Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mentan Lepas Ekspor Bunga Melati Tegal

Warta Ekonomi -

WE Online, Tegal - Menteri Pertanian Suswono melepas ekspor bunga melati dari gabungan kelompok tani (gapoktan) Tegal, Jawa Tengah ke Thailand, Singapura, Malaysia dan India.

Ekspor bunga melati yang sudah rutin dilakukan perlu terus dilanjutkan agar semakin mengangkat nama Kabupaten Tegal dan Indonesia.

"Tegal tidak hanya dikenal dengan warteg-nya saja tapi juga bunga melatinya. Oleh sebab itu, perlu ada upaya terintegrasi dari hulu hingga hilir melalui peningkatan produksi, pembenahan sistem panen, pascapanen, dan distribusinya supaya mendapatkan bunga melati bermutu sesuai permintaan negara tujuan ekspor," kata Suswono di Tegal, Rabu (26/3/2014).

Suswono, usai panen bunga melati di Desa Maribaya, Tegal itu mengingatkan pentingnya penguatan lembaga dan kemitraan antara eksportir dan petani. "Saya berharap para eksportir benar-benar mengayomi petani sebagai mitra usaha dan berbagi informasi serta keuntungan," katanya.

Menteri juga menyarankan agar para petani bergabung dalam kelompok tani guna mengantisipasi keterbatasan kepemilikan lahan.

Kabupaten Tegal merupakan salah satu sentra produksi bunga melati di Jawa Tengah dengan luas lahan panen mencapai 371,3 hektare.

Pada 2013 produksi bunga melati Tegal mencapai 9.456 ton yang dihasilkan dari tiga kecamatan yakni Kecamatan Keramat, Warureja dan Kecamatan Suradadi.

Ekspor bunga melati itu telah dimulai sejak 2002 dengan volume yang terus meningkat. Pada 2013 volume ekspor dari Kabupaten Tegal mencapai 3-4 ton per hari, bahkan pada hari-hari besar keagamaan dapat mencapai 10 ton per hari.

Sementara itu, Direktur Pelaksana PT Alamanda menargetkan ekspor bunga melati 2014 bisa naik hingga 10 persen. (Ant)

Foto: SY

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: