Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jasa Marga Berminat Akuisisi Tol Batang-Semarang

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Jasa Marga Tbk secara terbuka menyatakan berminat mengakuisisi ruas tol mangkrak di Indonesia, salah satunya adalah tol Batang - Semarang, Jawa Tengah sepanjang 75 kilometer.

"Investor jalan tol Batang-Semarang ini 'ngumpet' (sembunyi, red) terus. Kalau memang dia tidak mampu, kami siap meneruskan melalui skema akuisisi," kata Dirut PT Jasa Marga Tbk, Adityawarman menjawab pers, usai "Jasa Marga Goes to Campus" di Kampus Universitas Siswa Bangsa Internasional, Jakarta, Senin (24/3/2014).

Namun, Adityawarman enggan merinci lebih jauh terkait rencana akuisisi itu. "Yang pasti, kami sudah bertemu dengan Menteri Pekerjaan Umum untuk menyampaikan rencana itu," katanya.

Tol Batang - Semarang, konsesinya dipegang oleh PT Marga Setia Puritama. Sebelumnya, pembebasan lahan tol itu hingga April tahun lalu sesuai data Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, baru 3,44 persen.

Hal itu karena belum dilakukannya pembebasan lahan di seksi II-VI (Weleri-Krapyak), sementara di seksi I (Batang-Batang Timur) sudah mencapai 49,44 persen. Pemegang konsesi tol ini pun sudah merevisi target operasinya dari tahun ini menjadi 2015.

Saat memberi kuliah umum di kampus itu, Adityawarman menegaskan, pertumbuhan industri tol Indonesia dibanding negara tetangga dan Asia lainnya relatif tertinggal.

"Malaysia yang sempat belajar ke Indonesia ketika tol Jagorawi dibangun 1978, kini sudah punya 3500 kilometer tol, sedangkan Indonesia hingga saat ini tidak sampai 800 kilometer," katanya.

Oleh karena itu, tegasnya, diperlukan terobosan dan percepatan agar pertumbuhan industri tol Indonesia lebih cepat lagi.

"Daya saing Indonesia kurang menggembirakan pada tingkat regional dan dunia karena tiga hal yakni birokrasi, infrastruktur dan korupsi," katanya.

Padahal, katanya, secara ekonomi, pertumbuhan Indonesia tidak kalah, terbukti kelompok kelas menengahnya juga bertumbuh.

"Saking bertumbuhnya dan infrastruktur tak mampu mengejar, jalan tol yang filosofinya jalan alternatif, kini sudah jadi jalan utama," katanya.

Acara "Goes to Campus" ini bagian dari rangkaian agenda HUT perseroan ke-36 pada 1 Maret 2014 dan dilaksanakan di lima perguruan tinggi di Indonesia, baik di Bandung maupun Jakarta.

Jasa Marga adalah peminpin pasar industri jalan tol di Indonesia dengan mengoperasikan sebanyak 560 kilometer jalan tol dari total 780 kilometer yang ada atau sekitar 73 persen. (Ant)

Foto: SY

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: