Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sinar Mas Dukung Ekspedisi NKRI Koridor Maluku & Maluku Utara

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Untuk ke empat kalinya Sinar Mas ikut mendukung Ekspedisi NKRI yang dilakukan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) di mana tahun ini Ekspedisi diarahkan ke Maluku dan Maluku Utara. Dukungan Sinar Mas dilakukan dengan ditandatanganinya berita acara kerjasama oleh G. Sulistiyanto, Managing Director Sinar Mas dan Letkol Rafael G. Baay, Koordinator Tim Ekspedisi NKRI yang disaksikan langsung oleh Franky O. Widjaja, Board of Member Sinar Mas, Danjen Kopassus, Mayjen TNI Agus Sutomo, Letjen TNI (pur) Rasyid Qurnuen Aquary, Mantan Danjen Kopassus, dan Letjen TNI (pur) Soetedjo, Komisaris Sinar Mas di Jakarta, Kamis (3/03).

Pada kesempatan itu Franky Widjaja mengatakan, Ekspedisi NKRI merupakan cotoh dimana berbagai potensi bangsa dengan keahlian masing-masing saling bersinergi untuk memperkuat nasionalisme dan solidaritas yang bermuara pada peningkatan kesjahteraan sosial, ekonomi, dengan tetap menjaga kelestarian keanekaragaman hayati.

Seperti yang dijabarkan oleh Danjen Kopassus, Mayjen TNI Agus Sutomo, Ekspedisi NKRI adalah penjelajahan wilayah pedalaman RI yang mengusung misi akedemis, pertahanan dan keamanan yang melibatkan TNI, Polri, peneliti dan mahasiswa, dengan tujuan menemukan potensi sumber daya alam,  fauna,-flora, dan komunitas social penduduk terpencil dan terisolir yang memakan waktu selama lebih dari 4 bulan.

“Tahun lalu jelajah NKRI kita lakukan di Bukit Baraisan di Sumatera, banyak hal yang kita temukan, seperti ada komunitas penduduk terpencil yang hidupnya dari mencuri kayu/menebang kayu. Setelah kita berikan penyuluhan, sekarang mereka hidup dari menanam pohon. Setiap bibit pohon yang mereka tanam dan hidup kita bayar Ro 3000/pohon. Sementara di tempat lain kita membangun jembatan, jalan dan sekolah dengan cara bergotong royong, karena akses ke lokasi tidak dapat dilalui kendaraan, hanya dengan jalan kaki selama berhari-hari bahkan berminggu-minggu,” kenang Agus.

Ia bahkan menceritakan, pada suatu tempat di pegunungan Luak Bongke, Sulawesi, ada komunitas berjumlah 48 KK mereka tak pernah turun gunung, jadi mereka tak tahu apa-apa. Sementara di gunung yang lain ada penduduk yang memiliki hanya satu sekolah seadanya yang luasnya hanya 5m x 3 m, kadang ada guru tapi tidak ada murid, kadang ada murid tapi tidak ada guru. ‘Kini mereka sudah kita buatkan sekolah yang layak dengan fasilitas standar,” tutur Agus.

Selain itu, menurut Agus bagi mahasiswa yang terlibat dalam Jelajah NKRI, hasil kerjanya disamakan dengan Kuliah Keja Nyata (KKN). hasil jelajah NKRI dibukukan dan data yang ada dapat digunakan baik untuk kepentingan pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun masyarakat luas. “ jadi semua perjalanan kita, penelitian yang kita lakukan dan temuan kita dapatkan pada suatu wilayah  kita susun dalam buku yang kita terbitkan sehingga dapat dimanfaatakan untuk kepentingan yang lebih luas,” imbuh Agus.

G.Sulistianto menambahkan, apa yang dilakukan oleh Ekspedisi NKRI sejalan dengan apa yang dilakukan oleh sejumlah pilar bisnis Sinar Mas , mengoptimalkan potensi sumber daya yang dimiliki ngara secara berkelanjutan, konservasi lingkungan, peningkatan potensi ekonomi daerah , “Hal itu mendorong kami berpartisipasi memberikan dukungan untuk Ekspedisi NKRI ini,” ungkap Sulistiyanto.  Dalam partisipasi yang diberikan Sinar Mas yang tahun ini memasuki tahun ke empat, telah memberikan total bantuan sebesar Rp4 miliar.

Sufri Yuliardi

Foto: SY               

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi

Advertisement

Bagikan Artikel: