Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Slamet Riyadi: Dana PNPM di Kulon Progo Tidak Dicairkan Sebelum Pemilu

Warta Ekonomi -

WE Online, Kulon Progo - Kepala Bidang Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa, Perempuan, dan Keluarga Berencana (BPMPDPKB), Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Slamet Riyadi, di Kulon Progo, Rabu (26/3/2014), mengatakan belum akan mencairkan dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) Perdesaan sebesar Rp 29 miliar. Hal tersebut karena dana PNPM yang masuk dana bantuan sosial (bansos) tidak boleh dicairkan sebelum Pemilu 2014.

"Dana bansos akan dicairkan setelah Pemilu 2014. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan bansos untuk kepentingan tertentu," kata Slamet.

Selain itu, belum dicairkannya anggaran PNPM Mandiri Perdesaan ini dikarenakan adanya larangan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Apabila dana ini tetap dicairkan sebelum pemilu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melakukan audit terhadap penggunaan anggaran.

"Kebetulan, dana PNPM belum masuk ke rekening pemerintah. Dana PNPM itu sering dengan pemkab. Dana dari pemerintah pusat sebesar Rp 27,5 miliar dan pemkab sebesar Rp 1,5 miliar," jelasnya.

Dana PNPM Mandiri Perdesaan digunakan dalam tiga kategori, yakni sarana dan prasarana atau infrastruktur, simpan pinjam, dan sarana pendidikan. Penggunaan dana PNPM untuk infrastruktur digunakan untuk pembangunan jalan, saluran irigrasi, pembangunan talud dan jembatan. Anggaran untuk simpan pinjam digunakan untuk membangkitkan kegiatan ekonomi produktif masyarakat.

Sementara itu, anggaran sarana pendidikan digunakan untuk pembangunan saran pendidikan PAUD, posyandu, pemberikan gizi pada balita dan lansia, dan permainan pendukung pendidikan. (Ant)

Foto: wartalambar.com

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: