Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PKS: Suara Partai Islam Meningkat

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Prediksi berbagai lembaga survei bahwa suara partai-partai Islam turun di Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014 terbantahkan dari hasil quick count (hitung cepat) sejauh ini. Apabila hasil Pemilu 2009 partai-partai Islam, yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dijumlah maka akan diperoleh angka 18%. Pada tahun 2014 perolehan suara ketiga partai ini lebih dari 22%.

Presiden PKS Anis Matta di Pusat Tabulasi Suara Nasional PKS di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (9/4) malam mengatakan PKS, sebagai partai yang berazazkan Islam, menyambut gembira hasil tersebut.

"Asumsi bahwa partai-partai Islam akan terlempar dari panggung politik, ternyata tidak benar," jelasnya.

Selain itu, Anis menyatakan hasil sementara ini menunjukkan efek figur tertentu yang dianggap dapat mengerek suara sebuah partai ternyata tidak terbukti.

"Ini yang menarik, ternyata efek figur yang disebutkan itu tidak sedahsyat yang digembar-gemborkan selama ini," tuturnya.

Politikus lulusan LIPIA Jakarta itu menyatakan bahwa secara umum hasil ini menunjukkan tidak ada partai yang dominan. Ia memperkirakan calon presiden (Capres) yang maju akan datang berkisar tiga sampai empat pasang calon.

"Dan saya kira akan sehat demokrasi kita jika banyak capres yang maju," ujarnya lagi.

Anis juga mengungkapkan PKS sendiri belum akan bicara soal capres. Mereka masih fokus pada perhitungan real count.

"Kami masih akan fokus pada perhitungan real count dan meminta para saksi tetap di lokasi sampai penghitungan selesai diinput ke KPU,” pungkasnya.

(Boyke P. Siregar)

Foto: WE

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: