Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tahir Foundation dan Mayapada Hospital Akan Berikan Pengobatan Kanker Gratis

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Dalam waktu dekat ini, Tahir Foundation dan Mayapada Hospital akan menyediakan pengobatan kanker cuma-cuma bagi masyarakat tidak mampu di seluruh Indonesia. Pengobatan ini dikhususkan bagi penderita di bawah usia 12 tahun.

"Saat ini kita sedang mengkaji dalam waktu dekat, insyaallah jika tuhan memberkati, Tahir Foundation beserta rumah sakit Mayapada akan memberikan suatu pengobatan kemoterapi secara cuma-cuma kepada seluruh penderita kanker di Indonesia khususnya anak berusia di bawah 12 tahun. Kita juga sedang membuat program agar seluruh pengobatan kanker anak tersebut kita bebaskan. Ini mengeluarkan biaya yang besar, tetapi kita tetap komitmen terhadap penyakit ini karena selain mematikan juga berbiaya mahal," ucap pendiri Tahir Foundation sekaligus Chairman dan CEO Mayapada Grup Dato' Sri Prof. Dr. Tahir, saat ditemui di gedung Menko Kesra, Jakarta, Rabu kemarin (2/4/2014).

Soal penanganannya, Tahir mengatakan tindakan yang akan dilakukan dalam pengobatan kanker tersebut meliputi kemoterapi, transplantasi atau pencangkokan, dan radioterapi. Tindakan ini dilakukan di semua rumah sakit Mayapada. Namun, sebelum dilakukan pengobatan pasien kanker terlebih dahulu diseleksi.

"Teknisnya, kita kan membantu yang tidak mampu. Jadi, pertama harus ada seleksi dalam hal keuangan dan kesehatan. Misalnya, untuk cangkok sumsum harus ditentukan apakah pendonornya dari keluarga sendiri atau orang lain," lanjutnya.

Untuk menentukan prosedur tersebut, Tahir Foundation dan Mayapada Hospital akan berkoordinasi dengan sejumlah profesor maupun spesialis di bidang ini. Koordinasi ini dimaksudkan untuk menentukan prosedur mulai dari sebelum sampai sesudah penanganan. Setelah koordinasi ini selesai, Tahir Foundation dan Mayapada Hospital akan segera mengumumkan secara resmi dimulainya pengobatan cuma-cuma tersebut.

"Kami lebih banyak sifatnya mengeluarkan fasilitas dan keuangan, tetapi untuk prosedurnya perlu dibicarakan dahulu dengan ahlinya. Tetapi dalam waktu dekat kami akan umumkan ini," tutup Tahir.

Sementara itu, pada pertemuan media dengan Menko Kesra Agung Laksono tersebut, Tahir juga tengah melakukan persiapan untuk menyambut kedatangan Bill Gates ke Indonesia pada 5 April esok.

(Fajar Sulaiman)

Foto: Sufri Yuliardi

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: