Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenhub Inginkan Pelayanan Bandara Sesuai Standar Internasional

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menginginkan pelayanan berbagai bandara di wilayah Indonesia terus ditingkatkan agar sesuai dengan pelayanan standar internasional, terutama dalam menghadapi kebijakan Asean Open Sky pada 2015 mendatang.

"Bandara yang ada di Indonesia perlu ditingkatkan kapasitas dan kualitasnya terutama dalam menghadapi kebijakan Asean Open Sky yang akan diterapkan pada tahun 2015," kata Direktur Bandar Udara Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub Bambang Tjahjono di Jakarta, Kamis (3/4/2014).

Bambang mengingatkan kebijakan Asean Open Sky tinggal setahun lagi sehingga semua negara mesti benar-benar mempersiapkan berbagai infrastruktur, fasilitas, dan sumber daya manusia (SDM) yang terkait dengan bidang penerbangan. Apalagi, tingginya pertumbuhan penumpang kerap menimbulkan masalah kepadatan dan kemacetan di bandara seperti yang dialami sejumlah bandara seperti Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang.

"Untuk menjawab permasalahan tersebut salah satunya adalah dengan melakukan peningkatan pelayanan bandara," ujarnya.

Sebagaimana diberitakan, PT Angkasa Pura II bangga dengan hasil lembaga survei Skytrax yang menyatakan Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai salah satu bandara yang terbaik dalam hal peningkatan pelayanan terhadap konsumen.

"Berada di peringkat ke-4 di antara jajaran bandara yang paling mengalami peningkatan pelayanan di dunia sejalan dengan target kami menjadikan Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai world class airport pada tahun 2016," kata Direktur Utama Angkasa Pura (AP) II Tri Sunoko, Selasa (1/4/2014).

Skytrax sendiri adalah perusahaan konsultan Britania Raya yang melakukan riset mengenai maskapai penerbangan. Perusahaan ini melakukan survei untuk menentukan maskapai, bandar udara, hiburan dalam pesawat, staf, dan elemen perjalanan udara terbaik lainnya.

Adapun nama bandara-bandara yang masuk ke dalam daftar "The World's Most Improved Airport 2014" diperoleh dari hasil survei yang digelar sejak 2013 hingga Februari 2014 terhadap 12,85 juta penumpang pesawat dari 110 negara berbeda. (Ant)

Foto: Sufri Yuliardi

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: