Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jumlah Pelaku Usaha Wanita Di Jateng Meningkat

Warta Ekonomi -

WE Online - Semarang, Jumlah pelaku usaha wanita di Jawa Tengah semakin meningkat yang terlihat dari jumlah anggota Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia yang naik signifikan, kata Ketua DPD Iwapi Jawa Tengah Asry Wibowo.

Menurut dia di Semarang, Selasa, salah satu faktor pendorongnya adalah semakin besarnya usaha mikro kecil menengah di provinsi ini.

"Sejak dilakukan rapat kerja nasional beberapa bulan lalu di Semarang memang jumlah anggota kami naik cukup signifikan," katanya.

Ia mengatakan yang membuat masyarakat tertarik untuk mengikuti adalah banyaknya ilmu yang diperoleh karena saat rakernas pada Oktober lalu pihaknya juga mengundang sejumlah tokoh nasional yang datang untuk memberikan motivasi dan pembinaan.

Saat ini untuk di Semarang saja jumlah anggota yang sebelumnya 125 orang setelah dilakukannya rakernas jumlah mencapai 200, tidak menutup kemungkinan jumlah tersebut akan terus naik dari saat ini yang berjumlah 2.236 anggota.

Bahkan pencanangan 1.000 perempuan pengusaha oleh Kementrian Koperasi dan UKM dua tahun lalu pada tahun ini sudah dipenuhi oleh Jawa Tengah yang bisa menjaring 200 perempuan pengusaha.

Untuk terus menjaring anggota baru pihaknya memberdayakan anggota Iwapi yang berada di kota dan kabupaten di Jawa Tengah agar mencari pelaku usaha unggul di daerah masing-masing.

"Hingga sekarang secara terjadwal kami selalu melakukan pelatihan di tingkat kota/kabupaten tujuannya adalah agar semakin banyak jumlah pelaku usaha terutama wanita yang ada di provinsi ini," katanya.

Pelatihan yang diberikan di antaranya membuat roti, memasang payet, membuat mukena, sprei dan bunga kering, bahkan saat ini sudah ada yang jumlah produksinya meningkat cukup besar.

"Pelatihan ini bersifat gratis, kami juga menyediakan pelatih dan bahan-bahan yang digunakan namun memang saya akui kalau untuk permodalan kami tidak bisa memfasilitasi itu," ujarnya.

Mengenai permodalan tersebut pihaknya menggandeng perbankan sedangkan Iwapi bertindak sebagai fasilitator untuk memberikan fasilitas dan membantu pemasaran salah satunya pengadaan pameran. (Ant)

Foto : SY

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor:

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: