, hadir sejumlah anggota DPD RI. Sedangkan yang bertindak selaku pemimpin sidang yakni Wakil Ketua DPD Laode Ida.

"Laporan BPK ini akan kami kaji dan tindaklanjuti melalui Komite IV DPD RI. DPD RI mendukung upaya BPK dalam menyelamatkan keuangan negara," kata Laode Ida. (Ant)

(*/redaksi@wartaekonomi.com)

Foto:skycrapescity.com

Penulis/Editor: Sucipto

Executive Brief

Athena - Yunani menyetujui upaya penghematan baru dan kenaikan pajak yang dituntut para kreditur Eropa demi memperoleh dana talangan baru.

MSKY - PT MNC Sky Vision Tbk. milik taipan Hary Tanoesoedibjo tengah memproses pinjaman dari perbankan asing untuk kebutuhan refinancing senilai maksimum US$275 juta.

Los Angeles - Lelang "Collecting Disney" yang diselenggarakan Van Eaton Galleris pada 18 Juni di Los Angeles akan menawarkan lebih dari 700 arsip Disney.

Pasar Eropa - Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan Azerbaijan dapat menjadi pintu masuk pasar Eropa untuk memasarkan produk-produk Tanah Air.

Hanoi - Presiden AS Barrack Obama mengumumkan pada Senin bahwa Washington akan mencabut seluruh embargo penjualan senjata mematikan terhadap Vietnam.

Stockholm - Badan Transportasi Swedia: Sudah 650 orang masuk rumah sakit akibat menggunakan ponsel di jalanan.

DPUM - Perusahaan di sektor perikanan yang berbasis di Jawa Tengah, PT Dua Putra Utama Makmur Tbk.  memastikan akan merambah pasar Amerika dan Eropa pada tahun ini.

MTLA - RUPS Saham PT Metropolitan Land Tbk. memutuskan untuk menyisihkan laba bersih sebanyak Rp32,08 miliar untuk dividen kepad pemegang saham.

Turn Back Crime - Kapolri Jendral Badrodin Haiti mengeluarkan surat larangan terhadap masyarakat atau sipil menggunakan atribut berkenaan dengan Turn Back Crime.

MSKY - Hary Tanoesidibjo dan pemegang saham PT MNC Sky Vision sebagai pemegang merek Indovision merestui penerbitan saham baru melalui mekanisme private placement Rp769,96 miliar.

Ahok - Partai Golkar: Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama  (Ahok) menduduki urutan pertama untuk calon Gubernur DKI hasil survei partai Golongan Karya.

Bursa - PT Siba Surya (Siba Group) melakukan pembenahan sistem TI sebagai upaya menyakinkan investor dalam rangka Initial Public Offering (IPO) yang direncanakan pada 2017.

SRIL - Emiten tekstil PT Sri Rejeki Isman Tbk. menerbitkan obligasi global dengan nilai US$420 juta setara dengan Rp5,7 triliun (kurs Rp13.575 per dolar AS) untuk refinancing.

MSKY - Hary Tanoesoedibjo pemegang merek Indovision, PT MNC Sky Vision Tbk. (MSKY) merombak jajaran direksi dan komisaris perseroan.

DPUM - Perusahaan di sektor perikanan yang berbasis di Jawa Tengah, PT Dua Putra Utama Makmur Tbk. (DPUM) telah menyerap belanja modal sekitar Rp200 miliar hingga saat ini untuk ekspansi.

HITS - Emiten transportasi laut, PT Humpuss Intermoda Sarana Tbk. berniat melakukan kuasi reorganisasi dengan menghapus akumulasi rugi sebanyak US$95,47 juta

Jadwal Pertandingan Kualifikasi Liga Serie A Italia, Kamis (26/5)

01:30 Bari vs Novara

Jadwal Pertandingan Persahabatan, Kamis (26/5)

01:00 Rumania vs DR Kongo

07:00 Amerika Serikat vs Ekuador

23:00 Azerbaijan vs Andorra

Hong Kong - Huawei Technologies Co Ltd menggugat Samsung Electronics Co Ltd terhadap pelanggaran paten smartphones.

Kupang - Duta Besar Indonesia untuk negara-negara ASEAN Timor Leste akan masuk menjadi anggota ASEAN pada 2017.

Jakarta - The South Jakarta Police personnel seized 2,128 pairs of shoes that carried a forged branding of "Nike" and were suspected to have been imported from Guangzhou, China.

Jakarta - Netherlands Supreme Courts President: The Netherlands' and Indonesian Supreme Court will cooperate in building more effective and efficient linkages between the two courts, attorney general office and judicial commissions.

Jakarta - President Jokowi would attend the G7 Summit in Japan on May 26-27.

London - Biaya liburan keluarga ke Eropa bisa naik jika warga Inggris memilih meninggalkan Uni Eropa bulan depan, kata Perdana Menteri David Cameron.

Ankara  - Perdana Menteri (PM) terpilih Turki Binali Yildirim mengumumkan daftar kabinet barunya pada Selasa (24/5).

Idomeni - Sedikitnya 200 polisi pada Selasa mulai membongkar kamp kumuh Idomeni Yunani di perbatasan dengan Makedonia, tempat lebih dari 8.400 imigran tinggal.

Twitter announced Tuesday (24/5) it was easing its 140-character limit for tweets, allowing users to add links, attachments and some other features within the short messages.

Paris - Penyelidik Perancis menyerbu markas Google di Paris pada Selasa (24/5) untuk penyelidikan masalah penghindaran pajak dan pencucian uang.