Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Telkomsel Bantu Pemerintah Berantas 'Buta Internet'

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Operator telekomunikasi PT Telkomsel meluncurkan layanan berupa gerakan "Indonesia Genggam Internet" yang dimaksudkan untuk memberantas buta internet (bunet) di Tanah Air.

"Program ini mengajak masyarakat pengguna layanan Telkomsel untuk mempercepat edukasi penggunaan internet," kata Direktur Marketing Telkomsel, Alistair Johnston, di Jakarta, Senin (24/3/2014).

Menurut Alistair, kampanye "Indonesia Genggam Internet" juga bisa membantu program Pemerintah untuk mengedukasi masyarakat melalui layanan internet yang bermanfaat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Menurut riset internal Telkomsel, banyak penduduk Indonesia yang menganggap internet adalah hal yang rumit dan hanya dikonsumsi oleh anak muda. Malah ada yang menganggap internet tidak bermanfaat karena memberi pengaruh negatif.

"Saat ini baru sekitar 23 persen penduduk Indonesia yang 'melek internet'. Namun belum sepenuhnya mendapat manfaat positif dari internet," ujarnya.

Padahal, saat ini hampir seluruh pelanggan telekomunikasi terutama yang menggunakan ponsel cerdas (smartphone) tanpa sadar sudah menggunakan internet melalui ragam layanan, misalnya facebook, blackberry, google, dan fitur media sosial lainnya.

"Tentu saja program ini bertujuan membentuk citra positif atas manfaat internet, sekaligus membantu masyarakat untuk mengerti cara menggunakan internet secara sehat," tegas Alistair.

Menurutnya, sasaran dari program ini adalah mereka yang "buta internet", seperti ibu rumah tangga, petani, pedagang kaki lima, dan lainnya.

Telkomsel juga menargetkan dapat menjaring sekitar 80.000 usaha kecil menengah (UKM) dari berbagai bidang usaha agar dapat meningkatkan kemampuan pelaku UKM dalam memasarkan produknya berbasis on-line.

Untuk mempercepat kampanye tersebut, seluruh pelanggan Telkomsel dapat berpartisipasi menjadi agen internet, dengan mendaftarkan diri melalui situs web resmi Telkomsel.

"Sampai dengan akhir tahun 2014, kami berharap dapat menjaring sekitar 1 juta agen internet. Sebagai kompensasi menjadi agen internet, akan diberikan hadiah berupa paket data gratis, hingga hadiah menarik sepeda motor, handphone canggih, hingga hadiah umrah," ujarnya.

Sementara itu VP Marketing Communication Telkomsel, Irlamsyah Syam, mengatakan gerakan "Indonesia Genggam Internet" ini melengkapi upaya Telkomsel mengembangkan masyarakat digital Indonesia.

Untuk mendukung hal itu, secara infrastruktur Telkomsel terus mengembangkan kesiapan akses internet di daerah sehingga muncul kesetaraan berinternet dengan kualitas terbaik antara desa dan perkotaan.

Dengan gerakan ini tambah Irlamsyah, diharapkan dapat mendorong peningkatan pengguna data broadband dan digital services Telkomsel di masa datang.

"Tahun 2013, layanan data atau internet tumbuh di atas 30 persen. Kami yakin akan terus tumbuh apabila kami mampu memperkenalkan internet dengan lebih luas kepada masyarakat," ujar Irlamsyah.(Ant)

Foto: SY

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: