Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kementerian PU Bangun Jalan Bandara Batam

Warta Ekonomi -

WE Online - Kementerian Pekerjaan Umum segera membangun ruas jalan kedua dari Kawasan Batu Besar hingga simpang Bandara Internasional Hang Nadim Batam untuk memudahkan akses masyarakat.

"Saat ini hanya ada satu ruas jalan, sementara lalu lintasnya sudah sangat padat. Jadi Kementerian PU segera membangun ruas kedua agar akses ke bandara atau ke berbagai wilayah Kota Batam lebih mudah," kata Kasubdit Perencanaan Pembangunan BP Batam Imam Bachroni di Batam, Minggu.

Ruas jalan yang akan dibangun tersebut, memiliki panjang sekitar empat kilometer, di sisi depan kawasan Bandara Internasional Hang Nadim Batam yang saat ini terus dikembangkan, termasuk sebagai pusat perawatan dan perbaikan menyeluruh dari Lion Grup, Garuda Maintenance Facility (GMF), dan PT Ilthabi.

Dari tiga perusahaan tersebut, baru Lion Grup yang merealisasikannya dan sudah membangun satu hanggar yang diresmikan pada awal 2014.

"Lahan untuk ruas jalan baru sudah disiapkan oleh BP Batam sejak lama, sehingga tidak memerlukan pembebasan lahan. Pada lokasi tersebut sudah disiapkan ROW 200 meter khusus untuk jalan," kata dia.

Ia berharap, jika ruas kedua bisa dibangun, akan mengurangi kepadatan dan mempermudah akses dari Nongsa ke kawasan lain di Batam.

Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam Ilham Eka Hartawan mengatakan pembangunan ruas jalan tersebut, juga untuk memudahkan akses ke sejumlah kawasan industri baru sekitar bandara.

"Ada sejumlah perusahaan, termasuk PT Dok Koja Bahari Batam yang akan segera beroperasi. Jadi butuh akses jalan yang lebih luas bagi pekerja dan berbagai kebutuhan industri yang dibutuhkan," kata dia.

Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam Dwi Djoko Wiwoho menyatakan kemudahan akses antara bandara, pelabuhan, dan pusat-pusat industri menjadi pertimbangan utama Batam untuk dapat menarik investor.

"Selain pembangunan jalan yang akan dilakukan Kementerian PU, kami juga fokus membangun pelabuhan dan meningkatkan kapasitas bandara agar tetap mampu bersaing dengan kawasan lain di luar negeri," kata Djoko. (Ant)

Foto : SY

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor:

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: